cover
Contact Name
Rahmat Perdana
Contact Email
rahmat260997@gmail.com
Phone
+6282182864903
Journal Mail Official
cahayaic.jee@gmail.com
Editorial Address
Cahaya Ilmu Cendekia Publisher, Jl. Perumnas Griya Sungai Duren, No. 54 A, Jambi, Indonesia 36361
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal Evaluation in Education (JEE)
ISSN : 27164160     EISSN : 27161595     DOI : https://doi.org/10.37251/jee
Core Subject : Education, Social,
JEE publishes high-quality methodological assessment, evaluation, and study research texts in various educational settings and scientific disciplines with their own specific phenomena, as well as related studies that address issues of concern to education today. JEE discusses scientific research on how assessment and evaluation can improve educational outcomes; research on how various scientific disciplines can inform theoretical, practical, and political perspectives at various levels and education systems. This journal mainly covers manuscripts in the following fields: • Performance assessment • Instrument development • Policy analysis • Program evaluation • Test management • Development of research methodology • Curriculum assessment and evaluation • Local and global issue education 21st century • Learning evaluation and assessment • Including child development (childhood, primary, secondary, senior, vocation, and higher education)
Articles 96 Documents
Deskripsi Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Ferdy Ferry Putra Kota Jambi Neldawati Neldawati
Journal Evaluation in Education (JEE) Vol 1 No 1 (2020): January
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.85 KB) | DOI: 10.37251/jee.v1i1.12

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui lingkungan belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika di SMA Ferdy Ferry Putra Kota Jambi. Metodologi: Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif menggunakan prosedur penelitian survei dengan instrumen yang digunakan adalah angket. Subjek penelitian ini adalah 125 di SMAS Ferdy Ferry Putra Kota Jambi. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Temuan utama: Hasil dari kelima indikator yang didiskusikan pada penelitian ini, pada indikator kurikulum terhadap fisika sebesar 57,6 % yaitu di kategori baik. Untuk indikator pengajaran dan waktu sekolah dan keadaan gedung yang paling dominan berkategori cukup dengan persentase 43,2 %. Kemudian pada indikator disiplin sekolah dan keadaan gedung sama-sama berkategori cukup dengan persentase masing-masing 45,6 % dan 48,8 %. Sementara untuk indicator relasi siswa dan siswa terkategori baik dengan persentase 47,2 %. Berdasarkan hasil tersebut, di SMA Ferdy Ferry Putra Kota jambi siswa memiliki lingkungan belajar yang cukup terhadap pembelajaran fisika. Keterbaruan penelitian: Keterbaruan dari penelitian ini adalah indikator yang digunakan untuk mendeskripsikan lingkungan belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika di SMA Ferdy Ferry Putra Kota Jambi. Adapun indikator yang digunakan yaitu kurikulum, disiplin sekolah, pengajaran fisika dan waktu sekolah, keadaan gedung serta relasi siswa dan siswa.
Identifikasi Karakter Toleransi Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di-SMPN 17 Batanghari Roslinda Roslinda
Journal Evaluation in Education (JEE) Vol 1 No 1 (2020): January
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.597 KB) | DOI: 10.37251/jee.v1i1.16

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini untuk mengidentifiikasi Karakter Toleransi siswa pada mata pelajaran IPA di-SMPN 17 Batanghari berdasarkan menghargai diri sendiri, menghargai kebaikan orang lain, terbuka, and kenyamanan dan kehidupan. Metodologi: Jenis penelitian ini Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian survey. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 139 siswa. Hasil analisis data yang diperoleh dari indicator pada indokator menghargai perbedaan orang lain menunjukkan hasil persentase 62.6% dengan kategori cukup. Temuan utama: Hasil analisis data yang diperoleh dari indicator pada indokator menghargai perbedaan orang lain menunjukkan hasil persentase 62.6% dengan kategori cukup. Pada indicator menghargai diri sendiri dengan persentase 49.6% dan 38.8% kategeori sangat baik. Pada indicator menghargai kebaikan orang lain dengan persentase 53.2% berada pada kategori baik. selanjutnya pada indicator terbuka dengan persentase 56.1% pada kategori baik dan 25.9% pada kategori sangat baik. Keterbaruan penelitian: Keterbaruan dari penelitian ini adalah indikator yang digunakan untuk mendeskripsikan karakter toleransi siswa terhadap mata pelajaran ipa di SMP 17 Batanghari. Adapun indikator yang digunakan yaitu Menghargai perbedaan orang lain, menghargai diri sendiri, menghargai kebaikan oranglain, serta terbuka
Identifikasi Religiusitas Siswa di SMA Adhyaksa 1 Jambi Corry Mandriesa
Journal Evaluation in Education (JEE) Vol 1 No 1 (2020): January
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.973 KB) | DOI: 10.37251/jee.v1i1.25

