cover
Contact Name
Muhammad Abdul Muin
Contact Email
muin@stmikbinapatria.ac.id
Phone
+6285729765492
Journal Mail Official
journaltransformasi@gmail.com
Editorial Address
Jalan Raden Saleh No 7 Magelang
Location
Kota magelang,
Jawa tengah
INDONESIA
Transformasi
Published by STMIK Bina Patria
ISSN : 19785569     EISSN : 28278550     DOI : -
Jurnal transformasi sebagai wadah untuk mengembangkan Dan mensosialosasikan IPTEk berbasis penelitian dan kajian ilmiah (artikel review) dalam lingkup Informatika, elektronika, manajemen, pendidikan & pembelajaran.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 1 (2017): TRANSFORMASI" : 9 Documents clear
IMPLEMENTASI FIREWALL DENGAN MENGGUNAKAN MIKROTIK ROUTEROS™ (Studi Kasus : STMIK Bina Patria) Muhammad Abdul Muin, Bambang Sugiantoro
TRANSFORMASI Vol 13, No 1 (2017): TRANSFORMASI
Publisher : STMIK BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (611.402 KB) | DOI: 10.56357/jt.v13i1.110

Abstract

Dengan dimudahkan internet kadang pegawai tidak digunakan semestinya, yaitu kadang digunakan untuk melihat informasi yang berbau pornografi. Apabila banyak yang mengakses konten pornografi bisa menjadi ancaman sebuah jaringan yang mana kadang di dalam konten pornografi disisipi berupa virus yang bisa mengganngu kemanan jaringan sebuah badan usaha maupun lembaga. Dengan menggunakan MikroTik RouterOS layer 7 filter, situs atau konten yang tidak digunakan atau yang dianggap mengganggu keamanan jaringan komputer bisa di blok. Kata kunci :firewall; mikrotik routeros
APLIKASI JARINGAN SARAF TIRUAN UNTUK MENENTUKAN KOMPETENSI SESEORANG BERDASARKAN PENGGUNAAN OTAK KANAN DAN KIRI M. Lutfi MA
TRANSFORMASI Vol 13, No 1 (2017): TRANSFORMASI
Publisher : STMIK BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.886 KB) | DOI: 10.56357/jt.v13i1.103

Abstract

Otak kanan dan otak kiri sangat mempengaruhi  kecerdasan majemuk seseorang yang dapat menentukan bakat dan minat (kompetensi) dari orang tersebut. Metode  jaringan saraf tiruan  dapat digunakan untuk mengetahui kompetensi seseorang berdasarkan penggunaan otak kanan dan otak kiri.  Penentuan  kompetensi dilakukan berdasarkan kriteria – kriteria dari masing – masing kompetensi.  Metode  penelitian menggunakan metode rekayasa perangkat lunak (RPL) dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Perancangan sistem menggunakan Use Case sebagai alat bantu pemodelan proses maupun perancangan basis data. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa sistem baru yang dibangun mampu memberikan informasi kompetensi seseorang dan kriteria dari masing – masing kompetensi.  Aplikasi ini dapat digunakan sebagai alternatif untuk menentukan kompetensi siswa berdasarkan karakter. Kata Kunci : Jaringan Saraf Tiruan, Kompetensi.
SISTEM INFORMASI UMKM DISKOPERINDAG KOTA MAGELANG BERBASIS WEB Arif Nurcholik, Kartika Imam. S, Gatot Susilo
TRANSFORMASI Vol 13, No 1 (2017): TRANSFORMASI
Publisher : STMIK BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.308 KB) | DOI: 10.56357/jt.v13i1.99

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun sistem informasi UMKMdibawah binaan Diskoperindag berbasis web di Kota Magelang yang dapat diaksesDiskoperindag dan seluruh masyarakat. Masyarakat dapat mengetahui informasi,perkembangan serta lokasi UMKM yang berada di bawah binaan Diskoperindag KotaMagelang. Pedekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatanrekayasa (pengembangan) dengan metode pengembangan waterfall. Tahapan yangdilaksanakan dalam penelitian ini yaitu : mendefinisikan kebutuhan system, desain systemdan software, implementasi, pengujian dan integrasi sistem. Perancangan sistem informasiUMKM Diskoperindag Kota Magelang meliputi perancangan basis data, perancangan prosesdan perancangan antar muka (interface). Penelitian ini dapat mempermudah masyarakatuntuk memperoleh informasi yang maksimal serta memberikan kemudahan, keakuratanlokasi UMKM di Kota Magelang agar dapat meminimalisir kesalahan data dan lokasiUMKM.Kata kunci : Sistem informasi UMKM Kota Magelang, waterfall.
PERENCANAAN SISTEM SMART ACADEMIC DENGAN SMART CLASSROOM DAN TEKNOLOGI INTERNET OF THINGS PADA STMIK BINA PATRIA Robet Habibi
TRANSFORMASI Vol 13, No 1 (2017): TRANSFORMASI
Publisher : STMIK BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.038 KB) | DOI: 10.56357/jt.v13i1.104

