Journal Evaluation in Education (JEE)
JEE publishes high-quality methodological assessment, evaluation, and study research texts in various educational settings and scientific disciplines with their own specific phenomena, as well as related studies that address issues of concern to education today. JEE discusses scientific research on how assessment and evaluation can improve educational outcomes; research on how various scientific disciplines can inform theoretical, practical, and political perspectives at various levels and education systems. This journal mainly covers manuscripts in the following fields: • Performance assessment • Instrument development • Policy analysis • Program evaluation • Test management • Development of research methodology • Curriculum assessment and evaluation • Local and global issue education 21st century • Learning evaluation and assessment • Including child development (childhood, primary, secondary, senior, vocation, and higher education)
Articles
84 Documents
Deskripsi Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Ferdy Ferry Putra Kota Jambi
Neldawati Neldawati
Journal Evaluation in Education (JEE) Vol 1 No 1 (2020): January
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (334.85 KB)
|
DOI: 10.37251/jee.v1i1.12
Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui lingkungan belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika di SMA Ferdy Ferry Putra Kota Jambi. Metodologi: Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif menggunakan prosedur penelitian survei dengan instrumen yang digunakan adalah angket. Subjek penelitian ini adalah 125 di SMAS Ferdy Ferry Putra Kota Jambi. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Temuan utama: Hasil dari kelima indikator yang didiskusikan pada penelitian ini, pada indikator kurikulum terhadap fisika sebesar 57,6 % yaitu di kategori baik. Untuk indikator pengajaran dan waktu sekolah dan keadaan gedung yang paling dominan berkategori cukup dengan persentase 43,2 %. Kemudian pada indikator disiplin sekolah dan keadaan gedung sama-sama berkategori cukup dengan persentase masing-masing 45,6 % dan 48,8 %. Sementara untuk indicator relasi siswa dan siswa terkategori baik dengan persentase 47,2 %. Berdasarkan hasil tersebut, di SMA Ferdy Ferry Putra Kota jambi siswa memiliki lingkungan belajar yang cukup terhadap pembelajaran fisika. Keterbaruan penelitian: Keterbaruan dari penelitian ini adalah indikator yang digunakan untuk mendeskripsikan lingkungan belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika di SMA Ferdy Ferry Putra Kota Jambi. Adapun indikator yang digunakan yaitu kurikulum, disiplin sekolah, pengajaran fisika dan waktu sekolah, keadaan gedung serta relasi siswa dan siswa.
Analisis Metode Pembelajaran yang Dapat Digunakan Pada Pembelajaran PAI
Subhan;
Ulfah Novianti
Journal Evaluation in Education (JEE) Vol 1 No 3 (2020): July
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (298.416 KB)
|
DOI: 10.37251/jee.v1i3.133
Tujuan penelitian: Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pentingnya penggunaan metode dalam pembelajaran, selain itu juga untuk mendeskripsikan metode-metode yang dapat digunakan dalm pembelajaran PAI, karen apembelajaran PAI merupakan pendidikan yang sangat penting untuk ditanamkan kuat dari dir peserta didik. Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif tipe kajian kepustakaan, yang artinya menggunakan berbagai sumber ilmiah untuk mendeskripsikan berkaitan dengan analisis metode pembelajaran yang dapat digunakan pada pembelajaran PAI. Analisis yang digunakan analisi isi atau konten. Temuan utama: Setelah melakukan analisis berbagai sumber, seperti jurnal ilmiah dan artikle maka ada beberapa metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran PAI, seperti PBL, Numbered head together, pembelajaran multikultural, tutor sebaya, market place, dan lain sebaainya. Keterbaruan penelitian: Keterbaruan dari penelitian ini yaitu dapat menggunakan atau menerapkan metode yang layak digunakan untuk pembelajarn PAI.
Investigasi Sikap Sosial Yang Dimiliki Oleh Siswa Kelas Xi Di SMAN 3 Kota Jambi Pada Mata Pelajaran Fisika
Murniati;
Erika
Journal Evaluation in Education (JEE) Vol 1 No 3 (2020): July
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (334.791 KB)
|
DOI: 10.37251/jee.v1i3.134
Tujuan penelitian: Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui deskripsi sikap sosial yang dimiliki oleh siswa kelas XI di SMAN 3 Kota Jambi. Untuk mengetahui kendala dalam pengembangan sikap sosial yang dimiliki oleh siswa kelas XI di SMAN 3 Kota Jambi. Metodologi: Penelitian ini termasuk kedalam penelitian campuran (mix method). Data kualitatif didapatkan menggunakan lembar instrument wawancara. Sedangkan untuk data kuantitatif diperolah dengan menggunakan metode survey dan teknik pengumpulan data berupa angket. Temuan utama: Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 46.% peserta didik memiliki sikap jujur yang baik, 63.3% memiliki sikap disiplin yang sangat baik, 53.3% telah memiliki sikap tanggung jawab yang sangat baik, 53.3% telah memiliki sikap santun yang baik, 50% memiliki sikap peduli yang baik, dan 36.6% memiliki sikap percaya diri yang cukup baik. Keterbaruan penelitian: Keterbaruan dari penelitian ini yaitu idikator yang digunakan untuk melihat sikap sosial peserta didik pada pembelajaran fisika.
