cover
Contact Name
Farid Faisal
Contact Email
elecosy.febi@unsur.ac.id
Phone
+6285793854848
Journal Mail Official
elecosy.febi@unsur.ac.id
Editorial Address
Jl. Pasirgede Raya, Bojongherang, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43216
Location
Kab. cianjur,
Jawa barat
INDONESIA
El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam
ISSN : 27744108     EISSN : 27744418     DOI : https://doi.org/10.35194/.v1i2.1657
Core Subject : Economy,
El-Ecosy:Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam is a journal that contains Islamic economics and finance which was formed and decided based on the results of a leadership meeting with Number: 006 / SK / Dek-FEBI / Unsur / V / 2019. El-Ecosy:Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah is an academic journal published twice a year by the Faculty of Economics and Islamic Business, Suryakancana University.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2021): Januari (El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam)" : 7 Documents clear
KONSEP SPIRITUAL MARKETING DALAM PEMASARAN PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS SURYAKANCANA Uus Ahmad Husaeni; Huzni Farhany; Nina Nurkomalasari; Farid Faisal
El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1, No 1 (2021): Januari (El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam)
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.142 KB) | DOI: 10.35194/eeki.v1i1.1138

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis konsep spiritual marketing dalam pemasaran prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Suryakancana yang pada akhirnya terjadi peningkatan jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Adapun metode pengolahan data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan data-data yang diperoleh dari penelitian lapangan, peraturan-peraturan dan buku-buku yang diolah serta dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu implementasi spiritual marketing dalam upaya memasarkan prodi-prodi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Suryakancana sangat dianjurkan, mengingat dampak dari penerapannya sangat menguntungkan bagi peningkatan jumlah mahasiswa. Implementasi konsep spiritual marketing pada akhirnya akan menumbuhkan rasa loyalitas dan trust pada benak masyarakat akan kredibilitasnya terhadap FEBI. Adapun keuntungan dalam jangka panjang, FEBI akan memperoleh wallet share dari siklus spiritual marketing yang dapat digunakan sebagai modal pengembangan ekonomi syariah dimasa yang akan datang. ABSTRACTThe purpose of this study is to analyze the concept of spiritual marketing in the marketing of the Islamic Economics Department which in turn has increased the number of students from year to year. This research method uses library research. The data processing method used is to collect data obtained from field research, regulations and books which are processed and analyzed using qualitative methods. The conclusion of this research is that the implementation of spiritual marketing in an effort to market of Islamic Economic department at the Faculty of Islamic Economics and Business (FEBI), Suryakancana University is highly recommended, considering the impact of its application is very beneficial for increasing the number of students. The implementation of the spiritual marketing concept will ultimately foster a sense of loyalty and trust in the minds of the public regarding its credibility towards FEBI. As for the long-term benefits, FEBI will get a wallet share from the spiritual marketing cycle which can be used as capital for the development of the Islamic economy in the future.
PROGRAM PEMELIHARAAN KARYAWAN DALAM MENCAPAI TUJUAN INSTITUSI Tanto Heryanto
El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1, No 1 (2021): Januari (El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam)
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.971 KB) | DOI: 10.35194/eeki.v1i1.1139

