cover
Contact Name
Arif Bijaksana Putra Negara
Contact Email
arifbpn@untan.ac.id
Phone
+62811578624
Journal Mail Official
editor_justin@informatika.untan.ac.id
Editorial Address
Sekretariat Justin Gedung Informatika Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. Hadary Nawawi Pontianak 78124
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)
ISSN : 24603562     EISSN : 26208989     DOI : http://dx.doi.org/10.26418/justin
Core Subject : Science,
JUSTIN aims to publish research results and thoughts among academics, researchers, scientists, and practitioners in the field of informatics/computer science so that they are freely available to the public, and support the exchange of knowledge. The scope of JUSTIN is but is not limited to the following: theory and information science, information systems, information security, data processing and structure, programming and computing, software engineering, informatics, computer science, computer engineering, architecture and computer networks, robotics, parallel and distributed computing, operating systems, compilers and interpreters, games, numerical methods, mobile computing, natural language processing, data mining, cognitive systems, speech processing, machine learning, artificial intelligence, expert systems, geographical information systems, computational theory, and informatics applications in various fields.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2017)" : 9 Documents clear
Rancang Bangun Aplikasi SOS Broadcast Lokasi dan Status Keamanan User Sebagai Sarana Cepat Tanggap Tindak Kejahatan Dini Menggunakan Location Based Service Berbasis Android Hanindra, Muhammad Zukhruf Firdaus; Safriadi, Novi; Anra, Hengky
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1803.954 KB)

Abstract

Kebutuhan akan rasa aman adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Tanpa adanya rasa aman kehidupan masyarakat tidak akan berjalan dengan baik. Oleh karena itu banyak cara yang telah ditempuh untuk memenuhi kebutuhan akan rasa aman tersebut seperti instalasi CCTV, penjadwalan ronda hingga pendirian pos-pos polisi dan satpam. Upaya yang telah dilakukan sebelumnya dirasa kurang cukup memberikan rasa aman karena sulitnya mencari pertolongan dalam keadaan darurat saat malam hari dan kondisi daerah sekitar sepi. Pada penelitian ini, dibuat sebuah aplikasi berbasis Android menggunakan Location Based Service yang diharapkan dapat membantu masyarakat memperoleh rasa aman. Pengguna dapat mendaftarkan keluarga dan kerabat dalam daftar kontak darurat pada aplikasi. Aplikasi juga dilengkapi dengan fitur push notification ke pengguna aplikasi terdekat dan petugas keamanan dalam keadaan darurat. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat memberitahukan lokasinya lewat aplikasi dan menyebarkan informasi tersebut dengan rata-rata 1,53 detik pada ruang terbuka dan 1,56 pada ruang tertutup serta 1,57 detik pada kondisi cuaca cerah dan 2,62 detik pada kondisi cuaca hujan berdasarkan hasil pengujian response time. Bersasarkan hasil pengujian akurasi, aplikasi dapat menerima dan menyebarkan lokasi pengguna dengan rata-rata akurasi 4,6 hingga 14,2 meter sehingga dapat dikatakan cukup akurat. Aplikasi juga dapat berjalan dengan baik pada perangkat mobile Android versi 4.4 (Jelly Bean) hingga 6.0.1 (Marshmallow).
Analisis Perbandingan Sistem Keamanan Jaringan Menggunakan Snort dan Netfilter Ma'sum, Muhammad Suyuti; Irwansyah, M. Azhar; Priyanto, Heri
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (920.72 KB)

