cover
Contact Name
Farid Faisal
Contact Email
elecosy.febi@unsur.ac.id
Phone
+6285793854848
Journal Mail Official
elecosy.febi@unsur.ac.id
Editorial Address
Jl. Pasirgede Raya, Bojongherang, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43216
Location
Kab. cianjur,
Jawa barat
INDONESIA
El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam
ISSN : 27744108     EISSN : 27744418     DOI : https://doi.org/10.35194/.v1i2.1657
Core Subject : Economy,
El-Ecosy:Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam is a journal that contains Islamic economics and finance which was formed and decided based on the results of a leadership meeting with Number: 006 / SK / Dek-FEBI / Unsur / V / 2019. El-Ecosy:Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah is an academic journal published twice a year by the Faculty of Economics and Islamic Business, Suryakancana University.
Articles 42 Documents
PENGARUH TINGKAT RELIGIUSITAS DAN MEDIA PROMOSI TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG BANK SYARIAH PADA TENAGA PENGAJAR DAN STAF DI SD NEGERI KECAMATAN SUKARESMI Nanang Rustandi; Benniye Lestariye
El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1, No 2 (2021): Juli (El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam)
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.921 KB) | DOI: 10.35194/.v1i2.1825

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan tenaga pengajar dan staf di SD Negeri Kecamatan Sukaresmi tentang bank syariah, dari hasil pra survei terhadap tenaga pengajar dan staf menunjukkan bahwa mereka memiliki pengetahuan yang minim tentang bank syariah, terlebih lagi berpendapat bahwa dalam implementasinya bank syariah sama saja dengan bank konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, seberapa besar pengaruh Tingkat Religiusitas pengetahuan staf dan guru tentang bank syaiah, seberapa besar pengaruh Media Promosi terhadap pengetahuan staf dan guru tentang bank syariah, dan seberapa besar pengaruh Tingkat Religiusitas dan Media Promosi secara simultan terhadap Pengetahuan tenaga pengajar dan staf di SD Negeri Kecamatan Sukaresmi. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan simple random sampling dengan total sampel sebanyak 90 orang responden dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Tingkat Religiusitas berpengaruh negativ dan signifikan terhadap Pengetahuan, hal ini dibuktikan dengan hasil uji t (parsial) Variabel  Tingkat Religiusitas di peroleh > sebesar 0,331 > 1,991 sedangkan untuk nilai signifikansinya sebesar 0,519 > 0,05. Maka dapat disimpulkan Tingkat Religiusitas berpengaruh tidak signifikan terhadap Pengetahuan tenaga pengajar dan staf SD Negeri Kecamatan Sukaresmi. Variabel  Media Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengetahuan, hal ini dibuktikan dengan hasil uji t (parsial) diperoleh  >  sebesar 6,243 > 1,991, sedangkan untuk nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan Media Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengetahuan. Berdasarkan hasil  uji f (simultan)  dapat disimpulkan bahwa Tingkat Religiusitas dan Media Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengetahuan. Hasil uji F (simultan) diperoleh nilai  dan sebesar 19,487 > 3,10 sedangkan nilai signifikansinya 0,000<0,05. Selanjutnya berdasarkan nilai koefisien  determinasi (), besarnya pengaruh variabel Tingkat Religiusitas dan Media Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengetahuan sebesar 30,93%, dan sisanya 69,07% di pengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang diteliti dalam penelitian ini. AbstrackThis This research is motivated by the lack of knowledge of faculty and staff at SD Negeri Sukaresmi subdistrict about sharia banks, from the results of pre suvei conducted by researchers to faculty and staff shows that they have minimal knowledge about sharia banks, moreover some people also argue that in its implementation sharia banks are the same as conventional banks. This study aims to find out; 1) how much religiosity level of knowledge of staff and teachers about syaiah bank; 2) how much influence of Promotional Media on staff and teacher knowledge about sharia banks; 3) how much influence the Level of Religiosity and Promotional Media simultaneously on the knowledge of teachers and staff in sd Negeri Sukaresmi Subdistrict. The method in this study uses a quantitative approach, with the technique of collecting samples in this study using simple random sampling with a total sample of 90 respondents using multiple regression analysis. The results of this study concluded that. Religiosity level has a negativ and significant effect on Knowledge, this is evidenced by the results of the test t (partial) Variable Level religiosity obtained > of 0.331 > 1,991 while for the value of significance of 0.519 > 0.05. So, it can be concluded that the Level of Religiosity has an insignificant effect on the knowledge of teachers and staff of SD Negeri Sukaresmi Subdistrict. Promotional Media Variables have a positive and significant effect on Knowledge, this is evidenced by the results of the t (partial) test obtained > of 6,243 > 1,991 while for its significance value of 0.000 < 0.05. Then it can be concluded that The Promotional Media has a positive and significant effect on Knowledge. Based on the results of the f test (simultaneous) it can be concluded that the Level of Religiosity and Promotional Media have a positive and significant effect on Knowledge. The F test result (simultaneous) was obtained by the value and amounted to 19,487 > 3.10 while the significance value was 0.000<0.05. Furthermore, based on the value of the coefficient of determination (), the magnitude of the influence of the variable Level of Religiosity and Promotional Media has a positive and significant effect on Knowledge by 30.93% and the remaining 69.07% is influenced by other factors beyond the variables studied in this study.
KONSEP SPIRITUAL MARKETING DALAM PEMASARAN PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS SURYAKANCANA Uus Ahmad Husaeni; Huzni Farhany; Nina Nurkomalasari; Farid Faisal
El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1, No 1 (2021): Januari (El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam)
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.142 KB) | DOI: 10.35194/eeki.v1i1.1138