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana religiositas siswa di SMA Adhyaksa 1 Jambi. Metodologi: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan instrumen kuesioner dan jumlah responden 140 siswa SMA Adhyaksa 1 Jambi dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menghadirkan nilai rata-rata, media, mode, maksimum dan minimum. Temuan utama: Hasil penelitian ini diketahui berarti rata-rata 190,5571, nilai median 191,0000 dan maksimum minimum 225 dan 147 dan persentase agama siswa di SMA Adhyaksa 1 Jambi pada 84,3% dikategorikan baik. Berdasarkan hasil ini, siswa SMA Adhyaksa 1 Jambi di diketahui memiliki religiusitas yang baik. Keterbaruan penelitian: Keterbaharuan dari penelitian ini ialah belum adanya penelitian yang mengkaji suatu permasalahan pendidikan berdasarkan aspek keagamaan di SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi . Penilaian agama ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terkait dengan ajaran agama yang mereka anut, sehingga siswa dapat mempraktikkannya dalam mempelajari Fisika dan kehidupan sehari-hari.
Kreativitas Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Hasrani Siregar
Journal Evaluation in Education (JEE) Vol 1 No 1 (2020): January
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.674 KB) | DOI: 10.37251/jee.v1i1.27

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas belajar siswa terhadap matapelajaran IPA di SMPN 6 Batanghari. Metodologi: Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif menggunakan instrumen angket. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 143 siswa di SMPN 6 Batanghari. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptive. Temuan utama: Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu pada indikator memberi gagasan atau usulan terhadap suatu masalah,menanggapi pendapat teman,mengajukan pertanyaan, dan membuat/mencari tahu sendiri dalam matapelajaran IPA di SMPN 6 Batanghari tergolong berkategori baik Keterbaruan penelitian: Keterbaharuan dari penelitian ini ialah belum adanya penelitian yang mengkaji suatu permasalahan pendidikan berdasarkan aspek kretivitas siswa di SMP 6 Batanghari.
Kerja Keras Siswa dalam Pelajaran Sains Rahmayeni Risman
Journal Evaluation in Education (JEE) Vol 1 No 1 (2020): January
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.421 KB) | DOI: 10.37251/jee.v1i1.36

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan kerja keras siswa dalam pelajaran IPA melalui enam indikator. Metodologi: Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif di mana peneliti akan menggambarkan kerja keras siswa dalam mata pelajaran IPA di 17 sekolah menengah pertama di Kota Jambi dengan jumlah sampel dalam mengisi kuesioner adalah 126 siswa. Temuan utama: Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa indikator pertama, ketiga, kelima dan keenam siswa dominan berada dalam kategori baik, sedangkan indikator kedua dan keempat siswa dominan berada dalam kategori cukup. Keterbaruan penelitian: Keterbaharuan dari penelitian ini ialah belum adanya penelitian yang mengkaji suatu permasalahan pendidikan berdasarkan aspek kerja keras siswa di SMP 17 Kota Jambi.
Pengembangan Buku Pedoman Praktikum Berbasis Keterampilan Proses Dasar Sains Kelas IV Sekolah Dasar Eva Novita
Journal Evaluation in Education (JEE) Vol 1 No 1 (2020): January
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (708.175 KB) | DOI: 10.37251/jee.v1i1.38