Abstract

ABSTRAKManusia selalu berperan aktif dan dominan dalam setiap kegiatan organisasi, karena manusia menjadi perencana, pelaku, dan penentu terwujudnya tujuan organisasi.Tujuan tidak mungkin terwujud tanpa peran aktif karyawan meskipun alat-alat yang dimiliki perusahaan begitu canggih. Karyawan adalah asset (kekayaan) utama setiap organisasi, yang selalu ikut berperan aktif dan paling menentukan tercapai tidaknya tujuan organisasi. Oleh karena itu, karyawan perlu mendapat pemeliharaan sebaik-baiknya dari pimpinan organisasi/perusahaan. Artikel dari artikel ini yaitu untuk menganalisis tujuan organisasi dalam pemeliharaan karyawan. Pendekatan yang digunakan dalam artikel ini yaitu kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Kesimpulan dari artikel ini yaitu pemeliharaan (maintenance) karyawan haruslah mendapat perhatian yang sungguh-sungguh dari manajer/pimpinan. Jika pemeliharaan karyawan kurang diperhatikan, semangat kerja, sikap, dan loyalitas karyawan akan menurun. Absensi dan turnover meningkat, disiplin akan menurun, sehingga fungsi pengadaan, pengembangan, kompensasi dan pengintegrasian yang telah dilakukan dengan baik dan biaya yang besar kurang berarti untuk menunjang tercapainya tujuan organisasi/perusahaan. Pemeliharaan karyawan bertujuan untuk mempertahankan atau meningkatkan kondisi fisik, mental, dan sikap karyawan agar mereka tetap loyal dan bekerja produktif untuk menunjang tercapainya tujuan organisasi/perusahaan. Untuk mewujudkan pemeliharaan karyawan yang baik, perusahaan atau organisasi harus melakukannya dengan metode; komunikasi yang baik, insentif yang adil dan layak, pemberian kesejahteraan, keselamatan dan kesehatan kerja, serta dilaksanakannya hubungan industrial Pancasila.ABSTRACTHumans always play an active and dominant role in every organizational activity, because humans become planners, actors, and determinants of the realization of organizational goals. Goals cannot be realized without the active role of employees even though the tools owned by the company are so sophisticated. Employees are the main asset (wealth) of every organization, who always play an active role and most determine whether or not the organizational goals are achieved. Therefore, employees need to get the best possible care from the leadership of the organization/company. The article of this article is to analyze organizational goals in employee maintenance. The approach used in this article is qualitative with the analytical descriptive method. The conclusion of this article is that employee maintenance must receive serious attention from the manager/leader. If employee maintenance is not paid attention to, employee morale, attitude and loyalty will decline. Attendance and turnover increase, discipline will decrease, so that the functions of procurement, development, compensation and integration that have been carried out properly and at large costs do not mean to support the achievement of organizational/company goals. Employee maintenance aims to maintain or improve the physical, mental, and attitude conditions of employees so that they remain loyal and work productively to support the achievement of organizational/company goals. To achieve good employee maintenance, a company or organization must do it by method; good communication, fair and proper incentives, provision of occupational welfare, safety and health, and implementation of Pancasila industrial relations.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KANTOR POS SINDANGLAYA CIPANAS Sirojudin Siroj; Desti Nurwidiawati; Asrti Mailani; Rizki Alyan Syachwaldi; Agus Irawan; M. Yusuf Nurohman; Sandi Aditya
El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1, No 1 (2021): Januari (El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam)
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.473 KB) | DOI: 10.35194/eeki.v1i1.1134

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada kantor pos Sindanglaya. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang menggunakan jasa pelayanan pengiriman barang di kantor pos Sindanglaya Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkn bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki t hitung yang bernilai positif sebesar 0,5688 dengan taraf signifikansi 0,000 diatas signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian t hitung t tabel (5,688 > 1,984), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Pos Sindanglaya. Adapun persamaan analisis regresi linier sederhananya yaitu: Ŷ = 9,118 + 0,139X. ABSTRACTThe purpose of this study was to determine the effect of service quality on customer satisfaction at the Sindanglaya post office. This type of research is field research with a quantitative approach. The population of this study were all customers of the Sindanglaya Post Office. The data collection technique used a questionnaire. The data analysis technique used simple linear regression analysis. The population in this study were all customers who used the delivery service at the Sindanglaya post office. Samples taken were 100 respondents. The results of this study indicate that the service quality variable has a positive t count of 0.5688 with a significance level of 0.000 above the significance of 0.05 (0.000 <0.05). Thus t count t table (5.688> 1.984), then H0 is rejected and Ha is accepted. So it can be stated that Service Quality has a significant influence on Customer Satisfaction at PT. POS. Sindanglaya. Simple linear regression analysis Ŷ = 9,118 + 0,139X.
PENGARUH DANA PIHAK KETIGA DAN EKUITAS TERHADAP LABA PADA BANK SYARIAH MANDIRI PERIODE 2012-2019 Kasmiri Kasmiri; Kamal Nurjaman
El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1, No 1 (2021): Januari (El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam)
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.297 KB) | DOI: 10.35194/eeki.v1i1.1140