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis konsep spiritual marketing dalam pemasaran prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Suryakancana yang pada akhirnya terjadi peningkatan jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Adapun metode pengolahan data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan data-data yang diperoleh dari penelitian lapangan, peraturan-peraturan dan buku-buku yang diolah serta dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu implementasi spiritual marketing dalam upaya memasarkan prodi-prodi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Suryakancana sangat dianjurkan, mengingat dampak dari penerapannya sangat menguntungkan bagi peningkatan jumlah mahasiswa. Implementasi konsep spiritual marketing pada akhirnya akan menumbuhkan rasa loyalitas dan trust pada benak masyarakat akan kredibilitasnya terhadap FEBI. Adapun keuntungan dalam jangka panjang, FEBI akan memperoleh wallet share dari siklus spiritual marketing yang dapat digunakan sebagai modal pengembangan ekonomi syariah dimasa yang akan datang. ABSTRACTThe purpose of this study is to analyze the concept of spiritual marketing in the marketing of the Islamic Economics Department which in turn has increased the number of students from year to year. This research method uses library research. The data processing method used is to collect data obtained from field research, regulations and books which are processed and analyzed using qualitative methods. The conclusion of this research is that the implementation of spiritual marketing in an effort to market of Islamic Economic department at the Faculty of Islamic Economics and Business (FEBI), Suryakancana University is highly recommended, considering the impact of its application is very beneficial for increasing the number of students. The implementation of the spiritual marketing concept will ultimately foster a sense of loyalty and trust in the minds of the public regarding its credibility towards FEBI. As for the long-term benefits, FEBI will get a wallet share from the spiritual marketing cycle which can be used as capital for the development of the Islamic economy in the future.
Pengaruh Jumlah Taksiran Dan Uang Pinjaman Terhadap Laba Bersih Pada Rahn Di PT BPRS Harum Hikmahnugraha Garut Anisa Rosdiana; Badriyatul Huda; Buchori Muslim
El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1, No 2 (2021): Juli (El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam)
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.925 KB) | DOI: 10.35194/.v1i2.1810

