cover
Contact Name
Royyan
Contact Email
greenpublisher.id@gmail.com
Phone
+628979649656
Journal Mail Official
covaluejurnal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Jatinangor KM 20,5, Bandung, Provinsi Jawa Barat
Location
Kab. sumedang,
Jawa barat
INDONESIA
Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan
ISSN : 20863306     EISSN : 28098862     DOI : 10.36418
Core Subject : Economy, Science,
Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan [p-ISSN 2086-3306 | e-ISSN 2809-8862] merupakan jurnal ilmiah berbentuk penelitian dan dapat diakses secara terbuka. Jurnal ini diterbitkan tiga kali dalam setahun oleh Program Studi Manajemen Institut Manajemen Koperasi Indonesia Bandung.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 14 No. 1 (2023): Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi, " : 7 Documents clear
Desain Unit Usaha Pengadaan Barang Dalam Upaya Pengembangan Usaha Dady Nurpadi; Evan Firdaus; Syehabudin Syehabudin
Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi dan kewirausahaan Vol. 14 No. 1 (2023): Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi, & Kewirausahaan
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Manajemen Koperasi Indonesia Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/covalue.v14i1.3198

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan model bisnis yang cocok untuk digunakan dalam unit usaha pengadaan barang KPRI Banjar Patroman sebagai langkah pengambilan keputusan bisnis. Dari hasil penelitian diperoleh identifikasi dari masing-masing 9 elemen Business Model Canvas. Customer Segments adalah anggota KPRI Banjar Patroman. Value Propositions adalah kemasan yang menarik dan harga lebih terjangkau. Channels adalah berkomunikasi dengan anggota secara langsung. Customer Relationships adalah jalinan komunikasi dengan pelanggan. Revenue Streams dari penjualan produk kepada anggota dan unit usaha pelayanan simpanan. Key Resources terdiri dari kendaraan dan sumber daya manusia. Key Activities terdiri dari pengadaan barang, kegiatan produksi dan pemasaran. Key Partnerships adalah Toko Pantes. Cost Structure terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel. Berdasarkan analisis dari Matrix SWOT, dijelaskan strategi-strategi yang dapat digunakan oleh koperasi yaitu seperti strategi SO, strategi WO, strategi ST, dan strategi WT
Analisis Perbandingan Pengakuan Pendapatan dan Pengaruhnya Terhadap Laba Selama Covid-19 Siti Rahma Anggraini; Maheswari Widyaningsih; Rania Avil Levigni; Agustine Dwianika
Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi dan kewirausahaan Vol. 14 No. 1 (2023): Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi, & Kewirausahaan
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Manajemen Koperasi Indonesia Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/covalue.v14i1.3273

Abstract

Memasuki awal tahun 2020, dunia digemparkan dengan Virus Covid-19 yang memberikan dampak negatif pada perekonomian di dunia menjadi menurun termasuk di indonesia. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perbedaan profitabilitas PT. Indofood Sukses Makmur Tbk sebelum dan selama Pandemi Covid-19, dengan menggunakan rasio Return On Asset (ROA), Net Profit Margin (NPM), dan Gross Profit Margin (GPM) sebagai indikator profitabilitas. Metode yang digunakan adalah analisis data keuangan dari laporan keuangan tahunan PT aIndofood Sukses Makmur Tbk dari tahun 2018 hingga tahun 2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam profitabilitas perusahaan sebelum dan selama Pandemi Covid-19, yang diukur dengan rasio Return On Asset (ROA), Net Profit Margin (NPM), yang menunjukkan penurunan. Sedangkan, Gross Profit Margin (GPM) dalam analisis menunjukkan peningkatan selama periode tersebut. Penelitian ini menunjukkan bahwa Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang signifikan terhadap profitabilitas dan dapat memberi informasi yang berguna bagi manajemen perusahaan dan investor dalam mengambil sebuah keputusan di masa depan.
Pengaruh Penggunaan Qris Pada Penyaluram Waqaf Terhadap Mahasiswa karim karim; Zaky Raihan; Puput Febrianty; Mukhlishotul Jannah; Wahyu Hidayat
Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi dan kewirausahaan Vol. 14 No. 1 (2023): Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi, & Kewirausahaan
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Manajemen Koperasi Indonesia Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/covalue.v14i1.3380

Abstract

Sistem pembayaran berbasis digital telah menambah variasi dari model hingga interaksi pembayaran. Penggunaan sistem pembayaran kode QR (Quick Response) merupakan sistem yang sedang popular saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh penggunaan QRIS pada penyaluran Waqaf terhadap Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan angket kepada responden sebanyak 30 mahasiswa muslim, kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan metode statistik deskriptif inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, kemudahan penggunaan, dan manfaat Quick Response Code Indonesian Standard (ORIS) sebagai bagian atau sekaligus terhadap penggunaan QRIS Di Kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Warung Kopi Saras Padjajaran Wianda Aghnia Salsabila; Audy Luthfia Salsabilla; Agus Miftah Nur Rizqi; Muhammad Kholid Irhamni Maulana; Novi Giotta Hutapea; Salsabila Az-Zahra
Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi dan kewirausahaan Vol. 14 No. 1 (2023): Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi, & Kewirausahaan
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Manajemen Koperasi Indonesia Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/covalue.v14i1.3403

