cover
Contact Name
Muhammad Abdul Muin
Contact Email
muin@stmikbinapatria.ac.id
Phone
+6285729765492
Journal Mail Official
journaltransformasi@gmail.com
Editorial Address
Jalan Raden Saleh No 7 Magelang
Location
Kota magelang,
Jawa tengah
INDONESIA
Transformasi
Published by STMIK Bina Patria
ISSN : 19785569     EISSN : 28278550     DOI : -
Jurnal transformasi sebagai wadah untuk mengembangkan Dan mensosialosasikan IPTEk berbasis penelitian dan kajian ilmiah (artikel review) dalam lingkup Informatika, elektronika, manajemen, pendidikan & pembelajaran.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 1 (2020): TRANSFORMASI" : 10 Documents clear
APLIKASI PENGENALAN ALAT MUSIK GAMELAN JAWA Dede Angga Asmara, Gatot Susilo M. Lutfi Mahasinul A
TRANSFORMASI Vol 16, No 1 (2020): TRANSFORMASI
Publisher : STMIK BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (638.522 KB) | DOI: 10.56357/jt.v16i1.215

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah dapat membuat aplikasi pengenalan alat musik gamelan Jawa menggunakan Adobe Animate CC 2017 mulai dari sejarah gamelan sampai contoh suara gamelan. Metode penelitian yang digunakan dalam aplikasi pengenalan alat musik gamelan Jawa adalah menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian dan distribusi. Hasil penelitian dari aplikasi pengenalan alat musik gamelan jawa berupa kuesioner yang diberikan kepada responden berisi 8 pernyataan yang diisi setiap anak, terdapat hasil total 592 pernyataan yang terdiri diantaranya 170 atau 28,7% anak menyatakan setuju dan 422 atau 71,3% anak menyatakan sangat setuju bahwa aplikasi ini layak untuk digunakan. Kata kunci : Aplikasi Pengenalan, MDLC, Alat Musik Gamelan Jawa.
KONSEP PENERAPAN KEAMANAN JARINGAN PUBLIK DI LINGKUNGAN KAMPUS STMIK BINA PATRIA Sugeng Wahyudiono, Deni Lestiono
TRANSFORMASI Vol 16, No 1 (2020): TRANSFORMASI
Publisher : STMIK BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.607 KB) | DOI: 10.56357/jt.v16i1.220

Abstract

Keamanan sistem informasi kampus berbasis Internet atau Publik adalah suatu keharusan untuk lebih diperhatikan. adanya lubang-lubang keamanan pada system operasi maupun Jaringan Komputer yang dapat menyebabkan kelemahan dan terbukanya lubang sehingga dapat digunakan para hacker, cracker untuk menyusup ke dalam jaringan computer maupun server tersebut. Aspek keamanan komputer atau server dalam Internet/ Publik adalah Privacy / Confidentiality, Integrity, Availability dan Authenticity. Metode dari Penggunaan Username/ password terdapat pada Jaringan internet maupun pada system komputer server Kata Kunci : Keamanan, Jaringan, Server, Hacker, Pencurian Data, Metode Username, Password
APLIKASI PEMBELAJARAN DO’A HARIAN UNTUK ANAK BERBASIS ANDOROID Wahyu Priyoatmoko, Kapti
TRANSFORMASI Vol 16, No 1 (2020): TRANSFORMASI
Publisher : STMIK BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (836.642 KB) | DOI: 10.56357/jt.v16i1.210