Abstract

ABSTRAKBank Syariah Mandiri sebagai lembaga keuangan terus berupaya menciptakan laba bersih dari setiap transaksi keuangan nasabahnya, sehingga upaya untuk menjaga perusahaan tetap memperoleh laba memerlukan evaluasi dari kedua instrumen keuangan bank di atas. Tujuan dari artikel ini yaitu untuk menganalisis seberapa besar pengaruh variabel Dana Pihak Ketiga dan variabel Ekuitas terhadap Laba pada Bank Syariah Mandiri Periode 2012-2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan asosiatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang bersumber dari data laporan keuangan triwulan Bank Syariah Mandiri periode tahun 2012 sampai 2019. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara parsial Dana Pihak Ketiga (DPK) tidak berpengaruh signifikan terhadap Laba pada Bank Syariah Mandiri periode 2012-2019. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji t (parsial) variabel X1 (DPK) diperoleh t hitung lebih kecil daripada t tabel (0,649 < 2,045), sedangkan Ekuitas berpengaruh signifikan terhadap Laba pada Bank Syariah Mandiri. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji t (parsial) variabel X2 (Ekuitas) diperoleh thitung lebih besar daripada t tabel (2.120> 2.045), dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,043< 0,05).Berdasarkan hasil uji F, disimpulkan bahwa secara simultan DPK dan Ekuitas berpengaruh signifikan terhadap Laba Bank Syariah Mandiri periode 2012-2019. Hasil uji F (simultan) diperoleh Fhitung lebih besar daripada F tabel (9.047 > 3.328) dengan nilai signifikansi lebih kecil daripada 0.05 (0.001< 0.05 ). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2), besarnya pengaruh DPK dan Ekuitas terhadap Laba Bank Syariah periode 2012-2019 sebesar 61 %, sedangkan sisanya sebesar 39 % dipengaruhi variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. ABSTRACTBank Syariah Mandiri as a financial institution continues to strive to create a net profit from each of its customers' financial transactions, so efforts to keep the company profitable requires an evaluation of the two bank financial instruments above. The purpose of this article is to analyze how much influence the Third Party Funds and Equity variables have on Profits at Bank Syariah Mandiri for the 2012-2019 period. This research uses a quantitative approach with descriptive and associative methods. The data used is secondary data sourced from Bank Syariah Mandiri quarterly financial report data for the period 2012 to 2019. The results of the study conclude that partially Third Party Funds (TPF) have no significant effect on Profits at Bank Syariah Mandiri for the period 2012-2019. This can be seen in the results of the t test (partial) variable X1 (TPF) obtained t count smaller than t table (0.649 <2.045), while equity has a significant effect on profit at Bank Syariah Mandiri. This can be seen in the results of the t test (partial) variable X2 (Equity) obtained t count greater than t table (2.120> 2.045), with a significance value less than 0.05 (0.043 <0.05). Based on the results of the F test, it is concluded that simultaneously TPF and equity have a significant effect on the profit of Bank Syariah Mandiri for the period 2012-2019. The results of the F test (simultaneous) obtained Fcount greater than F table (9,047> 3,328) with a significance value smaller than 0.05 (0.001 <0.05). Based on the test results of the coefficient of determination (R2), the effect of TPF and Equity on the Profit of Islamic Banks for the 2012-2019 period was 61% while the remaining 39% was influenced by other variables not examined in this study.
ANALISA KEBERLANJUTAN BMT DALAM PADEMI COVID 19 BERBASIS BISNIS MODEL DAN PEMILIHAN PELAYANAN ANGGOTA PEMBIAYAAN (SELECTIVE LENDING) Lukmanul Hakim; Annisa Brilyanda Putri Aureli; Zulkifli Adam; Irina Ayu Sagita; Feni Nenden Anisah; Citra Tri Agustine Nusantara; Atu Aisyah Amin
El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1, No 1 (2021): Januari (El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam)
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.497 KB) | DOI: 10.35194/eeki.v1i1.1135