Abstract

ABSTRAKBerdasarkan Hasil Penelitian diawal Bahwa yang menelatar belakangi penelitian ini adalah fluktuatifnya Jumlah taksiran dan uang pinjaman di PT BPRS Harum Hikmahnugraha dan tidak menentunya harga emas dipasaran dan sering terjadi kesalahan dalam menaksir barang jaminan khususnya emas. Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui begaimana pengaruh Jumlah taksiran terhadap laba bersih , mengetahui pengaruh uang pinjaman terhadap laba bersih di PT BPRS Harum Hikmahnugraha. Objek Penelitian pada laporan ini adalah untuk mengukur Laba bersih di PT BPRS Harum Hikmahnugraha, adapun jenis penelitiannya adalah kuantitatif asosiatif, jenis datanya adalah data primer, dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan studi pustaka.Sedangkan teknik pengambilan sampelnya adalah non probability sampling , dengan populasi seluruh laporan keuangan triwulan BPRS Harum Hikmahnugraha periode 2016-2020. Hasil penelitian ini menunjukan Bahwa tidak terdapat pengaruh antara jumlah taksiran terhadap laba bersih di BPRS Harum Hikmahnugraha dengan hasil uji t dimana nilai Thitung <Ttabel  (1.352 < 2,109), terdapat pengaruh  yang signifikan antara Uang pinjaman terhadap laba bersih di BPRS Harum Hikmahnugraha dari hasil Uji t dimana Thitung > Ttabel (2,401 > 1,987), dan secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara Jumlah taksiran dan uang pinjaman terhadap laba bersih di PT BPRS Harum Hikahnugraha dengan hasil Uji f dimana nilai Fhitung > Ftabel (2,843  > 2,052 ).ABSTRACKBased on the results of the study at the beginning that the background of this research is the fluctuations in the amount of estimates and loan money at PT BPRS Harum Hikmahnugraha and uncertain gold prices in the market and frequent errors in estimating collateral items, especially gold. This study aims to determine how the influence of the estimated amount of net income, determine the effect of loan money on net income in PT BPRS Harum Hikmahnugraha. The object of research in this report is to measure net income at PT BPRS Harum Hikmahnugraha, while the type of research is associative quantitative, the type of data is primary data, and uses data collection techniques in the form of documentation and literature studies. While the sampling technique is non probability sampling, with population of all BPRS Harum Hikmahnugraha quarterly financial statements for the 2016-2020 period. The results of this study indicate that there is no leverage between the estimated amount of net income in the BPRS Harum Hikmahnugraha with the results of t test where the value of  t account < t table (1,352 <2,109), there is a significant influence between the loan money to the net profit at Harum Hikmahnugraha from the Test Results t where t account>t table (2.401> 1.987), and simultaneously there is a significant influence between the amount of estimated and borrowed money on net income in PT BPRS Harum Hikahnugraha with Test results f where the value of Fcount> Ftable (2.843> 2.052).
PROGRAM PEMELIHARAAN KARYAWAN DALAM MENCAPAI TUJUAN INSTITUSI Tanto Heryanto
El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1, No 1 (2021): Januari (El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam)
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.971 KB) | DOI: 10.35194/eeki.v1i1.1139

Abstract

ABSTRAKManusia selalu berperan aktif dan dominan dalam setiap kegiatan organisasi, karena manusia menjadi perencana, pelaku, dan penentu terwujudnya tujuan organisasi.Tujuan tidak mungkin terwujud tanpa peran aktif karyawan meskipun alat-alat yang dimiliki perusahaan begitu canggih. Karyawan adalah asset (kekayaan) utama setiap organisasi, yang selalu ikut berperan aktif dan paling menentukan tercapai tidaknya tujuan organisasi. Oleh karena itu, karyawan perlu mendapat pemeliharaan sebaik-baiknya dari pimpinan organisasi/perusahaan. Artikel dari artikel ini yaitu untuk menganalisis tujuan organisasi dalam pemeliharaan karyawan. Pendekatan yang digunakan dalam artikel ini yaitu kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Kesimpulan dari artikel ini yaitu pemeliharaan (maintenance) karyawan haruslah mendapat perhatian yang sungguh-sungguh dari manajer/pimpinan. Jika pemeliharaan karyawan kurang diperhatikan, semangat kerja, sikap, dan loyalitas karyawan akan menurun. Absensi dan turnover meningkat, disiplin akan menurun, sehingga fungsi pengadaan, pengembangan, kompensasi dan pengintegrasian yang telah dilakukan dengan baik dan biaya yang besar kurang berarti untuk menunjang tercapainya tujuan organisasi/perusahaan. Pemeliharaan karyawan bertujuan untuk mempertahankan atau meningkatkan kondisi fisik, mental, dan sikap karyawan agar mereka tetap loyal dan bekerja produktif untuk menunjang tercapainya tujuan organisasi/perusahaan. Untuk mewujudkan pemeliharaan karyawan yang baik, perusahaan atau organisasi harus melakukannya dengan metode; komunikasi yang baik, insentif yang adil dan layak, pemberian kesejahteraan, keselamatan dan kesehatan kerja, serta dilaksanakannya hubungan industrial Pancasila.ABSTRACTHumans always play an active and dominant role in every organizational activity, because humans become planners, actors, and determinants of the realization of organizational goals. Goals cannot be realized without the active role of employees even though the tools owned by the company are so sophisticated. Employees are the main asset (wealth) of every organization, who always play an active role and most determine whether or not the organizational goals are achieved. Therefore, employees need to get the best possible care from the leadership of the organization/company. The article of this article is to analyze organizational goals in employee maintenance. The approach used in this article is qualitative with the analytical descriptive method. The conclusion of this article is that employee maintenance must receive serious attention from the manager/leader. If employee maintenance is not paid attention to, employee morale, attitude and loyalty will decline. Attendance and turnover increase, discipline will decrease, so that the functions of procurement, development, compensation and integration that have been carried out properly and at large costs do not mean to support the achievement of organizational/company goals. Employee maintenance aims to maintain or improve the physical, mental, and attitude conditions of employees so that they remain loyal and work productively to support the achievement of organizational/company goals. To achieve good employee maintenance, a company or organization must do it by method; good communication, fair and proper incentives, provision of occupational welfare, safety and health, and implementation of Pancasila industrial relations.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KANTOR POS SINDANGLAYA CIPANAS Sirojudin Siroj; Desti Nurwidiawati; Asrti Mailani; Rizki Alyan Syachwaldi; Agus Irawan; M. Yusuf Nurohman; Sandi Aditya
El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1, No 1 (2021): Januari (El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam)
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.473 KB) | DOI: 10.35194/eeki.v1i1.1134