Abstract

Do’a merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan manusia setiap harinya untuk berkomunikasi dengan Tuhan-Nya. Seperti yang kita ketahui Do’a biasanya mulai diajarkan kepada anak sejak usia dini oleh orangtua, guru sekolah, guru ngaji atau siapapun yang telah menghafalnya. Do’a biasanya diajarkan dengan menggunakan metode konvensional yaitu menggunakan buku pembelajaran do’a yang isinya kurang menarik dan tidak interaktif sehingga anak cenderung kurang tertarik dan mudah jenuh. Untuk meningkatkan minat anak untuk belajar do’a, perlu di kembangkan metode pembelajaran yang cukup menarik untuk digunakan kapanpun dan dimanapun sehingga anak tidak perlu repot membawa buku do’a harian. Oleh sebab itu diperlukan adanya metode pembelajaran yang mampu menarik minat belajar anak yaitu dengan perancangan aplikasi pembelajaran do’a harian Islam berbasis Android. Aplikasi ini dikembangkan dengan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan dikembangkan dengan menggunakan Adobe Flash CS6. Penelitian ini menghasilkan aplikasi pembelajaran yang berisi tentang materi do’a harian Islam yang sesuai untuk anak diaplikasikan pada smartphone Android. Kata kunci: Aplikasi, Pembelajaran, Do’a Harian Islam, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Android
ANALISI PERLAKUAN AKTIVA TETAP PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM KUSUMA ARTA JAYA Cisilia Sundari, Kartika Imam S, A. Dini Oktaviana Herawati
TRANSFORMASI Vol 16, No 1 (2020): TRANSFORMASI
Publisher : STMIK BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.997 KB) | DOI: 10.56357/jt.v16i1.216

Abstract

Dalam dunia bisnis yang penuh persaingan, peningkatan kinerja dan pelayanan menjadi faktor penunjang untuk memenangkan persaingan dalam bisnis. Ketepatan dalam pemilihan metode penyusutan Aktiva Tetap dan konsistensi perlakukannya menjadi hal yang sangat penting, sehingga Laporan Keuangan dapat memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat untuk pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini adalah dapat menentukan metode yang tepat dalam pengelolaan dan mentukan Sistem Penyusutan Aktifa Tetap yang tepat bagi KSP Kusuma Arta Jaya. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif, adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan penelitian pustaka dan penelitian lapangan. Untuk prosedur pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bagi KAP Kusuma Arta Jaya mengunakan metode penyusutan garis lurus dan perlu adanya Sistem Informasi yang dapat membantu menghitung secara tepat, cepat dan akurat besarnya biaya penyusutan Aktiva Tetap. Kata kunci: KSP, Aset Tetap, PSAK No.16
IMPLEMENTASI KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS SEMANTIK MENGGUNAKAN MEDIAWIKI PADA AKADEMI KOMUNITAS NEGERI PACITAN Agus Prianggono, Anwar Fu’adi
TRANSFORMASI Vol 16, No 1 (2020): TRANSFORMASI
Publisher : STMIK BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (680.519 KB) | DOI: 10.56357/jt.v16i1.212

Abstract

Untuk menjadi organisasi pembelajar, sebuah organisasi harus mengimplementasikan knowledge management dalam aktifitasnya. Pendekatan paling mudah yang dapat dilakukan adalah dengan mengimplementasikan Knowlegde Management System (KMS). KMS adalah sebuah sistem yang ditujukan untuk melakukan pengelolaan terhadap pengetahuan yang dimiliki oleh organisasi. Dalam penelitian ini, peneliti mengidentifikasikasi, mendesain, dan mengimplementasikan KMS untuk Akademi Komunitas Negeri Pacitan. Untuk mengimplementasikan KMS, peneliti menggunakan KMS tool, yakni MediaWiki. Dalam prosesnya, peneliti melakukan pemodelan dengan menggunakan notasi diagram Unified Modelling Language (UML). Sedangkan pada tahapan-tahapannya peneliti menggunakan tahapan Software Development Life Cycle (SDLC) yang meliputi pengumpulan kebutuhan pengguna, analisis dan desain, implementasi, dan yang terakhir adalah pengujian sistem. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi knowledge management system telah berhasil dilakukan pada AKN Pacitan yang ditandai dengan hasil unit testing yang berhasil serta dapat diakses menggunakan jaringan Local Area Network sesuai dengan deployment diagram yang dirancang. Kata kunci Knowledge Management System, SDLC, UML.
ANALISIS KELAYAKAN BISNIS DISTRIBUSI KAYU BERBASIS ANDROID Angga Cahyo Saputro
TRANSFORMASI Vol 16, No 1 (2020): TRANSFORMASI
Publisher : STMIK BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (722.662 KB) | DOI: 10.56357/jt.v16i1.217