Abstract

Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui prosedur pengembangan dan kelayakan buku pedoman praktikum berbasis keterampilan proses dasar sains kelas IV Sekolah Dasar. Metodologi: Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 45/I Sridadi. Data penelitian diperoleh dari validasi materi dan validasi media. Selain itu, data juga diperoleh dari angket respon guru dan respon siswa. Temuan utama: Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kevalidan materi termasuk kategori valid, dengan nilai rata-rata 4,42. Hasil validasi media termasuk kategori sangat valid, dengan nilai rata-rata 4,58. Tingkat kepraktisan dari angket respon guru termasuk kategori sangat praktis dengan nilai 4,66. Selanjutnya dari angket respon siswa memperoleh nilai rata-rata 4,67 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku pedoman praktikum berbasis keterampilan proses dasar sains kelas IV Sekolah Dasar berada pada kategori valid dan praktis Keterbaruan penelitian: Keterbaharuan dari penelitian ini ialah belum adanya penelitian yang mengkaji suatu permasalahan pendidikan berdasarkan aspek kerja keras siswa di SMP 17 Kota Jambi.
Meningkatkan hasil belajar kimia kelas XI MIA MAN 1 Tanjung Jabung Timur dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning Jami Jami
Journal Evaluation in Education (JEE) Vol 1 No 2 (2020): April
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.117 KB) | DOI: 10.37251/jee.v1i2.41

Abstract

Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia materi asam dan basa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL). Metodologi: Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan melakukan beberapa siklus dalam proses pembelajaran. Terdiri dari beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian kali ini adalah siswa kelas XI MIA yang berjumlah 27 orang. Lokasi penelitian berada di MAN 1 Tanjung Jabung Timur. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis dan lembar observasi. Temuan utama: Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIA pada mata pelajaran kimia materi asam dan basa hingga mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan. Hasil belajar siswa yang diperoleh pada tahap pra siklus yang belum menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) hasil evaluasinya siswa masih jauh darikriteria ketuntasan yang diharapkan, yaitu 54,76. Dengan siswa yang lulus hanya 5 siswa dari keseluruhan 27 siswa. Kemudian dilakukan siklus I dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL), nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 71,26 dengan siswa yang telah lulus sebanyak 14 siswa dan yang tidak lulus sebanyak 13 siswa. Pada siklus II selanjutnya, hasil evaluasi yang diperoleh adalah 81,52 dengan jumlah siswa yang lulus sebanyak 23 siswa, dan yang tidak lulus sebanyak 4 siswa. Sehingga peneliti menghentikan penelitian pada siklus II karena telah mencapai kriteria ketuntasan yang diharapkan. Keterbaruan peneltian: Dari penelitian yang telah dilakukan, bahwa model pembelajaran PBL dapat secara efektif dilakukan terlebih pada mata pelajaran kimia.
Deskripsi sikap siswa dalam mata pelajaran ipa di smp it ashidiqi Abu Ridlo
Journal Evaluation in Education (JEE) Vol 1 No 2 (2020): April
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.964 KB) | DOI: 10.37251/jee.v1i2.42

Abstract

Tujuan penelitian: Sikap merupakan hal yang penting dalam proses belajar dan pembelajaran. Sikap peserta didik sangat diperlukan karena sikap akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi sikap terhadap penyelidikan dalam ipa, kesenangan dalam belajar ipa, dan ketertarikan memperbanyak waktu belajar ipa. Metodologi: Penelitian ini dilakukan di smpt it ashidiqi. Subjek penelitian sebanyak 75 siswa. Instrument yang digunakan adalah angket sikap peserta didik terhadap ipa yang berjumlah 7 indikator, akan tetapi peneliti hanya berfokus pada tiga indikator saja, yakni sikap penyellidikan dalam ipa, kesenangan dalam belajar ipa, dan ketertarikan menambah waktu belajar ipa. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Temuan utama: Hasil analisis yang diperoleh dari indikator sikap penyelidikan dalam ipa dengan kategori cukup baik yaitu 45.3% atau 34 dari 75 siswa. Kesenangan dalam belajar IPA dengan kategori baik yaitu 50.7% atau 38 dari 75 siswa . Dan sikap memperbanyak waktu belajar ipa dengan hasil cukup baik yaitu 53.3% atau 40 dari 75 siswa. Keterbaruan peneltian: Saat peserta didik memandang IPA secara positif, maka hal tersebut akan berdampak pada keberlangsungan proses belajar mengajar ipa didalam kelas yang dilakukan oleh guru dan peserta didik.
Deskripsi sikap sosial ipa, normalitas ilmuan, kesenangan belajar ipa, dan ketertarikan menambah waktu sosial ipa Eko Wijayanto
Journal Evaluation in Education (JEE) Vol 1 No 2 (2020): April
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.996 KB) | DOI: 10.37251/jee.v1i2.43