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada kantor pos Sindanglaya. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang menggunakan jasa pelayanan pengiriman barang di kantor pos Sindanglaya Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkn bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki t hitung yang bernilai positif sebesar 0,5688 dengan taraf signifikansi 0,000 diatas signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian t hitung t tabel (5,688 > 1,984), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Pos Sindanglaya. Adapun persamaan analisis regresi linier sederhananya yaitu: Ŷ = 9,118 + 0,139X. ABSTRACTThe purpose of this study was to determine the effect of service quality on customer satisfaction at the Sindanglaya post office. This type of research is field research with a quantitative approach. The population of this study were all customers of the Sindanglaya Post Office. The data collection technique used a questionnaire. The data analysis technique used simple linear regression analysis. The population in this study were all customers who used the delivery service at the Sindanglaya post office. Samples taken were 100 respondents. The results of this study indicate that the service quality variable has a positive t count of 0.5688 with a significance level of 0.000 above the significance of 0.05 (0.000 <0.05). Thus t count t table (5.688> 1.984), then H0 is rejected and Ha is accepted. So it can be stated that Service Quality has a significant influence on Customer Satisfaction at PT. POS. Sindanglaya. Simple linear regression analysis Ŷ = 9,118 + 0,139X.
NEGARA KESEJAHTERAAN (WELFARE STATE) DALAM KONTEKS KEBIJAKAN POLITIK EKONOMI ISLAM DI INDONESIA Irpan Jamil
El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1, No 2 (2021): Juli (El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam)
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.623 KB) | DOI: 10.35194/.v1i2.1826