Abstract

Pada tahun 2009, Pemerintah Indonesia menetapkan kewajiban pemenuhan standar SVLK (Sistem Verifikasi Legalitas Kayu) atas produk kayu bagi usaha perkayuan untuk menjamin legalitas penuh produk kayu yang dimiliki. Dari kebijakan tersebut mengharuskan CV.Indotrace sebagai salah satu supplier kayu harus memenuhi kebutuhan industri pengrajin kayu dengan menyiapkan dokumen legalitas seperti Ijin tebang, SKSB, SKAU, FA-KO dan Nota angkutan. Untuk itu maka perusahaan berinovasi ingin membuat kelayakan bisnis menyediakan kayu legal berbasis aplikasi android dengan verifikasi legalitas menggunakan QRcode. Dari hasil penelitian yang dilakukan aplikasi yang akan diberi nama E-Wood ini layak untuk dijalan dengan payback periode 3 tahun 2 bulan dan IRR sebesar 36% serta NPV sebesar 947.247.228. Bahkan ketika dilakukan analisis sensitifitas dengan menggunakan pencapaian 110% dan 90%, pembuatan aplikasi ini tetap layak untuk dijalankan dengan payback periode 3 tahun 7 bulan dan IRR sebesar 35% serta NPV sebesar 354,039,562 apabila hanya mencapai target 90% saja. Sebaliknya jika melebihi target maka payback periode 2 tahun 8 bulan dan IRR sebesar 37% serta NPV sebesar 1.247.531.572. Kata kunci Bisnis Model Canvas, SWOT, Kelayakan Bisnis, Android, Kayu, SVLK.
SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG PADA BUBUR NAYZ MUNTILAN Yuniar Restu Saputri, Sukris Sutiyatno
TRANSFORMASI Vol 16, No 1 (2020): TRANSFORMASI
Publisher : STMIK BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (829.945 KB) | DOI: 10.56357/jt.v16i1.213

Abstract

Bubur Nayz merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pengadaan makanan bayi.Bubur Nayz Muntilan merupakan franchisee Perusahaan Nayz, mulai bergabung pada Juli 2017 dan bertempat di perempatan watucongol, muntilan. Metode pengambilan data dari penelitian ini menggunakan 3 (metode) yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah model proses waterfall.Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan penelitian ini adalah dapat merancang dan membangun sebuah sistem informasi persediaan barang pada Bubur Nayz Muntilan yang dapat mengatasi masalah pada stok bahan baku produksi yang digunakan dan membantu dalam proses pemesanan bahan baku produksi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi persediaan barang yang dilengkapi dengan menu pencetakan nota serta perhitungan stok persediaan secara otomatis. Kata kunci: Bubur Nayz, Franchisee, Waterfall, dan Sistem Informasi Persediaan.
MENDIAGNOSA HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN KOPI MENGGUNAKAN DEMPSTER-SHAFER BERBASIS WEB Yodhi Yuniarthe, Farida Yunita
TRANSFORMASI Vol 16, No 1 (2020): TRANSFORMASI
Publisher : STMIK BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.48 KB) | DOI: 10.56357/jt.v16i1.218

Abstract

Hama dan penyakit pada tanaman kopi merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan menurunnya kualitas dan kuantitas buah kopi. Pengendalian hama dan penyakit masih seringkali tidak tepat sasaran dikarenakan terbatasnya pengetahuan petani dalam mendiagnosa hama dan penyakit pada tanaman kopi. Selain itu, masih terbatasnya pakar atau ahli dibidang tersebut menjadi faktor penentu dalam mendiagnosa dan melakukan pengendalian hama dan penyakit tanaman kopi. Diagnosa yang tidak tepat tentu berakibat pada kesalahan dalam pengendalian hama dan penyakit. Sistem pakar yang mengadopsi kepakaran manusia kedalam komputer memiliki kedudukan yang tepat untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Sistem pakar ini dapat membantu petani kopi dalam mendiagnosa hama dan penyakit pada tanaman kopi berdasarkan gejala-gejala yang dialami tanaman serta memberikan cara dalam pengendalian hama atau penyakit pada tanaman kopi. Dalam sistem ini penentuan hasil diagnosis menggunakan metode Dempster-Shafer. Sistem dibangun berbasis web dengan menggunakan bahasa pemprograman PHP dan database Mysql. Kata kunci: Sistem pakar, Dempster-Shafer, Penyakit kopi.
PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SENI MUSIK MENGENAL NOTASI UNTUK KELAS V DI SDN 1 TIRTO, GRABAG Tri Yusnanto, Moch Ali Machmudi
TRANSFORMASI Vol 16, No 1 (2020): TRANSFORMASI
Publisher : STMIK BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (601.899 KB) | DOI: 10.56357/jt.v16i1.214