Kontak dan Komunikasi Sosial Guru dan Siswa dalam Pembelajaran di Sekolah Dasa
Yuni Parwati;
Dhurrotun Nafisyah
Journal Evaluation in Education (JEE) Vol 1 No 3 (2020): July
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (293.847 KB)
|
DOI: 10.37251/jee.v1i3.135
Tujuan penelitian: Penelitian ini meneliti bagaimana kontak sosial dan komunikasi sosial guru dan siswa dalam pembelajaran di sekolah dasar. Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informasi di dapat dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi guru dan peserta didik. Temuan utama: Hasil penelitian bahwa interaksi sosial guru dengan siswa sudah baik. Keadaan interaksi sosial yang kurang baik di ketahui dari kontak sosial antara guru dan siswa pada saat pembelajaran. Dalam keadaan yang sudah baik ini, interaksi sosial guru dan siswa terlihat sudah sangat baik, situasi belajar yang semangat, dan adanya apresiasi guru dan siswa. Keterbaruan penelitian: Pendidikan ini berupaya meningkatkan interaksi sosial guru dan peserta didik melalui proses pembelajaran, terutama untuk meingkatkan sikap interaksi guru dan siswa demi menumbuh kembangkan interaksi sosial yang baik.
Peranan Pembelajaran Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Religius Dan Toleransi Siswa Sekolah Dasar
Muhammad Toto Nugroho;
Nurdin
Journal Evaluation in Education (JEE) Vol 1 No 3 (2020): July
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (286.857 KB)
|
DOI: 10.37251/jee.v1i3.136
Tujuan penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan Pembelajaran Agama Islam dalam membentuk karakterk peserta didik yang religious dan toleransi di Sekolah Dasar. Metodologi: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dimana sumber data yang diperoleh dari kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimulai dari pengumpulan data, merduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan utama: Peranan pembelajaran Agama Islam dalam membentuk karakter religius dan toleransi pada diri peserta didik di SDN 59/V Bram Itam yaitu menerapkan membiasakan berdoa sebelum melakukan kegiatan belajar, mengucapkan salam, serta pembelajaran seperti membaca surah yasin setiap hari jum’at, hafalan surah-surah pendek dan doa sehari-hari. Keterbaruan penelitian: Bahwa pe,nelajaran agama di sekolah dasar memiliki keterkaitan dengan pembentukan karakter yang baik pada siswa.
Hubungan Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berpikir Kritis Padamateri Suhu Dan Kalor
Desi Fitria
Journal Evaluation in Education (JEE) Vol 1 No 3 (2020): July
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (286.857 KB)
|
DOI: 10.37251/jee.v1i3.137
Tujuan penelitian: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat hubungan keterampilan proses sains dengan kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 12 Kota Jambi pada materi suhu dan kalor (perubahan wujud). Metodologi: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian asosiatif kuantitatif dengan desain penelitian koresional Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen keterampilan proses sains dasar siswa yang terdiri dari 18 pernyataan dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis pada materi suhu dan kalor yang terdiri dari 7 pernyataan. Responden terdiri dari 96 siswa kelas XI Mipa SMAN 12 Kota Jambi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Temuan utama: Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada keterampilan proses sains dasar siswa pada materi suhu dan kalor pokok bahasan perubahan wujud menghasilkan persentase 52,1% dengan kategori tidak baik dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor pokok bahasan perubahan wujud adalah sebesar 62.5 % dengan kategori tidak baik. Berdasarkan nilai signifikansi yang dihasilkan maka dapat dikatakan bahwa hubungan pada keterampilan proses sains dasar siswa dengan kemampuan berpikir krtitis siswa pada materi suhu dan kalor pokok bahasan perubahan wujud adalah sangat kuat dengan pearson correlation ,963 dan signifikansi sebesar ,000. Keterbaruan penelitian: Keterbaruan dalam penelitian yaitu berupa melihat keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa SMAN 12 Kota Jambi.
Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Software Aurora 3D Materi Pengukuran
Supajrin Nadori;
Roro Hoyi
Journal Evaluation in Education (JEE) Vol 1 No 3 (2020): July
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (376.381 KB)
|
DOI: 10.37251/jee.v1i3.138
Tujuan penelitian: Membuat dan menguji modul pembelajaran fisika pokok bahasan pengukuran. Metodologi: Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Uji coba dilakukan melalui validasi ahli media, ahli materi dan uji kelompok kecil. Sample terdiri dari 20 siswa di kelas X SMAN 8 Kota Jambi. Instrumen yang digunakan ialah angket. Temuan utama: Hasil analisis data menyatakan bahwa persepsi siswa tentang program pembelajaran fisika berbasis Aurora 3D pada materi pokok bahasan pengukuran untuk SMA kelas X untuk persepsi siswa tentang kriteria tampilan program masuk dalam kategori baik (83,33%), persepsi siswa tentang kesesuaian program dengan bahan ajar fisika masuk dalam kategori baik (85,42%), dan persepsi siswa tentang kualitas teknis temasuk dalam kategori baik (84,27%) Keterbaruan penelitian: Penguatan penggunaan pengembangan modul untuk materi fisika pokok bahasan Pengukuran.
Kompetensi Guru Dalam Menyusun LKPD Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19
Supriono Santoso
Journal Evaluation in Education (JEE) Vol 2 No 2 (2021): April
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (287.666 KB)
|
DOI: 10.37251/jee.v2i2.145
Tujuan penelitian: Meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun dan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam pembelajaran jarak jauh di SMPN 2 Tanjung Jabung Timur. Metodologi: Penelitian ini berupa penelitian tindakan sekolah yang menggunakan pendekatan action research. Sampel dalam penelitian ini berupa semua guru yang ada di SMPN 2 Tanjung Jabung Timur dengan total sampling berjumlah 19 guru. Data dianalisis pada bagian proses dan hasil. Penelitian dilangsungkan sebanyak 2 siklus. Kedua siklus memfokuskan pada Pelatihan Partisipatif dengan Bimbingan Intensif. Dari kedua siklus selalu di evaluasi untuk dilakukan perbaikan. Temuan utama: Hasil penelitian ini didapat analisis skor perolehan untuk tiap aspek LKPD diperoleh rata-rata aspek didaktik 3,90 aspek kontruksi 3,87 dan aspek teknik mendapat rata-rata 3,86. Skor rata-rata indikator semua aspek mencapai 3,88 dan tidak diperoleh skor rata-rata kurang dari 3 pada siklus II. Perbandingan hasil siklus I dan Siklus II terlihat ada kemajuan yang bertambah baik dari nilai rata – rata 68,28 menjadi 77,61. Keterbaruan penelitian: Kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan guru secara praktis merupakan solusi yang dapat memudahkan pembelajaran secara luring.
Korelasi Keterampilan Proses Sains Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pemantulan Pada Cermin Datar
Erda Purwanti;
Heldalia Heldalia
Journal Evaluation in Education (JEE) Vol 1 No 4 (2020): October
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37251/jee.v1i4.146
Tujuan penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis korelasi keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pemantulan pada cermin datar. Metodologi: Jenis penelitian ini menggunakan penelitian mix method. Dengan sampel sebanyak 84 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal Kemampuan Berpikir Kritis dan lembar observasi keterampilan proses sains. Data dianalisis menggunakan Program SPSS 23 untuk mendapatkan rata-rata, median, maksimum, minimum. pada penelitian ini dilakukan uji normalitas dan linearitas untuk kemudian dilakukan uji korelasi pearson. Temuan utama: Berdasarkan hasil diperoleh bahwa terdapat hubungan positif yang cukup kuat antara keterampilan berpikir kritis dengan keterampilan proses sains. Keterbaruan penelitian: Penelitian ini memperkuat adanya hubungan positif antara keterampilan proses sains dan kemampuan berfikir kritis.
Analisis Karakter Bersahabat Peserta Didik Smpn 16 Kota Jambi Di Tinjau Dari Indikator Bekerja Sama Dan Perhatian Terhadap Orang Lain
Prita Monalisa;
Weni Sukarni;
Erika Erika;
Roro Hoyi;
Riko Firmansyah
Journal Evaluation in Education (JEE) Vol 1 No 4 (2020): October
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37251/jee.v1i4.147
Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter peserta didik, terutama karakter bersahabat pada peserta didik kelas VII dan VIII SMPN 16 Kota Jambi. Metodologi: Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian survei dengan instrumen penelitian berupa angket. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII G, VII H, VII I, VIII I dan VIII J dengan jumlah siswa sebanyak 153 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda menggunakan bantuan komputer dengan menggunakan Program Analisis Regresi SPSS Statistik 20. Pada penelitian ini mendeskripsikan hanya 2 indikator yaitu : dapat bekerja sama dan perhatian terhadap orang lain. Temuan utama: Berdasarkan hasil diperoleh bahwa peserta didik di SMPN 16 Kota Jambi sebanyak 78 dari 153 peserta didik dengan persentasi 51% dapat menerapkan indikator bekerja sama dengan baik dan sebanyak 56 dari 153 peserta didik dengan persentasi 56,9% dapat menerapkan indikator perhatian terhadap orang lain dengan baik. Keterbaruan penelitian: Keterbaharuan penelitian ini mendeskripsikan kerjasama dan perhatian siswa terhadap teman kelas.