cover
Contact Name
Asep Irvan Irvani
Contact Email
irvan.irvani@uniga.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpif@uniga.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU FISIKA
Published by Universitas Garut
ISSN : -     EISSN : 2798334X     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF) is a peer-reviewed journal that is intended as a medium for disseminating ideas and research results in the fields of physics education and physics. The scope of this journal includes physics education, theory and application of physics. This journal is published twice a year, in June and December by Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut, Indonesia. The review process in this journal employs a double-blind review, which means that both the reviewer and author identities are concealed from the reviewers, and vice versa.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2021): December 2021" : 5 Documents clear
Persepsi Siswa dan Guru terhadap Penggunaan Laboratorium Virtual dalam Pembelajaran Fisika Afifah Nurwahidah; Wilda Nurul Qolbi; Rizki Muhammad Putra; Siti Nurdianti Muhajir
Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika Vol 1, No 2 (2021): December 2021
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpif.v1i2.1482

Abstract

Sampai saat ini Pandemi masih belum berakhir, upaya demi upaya terus dilakukan oleh pemerintah dan juga semua lapisan masyarakat untuk bisa menghentikan rantai penyebaran  Covid 19 ini. Selama hampir 2 tahun Covid 19 membesamai kita, tentunya banyak sekali dampak yang dirasakan. Pendidikan merupakan salah satu bidang  yang sangat terdampak dengan adanya Covid 19 ini. Kegiatan belajar mengajar seketika diberhentikan dan dialihkan Menjadi sistem belajar online. Tidak mudah untuk sebagian orang atau lembaga untuk menyesuaikan sistem pembelajaran dengan keadaan. Namun disamping itu teknologi berkembang dengan sangat pesat, masyarakat pun mulai beradaptasi dengan keadaan dan mulai mengembangkan, memanfaatkan teknologi yang ada. Dalam pembelajaran fisika contohnya, Metode pembelajaran saintifik dan juga prosedur kerja ilmiah  yang seharusnya dilakukan secara langsung kini mulai dilakukan secara online juga. Laboratorium virtual menjadi salah satu alternatif untuk bisa melaksanakan praktikum sesuai dengan materi ajar yang diberikan. Banyak pro dan kontra yang terjadi di masyarakat mengenai penggunaan Laboratorium Virtual ini, terlebih mereka yang masih kekurangan fasilitas dan proses  akses internet yang kurang terjangkau. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengkaji  respon komponen pendidikan seperti siswa dan guru dalam Penggunaan Laboratorium Virtual di sekolah. Sehingga memberikan  gambaran nyata sebagai acuan untuk pemilihan solusi bagi lapisan masyarakat yang paling terdampak akibat pandemik. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data sekunder, Dengan instrumen penyebaran angket online kepada  siswa dan guru fisika di tingkat SMA sampai universitas, Dengan topik pertanyaan penggunaan laboratorium virtual. Data hasil survei digunakan sebagai acuan untuk mencari solusi dari permasalahan metode pembelajaran dan praktikum fisika di era Pandemi.
Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Statis Isti Fuji Lestari; Siti Nurdianti Muhajir
Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika Vol 1, No 2 (2021): December 2021
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpif.v1i2.1483

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMA melalui pendekatan STEM pada materi fluida statis. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Garut dengan jumlah sampel 40 siswa (18 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan). Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan rancangan one shot pretest-posttest group.  Instrumen penelitian berupa soal uraian keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi fluida statis. Berdasarkan nilai N-Gain diperoleh hasil 0.62 yang termasuk dalam kategori sedang. Peningkatan tertinggi terdapat pada indikator memberi penjelasan sederhana dan peningkatan terendah terdapat pada indikator mengatur strategi dan taktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan STEM dapat meningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi fluida statis.  
Analisis Penggunaan Simulasi Interaktif dalam Pembelajaran pada Topik Hukum Coulomb Ai Sadidah; Asep Irvan Irvani
Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika Vol 1, No 2 (2021): December 2021
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpif.v1i2.1508

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan PhET Interactive Simulations sebagai pendukung maupun penganti laboratorium real dalam pembelajaran IPA materi pokok Hukum Coulomb. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan simulasi interaktif dalam pembelajaran pada topik Hukum Coulomb memberikan respons positif siswa dalam menemukan hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi gaya Coulomb, respons baik dalam antusiasme pembelajaran dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik, karena simulasi interaktif dapat menjelaskan konsep yang abstrak dan dalam penggunaannya tidak memerlukan waktu yang banyak.
Studi Penggunaan Media Simulasi PhET dalam Pembelajaran Fisika Fhemy Verdian; Muhammad Afta Jadid; Maya Nurul Rahmani
Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika Vol 1, No 2 (2021): December 2021
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpif.v1i2.1448

Abstract

Fisika dengan berbagai konsep yang masih sulit dipahami, memerlukan sebuah media pembelajaran yang mampu menjelaskan konsep tersebut dengan lebih mudah dan menarik. Keterbatasan media nyata menjadi kendala dalam melaksanakan pembelajaran virtual, sehingga guru membutuhkan media digital sebagai alternatif, salah satunya media simulasi  PhET. Tujuan penelitian ini yaitu; 1) Mendeskripsikan penggunaan Simulasi PhET. 2) Mengetahui keefektifan penggunaan media Simulasi PhET dalam pembelajaran Fisika. 3) Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan penggunaan Simulasi PhET dalam pembelajaran Fisika. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis Studi Kepustakaan. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa PhET merupakan aplikasi web base learning dengan berbagai materi yang memiliki kemudahan penggunaan serta mampu menjelaskan konsep melalui animasi simulasi dan penggunaan simulasi PhET akan lebih baik jika dikombinasikan dengan strategi pembelajaran yang berorientasi pada siswa. PhET memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kelebihannya ialah, efektif digunakan untuk menjelaskan konsep fisika yang bersifat abstrak.
Kajian Pendekatan Multirepresentasi dalam Konteks Pembelajaran Fisika Rikardus Feribertus Nikat; Martha Loupatty; Shofie Hikmatuz Zahroh
Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika Vol 1, No 2 (2021): December 2021
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpif.v1i2.1449

Abstract

Pendekatan multirepresentasi merupakan salah satu pendekatan yang menekankan beberapa sudut pandang makna dalam bentuk representasi verbal, gambar, persamaan, diagram, tabel dan grafik. Bantuan pendekatan multirepresentasi dalam pembelajaran fisika dapat meningkatkan proses dan evaluasi pembelajaran fisika. Beberapa fitur multirepresentasi dalam pembelajaran fisika memberikan dampak yang signifikan pada laur pembelajaran fisika. Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara kualitatif peranan pendekatan multirepresentasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fisika secara komprehensif. Secara khusus kajian penelitian ini adalah pendekatan multirepresentasi dapat terintegrasi ke dalam beberapa model, media, strategi dan metode pembelajaran. Fisika serta pengaruhnya terhadap kemampuan kognitif mulai dari level rendah hingga level tinggi.  Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan kajian Pustaka dengan berbagai sumber berupa artikel jurnal dan beberapa literatur lainnya. Hasil review sumber referensi menunjukan bahwa pendekatan multirepresentasi dapat dintegrasikan pada beberapa model, media, strategi, metode, dan pendekatan pada pembelajaran fisika sehingga mampu meningkatkan beberapa kemampuan kognitif seperti kemampuan pemecahan masalah, argumentasi, pemahaman konsep fisika siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5