Abstract

ABSTRAKDalam konteks keislaman, Islam adalah ajaran yang komprehensif yang didalamnya memiliki konsep negara, pemerintahan, kesejahteraan ekonomi dan lain-lain. Dalam pandangan Islam, negara tidak bisa lepas dari konsep kolektif yang didalamnya termasuk landasan moral dan syariah Islam. Dalam konteks sekarang, negara kesejahteraan (Welfare State) merupakan sesuatu yang sangat penting dan mempunyai nilai yang strategis, mengingat bahwa negara kesejahteraan dianggap sebagai salah satu  jawaban yang paling tepat atas bentuk keterlibatan negara dalam mengubah kesejahteraan rakyat. Dalam konteks keindonesiaan cita-cita mewujudkan negara kesejahteraan sudah direncanakan jauh sejak negara ini didirikan, walaupun dalam perjalanannya menemui banyak permasalahan dan tantangan, bahkan ketika upaya-upaya yang berkaitan dengan perangkat untuk menuju konsep tersebut sudah tersedia termasuk didalamnya aturan-aturan yang telah disusun dalam bentuk perundangan ataupun kebijakan politik. ABSTRACTIn the context of Islam, Islam is a comprehensive teaching which includes the concept of the state, government, economic welfare and others. In the view of Islam, the state cannot be separated from the collective concept which includes the moral foundation and Islamic sharia. In the current context, the welfare state is something that is very important and has strategic value, considering that the welfare state is considered as one of the most appropriate answers to the form of state involvement in changing people's welfare. In the Indonesian context, the ideals of realizing a welfare state have been planned long since this country was founded, although along the way it encounters many problems and challenges, even when efforts related to the tools to achieve this concept are already in place, including the rules that have been compiled in form of legislation or political policy.
PENGARUH DANA PIHAK KETIGA DAN EKUITAS TERHADAP LABA PADA BANK SYARIAH MANDIRI PERIODE 2012-2019 Kasmiri Kasmiri; Kamal Nurjaman
El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1, No 1 (2021): Januari (El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam)
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.297 KB) | DOI: 10.35194/eeki.v1i1.1140

Abstract

ABSTRAKBank Syariah Mandiri sebagai lembaga keuangan terus berupaya menciptakan laba bersih dari setiap transaksi keuangan nasabahnya, sehingga upaya untuk menjaga perusahaan tetap memperoleh laba memerlukan evaluasi dari kedua instrumen keuangan bank di atas. Tujuan dari artikel ini yaitu untuk menganalisis seberapa besar pengaruh variabel Dana Pihak Ketiga dan variabel Ekuitas terhadap Laba pada Bank Syariah Mandiri Periode 2012-2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan asosiatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang bersumber dari data laporan keuangan triwulan Bank Syariah Mandiri periode tahun 2012 sampai 2019. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara parsial Dana Pihak Ketiga (DPK) tidak berpengaruh signifikan terhadap Laba pada Bank Syariah Mandiri periode 2012-2019. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji t (parsial) variabel X1 (DPK) diperoleh t hitung lebih kecil daripada t tabel (0,649 < 2,045), sedangkan Ekuitas berpengaruh signifikan terhadap Laba pada Bank Syariah Mandiri. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji t (parsial) variabel X2 (Ekuitas) diperoleh thitung lebih besar daripada t tabel (2.120> 2.045), dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,043< 0,05).Berdasarkan hasil uji F, disimpulkan bahwa secara simultan DPK dan Ekuitas berpengaruh signifikan terhadap Laba Bank Syariah Mandiri periode 2012-2019. Hasil uji F (simultan) diperoleh Fhitung lebih besar daripada F tabel (9.047 > 3.328) dengan nilai signifikansi lebih kecil daripada 0.05 (0.001< 0.05 ). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2), besarnya pengaruh DPK dan Ekuitas terhadap Laba Bank Syariah periode 2012-2019 sebesar 61 %, sedangkan sisanya sebesar 39 % dipengaruhi variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. ABSTRACTBank Syariah Mandiri as a financial institution continues to strive to create a net profit from each of its customers' financial transactions, so efforts to keep the company profitable requires an evaluation of the two bank financial instruments above. The purpose of this article is to analyze how much influence the Third Party Funds and Equity variables have on Profits at Bank Syariah Mandiri for the 2012-2019 period. This research uses a quantitative approach with descriptive and associative methods. The data used is secondary data sourced from Bank Syariah Mandiri quarterly financial report data for the period 2012 to 2019. The results of the study conclude that partially Third Party Funds (TPF) have no significant effect on Profits at Bank Syariah Mandiri for the period 2012-2019. This can be seen in the results of the t test (partial) variable X1 (TPF) obtained t count smaller than t table (0.649 <2.045), while equity has a significant effect on profit at Bank Syariah Mandiri. This can be seen in the results of the t test (partial) variable X2 (Equity) obtained t count greater than t table (2.120> 2.045), with a significance value less than 0.05 (0.043 <0.05). Based on the results of the F test, it is concluded that simultaneously TPF and equity have a significant effect on the profit of Bank Syariah Mandiri for the period 2012-2019. The results of the F test (simultaneous) obtained Fcount greater than F table (9,047> 3,328) with a significance value smaller than 0.05 (0.001 <0.05). Based on the test results of the coefficient of determination (R2), the effect of TPF and Equity on the Profit of Islamic Banks for the 2012-2019 period was 61% while the remaining 39% was influenced by other variables not examined in this study.
ANALISA KEBERLANJUTAN BMT DALAM PADEMI COVID 19 BERBASIS BISNIS MODEL DAN PEMILIHAN PELAYANAN ANGGOTA PEMBIAYAAN (SELECTIVE LENDING) Lukmanul Hakim; Annisa Brilyanda Putri Aureli; Zulkifli Adam; Irina Ayu Sagita; Feni Nenden Anisah; Citra Tri Agustine Nusantara; Atu Aisyah Amin
El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1, No 1 (2021): Januari (El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam)
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.497 KB) | DOI: 10.35194/eeki.v1i1.1135

