cover
Contact Name
Elga Yanuardianto
Contact Email
jurnalfajarpai22@gmail.com
Phone
+6287839366678
Journal Mail Official
jurnalfajarpai22@gmail.com
Editorial Address
Jln. Kyai Mojo No.101 P.O. Kotak 170 Jember 68133 Telp./Fax (0331) 488675
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 28092864     EISSN : 28084527     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
FAJAR: Jurnal Pendidikan Islam diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Jember merupakan wadah publikasi yang berupa hasil penelitian dan kajian ilmiah Dosen, Guru, Praktisi, Pengawas, dan Mahasiswa yang membahas tentang permasalahan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan pemikiran Tokoh Pendidikan Agama Islam. Artikel yang diterbitkan dalam FAJAR: Jurnal Pendidikan Islam ruang lingkup kajiannya sebagai berikut: 1. Pembelajaran Pendidikan Islam; 2. Kurikulum Pendidikan Islam; 3. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Islam; 4. Perkembangan-Perkembangan Anak; 5. Tekhnologi dan Media Pembelajaran; 6. Konsep Ide, Teori dan Praktik Pendidikan Islam; 7. Kajian Pendidikan dalam Prespektif Islam; 8. Penelitian Pendidikan Agama Islam; 9. Kompetensi dan Profesionalisme Guru; 10. Kajian Kritis terhadap Problem dan alternative Pendidikan Agama Islam; 11. Kajian Analisis Pemikiran Tokoh Pendidikan Agam Islam; 12. Pendidikan Karakter; 13. Manajemen Pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2023): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Maret)" : 7 Documents clear
IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN NAHWU PADA BAB FAIL MENGGUNAKAN POWERPOINT DI KELAS III IBTIDA MADRASAH DINIYYAH AL-HIKMAH KESILIR WULUHAN JEMBER Muhammad Miftakhul Huda; Moh. Sutomo; Mashudi Mashudi
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3 No. 1 (2023): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Maret)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56013/fj.v3i1.1836

Abstract

Nahwu merupakan salah satu ilmu yang dikaji di dalam pondok pesantren atau madrasah diniyyah, ilmu tersebut menjadi alat untuk membaca kitab kuning yang tidak berharokat dan bermakna. Keberadaanya memiliki peran penting untuk dipelajari oleh para santri guna membantu dalam membaca kitab kuning/salaf yang menjadi kajian utama pada madrasah diniyyah. Namun di satu sisi ilmu nahwu dianggap sebagai pelajaran yang sangat sulit oleh kebanyakan para santri. Salah satunya pada Madrasah Diniyyah Al-Hikmah Kesilir Wuluhan Jember. Oleh karena itu para ustadz akan mencoba mengimplementasikan metode mind mapping dalam menyampaikan pembelajaran nahwu dengan bantuan media power point. Dalam pelaksanaannya ustadz terlebih dahulu mempersiapkan bahan materi yang akan diajarkan kepada para santri, yang dalam kesempatan ini difokuskan pada pembahasan materi fa’il. Selanjutnya ustadz merangkum materi-materi pokok mengenai definisi, contoh, dan pembagian fa’il yang kemudian akan disajikan dalam bentuk peta konsep atau mind mapping. Diantara tujuannya yaitu untuk meningkatkan semangat dan hasil belajar santri kelas III ibtida’ madrasah diniyyah Al-Hikmah. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Penentuan subyek penelitian secara purposive (bertujuan). Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tulis dan lisan. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu dengan trianggulasi sumber dan teknik. Setelah prosedur penelitian tersebut kita laksanakan maka kita akan dapat melihat hasil dari proses pembelajaran yang dilaksanakan. Dari analisa yang dilakukan akan kita ketahui bahwa pencapaian  hasil belajar para santri dengan metode mind mapping menggunakan powerpoint dapat mengalami peningkatan, namun juga harus disertai dengan keseriusan para santri dalam mengikuti proses pembelajaran.   Kata kunci : 
PENGARUH PENGGUNAAN AUDIO VISUAL GERAK DAN DIAM PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MAN 3 JEMBER Nur Wahidah; Nur Hidayatul Anggraini; Ifa Afida
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3 No. 1 (2023): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Maret)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56013/fj.v3i1.1995