Abstract

Teknologi Internet of Things(IoT) memberikan peluang untuk menciptakan suatu aplikasi atau layanan yang sangat bermanfaat. Smart classroom merupakan satu aplikasi yang menerapkan teknologi IoT dengan mengintegrasikan teknologi informasi dengan metode pembelajaran di kampus. Di STMIK Bina Patria memiliki Sistem Informasi Akademik(SIAKAD) yang digunakan untuk menangani proses akademik di kampus. SIAKAD memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi Smart Academic dengan penerapan teknologi IoT dan smart classroom. Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana perencanaan smart academic dengan mempertimbangkan kondisi di STMIK Bina Patria. Aspek-aspek yang menjadi pertimbangan adalah kondisi ruang kelas, ketersediaan jaringan internet, sistem belajar dan mengajar, kondisi sosial dan perilaku mahasiswa. Hasil analisis dari aspek-aspek yang disebutkan digunakan dalam menentukan konsep sistem smart academic yang akan dikembangkan, arsitektur jaringan baru yang mendukung sistem smart academic dan arsitektur smart academic. Kata kunci : Internet of Things, Smart Classroom, Smart Academic.
PENGUJIAN STATIS-DINAMIS PROTOTYPE SEPEDA MOTOR LISTRIK TENAGA MATAHARI Wijaya Widjanarka
TRANSFORMASI Vol 13, No 1 (2017): TRANSFORMASI
Publisher : STMIK BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.234 KB) | DOI: 10.56357/jt.v13i1.100

Abstract

Setelah pemodelan sepeda motor listrik terwujud, maka dilakukan uji coba. Uji coba dilakukan di bengkel las mesin bubut dan dijalan lurus, dan menanjak.Ujicoba dilakukan dengan dua jenis cara, yaitu pengujian statis dan dinamis.Ujicoba statis, dilakukan dengan cara, posisi sepeda motor listrik dalam keadaan ditopang penyangga, sehingga roda motor tetap berputar, tetapi sepeda motor listrik tidak beranjak (berjalan).Pengujian statis, sepeda dalam keadaan diam ditempat (tidak bergerak), Motor berputar penuh: 1,07 Amper. Motor mulai berputar  (Isentak): 4,75 Amper.Ujicoba dinamis, dilakukan dengan cara, posisi sepeda motor listrik dalam keadaan dikendaraai, dengan bebannya 100 kg, menempuh jalan lurus, dan menanjak.Sepeda dalam keadaan bergerak (dikendarai), Motor berbeban 100 kg, jalan datar: 15,55 Amper, Motor berbeban 100 kg, jalan terjal: 16,87 Amper.Prototipe sepeda motor listrik tenaga matahari dibuat untuk transportasi (alat angkut) pelaku UMKM dan masyarakat di daerah tertinggal dan terpencil.
THE ROLES OF TED TALKS AND VLOG IN SPEAKING CLASS: STUDENTS’ PERSPECTIVESs Candradewi Wahyu Anggareni Arum Nisma Wulanjani
TRANSFORMASI Vol 13, No 1 (2017): TRANSFORMASI
Publisher : STMIK BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.452 KB) | DOI: 10.56357/jt.v13i1.106