Abstract

Perkembangan dan pemanfaatan teknologi komputer semakin meningkat berdasarkan kebutuhan dalam pertukaran informasi. Di program studi (Prodi) Teknik Informatika Universitas Tanjungpura (UNTAN) telah mengembangkan teknologi komputer dalam pertukaran informasi seperti pada sistem repositori. Penggunaan teknologi komputer berbasis web pada sistem repositori yang dapat dengan mudah diakses oleh banyak user menimbulkan suatu kerentanan keamanan jaringan pada sistem. Banyaknya user yang dapat mengakses memungkinkan adanya intrusi-intrusi keamanan yang dilakukan oleh sebagian user dalam upaya penyerangan terhadap sistem. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem keamanan jaringan sebagai upaya pencegahan serangan pada sistem. Upaya tersebut telah dilakukan melalui penelitian tentang monitoring keamanan jaringan menggunakan snort oleh Asep Fauzi Mutaqin tahun 2015 yang menghasilkan saran untuk dikembangkan dengan menambahkan fungsi Intrusion Prevension System (IPS) pada snort. Penelitian ini mengembangkan sistem keamanan jaringan menggunakan snort mode inline sesuai dengan saran penelitian sebelumnya dan untuk dapat diketahui performa snort mode inline diperlukan analisis perbandingan dengan sistem keamanan jaringan lain. Netfilter dengan menggunakan Advanced Policy Firewall (APF) dan Mod Evasive merupakan sistem keamanan jaringan yang digunakan dalam penelitian ini sebagai upaya mengetahui sistem keamanan jaringan yang sesuai untuk diimplementasikan di Prodi Teknik Informatika. Berdasarkan penelitian analisis perbandingan yang telah dilakukan dapat menghasilkan sebagai berikut : (1) Perangkat keras yang digunakan oleh netfilter yaitu sebuah Server Netfilter sedangkan pada snort menggunakan PC Snort dan Server Snort. (2) Server Snort menggunakan memory sebesar 330668 KiB dan PC Snort menggunakan memory sebesar 175488 KiB sedangkan Server Netfilter menggunakan memory yang lebih besar yaitu 457968 KiB. (3) 2 komponen sistem dan 5 tahap konfigurasi merupakan kebutuhan perangkat lunak pada netfilter sedangkan pada snort membutuhkan 8 komponen sistem dan 10 tahap konfigurasi. (4) Netfilter memiliki hasil keamanan 14,09 % lebih baik dari pada snort.
Rancang Bangun Layanan Jemput Darah Berbasis Android Marceline, Asteria; Anra, Hengky; Pratiwi, Helen Sasty
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (899.245 KB)

Abstract

Kebutuhan akan darah dalam beberapa tahun terakhir ini terus meningkat, menurut WHO (World Health Organization) idealnya ketersedian darah adalah 2% dari jumlah penduduk, yang berarti untuk Indonesia saat ini memerlukan 4,6 juta kantong darah, namun Palang Merah Indonesia hanya mendapatkan kurang dari 0,5% darah. Untuk menenuhi kekurangan stok darah, saat ini Palang Merah Indonesia sudah melakukan donor darah massal dan sosialisasi tentang pentingnya mendonor darah. Namun upaya tersebut ternyata belum bisa menutupi kurangnya ketersediaan darah. Ada pula faktor jarak antara Unit Tranfusi Darah yang jauh dari tempat tinggal pendonor, sehingga pendonor tidak dapat mendonorkan darah. Pada penelitian ini dibuat aplikasi berbasis android, yang dapat membantu pendonor untuk mendonorkan darahnya di kelurahan tempat tinggal dengan cara meminta jemput. Aplikasi ini dilengkapi dengan notifikasi ke pengguna yang berkelurahan sama, sehingga dapat ikut serta mendonorkan darah. Dengan fitur notifikasi ini juga PMI dapat mengirim pesan ke semua pengguna, jika Palang Merah Indonesia mengadakan kegiatan donor darah. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi ini sudah berjalan dengan baik pada perangkat mobile Android, mulai dari Android versi 5.0 (Lollipop) hingga Android versi 6.0.1 (Marsmallow). Berdasarkan hasil kuesioner menggunakan skala Likert’s Summated Rating (LSR) diperoleh nilai total 1757 yang berarti aplikasi ini diimplementasikan dengan sangat baik.
Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Shiritori Bahasa Indonesia dengan Algoritma Ahocorasick Berbasis Web Shanivan, Sony; Safriadi, Novi; Yulianti, Yulianti
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1090.663 KB)