Abstract

Tujuan penelitian: Penelitian dilakukan di SMP 49 Muaro Jambi yang memiliki jumlah siswa sebanyak 23 orang siswa, penelitian ini sendiri bertujuan untuk mengetahui gambaran umum tentang deskripsi Sikap sosial IPA, Ketertarikan memperbanyak waktu belajar IPA, Normalitas Ilmuan pada siswa serta kesenangan bealajar IPA. Metodologi: Adapun pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dan penelitian survei merupakan jenis penelitian yang digunakan yaitu dengan mengggunakan instrumen penelitian berupa angket. Dan untuk analisis data menggunakan teknik teknik analisis statistik deskriptif. Temuan utama: Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah pada indikator sikap sosial IPA sebanyak 30,4% yang sudah menerapkan sikap sosial IPA, Sebanyak 30,2% yang sudah menerapkan normalitas ilmuan, 39,1% siswa yang ketertarikan meluangkan waktu belajar IPA dan sebanyak 52% siswa senang Belajar IPA. Keterbaruan peneltian: Dapat dilihat bahwa, dengan mengetahui sikap siswa didalam pembelajaran, maka guru mampu memilih metode pembelajaran yang efektif.
Pengembangan media pembelajaran pengolahan dan penyajian makanan Indonesia menggunakan aplikasi Lectora Inspire Dewi Rahmayanti
Journal Evaluation in Education (JEE) Vol 1 No 2 (2020): April
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.864 KB) | DOI: 10.37251/jee.v1i2.44

Abstract

Tujuan penelitian: Penelitian ini dimaksudkan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire dan mengenali efektivitasnya pada siswa kelas Cookery XI di SMKN 4 Kota Jambi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Cookery di SMKN 4 Kota Jambi. Metodologi: Model pengembangan penelitian disebut model ADDIE oleh Lee And Owen, yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, kuesioner/pedoman wawancara dan dokumentasi. Penilaian kelayakan video divalidasi oleh para ahli media dan konten. Sampel dari kelas kecil adalah 15 siswa dan kelas besar adalah 30. Teknik analisis menggunakan statistik deskriptif. Temuan utama: Hasil dari penelitian pengembangan adalah media pembelajaran berbasis Lectora Inspire yang digunakan dengan baik oleh siswa Kelas Cookery XI tidak hanya dalam hal kesesuaiannya dengan silabus dan rencana pelajaran tetapi juga aspek konten dan media. Validasi yang diberikan oleh validator dari pakar konten dan media menyatakan kesesuaian dalam skala “Sangat Setuju”. Disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Lectora Inspire dapat digunakan untuk media pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi, media diuji ke kelas skala kecil dan mencapai 91,42% dari hasil presentasi yang dikategorikan dalam skala “Sangat Setuju”. Kemudian diuji dalam uji lapangan dengan hasil presentasi 89,79% yang dikategorikan dalam skala “Sangat Setuju”. Hasilnya, dinyatakan dengan jelas bahwa media pembelajaran Persiapan dan Penyajian Makanan Indonesia benar-benar digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas Cookery XI di SMKN 4 Kota Jambi. Keterbaruan peneltian: Keterbaruan penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi lectora untuk pembelajaran pengolahan dan penyajian makanan.

Page 1 of 10 | Total Record : 96