Abstract

ABSTRAKDampak dari pandemi covid-19 menghantam semua sektor kehidupan, termasuk kepada lembaga keuangan mikro syariah Baitul Maal wat Tamwil (BMT) sebagai lembaga keuangan yang memberikan pelayanan keuangan kepada pengusaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Kebijakan pelaksanaan pembatasan aktivitas sosial untuk mencegah penyebaran virus corona mengakibatkan penurunan pendapatan usaha para  pengusaha mikro, kecil dan menengah bahkan sebagian terpaksa menutup usahanya yang berdampak kemampuan pembayaran para pengusaha mikro,kecil dan menengah kepada lembaga keuangan BMT terhambat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa dampak pademi covid 19 untuk keberlanjutan BMT dengan basis Bisnis Model dan pemilihan anggota pembiayaan (selective lending).  Metode penelitian ini menggunakan metode purposive sampling anggota mitra Gakopsyah BMT Jawa Barat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi liner berganda. Hasil penelitan menunjukan bahwa bisnis model dan pemilihan anggota pembiayaan (selective lending) tidak berpengaruh positif kepada keberlanjutan BMT. ABSTRACTThe impact of the Covid-19 pandemic has endangered all sectors of life, including the Islamic microfinance institution Baitul Maal wat Tamwil (BMT) as a financial institution that provides financial services to micro, small and medium entrepreneurs (UMKM). The policy of limiting social activities to prevent the spread of the coronavirus has resulted in a decrease in the business income of micro, small and medium entrepreneurs and even some are forced to close their businesses which has an impact on the ability to pay micro, small and medium entrepreneurs to BMT financial institutions. The purpose of this study is to analyze the impact of pandemic covid-19 for the sustainability of BMT on the basis of a Business Model and selective lending. This research method uses purposive sampling method of partner members of Gakopsyah BMT West Java. The tool used in this research is multiple linear regression analysis. The research results show that the business model and the selection of financing members (selective lending) do not have a positive effect on the sustainability of BMT. 
TEORI RASIONALITAS DALAM PANDANGAN ILMU EKONOMI ISLAM Herlan Firmansyah
El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1, No 1 (2021): Januari (El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam)
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.71 KB) | DOI: 10.35194/eeki.v1i1.1136

