cover
Contact Name
Devi Setiawan
Contact Email
unsurtekniksipil@gmail.com
Phone
+62263-283578
Journal Mail Official
unsurtekniksipil@gmail.com
Editorial Address
Universitas suryakancana Fakultas Teknik sipil Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur 43216
Location
Kab. cianjur,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Momen : Teknik Sipil Suryakancana
ISSN : -     EISSN : 26213427     DOI : https://doi.org/10.35194/momen.v4i2
Core Subject : Engineering,
mempublikasikan makalah-makalah hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah yang terkait dengan bidang teknik sipil, yang ditulis dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah yang baik dan benar
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Momen Vol.04 No.02. 2021" : 5 Documents clear
PERENCANAAN PERBAIKAN PERKERASAN JALAN CILEUNGSI – CIBEET KABUPATEN BOGOR KM 96 STA 96+900 – STA 97+020 DENGAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN Devi Setiawan; Yudi Sekaryadi
JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Momen Vol.04 No.02. 2021
Publisher : Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.743 KB) | DOI: 10.35194/momen.v4i2.1910

Abstract

Kabupaten Bogor merupakan daerah yang mempunyai curah hujan tinggi, sehingga tidak luput dari bencana longsor yang dapat menyebabkan amblasnya jaringan jalan raya, Seperti yang terjadi pada ruas jalan Cileungsi – Cibeet STA 96+900 sampai dengan STA 97+020 yang mengalami kerusakan badan jalan akibat lereng yang mengalami longsor setelah beberapa hari turun hujan. perencanaan tebal perkerasan lentur mengacu pada Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Manual Desain 2017. Dari hasil perencanaan, untuk tebal perkerasan jalan: Lapis Permukaan = 10 cm, Lapis Pondasi Atas = 14,5 cm, Lapis Pondasi Bawah = 30 cm
PERENCANAAN PERKERASAN JALAN RAYA CARIU KM BDG 79 – KM BDG 81 MENGGUNAKAN METODE PERENCANAAN PERKERASAN JALAN BETON SEMEN PD T-14-2003 Fatchur Rochman; Mochammad Ichwan Nur Effendie
JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Momen Vol.04 No.02. 2021
Publisher : Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.908 KB) | DOI: 10.35194/momen.v4i2.1906

Abstract

Seiring dengan perkembangan kebutuhan manusia, maka semakin banyak barang dan kebutuhan yang harus di distribusikan dari suatu daerah ke daerah lainnya, para penyedia jasa angkutan barang biasanya mengangkut barang melebihi kapasitas yang diizinkan untuk kendaraan bias melewati jalan tertentu, sehingga struktur perkerasan jalan semakin mudah rusak.Kerusakan perkerasan jalan ini terjadi pula pada ruas Jalan Raya Cariu KM. BDG 79 – KM. BDG 81, kerusakan terjadi pada struktur perkerasan kaku (rigid pavement) eksisting tanpa menggunakan tulangan. Kerusakan perkerasan ini dikarenakan kelebihan beban kendaraan yang dapat mengakibatkan kecelakaan.Kerusakan struktur perkerasan kaku tanpa tulangan ini akan dibandingkan dengan struktur perkerasan kaku dengan tulangan berdasarkan standar Pd T-14-2003. Dari nilai CBR tanah dasar tersebut diperoleh nilai CBR efektif sebesar 28%, Tebal pelat beton yang direncanakan setebal 30 cm, dengan jenis dan tebal pondasi bawah adalah campuran beton kurus setebal 125 mm, Penulangan pelat yang digunakan (dalam kasus ini digunkan pelat beton bersambung dengan tulangan) adalah Tulangan diameter 8 mm dengan jarak 150 mm untuk tulangan memanjang, dan, Tulangan diameter 8 mm dengan jarak 150 mm untuk tulangan melintang.Nilai jarak tulangan tersebut diambil berdasarkan luas tulangan minimum (As minimum).Kata kunci :  Perkerasan Jalan,Perkerasan Kaku,Perkerasan Lentur, CBR. 
STUDI KARAKTERISTIK PENATAAN PARKIR PADA JALAN MANGUNSARKORO KABUPATEN CIANJUR Yudi Sekaryadi; Devi Setiawan
JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL SURYAKANCANA Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Momen Vol.04 No.02. 2021
Publisher : Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.57 KB) | DOI: 10.35194/momen.v4i2.1907

