cover
Contact Name
Lukmanulhakim
Contact Email
ukmanulhakim@fkip.untan.ac.id
Phone
+6281345635378
Journal Mail Official
jurnalvisi@untan.ac.id
Editorial Address
FKIP Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124 Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan
ISSN : 20859848     EISSN : 2579552X     DOI : http://dx.doi.org/10.26418/jvip.vi.id
Core Subject : Education,
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan published manuscripts on research in education, particularly related to teaching and learning, theory and practice in education, education policy, curriculum and materials development, education on culture and characters of nation, teacher education, and other relevant activities. The journal welcomes submissions from around the world Focus and Scope: 1. Research in education, 2. Teaching and learning, 3. Theory and practice in education, 4. Education policy, 5. Curriculum and materials development, 6. Education on culture and characters of nation, 7. Teacher education,
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2009): Volume 1 No. 2 Edisi Agustus 2009" : 8 Documents clear
Kinerja Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT); Relevansinya dengan Fungsi Pembinaan Peningkatan Kualitas Program Studi Nasrun, M.
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Volume 1 No. 2 Edisi Agustus 2009
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jvip.v1i2.71

Abstract

This research aims at describing the performance of the BAN-PT (The National Accreditation Board for Higher Education) in line with its function to guide the imporvement of the study program quality in the six focuses as follows: (1) the potency of criteria as an evaluation standard; (2) potency of choosing and applying techniques and tools; (3) potency of process stages in accommodating the need for data to measure quality and the relavance of study program (filling borang workshop I, visitation, and workshop II); (4) appli-cation of the evaluation criteria; (5) achievement of the target of study program and (6) improvement of quality of the accredited study program quantitatively. Keyword: performance of the BAN-PT, relevance, guidance and quality
Budaya Sekolah Unggul M Chiar
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Volume 1 No. 2 Edisi Agustus 2009
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jvip.v1i2.72

Abstract

Secara teoretik sebuah sekolah dapat manjadi baik, dapat dilihat dari dua dimensi organisasi. Pertama, dimensi hard, berupa struktur organisasi, kebijakan, keuangan, sarana dan pra sarana sekolah dan sebagainya. Kedua, dimensi soft, yaitu budaya organisasi yaitu terkait dengan the human side of organizational (aspek manusiawi dalam organisasi), meliputi nilai-nilai, keyakinan, budaya, serta norma-norma perilaku. Menurut para ahli manajemen pendidikan, dimensi yang kedua dipandang lebih berpengaruh terhadap keberhasilan sekolah. Kata Kunci: Budaya organisasis, Sekolah unggul,
Persamaan Gender Dalam Pengembangan Diri Marmawi .
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Volume 1 No. 2 Edisi Agustus 2009
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.933 KB) | DOI: 10.26418/jvip.v1i2.73

Abstract

Persoalan gender akhir-akhir ini sedang menjadi wacana publik yang aktual dibicarakan oleh banyak kalangan. Isu ini bergulir tidak hanya terbatas pada masalah kesetaraan kaum perempuan semata, tetapi juga menyangkut upaya perubahan-perubahan sosial politik dan budaya masyarakat Indonesia secara umum. Pada bidang politik yang menyangkut ketatanegaraan, perhatian terhadap kaum pe-rempuan sudah sangat jelas dengan memberikan kesempatan (kuota) sebesar 30% untuk wakil rakyat di tingkat pusat maupun di tingkat daerah, bahkan susunan kabinet pemerintahan mendekati jumlah yang ditetapkan. Kata-kata Kunci: Gender, Pengembangan Diri, Diskriminasi
Mengembangkan Sikap Toleransi dan Kebersamaan di Kalangan Siswa (89-105) - Busri Endang Busri Endang
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Volume 1 No. 2 Edisi Agustus 2009
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jvip.v1i2.54