Abstract

Globalisasi sudah menjadi sebuah fenomenayang mempengaruhi semua aspek kehidupan bangsaIndonesia. Hal ini juga mengubah penggunaan kata dalambahasa Indonesia yang dianggap kurang bergengsi,kurang nyaman, bahkan dianggap kurang bergaya. Sikapini juga terjadi di media elektronik yang sering memakaikosakata bahasa inggris atau bahkan terkadangmengubah kosakata bahasa Indonesia itu sendiri.Perkembangan game yang ada dewasa ini sejalan denganperkembangan teknologi informasi. Tidak semua gamehanya mengandalkan ketangkasan pemain dalammenggunakan mouse ataupun menekan tombol-tombolkeyboard. Akan tetapi ada juga game yang dapatmendidik atau melatih pengetahuan dari pemain.Contohnya permainan yang berhubungan dengan kata.Shiritori merupakan salah satu contoh permainan yangberhubungan dengan kata. Permainan shiritori inimemiliki konsep bermain sambil belajar, karena selainmendapatkan kesenangan dari mengotak-atik huruf-hurufyang ada juga membantu mengasah otak untukmenemukan kata lain yang terdapat dari huruf-hurufyang diberikan. Shiritori ini merupakan sebuahpermainan kata yang berasal dari Jepang dan untuk saatini shiritori yang ada hanya bahasa Jepang dan bahasaInggris. Berdasarkan permasalah di atas untukmemfasilitasi game shiritori dalam bahasa Indonesia,maka akan dibuat game shiritori dalam bahasa Indonesiadengan menggunakan algoritma Aho-corasick untukpencarian string dalam kamus. Permainan dibuat berbasisweb dengan tujuan agar dapat dimainkan di semua gadgetbaik laptop, android, ios, dan lainnya. Pengujian padapenelitian ini dilakukan dengan pengujian black box.
Pengembangan Antarmuka Mesin Penerjemah Statistik Multibahasa Berbasis Web Pratiwi, Ninda Fitria; Sujaini, Herry; Nyoto, Rudy Dwi
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6.583 KB)

Abstract

Indonesia memiliki keragaman bahasa yang luar biasa. Akan tetapi, keterbatasan dalam menguasai berbagai macam bahasa daerah di Indonesia merupakan kendala utama bagi masyarakat umum untuk bisa mengerti bahasa daerah yang bukan berasal dari daerah asalnya. Dengan pesatnya perkembangan teknologi, saat ini sedang dikembangkan mesin penerjemah untuk mengatasi masalah penerjemahan bahasa. Mesin penerjemah statistik (Statistical Machine Translation) merupakan sebuah pendekatan mesin penerjemah dengan hasil terjemahan yang dihasilkan atas dasar model statistik yang parameter-parameternya diambil dari hasil analisis korpus teks paralel. Saat ini telah banyak dilakukan penelitian mengenai penerjemahaan bahasa daerah ke bahasa Indonesia ataupun sebaliknya. Pada beberapa penelitian sebelumnya, mesin penerjemah statistik ada yang belum memiliki antarmuka dan ada yang memiliki antarmuka namun hanya penerjemahan satu bahasa saja. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan antarmuka mesin penerjemah statistik multibahasa dengan fitur komunitas terjemahan dimana pengguna dapat berkontribusi dalam aplikasi translator bahasa daerah sehingga dapat diakses secara luas melalui internet oleh publik. Pengujian dilakukan dengan metode Black Box dengan teknik robustness testing dan kuesioner. Berdasarkan hasil robustness testing menyatakan aplikasi ini dapat meng-handle proses input dengan baik pada masing-masing bahasa. Berdasarkan hasil kuesioner menggunakan skala Likert’s Summated Rating (LSR) diperoleh nilai total 1219 yang berarti aplikasi ini sangat positif dan dinilai berhasil.
Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Tingkat Kualitas Layanan Perpustakaan Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto Nurdiansah, Lambang; Tursina, Tursina; Irwansyah, M. Azhar
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (765.164 KB)