Abstract

Warung Kopi Saras merupakan usaha yang bergerak dibidang kuliner bertempat di Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat. Warung Kopi (Warkop) Saras telah berdiri sejak tahun 2020, sejak saat itu hingga sekarang Warkop Saras telah berhasil menarik minat para konsumen dan bahkan memiliki beberapa konsumen tetap. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi kepuasan konsumen di Warung Kopi Saras Padjajaran di Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Jumlah responden penelitian ini sebanyak 40 orang. Sebelum data dari 40 responden diolah menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI), data terlebih dahulu diuji dengan uji validasi dan uji reliabilitas. Hasil penelitian: nilai CSi yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu sebesar 84.95%. Nilai CSI dari penelitian ini berada di kisaran 81% hingga 100 %. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen merasa sangat puas terhadap Warung Kopi Saras secara keseluruhan.
Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kopi Vokasi Dengan Metode Importance Performance Analysis Annisa Nurul Adelia; Firli Aflahatul Jannah; Meisya Sukma Andiend; Myita Syabrina; Rafly Aulia Rahman; Khoirul Aziz Husyairi
Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi dan kewirausahaan Vol. 14 No. 1 (2023): Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi, & Kewirausahaan
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Manajemen Koperasi Indonesia Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/covalue.v14i1.3410

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui atribut-atribut pelayanan yang dianggap penting untuk konsumen, mengukur taraf kepentingan pelayanan di Kopi Vokasi, mengukur tingkat kinerja konsumen terhadap pelayanan di Kopi Vokasi serta menentukan atribut-atribut apa yang perlu menerima prioritas perusahaan sesuai taraf kepentingan serta kinerja untuk memberikan kepuasan terhadap konsumennya dengan menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) di Kedai Kopi Vokasi. Jenis penelitian yg digunakan merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang dipergunakan sebesar 90 responden menggunakan metode purposive sampling. Data yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner secara online. Kedai kopi Vokasi dinilai menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) berdasarkan taraf kinerja perusahaan serta taraf kepentingan pelanggan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa atribut dengan taraf kepuasan tertinggi terhadap kualitas pelayanan merupakan karyawan mampu memberikan informasi kepada pelanggan dengan bahasa yang mudah dimengerti dengan tingkat kesesuaian sebesar 107%. Atribut taraf kepuasan terendah terhadap kualitas pelayanan adalah karyawan memahami kebutuhan pelanggan dengan tingkat kesesuaian 106%. Sementara itu, atribut yang wajib menerima prioritas pelayanan adalah atribut yang menempati kuadran I yaitu, kecepatan waktu penyajian.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Bibit Bawang Merah Ahmad Faqih Udin; Sarja Sarja
Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi dan kewirausahaan Vol. 14 No. 1 (2023): Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi, & Kewirausahaan
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Manajemen Koperasi Indonesia Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/covalue.v14i1.3434

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bibit bawang merah di desa Dukuhwringin Brebes. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan data primer dan data sekunder. Berdasarkan kenyataan di lapangan, sikap para petani terhadap penggunaan benih bawang merah lokal dari desa dukuhwringin tidak dipengaruhi oleh pengalaman berusaha tani tetapi dipengaruhi oleh bukti yang telah dilihat dilingkungan sawah dan lingkungan rumah sekitarnya petani bawang merah. Petani cenderung mengamati dan menilai hasil dari petani lain yang telah lebih dahulu menggunakan benih bawang merah local desa dukuhwringin. Setelah mengetahui keunggulan benih bawang merahlocal dibandingkan benih impor, maka mereka baru tertarik untuk menggunakan benih local dukuhwringin kecamatan wanasari kabupaten brebes. sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian petani dalam memilih benih bawang merah dukuhwringin adalah kualitas bibit yang sudah teruji bagus, banyaknya variasi pilihan bibit bawang merah, serta harga yang bisa di negosiasi. Hal ini menunjukkan bahwa benih bawang merah dukuhwringin memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan benih impor atau yang berasal dari daerah lainnya.
Analisis Tata Letak Retail Xyz Menggunakan Entity Relationship Chart Dan Total Closeness Rating Anisa Fitri; Ayu Anita Permatasari; Renaldi Ananda Riadi; Renawati Renawati
Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi dan kewirausahaan Vol. 14 No. 1 (2023): Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi, & Kewirausahaan
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Manajemen Koperasi Indonesia Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/covalue.v14i1.3465

Abstract

Tata letak ritel (layout retail) pada toko retail XYZ memiliki ruang toko yang belum dimanfaatkan secara efektif karena sejumlah rak dan area lain belum dapat meningkatkan penjualan secara maksimal. Untuk memudahkan pelanggan membeli produk dan menarik klien baru, diperlukan strategi penataan yang tepat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik observasi dan studi literatur. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode Entity Relationship Chart (ERC) dan Total Closeness Rating (TCR) untuk memperoleh Layout solution. Layout solution akan disusun berdasarkan tingkat hubungan atau kepentingan masing-masing departemen. Dari hasil pengamatan dan observasi yang dilakukan didapatkan perbandingan hasil perencanaan tata letak. Hasil perencanaan tata letak sebelum dan setelah dilakukan menggunakan pendekatan ERC (Entity Relationship Chart) dan TCR (Total Closeness Rating). Penempatan fasilitas mengalami perubahan pada (1) Perubahan penempatan area minyak agar konsumen dapat melihat rak tersebut secara keseluruhan; Pada bagian (2) Chicken yang disatukan dengan produk sejenis dan berdekatan dengan barang komplemennya seperti mie instan, saus, dan sosis; (3) Perubahan penempatan ice cream dan air mineral bagian depan dekat pintu masuk. Dari pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan analisis ERC terdapat perubahan yang mempermudah aliran konsumen sehingga berdampak pada peningkatan profit perusahaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7