Abstract

Toleransi sesungguhnya berkembang dalam kerangka adanya keberagaman dalam berbagai dimensi kehidupan, sehingga akan dapat terwujud keserasian dan keharmonisan hidup, jauh dari konflik-konflik dan ketegangan-ketegangan sosial, lebih-lebih lagi pertentangan dan permusuhan antar sesamanya dalam masyarakat. Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan pentingya pengembangan sikap toleransi dan kebersamaan melalui rekayasa paedagogis guru dalam latar masyarakat majemuk. Kamajemukan ini juga terjadi dalam seting atau lingkungan sekolah, di mana di dalamnya siswa saling berinteraksi, saling belajar menghargai perbedaan serta saling menerima sesuatu karakteristik tertentu yang mungkin pada lingkungannya tidak pernah dia temui. Kata-kata Kunci: Rekayasa Paedagogis Guru, Sikap Toleransi, Kebersamaan
Sekolahrumah (Homeschooling) Sebagai bentuk Pendidikan Non Formal Syahwani Umar
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Volume 1 No. 2 Edisi Agustus 2009
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jvip.v1i2.74

Abstract

Keberadaan pendidikan formal dan nonformal yang ada sekarang ini dirasa belum cukup, maka pada dasawarsa terakhir ini muncul bentuk penyeleggaraan pendidikan yang dikenal dengan sebutan homeschooling atau sekolahrumah yaitu suatu bentuk pendidikan yang dilakukan oleh orang tua dengan menggunakan rumah sebagai basis pendidikannya. Keberadaan sekolahrumah diharapan dapat mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan tingkat kecerdasan, kebutuhan dan bakat yang dimiliki. Kata kunci: Sekolahrumah, Pendidikan Non Formal, Potensi Diri.
Profesionalime Guru Sekolah Dasar Astuti, Indri
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Volume 1 No. 2 Edisi Agustus 2009
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jvip.v1i2.69

Abstract

Recently the demand on teachers profesionalism is one of the most important agenda in our National Education System. Based on the regulation mode by government about the National Standard of Education, it forces every parties involved in educational system to accelerate the improvement the quality of learning and education the aims are done through preparing and improving the teachers skill professionally and also by managing the educational supporting elements. In improving the Elementary School teacher professionalism, the Departement of Education has done this by preparing Elementary School teacher competency based as the guideline. It is also used for measuring the competency level the teacher has. Morever it can be used as guidance and improvement of the teachers profesionalism. Kata-kata Kunci: Profesionalisme Guru , Standar Kompetensi, Sekolah Dasar
Isu-Isu Sentral Pendidikan dalam Kaitan Pengembangan Bahan Ajar (106 118) - Purwanti ., Purwanti
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Volume 1 No. 2 Edisi Agustus 2009
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jvip.v1i2.55

Abstract

Upaya mempersiapkan keluaran perguruan tinggi yang berkualitas sangat terkait dengan ketersediaan dan kesesuaian berbagai faktor pendudukung. Salah satu diantara komponen pendukung tersebut adalah tersedianya bahan ajar yang aktual yang diangkat dari isu-isu terkini atau isu-isu sentral di dalam berbagai aspek pengetahuan dan informasi, khususnya berkaitan dengan pendidikan. Tulisan ini mengangkat beberapa di antara isu sentral dimaksud, antara lain; isu filosofis, arah baru Pendidikan Kewarganegaraan, konseling lintas budaya & cyber conseling, perubahan pandangan tentang eksistensi pendidikan nilai, life skills education, multicultural education, beberapa pendekatan pembelajaran berbasis inquiry, dan e learnig. Kata-kata Kunci: Isu-isu Sentral, Pendidikan, Bahan ajar.
Konsep dan Aktualisasi Komptensi Pedagogis Guru ., Sutarmanto
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Volume 1 No. 2 Edisi Agustus 2009
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jvip.v1i2.70

Abstract

Kompetensi pedagogis merupakan suatu perangkat kemampuan yang harus dimiliki guru berkaitan dengan proses pembelajaran dan pemahaman peserta didk. Secara komprehensif kompetensi pedagogis ini meliputi; pemahaman peserta didik, merancang pembelajaran, termasuk memahami landasan-landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran, serta mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Komponen-komponen komptensi ini bukan merupakan bagian terpisah, akan tetapi merupakan satu kesatuan integral bagi pembentukan guru profesional. Kata-kata Kunci: Kompetensi Pedagogis, Profesionalisme Guru

Page 1 of 1 | Total Record : 8