Abstract

Penelitian ini membuat perancangan media pembelajaran seni musik mengenal notasi untuk kelas 5 di SDN 1 Tirto, Grabag, Magelang supaya dapat membantu siswa memahami pelajaran Seni Musik khususnya dalam membaca Notasi Balok dengan baik dan benar.Metodologi penelitian yang digunakan peneliti adalah metode eksperimen. Metode pengumpulan data yang terdiri dari wawancara yaitu dengan mengadakan tanya jawab secara langsung dengan pihak yang bersangkutan, yang dapat memberikan informasi-informasi maupun data-data, pengamatan dan kepustakaan yaitu dengan cara mempelajari berbagai macam literatur sumber pustaka yang ada kaitannya dengan masalah ini, subyek penelitian, obyek penelitian, instrumen penelitian dan prosedur penelitian. Perangkat lunak atau Software yang digunakan adalah Macromedia Flash 8 dan Corel Draw X7.Diharapkan media pembelajaran yang berbeda dapat melatih kemandirian siswa dalam belajar Seni Musik khususnya dalam membaca Notasi Balok dan juga,untuk meningkatkan proses belajar dan mengajar yang lebih efektif, efisien dan mudah diterima oleh siswa. Maka pembelajaran multimedia, untuk memberikan solusi dari permasalahan yang ada. Dengan adanya media pembelajaran ini diharapkan untuk diterapkan demi meningkatkan proses belajar mengajar yang lebih efektif, efisien dan mudah diterima oleh siswa. Karena aplikasi ini dirancang dengan tampilan animasi agar siswa tidak jenuh dengan apa yang biasa diterang kan oleh guru mereka. Kata kunci : Macro Media Flash 8, Corel Draw X 7, Media Pembelajaran, seni music.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN CALON PENERIMA BEASISWA MAHASISWA AKADEMI KOMUNITAS NEGERI PACITAN Dwi Ariani Finda Yuniarti, Berlian Juliartha Martin Putra
TRANSFORMASI Vol 16, No 1 (2020): TRANSFORMASI
Publisher : STMIK BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.786 KB) | DOI: 10.56357/jt.v16i1.219

Abstract

Akademi Komunitas Negeri Pacitan menyediakan beberapa beasiswa bagi para mahasiswa. Namun, proses seleksi beasiswa di Akademi Komunitas Negeri Pacitan masih dilakukan secara manual. Penelitian ini menggunakan metode Simple Additive Weighting(SAW) yang bertujuan untuk memberikan rekomendasi calon penerima beasiswa. Adapun kriteria penerima beasiswa ditentukan dari penghasilan orang tua, jarak rumah, jumlah anggota keluarga, ada tidaknya kartu miskin, kondisi orang tua(hidup/yatim/piatu) dan kondisi rumah. Tahap awal dilakukan penyeleksian variabel yang mempengaruhi terpilihnya penerima beasiswa kemudian digunakan metode SAW. Metode ini menggunakan teknik pembobotan sehingga diperlukan analisa perhitungan matrik dan penentuan weight yang tepat untuk setiap kriteria. Sistem kami menghasilkan akurasi sebesar 95% untuk data calon penerima beasiswa tahun 2019 Akademi Komunitas Negeri Pacitan. Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting (SAW), Beasiswa

Page 1 of 1 | Total Record : 10