Abstract

Media pembelajaran audio visual sendiri adalah media yang menggabungkan unsur suara dan gambar. Melalui media pembelajaran audiovisual, pembelajaran yang disampaikan gurudapat dengan mudah ditangkap serta dipahami oleh sisiwa. Karena pemahamansiswa merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah pembelajaran. Sehinggapemahaman serta minat belajar siswa merupakan salah satu tujuan guru dalammelaksanakanproses pembelajaran. Pendekatan yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitianlapangan(fieldresearch), Sumberdatadalampenelitian ini adalah observasi, wawamcara, angket, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah random sampling. Dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 95 dari 950 siswa siswi MAN 3 Jember. Dan teknis analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian yang dilakukan ialah Ada pengaruh positif media pembelajaran audio visual diam pada mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap minat belajar siswa MAN 3 Jember dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan dengan nilai Rsquare 14,2%,dan Ada pengaruh positif media pembelajaran audiovisual gerakpada mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap minat belajar siswa MAN 3 Jember dengan nilai signifikansi0,000 < 0,05 dan dengan nilai R square 16,2%.
KONSEP DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM: STUDI KASUS DI MADRASAH SE-JAWA TIMUR Ikhwanul Muslimin
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3 No. 1 (2023): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Maret)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56013/fj.v3i1.2010

Abstract

Pendidikan di Indonesia masih hangat memperbincangkan terkait kurikulum merdeka belajar. Masih terbatas rujukan mengenai teori, konsep, dan implementasi dari kurikulum merdeka belajar khususnya pada Lembaga Pendidikan Islam. Artikel ini bertujuan untuk mengupas tuntas konsep kurikulum merdeka belajar mulai dari perencanaan, pelaksanaan, kendala, hingga solusi pada Lembaga Pendidikan Islam di Jawa Timur. Artikel dibuat berdasarkan penelitian lapangan dengan pendekatan studi kasus kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data interaktif versi Miles-Huberman. Disimpulkan bahwa konsep perencanaan dan pelaksanaan kurikulum merdeka belajar pada Lembaga Pendidikan Islam di Jawa Timur dilakukan melalui dua proses. 1) Sosialisasi empat pilar kurikulum merdeka belajar dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam bersama dengan Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia. 2) Menyiapkan infrastruktur seperti EMIS (Education Management Information System), sistem e-learning seperti PINTAR dan Mandiri Belajar untuk mendukung pelaksanaan kurikulum merdeka belajar.
UPAYA PEMENUHAN HAK DALAM BIDANG PENDIDIKAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS: STUDI DESKRIPTIF DI SMP INKLUSI TAMAN PENDIDIKAN DAN ASUHAN ATAU TPA KABUPATEN JEMBER Mahfudz Sidiq; Nuzzulul Ulum; Rianfi Mardiansyah Fikri
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3 No. 1 (2023): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Maret)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56013/fj.v3i1.2014

Abstract

Setiap anak dilahirkan ke dunia dengan kondisi yang berbeda satu sama lain. Mereka tidak pernah tau dan tidak bisa memilih akan terlahir dari orang tua atau keluarga dengan kondisi yang seperti apa. Selain itu, mereka juga tidak tahu akan terlahir dengan fisik lengkap sempurna atau dengan kondisi yang “istimewa”. Terlepas dari pemahaman tentang kehidupan anak-anak yang berbeda-beda, setiap anak harus terpenuhi hak-haknya. Salah satu haknya yaitu hak memperoleh pendidikan. Upaya pemenuhan hak dalam bidang pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus seperti yang dilakukan di SMP Inklusi TPA Kabupaten Jember.Pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus yang diselenggarakan SMP Inklusi TPA Kabupaten Jember mampu membantu menumbuhkan dan mengembangkan kepribadian dan kemampuan serta keterempilan dalam melaksanakan peranan dan fungsi siswa siswi ABK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis secara mendalam tentang upaya pemenuhan hak dalam bidang pendidikan bagi ABK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu studi deskritptif. Penentuan informan dalam penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsaan data menggunakan triangulasi sumber.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hak anak berkebutuhan khusus terpenuhi dengan baik secara adil di SMP Inklusi TPA Kabupaten Jember upaya-uapaya pemenuhan hak yang dilakukan meliputi hak memperoleh pembelajaran dan penilaian di kelas, hak menumbuh kembangkan bakat, minat, dan kemampuan, dan hak memperoleh kesempatan tampil atau berekspresi yang sama dengan siswa reguler. Adapun hak tersebut dipenuhi dengan upaya antara lain modifikasi kebijakan dan kurikulum sekolah, optimalisasi peran seluruh pihak sekolah, mengadakan kegiatan sekolah yang bersifat inklusif, dan melakukan evaluasi terhadap hasil belajar.
KH. DHOFIR SALAM JEMBER: TOKOH PEJUANG DAN PENDIRI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KEMERDEKAAN INDONESIA Ahmad Halid; Imam Wahyono
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3 No. 1 (2023): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Maret)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56013/fj.v3i1.2005