Abstract

ABSTRAKDampak dari pandemi covid-19 menghantam semua sektor kehidupan, termasuk kepada lembaga keuangan mikro syariah Baitul Maal wat Tamwil (BMT) sebagai lembaga keuangan yang memberikan pelayanan keuangan kepada pengusaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Kebijakan pelaksanaan pembatasan aktivitas sosial untuk mencegah penyebaran virus corona mengakibatkan penurunan pendapatan usaha para  pengusaha mikro, kecil dan menengah bahkan sebagian terpaksa menutup usahanya yang berdampak kemampuan pembayaran para pengusaha mikro,kecil dan menengah kepada lembaga keuangan BMT terhambat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa dampak pademi covid 19 untuk keberlanjutan BMT dengan basis Bisnis Model dan pemilihan anggota pembiayaan (selective lending).  Metode penelitian ini menggunakan metode purposive sampling anggota mitra Gakopsyah BMT Jawa Barat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi liner berganda. Hasil penelitan menunjukan bahwa bisnis model dan pemilihan anggota pembiayaan (selective lending) tidak berpengaruh positif kepada keberlanjutan BMT. ABSTRACTThe impact of the Covid-19 pandemic has endangered all sectors of life, including the Islamic microfinance institution Baitul Maal wat Tamwil (BMT) as a financial institution that provides financial services to micro, small and medium entrepreneurs (UMKM). The policy of limiting social activities to prevent the spread of the coronavirus has resulted in a decrease in the business income of micro, small and medium entrepreneurs and even some are forced to close their businesses which has an impact on the ability to pay micro, small and medium entrepreneurs to BMT financial institutions. The purpose of this study is to analyze the impact of pandemic covid-19 for the sustainability of BMT on the basis of a Business Model and selective lending. This research method uses purposive sampling method of partner members of Gakopsyah BMT West Java. The tool used in this research is multiple linear regression analysis. The research results show that the business model and the selection of financing members (selective lending) do not have a positive effect on the sustainability of BMT. 
JUAL BELI VALUTA ASING DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM Sarmedi Sarmedi
El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1, No 2 (2021): Juli (El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam)
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.025 KB) | DOI: 10.35194/.v1i2.1840