Abstract

ABSTRAKPandangan tentang konsep rasionalitas memiliki konsekuensi terhadap perilaku manusia dalam melakukan tindakan ekonomi dan tujuan-tujuan hidupnya. Rasionalitas ekonomi yang dibangun oleh konsepsi homo economicus sebagaimana dikembangkan dalam ekonomi kapitalis dan sosialis berbeda dengan rasionalitas ekonomi yang dibangun oleh konsepsi homo islamicus sebagaimana dikembangkan dalam ekonomi Islam. Tujuan dari artikel ini yaitu untuk menganalisis teori rasionalitas dalam perspektif ekonomi Islam. Kesimpulan dari artikel ini yaitu banyak ekonom Muslim yang tidak puas dengan konsep homo economicus sebagai model dasar perilaku ekonomi manusia. Karena itulah, ekonom Muslim pun menggantinya dengan konsepsi homo islamicus sebagai model dasar perilaku ekonomi yang sesuai dengan fitrah hakiki manusia. Istilah  homo islamicus mengacu kepada perilaku individu yang dibimbing oleh nilai-nilai Islam. Rasonalitas yang dibangun oleh konsepsi homo islamicus berpandangan bahwa segenap tindakan ekonomi tidak hanya menuruti hasrat-hasrat alamiah manusia tetapi harus didasarkan kepada kebenaran dan kebajikan. Jalan untuk mencapai rasionalitas ini tidak lain adalah mensubordinatkan motif, pikiran, orientasi, kehendak dan perilau ekonomi kepada aturan dan moralitas yang ditentukan oleh syariat Islam. ABSTRACTThe view of the concept of rationality has consequences for human behaviour in carrying out economic actions and life goals. The economic rationality built by the conception of homo economicus as developed in a capitalist and socialist economy is different from the economic rationality built by the conception of homo islamicus as developed in Islamic economics. The purpose of this article is to analyze the rationality theory from an Islamic economic perspective. The conclusion of this article is that many Muslim economists are dissatisfied with the concept of homo economicus as a basic model of human economic behaviour. For this reason, Muslim economists also replaced it with the conception of homo islamicus as a basic model of economic behaviour in accordance with human nature. The term homo islamicus refers to individual behaviour that is guided by Islamic values. The rationality built by the conception of homo Islamic holds that all economic activity does not only comply with natural human desires but must be based on truth and virtue. The way to achieve this rationality is none other than subordinating economic motives, thoughts, orientation, will and behaviour to the rules and morality determined by Islamic law.  
PENGARUH NET PROFIT MARGIN (NPM) DAN RETURN ON ASSETS (ROA) TERHADAP HARGA SAHAM DI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEKS (JII) (STUDI DI PT SEMEN INDONESIA TBK Siti Zaenab Fitriani
El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1, No 1 (2021): Januari (El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam)
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (653.927 KB) | DOI: 10.35194/eeki.v1i1.1137

Abstract

ABSTRAKReturn on Assets atau disingkat dengan ROA adalah rasio yang membagi antara laba bersih setelah pajak dengan rata-rata aset pada awal periode dan akhir periode.  Rasio Net Profit Margin disebut juga dengan rasio pendapatan terhadap penjualan. Mengenai hal ini Margin laba bersih sama dengan laba bersih dibagi dengan penjualan bersih. Ini menunjukan kestabilan kesatuan untuk menghasilkan perolehan pada tingkat penjualan khusus. Rasio ini termasuk kedalam Rasio profitabilitas/keuntungan yaitu rasio yang digunakan untuk mengukur efisiensi penggunaan aktiva perusahaan aktiva perusahaan atau merupakan kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memperoleh kesimpulan dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa thitung  < ttabel = (0,729 < 1,8595)  artinya secara parsial terdapat tidak signifikan antara Net Profit Margin terhadap Harga Saham pada PT. Semen Indonesia. Return On Assets (ROA) secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Harga Saham hal ini dibuktikan dengan hasil thitung  < ttabel = (-1,400 < 1,8595). Secara simultan dengan hasil uji signifikasi atau uji F diperoleh hasil Fhitung > Ftabel = (7,227 < 4,74)  artinya terdapat pengaruh signifikan antara Net Profit Margin dan Return On Assets terhadap Harga Saham pada PT. Semen Indonesia. ABSTRACTReturn on Assets or abbreviated as ROA is a ratio that divides net income after tax with the average asset at the beginning of the period and the end of the period. The Net Profit Margin Ratio is also called the ratio of income to sales. Regarding this, the net profit margin is equal to the net profit divided by net sales. This shows the stability of the unity to produce gains at a special sales level. This ratio is included in the profitability/profit ratio, which is the ratio used to measure the efficiency of the use of company assets, company assets or the ability of a company to generate profits. Based on the results of the study, researchers obtained conclusions with the results of hypothesis testing obtained that account <ttable = (0.729 <1.8595) means that part there was no significant difference between the Net Profit Margin of the Share Price at PT. Semen Indonesia. Return On Assets (ROA) partially has an insignificant effect on the Stock Price this is evidenced by the results of tcount <ttable = (-1,400 <1.8595). Simultaneously with the results of the significance test or F test results obtained Fcount> Ftable = (7.227 <4.74) means that there is a significant influence between Net Profit Margin and Return On Assets on the Share Price at PT. Semen Indonesia.  

Page 1 of 1 | Total Record : 7