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang kontribusi KH. Dhofir Salam dalam mendirikan dan mengembangkan pendidikan agama Islam serta mengkaji perjuangan beliau di dalam meraih kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini sangat penting untuk diteliti dengan menggunakan penelitian kualitatif dan pendekatan sejarah. Peran KH. Dhofir Salam dalam pendidikan sangat besar jasa-jasa beliau karena ia mendirikan banyak sekolah-sekolah di kabupaten Jember yaitu, Pesantren al-fattah, MIMA KH. Siddiq, SMP Islam Jember, SMAI Jember, MAN 1 Jember, MAN 2 Jember, IAIN Jember sekarang menjadi UIN Khas Jember dan terakhir mendirikan Universitas Islam Jember. Selain mendirikan pendidikan Islam tersebut, beliau juga berperan serta dalam peperangan mealawan penjajah Belanda-Jepang di Keresidenan termasuk beliau menjadi komandan pasukan perang yang hebat dan pemberani melawan para penjajah.  
IMPLEMENTASI METODE PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP 11 MA’ARIF BANGSALSARI Muhammad Ilyas; Ulfatur Rosyidah
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3 No. 1 (2023): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Maret)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56013/fj.v3i1.2225

Abstract

This research is motivated by low student learning outcomes because most teachers teach using conventional teaching methods and lectures. The purpose of this study was to find out specifically how the application of the project based learning method in improving student learning outcomes in the subjects of Islamic Religious Education class VIII SMP 11 Ma'arif Bangsalsari and how to improve student learning outcomes through the application of the Project Based Learning method on the subjects of Religious Education. Islamic class VIII SMP 11 Ma'arif Bangsalsari. To answer the above question, the author uses a field research type and is descriptive qualitative, so the data from this study was obtained through observation, interviews, and documentation using triangulation of sources as an instrument to check the validity of the data. From the results of this study, it can be seen that the implementation of the Project Based Learning Method in improving student learning outcomes in Islamic Religious Education subjects for class VIII SMP 11 Ma'arif Bangsalsari is able to improve student learning outcomes in understanding the material like doing good deeds and being kind to all. It is proven by the existence of students who are starting to be active and learning outcomes increase.
PERAN GURU DALAM MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN Jasuli Jasuli
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3 No. 1 (2023): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Maret)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56013/fj.v3i1.2288

Abstract

Kurikulum dan pembelajaran merupakan dua sisi dari satu mata uang. Artinya, dalam proses pendidikan dua hal itu tidak dapat dipisahkan. Kurikulum tidak akan berarti tanpa diimplementasikan dalam proses pembelajaran, sebaliknya pembelajaran tidak akan efektif tanpa didasarkan pada kurikulum sebagai pedoman. Kurikulum hanya sebagai alat, bagaimanapun ideal dan sempurnanya kurikulum tanpa dapat diimplementasikan oleh peran guru dilapangan, maka kurikulum tersebut hanya sebatas sebagai  dokumen saja. Oleh karena itu dalam proses keberhasilan pelaksanaan suatu kurikulum sangat ditentukan oleh kemampuan seorang guru yang mengelolanya dalam sebuah pembelajaran

Page 1 of 1 | Total Record : 7