Abstract

Menurut undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik menegaskan bahwa penyelenggara berkewajiban melakukan evaluasi terhadap kinerja pelaksana di lingkungan organisasi secara berkala. Sebagai salah satu institusi penyelenggara pelayanan publik maka perpustakaan juga berkewajiban melaksanakan undang-undang. Kewajiban tersebut adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.Berdasarkan observasi di Perpustakaan Provinsi Kalimantan Barat untuk mengetahui kualitas layanan yang ada hanya dilakukan menggunakan sebuah kertas yang berisikan tulisan “Puas” dan “Tidak Puas” yang kemudian dimasukkan ke dalam kotak saran tanpa dapat diketahui pelayanan apa yang harus ditingkatkan, sehingga tidak dapat mengetahui tingkat kualitas layanan menurut persepsi pelanggan. Mengingat hal tersebut maka diperlukan suatu sistem untuk monitoring tingkat kualitas pelayanan perpustakaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi yang dapat digunakan untuk monitoring kualitas layanan perpustakaan. Adapun aplikasi yang dibangun menggunakan metode service quality(servqual) fuzzy. Metode Servqual digunakan sebagai model pengukuran tingkat kualitas layanan dengan menggunakan dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Sedangkan metode fuzzy digunakan untuk mengukur tingkat kualitas layanan perpustakaan. Berdasarkan hasil User Acceptance Test kategori pengunjung perpustakaan didapatkan hasil aplikasi dinilai sangat positif dan sangat berhasil, sedangkan pada kategori admin didapatkan hasil aplikasi dinilai positif dan cukup berhasil.
Rancang Bangun Aplikasi Web Scraping untuk Korpus Paralel Indonesia - Inggris dengan Metode HTML DOM Mitra, Vivensius; Sujaini, Herry; Negara, Arif Bijaksana Putra
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1819.861 KB)

Abstract

Korpus paralel merupakan dua dokumen text yangsaling berhubungan dimana dokumen text pertama berisikumpulan kalimat sumber dan dokumen kedua berisi kumpulankalimat terjemahan. Korpus paralel berfungsi sebagai sumberutama dalam mengembangkan mesin penerjemah statistik.Pengumpulan korpus paralel secara manual memerlukan waktuyang lama dan biaya yang tidak sedikit. Web scraping adalahsuatu teknik penggalian informasi dari situs web. Pembuatanaplikasi web scraping dapat dikombinasikan dengan berbagaimetode, dalam penelitian ini metode yang digunakan adalahHTML DOM. Sistem ini dibangun untuk mengumpulkan korpusparalel Bahasa Indonesia dan Inggris. Pengujian dari aplikasi iniadalah menggunakan metode blackbox, serta beberaparangkaian pengujian secara manual untuk mengetahui tingkatkeberhasilan aplikasi ini dalam mengumpulkan data korpusparalel dan kecepatan sistem dalam mengumpulkan korpusparalel. Hasil implementasi dan pengujian akhir dari aplikasiweb scraping dengan metode HTML DOM adalah proses yangberjalan dalam aplikasi web scraping dengan metode HTMLDOM adalah proses scraping, tokenisasi, cleaning, danlowercased, semua proses tersebut berjalan secara otomatissehingga sangat menghemat waktu dan biaya dan menghasilkankorpus paralel Bahasa Indonesia dan Inggris.
Analisis Perbandingan Metode Spelling Corrector Peter Norvig dan Spelling Checker BK-Trees pada Kata Berbahasa Indonesia Mutammimah, Mutammimah; Sujaini, Herry; Nyoto, Rudy Dwi
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1479.33 KB)