Abstract

Wilayah Kabupaten Cianjur merupakan daerah yang cukup strategis karena berbatasan dan dekat dengan kota-kota besar. Kabupaten Cianjur merupakan daerah yang sedang berkembang terutama di bidang perdagangan. Dengan berkembangnya di bidang perdagangan, maka jumlah penduduk di Cianjur semakin meningkat sesuai dengan kebutuhan akan kehidupan sehari-hari. Di jalan mangunsarkoro merupakan kawasan perdagangan yang dilengkapi dengan prasarana perpakiran yang memadai sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkan badan jalan sebagai tempat parkir. Penelitian ini menggunakan metode survai lapangan  dengan melakukan pengamatan secara langsung, Pengamatan langsung dilakukan dengan pencatatan secara manual data masuk kendaraan dan keluar kendaraan Analisis penelitian menggunakan microsoft excel.Dari analisis didapat Kebutuhan luas Ruang Parkir pada jalan mangunsarkoro  adalah 688,5 m² untuk sepeda motor sedangkan untuk mobil 1437 m². Dan juga hasil kebutuhan ruang parkir yang di dapat yaitu untuk motor 454 ruang , untuk mobil di dapat 125 ruang. Kata kunci :  akumulasi,volume parkir, indeks parkir, durasi parkir, ruang parkir
PERENCANAAN STRUKTUR GEDUNG HOTEL 5 LANTAI DKOTA BALIKPAPAN wiratna Tri Nugraha; Alia Saskia; Eri Rihandiar
JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Momen Vol.04 No.02. 2021
Publisher : Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (700.711 KB) | DOI: 10.35194/momen.v4i2.1908

Abstract

Perencanaan struktur gedung hotel 5 lantai ini menggunakan sistem struktur tahan gempa dengan konsep Sistem Rangka Pemikul Momen Menengah (SRPMM). Mutu beton yang digunakan adalah fc’ = 35 MPa, mutu baja ulir fy = 390 MPa, mutu baja polos fy = 240 MPa. pelat tangga dan bordes dengan tebal 130 mm menggunakan tulangan D13-450 mm. balok bordes (200x400) dengan tulangan atas 3D16 dan tulangan bawah 2D16 pada tumpuan dan tulangan atas 2D16 dan tulangan bawah 3D16 pada lapangan dan sengkang 2Ø10-150 mm. pelat lantai ukuran 4000 mm x 4000 mm dengan tebal 140 mm menggunakan tulangan arah x Ø12-140 mm dan arah y Ø12-140 mm. pelat lantai ukuran 4000 mm x 8000 mm dengan tebal 140 mm menggunakan tulangan arah x Ø12-125 mm dan arah y Ø12-125 mm. balok induk (350x550) dengan tulangan atas 10D19 dan tulangan bawah 4D19 dan sengkang 2D13-230 mm pada tumpuan dan tulangan atas 3D19 dan tulangan bawah 7D19 dan sengkang 2D13230mm pada lapangan. balok anak (250x400) dengan tulangan atas 5D19 dan tulangan bawah 2D19 dan sengkang 2D13-150 mm pada tumpuan dan tulangan atas 2D19 dan tulangan bawah 3D19 dan sengkang 2D13-160 mm pada lapangan,. kolom (700x700) dengan tulangan utama 16D22 dan sengkang 5D13-100 mm pada tumpuan dan tulangan utama 16D22 dan sengkang 2D13-100 mm pada lapangan. Kata kunci :  Perencanaan, struktur beton bertulang, SRPMK. 
PERENCANAAN DINDING PENAHAN TANAH CILEUNGSI – CIBEET KABUPATEN BOGOR KM 96 STA 96+900 – STA 97+020 Sekaryadi, Yudi; Ilham, Ilham
JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Momen Vol.04 No.02. 2021
Publisher : Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.923 KB) | DOI: 10.35194/momen.v4i2.1909

Abstract

Kabupaten Bogor merupakan daerah yang mempunyai curah hujan tinggi, sehingga tidak luput dari bencana longsor yang dapat menyebabkan amblasnya jaringan jalan raya, Seperti yang terjadi pada ruas jalan Cileungsi – Cibeet STA 96+900 sampai dengan STA 97+020 yang mengalami kerusakan badan jalan akibat lereng yang mengalami longsor setelah beberapa hari turun hujan. Perencanaan dinding penahan tanah tipe kantilever ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya longsor kembali di ruas jalan tersebut. Dalam perencanaan dinding penahan tanah tipe kantilever ini mengacu pada SNI persyaratan perancangan geoteknik tahun 2017 dan untuk perencanaan tebal perkerasan lentur mengacu pada Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Manual Desain 2017. Dari hasil perencanaan, dimensi dinding penahan tanah yang digunakan untuk titik 1 didapat nilai stabilitas guling 2.10, stabilitas geser 8,6 dan daya dukung tanah 12,838. Sedangkan dimensi dinding penahan tanah yang digunakan untuk titik 2 didapat nilai stabilitas guling 2.51, stabilitas geser 2.80 dan daya dukung tanah 4.8.  Kata kunci :  Dinding penahan tanah, tipe kantilever, Daya dukung tanah

Page 1 of 1 | Total Record : 5