cover
Contact Name
Damianus D. Samo
Contact Email
damianus.damo@staf.undana.ac.id
Phone
+6285239272877
Journal Mail Official
editorial.haumeni@undana.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana Jl. Adisucipto Penfui Kupang, NTT
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Haumeni Journal of Education
ISSN : -     EISSN : 27981991     DOI : -
Core Subject : Education,
Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, evaluasi pembelajaran, pengembangan profesionalisme guru, studi kasus, studi teoritik, review artikel bidang pendidikan serta topik pendidikan lainnya dari berbagai jenis penelitian seperti survei, penelitian dan pengembangan, penelitian eksperimen, penelitian tindakan kelas, penelitian kualitatif dll. Haumeni Journal of Education akan terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2023): Edisi Juni 2023" : 8 Documents clear
Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Dedo Gomo dan Gomo Telu di Wolowuwu, Kab. Ende, NTT Serta Integrasinya dalam Pembelajaran Matematika Magdalena Wangge
Haumeni Journal of Education Vol 3 No 1 (2023): Edisi Juni 2023
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/haumeni.v3i1.10201

Abstract

Traditional games are one of the cultures that began to fade along with the development of science and technology. This also happens to the people in Wolowuwu, Wolowaru sub-district, Ende district, NTT, namely the dedo gomo and gomo telu games. The purpose of this research is to identify ethnomathematics and mathematical concepts in dedo gomo and gomo telu games and their integration in mathematics learning. This type of research is qualitative research with research stages ranging from pre-field, field work to data analysis. In the data analysis stage, data reduction, data display, and conclusion drawing are carried out. The results obtained are that in the dedo gomo and gomo telu games, ethnomathematics activities are found, namely counting, locating, measuring, designing, playing, and explaining. Then the mathematical concepts found include integer operations, geometry, length measurement, arithmetic series, number patterns, and opportunities. One form of integration in mathematics learning is to prepare learning tools based on traditional game culture with contextual learning models.
Penerapan Metode PAKEM dengan LKPD Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Katolik Bagi Siswa Katolik Kelas IV SDN Bokong 2 Johana J Talan
Haumeni Journal of Education Vol 3 No 1 (2023): Edisi Juni 2023
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/haumeni.v3i1.10210

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode PAKEM dengan LKPD berbasis literasi dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama katolik siswa. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SDN Bokong 2 Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SD yang beragama katolik. Instrumen pengumulan data dalam penelitian ini antara lain lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode PAKEM berbantuan LKPD berbasis literasi dapat meningkatakan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bokong 2 pada pembelajaran pendidikan agama katolik. Hal ini tergambar dari adanya peningkatan dan tercapainya kriteria minimal aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pendidikan agama katolik siswa kelas IV SDN Bokong 2 setelah dibelajarkan dengan metode PAKEM berbantuan LKPD berbasis literasi. Persentase siswa yang mencapai KKM di siklus 2 adalah 100% dengan rata-rata klasikal mencapai 80,00. Hasil ini meningkat dibandingkan dengan hasil belajar siklus 1 dimana persentase siswa yang mencapai KKM hanya 50% dengan rata-rata klasikal sebesar 65,00.
Peningkatan Kemampuan Membaca dan Hasil Belajar melalui Games Kata Siswa Kelas 1 SDN Bijaesahan Tahun Pelajaran 2022/2023 Ester Mudak
Haumeni Journal of Education Vol 3 No 1 (2023): Edisi Juni 2023
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/haumeni.v3i1.10482

Abstract

Kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Bijaesahan masih tergolong rendah, yang menyebabkan hasil belajar siswa pun rendah. Hal ini disebabkan karena Pembelajaran membaca bagi siswa kelas 1 di SDN Bijaesahan selama ini masih belum mengoptimalkan media pembelajaran yang ada di sekolah. Proses pembelajaran masih menggunakan media konvensional yaitu dengan menggunakan papan tulis dan pembelajaran hanya berpusat kepada guru. Hal ini menyebabkan kemampuan membaca permulaan siswa masih sangat rendah. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan hasil belajar siswa kelas 1 SD Bijaesahan menggunakan Games Kata. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian yaitu (1) sikap dan eksplorasi siswa berada pada kategori amat baik (rasa ingin tahu) dan baik (tanggung jawab, kemandirian dan kerja sama); (2) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berada pada kategori amat baik; dan (3) persentasi siswa yang memperoleh nilai minimal sesuai dengan KKM adalah 86,67%.
Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keliling Dan Luas Lingkaran Sarah Zacharias
Haumeni Journal of Education Vol 3 No 1 (2023): Edisi Juni 2023
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/haumeni.v3i1.10592