Abstract

The aims of this research were to describe the students’ perspectives toward the roles of TED Talks and Vlog in enhancing students’ activeness in speaking class. The research method used in this research was qualitative research design in the form of case study. The instruments of data collection were documents of students’ vlogs, observation, questionnaire, and interview. The participants of this research were the students of speaking class.This research had three research significances which consisted of theoretical significance, practical significance, and pedagogical significance. The theoretical significance was the research contributes to prove and added the speaking theories, whereas the practical significance was the research can be conducted by teachers, lecturers, or researchers to figure out the roles and the ways to improve students’ participation in speaking class. In addition, the pedagogical significance showed that this research provided a reference of TED Talks and Vlog in enhancing students’ activeness in speaking class, helped the students to be active in speaking class by following the lecturer’s instruction toward the speaking activities given, and could be used as the empirical research finding toward students’ activeness in speaking class.   Keywords: Speaking, Students’ perspectives, Technology
PEMBUATAN VIDEO ANIMASI 2D PENYULUHAN TERTIB BERLALU LINTAS DI POLRES MAGELANG KOTA DENGAN MOTION GRAPHIC Wahyu priyoatmoko
TRANSFORMASI Vol 13, No 1 (2017): TRANSFORMASI
Publisher : STMIK BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.143 KB) | DOI: 10.56357/jt.v13i1.101

Abstract

Polres Magelang Kota yang di dalamnya terdapat satuan lalu lintas, salah satu tugasnya adalah memberikan sosialisasi tentang tertib berlalu lintas. Penyuluhan ini dilakukan dengan beberapa cara salah satunya adalah dengan presentasi dan simulasi. Tujuan penelitian ini adalah pembuatan video animasi 2D tentang penyuluhan tertib berlalu lintas di Polres Magelang Kota dengan motion graphic. Video dalam penyuluhan ini bercerita tentang seorang anak yang sedang berangkat kesekolah yang berperilaku tertib berlalu lintas dijalan raya.Tahapan pembuatan video dalam penelitian ini adalah tahap pra produksi, tahap produksi dan tahap pasca produksi dan hasil diuji menggunakan Alpha Testing dan Beta Testing. Software yang digunakan adalah Adobe Flash Cs3 dan Adobe Premiere Cs3.
PERANCANGAN GAME THE LEGEND OF DIPONEGORO “PURWODADI WARFARE” Ovide Decroly Wisnu Ardhi, Endar Suprih Wihidayat, Muhammad Asri Syafi'i, Warto Nur Prasetyo
TRANSFORMASI Vol 13, No 1 (2017): TRANSFORMASI
Publisher : STMIK BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.317 KB) | DOI: 10.56357/jt.v13i1.109

Abstract

Saat ini, permainan memiliki dua peran, untuk kesenangan atau hiburan dan untuk belajar. Game yang digunakan untuk belajar dikategorikan sebagai game serius yang dirancang untuk mentransfer pengetahuan secara persuasif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keberhasilan retensi permainan game yang serius. Game yang dibuat memiliki konten pembelajaran tentang sejarah Diponegoro, seorang pahlawan Indonesia, saat melawan penjajahan Belanda. Lima langkah metode Pengembangan Multimedia Life Cycle digunakan untuk mengembangkan permainan: konsep, desain, pengumpulan bahan, perakitan, dan pengujian. Untuk mengukur tingkat kepuasan, pengujian pengguna dilakukan, melibatkan 30 responden. Hasil pengujian pengguna menunjukkan tingkat retensi 85% rata-rata untuk semua responden.   Kata kunci: Legend, Diponegoro, Purwodadi, Warfare
PENGEMBANGAN SISTEM KERTAS JURUSAN ILMU KOMPUTER DENGAN MENAMBAHKAN MENU LIHAT GRAFIK IPK Hamdan Sukri
TRANSFORMASI Vol 13, No 1 (2017): TRANSFORMASI
Publisher : STMIK BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (617.045 KB) | DOI: 10.56357/jt.v13i1.102

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada pengembangan sistem Computer Science Paper dengan menambahkan menu lihat grafik Indeks Prestasi Kumulatif. Pengembangan dilakukan dengan menganalisa sistem pada Menu Student Paper. Pengembangan sistem Makalah ini bertujuan untuk membantu pengguna dalam membuat grafik Indeks Prestasi Siswa Kumulatif yang sesuai dengan struktur dan kelengkapan yang ada. Alat yang digunakan adalah bahasa pemrograman PHP Hypertext Processor dengan fungsi file library Kendo dan MYSQL sebagai database. Sistem Komputer Ilmu Kertas dengan menambahkan Menu lihat grafik Indeks Prestasi Kumulatif telah diaplikasikan pada Sistem Kertas yang terintegrasi dalam sistem informasi Jurusan Ilmu Komputer Universitas dari Lampung. Kata kunci: Kendo, Paper Systems, Menu Graphicss

Page 1 of 1 | Total Record : 9