Abstract

Bahasa menjadi faktor penting dalam penyampaian pengetahuan dan acuan dalam penulisan dokumen, komunikasi dan pencarian informasi. Apabila dalam penulisan dokumen terdapat kesalahan maksud penulisan tersebut menjadi berbeda. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah program yang dapat mendeteksi kesalahan penulisan dan memberikan sugesti kata yang benar. Salah satu fitur yang dapat digunakan untuk mendeteksi kesalahan dan memberikan sugesti kata yang benar adalah fitur spelling corrector atau spelling checker atau spelling suggestion. Fitur ini berfungsi sebagai pendeteksi kesalahan dan memberikan panduan bagi penggunanya dengan menandai kata-kata yang tidak terdaftar dalam kamus suatu bahasa tertentu. Fitur ini juga disertai dengan sugesti kata yang berfungsi menyediakan rekomendasi kata-kata yang mendekati kata yang dimaksud. Hal ini yang mendasari untuk membandingkan metode spelling corrector Peter Norvig dan spelling checker BK-Trees dalam hal memberikan sugesti kata menggunakan bahasa Indonesia sehingga dapat dijadikan acuan sebagai pilihan pengguna membuat aplikasi yang membutuhkan fitur pengoreksian kata. Spelling Corrector Peter Norvig menggunakan cara dengan mengubah jarak kata yang salah atau dengan mengubah kata yang salah menjadi dua kata dan sejumlah suntingan yang dibutuhkan untuk mengubah satu ke yang lain. BKTrees atau Burkhard-Keller Tree adalah struktur data berupa pohon yang dibuat oleh Burkhard dan Keller pada tahun 1973 untuk mencari satu atau beberapa string yang mirip atau mendekati string yang menjadi input-an dan memanfaatkan metode Levesthein Distance untuk mendapatkan nilai sebagai pembanding kata yang salah dengan yang benar. Kamus yang dibuat menggunakan data korpus data berita online. Hasil analisis perbandingan metode Spelling Corrector Peter Norvig dan Spelling Cherker BK-Trees pada kata berbahasa Indonesia ini dapat diketahui bahwa metode Peter Norvig dapat memberikan 52,8% tingkat ketepatan yang lebih baik daripada metode BK-Trees yang menghasilkan 9%. Namun, metode Spelling Checker BK-Trees lebih unggul dalam hal tingkat keberhasilan 100% memberikan sugesti kata dan kecepatan rata-rata pemberian sugesti kata yang lebih rendah dari Peter Norvig.
Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Penyedia Jasa Les Private di Kota Pontianak Berbasis Web Putra, Angga Kurnia; Nyoto, Rudy Dwi; Pratiwi, Helen Sasty
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1073.499 KB)

Abstract

Di Kota Pontianak, pencarian guru les private kebanyakan dilakukan melalui kontak dengan rekan se-profesi, rekomendasi pengguna jasa les sebelumnya, hingga broadcast melalui social media, sehingga muncul berbagai masalah antara lain pencarian calon guru les private yang memakan waktu cukup lama, sulit menemukan kesesuaian lokasi dan waktu antara calon guru les dan murid, tidak dapat mengetahui kompetensi, prestasi, dan track-record dari calon guru les private sehingga sulit untuk menemukan calon guru les private terbaik. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang aplikasi marketplace penyedia jasa les private di Kota Pontianak, sehingga dapat berfungsi sebagai media dalam memudahkan masyarakat menemukan guru les private yang sesuai dengan kriteria yang diinginkannya. Sistem dibangun menggunakan metode waterfall dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, Framework Laravel, dan database MySQL. Berdasarkan hasil kuesioner menggunakan skala Likert’s Summated Rating (LSR) diperoleh nilai total 2228 yang berarti aplikasi ini diimplementasikan dengan sangat baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 9