Abstract

Salah satu masalah yang terjadi dalam pembelajaran matematika di SDN Bijaesahan, kecamatan Takari Kabupaten Kupang adalah hasil belajar siswa yang cenderung rendah. Untuk menjawab masalah tersebut maka dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SDN Bijaesahan kelas VI pada materi keliling dan luas lingkaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Jumlah subjek penelitian sebanyak 11 orang yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Peneltian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada materi keliling dan luas lingkaran di SDN Bijaesahan. Hal ini ditunjukkan oleh hasil penelitian yang sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian yaitu (1) sikap dan eksplorasi siswa berada pada kategori amat baik (rasa ingin tahu, tanggung jawab dan kerja sama) dan baik (kemandirian); (2) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berada pada kategori amat baik; dan (3) persentasi siswa yang memperoleh nilai minimal sesuai dengan KKM adalah 90,90%.
Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Media Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Maria Kardina Nali
Haumeni Journal of Education Vol 3 No 1 (2023): Edisi Juni 2023
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/haumeni.v3i1.10617

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif dengan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa terkait kemampuan membaca permulaan. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SDN Bokong 2 Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas I SD dan seorang guru. Instrumen pengumulan data dalam penelitian ini antara lain lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatakan hasil belajar siswa kelas I SDN Bokong 2 terkait kemampuan membaca permulaan. Hal ini tergambar dari adanya peningkatan dan tercapainya kriteria minimal aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas I SDN Bokong 2 setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif berbantuan media kartu kata bergambar. Persentase siswa yang mencapai KKM di siklus 2 adalah 83% dengan rata-rata klasikal mencapai 85,00. Hasil ini meningkat dibandingkan dengan hasil belajar siklus 1 dimana persentase siswa yang mencapai KKM hanya 69% dengan rata-rata klasikal sebesar 73,60.
Desain Pembelajaran Matematika Realistik Konteks Permainan Anak Lego Pada Materi Volume Kubus dan Balok Untuk Siswa Kelas V SD GMIT Atambua 3 Febriyani Neno; Siprianus S. Garak; Damianus D. Samo
Haumeni Journal of Education Vol 3 No 1 (2023): Edisi Juni 2023
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/haumeni.v3i1.10820

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain pembelajaran matematika realistic konteks permainan anak lego untuk materi volume kubus dan balok di kelas V SD GMIT Atambua 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu design research yang difokuskan pada pengembangan desain pembelajaran dalam bentuk hypothetical learning trajectory. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang melibatkan melibatkan 6 siswa pada siklus pilot experiment dan 21 siswa pada siklus teaching experiment. Penelitian ini bertempat di SD GMIT Atambua 3 dengan subjek penelitiannya yaitu siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Penelitian ini menghasilkan suatu lintasan pembelajaran (Learning Trajectory) melalui pendekatan PMR yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran terkait materi volume kubus dan balok di SD GMIT Atambua 3. Learning trajectory yang dihasilkan pada penelitian ini terdiri atas 10 aktivitas dimana pendekatan PMR menjadi acuan utama dalam setiap aktivitas yang ada.
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator Pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Amanuban Barat Alfrida Saronita Fobia; Juliana M. H. Nenohai; Ofirenty E. Nubatonis
Haumeni Journal of Education Vol 3 No 1 (2023): Edisi Juni 2023
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/haumeni.v3i1.10840

Abstract

Perkembangan teknologi di bidang pendidikan menuntut guru untuk lebih kreatif dalam menciptakan media pembelajaran berbasis teknologi dengan memanfaatkan smartphone andoid untuk membantu peserta didik dalam memahami materi matematika. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis android menggunakan Smart Apps Creator pada materi pecahan untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Amanuban Barat yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation). Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan yang valid, praktis, dan efektif. Rata-rata total kevalidan yang diperoleh berdasarkan penilaian validator adalah 4.55, dengan kategori sangat valid. Rata-rata kepraktisan oleh guru adalah 4.8, rata-rata kepraktisan pada uji coba kelompok kecil adalah 4.7, dan rata-rata kepraktisan pada uji coba kelompok besar adalah 4.6 dengan kategori sangat praktis. Presentase ketuntasan uji coba kelompok kecil diperoleh 100% dan uji coba kelompok besar diperoleh 81.81% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian media pembelajaran berbasis android sangat layak digunakan dalam pembelajaran.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri I Malaka Barat Tahun Pelajaran 2021/2022 Vinsensius Klau
Haumeni Journal of Education Vol 3 No 1 (2023): Edisi Juni 2023
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/haumeni.v3i1.11074

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Malaka Barat dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jigsaw secara signifikan meningkatkan kinerja siswa. Di akhir siklus, kosakata, tata bahasa, dan motivasi siswa meningkat. Setelah penerapan Jigsaw, nilai ujian siswa meningkat dari 65% menjadi 85%. Pengamatan juga menunjukkan partisipasi siswa dalam diskusi Jigsaw dan kemampuan guru dalam memfasilitasi pembelajaran. Berdasarkan analisis data, metode Jigsaw meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Malaka Barat. Metode ini mendorong kolaborasi siswa yang aktif, meningkatkan pemahaman bahasa, mengurangi kata-kata, dan meningkatkan keterampilan berbicara dan mendengarkan bahasa Inggris. Studi ini menyarankan agar guru dapat menggunakan Jigsaw dan strategi pembelajaran kooperatif lainnya untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa

Page 1 of 1 | Total Record : 8