Abstract

ABSTRAKKejadian baru-baru ini yang melanda bangsa Indonesia mengenai krisis ekonomi telah banyak menyengsarakan kehidupan rakyat khususnya dalam bidang pangan. Kejadian krisis tersebut selain dilanda wabah covid-19 juga diakibatkan dengan salah satunya adalah adanya transaksi jual beli valas di bursa valas yang disalahgunakan oleh para spekulan. Mereka hanya bertujuan untuk mencari keuntungan yang sebesar-besarnya (menjadikan uang dan sebagai alat tukar menjadi alat komoditi) tanpa melihat kehidupan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Hal ini tentunya muncul berbagai permasalahan, di antaranya: 1) Bagaimana pelaksanaan transaksi kurs beli dan kurs jual valuta asing, dan 2) Bagaimana alasan ketetapan jual beli valuta asing menurut hukum Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pelaksanaan transaksi kurs beli dan kurs jual valuta asing, dan 2) untuk mengetahui alasan ketetapan jual beli valuta asing menurut hukum Islam. Berdasarkan hasil pengkajian dan penelitian terhadap literatur-literatur yang relevan dengan permasalahan ditemukan bahwa dalam Islam dikenal berbagai transaksi jual beli baik yang dilarang maupun yang dibolehkan. Terdapat tiga bagian dalam transaksi valas, yaitu: transaksi spot, transaksi forward, dan transaksi swap. Dari ketiga transaksi tersebut berdasarkan pengkajian terhadap literatur yang dibolehkan menurut hukum Islam adalah transaksi spot atau dalam istilah hukum Islam yadan biyadin (tunai). Sedangkan transaksi forward dan transaksi swap hukumnya haram, karena transaksi tersebut di dalamnya mengandung unsur riba.ABSTRACTThe recent events that hit the Indonesian people regarding the economic crisis have made many people's lives miserable, especially in the food sector. Apart from being hit by the COVID-19 outbreak, this crisis was also caused by one of which was the existence of foreign exchange buying and selling transactions on the forex market that were misused by speculators. They only aim to seek the maximum profit (making money and as a medium of exchange into a commodity) without looking at the life of the Indonesian people in the future. Of course, various problems arise, including: 1) How to carry out transactions of buying and selling foreign exchange rates, and 2) What are the reasons for the determination of buying and selling foreign exchange according to Islamic law. The objectives of this study are: 1) to determine the implementation of the transaction of buying and selling foreign exchange rates, and 2) to find out the reasons for the determination of buying and selling foreign exchange according to Islamic law. Based on the results of studies and research on the literature relevant to the problem, it was found that in Islam there are various buying and selling transactions, both prohibited and permitted. There are three parts to foreign exchange transactions, namely: spot transactions, forward transactions, and swap transactions. Of the three transactions, based on a review of the literature, what is permitted under Islamic law is a spot transaction or in terms of Islamic law yadan biyadin (cash). Meanwhile, forward transactions and swap transactions are illegitimate, because these transactions contain elements of usury.
STUDI KOMPARASI POSISI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM BERBAGAI SISTEM EKONOMI Nina Nurkomalasari; Nurlaelah Zakiah
El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1, No 2 (2021): Juli (El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam)
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.002 KB) | DOI: 10.35194/.v1i2.1828

Abstract

ABSTRAKEtika bisnis menjadi alat kendali bagi setiap individu dalam aktivitas ekonomi. Sistem ekonomi islam telah muncul jauh sebelum sistem ekonomi kapitalis, sosialis maupun sistem ekonomi pancasila berada. Namun dalam hal ini sebagian besar masyarakat telah banyak menganut sistem ekonomi kapitalis dan sosialis, dimana kurangnya kesejahteraan bersama sehingga keuntungan hanya dirasakan oleh penguasa saja. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi komparatif terhadap sistem ekonomi islam, sehingga diharapkan dapat terus berkembang bagi kemaslahatan seluruh umat Islam. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan kajian dan studi literatur dari berbagai sumber. Hasil dan pembahasan menyatakan bahwa etika bisnis islam telah berkembang sejak zaman Nabi dan Rasul, jauh sebelum zaman modern muncul yang telah mengubah masyarakat untuk mengenal sistem ekonomi kapitalis, sosialis maupun sistem ekonomi pancasila. Maka secara filosofis sistem ekonomi islam bersifat universal, kepemilikan harta dalam mutlak milik Allah Swt dan sistem ekonomi islam mengedepankan prinsip maslahat bagi seluruh umat di dunia.ABSTRACTBusiness ethics becomes a control tool for every individual in economic activity. The Islamic economic system has emerged long before the capitalist, socialist and Pancasila economic systems exist. However, in this case, most people have embraced a capitalist and socialist economic system, where there is a lack of shared welfare so that the benefits are only felt by the rulers. This study aims to conduct a comparative study of the Islamic economic system, so that it is expected to continue to develop for the benefit of all Muslims. The research method used is descriptive qualitative method by utilizing studies and literature studies from various sources. The results and discussion state that Islamic business ethics has developed since the time of the Prophet and the Apostle, long before modern times emerged which have changed society to recognize the capitalist, socialist and Pancasila economic system. So philosophically, the Islamic economic system is universal, ownership of property in absolute terms belongs to Allah and the Islamic economic system puts forward the principle of benefit for all people in the world.