cover
Contact Name
Ruhamah
Contact Email
Ruhamah.uma@gmail.com
Phone
+6282349499929
Journal Mail Official
dcomputare@gmail.com
Editorial Address
Jln. Latamacelling No. 19 Kota Palopo
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
D'computare: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
ISSN : 20887388     EISSN : 28084225     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal ilmiah dcomputare merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo yang dimaksudkan sebagai media dokumentasi dan informasi ilmiah yang sekiranya dapat membantu para dosen dan mahasiswa dalam mempublikasikan hasil penelitian, opini dan kajian ilmiah kepada berbagai komunitas ilmiah. Penerbitan Jurnal dcomputare dilakukan 2 kali dalam setahun yakni bulan Januari dan Juli yang terbagi dalam volume dan edisi. Setiap tahun diterbitkan 1 volume dengan dua edisi yakni edisi Januari dan edisi Juli.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 2 (2021): Edisi Juli 2021" : 8 Documents clear
DESAIN APLIKASI NEXDIS 6 SEBAGAI PENGONTROL STOCK BARANG STUDI KASUS DI PT. THINGKYLING DISTRINDO Alviedar Prasetyo; Irwanto Irwanto
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Vol 11 No 2 (2021): Edisi Juli 2021
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo Fakultas Teknik Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (706.287 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain aplikasi NexDis 6 (Nex Distribution-ND6) dirancang khusus untuk memenuhi kegiatan operasional sehari-hari perusahaan dagang Indonesia. Dengan ND6 distributor dapat mengelola stok (termasuk barang yang rusak maupun yang dikembalikan), mengelola barang untuk canvas, menerima pesanan (taking order) maupun menjual barang secara canvas, mengelola piutang, penjualan dan utang. ND6 terdiri dari 12 modul dasar yang saling terhubung, antara lain: Inventory Control, Canvas Operation, TO Sales, Purchasing, Account Receivable, Account Payable, Pales Analysis, Promotion Activity Setup, Tax Invoice, Cash and Bank, General Ledger dan Application Manager dan modul interface untuk memindahkan data untuk digunakan pada aplikasi yang lain. Dalam modul kontrol stock pada ND6 dibagi menjadi beberapa gudang: Gudang untuk penjualan, Gudang untuk barang rusak, mobil kanvas, dan gudang bukan untuk barang persediaan. Gudang bukan untuk barang persediaan digunakan untuk menyimpan produk yang telah dijual ke konsumen, tetapi masih tersimpan di gudang distributor untuk jangka waktu tertentu. Aplikasi dalam modul kontrol stok juga menyediakan fungsi untuk melakukan pemeriksaan persediaan (stokopname). Proses pemeriksaan persediaan sangat flexible, misalnya setelah menyelesaikan pemeriksaan persediaan akhir bulan dan sebelum memasukkan hasil ke ND6. Aplikasi ini juga dapat digunaan untuk bertransaksi pada konsumen tanpa harus menunggu hasil pemeriksaan persediaan untuk dikonsolidasikan ke dalam sistem tersebut
RANCANG BANGUN SISTEM APLIKASI PENGARSIPAN PERSURATAN UNIT KEGIATAN MAHASISWA SANGGAR SENI UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO Rijal Reskianto; Nirsal Nirsal; Syafriadi Syafriadi
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Vol 11 No 2 (2021): Edisi Juli 2021
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo Fakultas Teknik Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.544 KB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah merancang dan membangun aplikasi pengarsipan persuratan unit kegiatan mahasiswa sanggar seni Universitas Cokroaminoto Palopo. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah metode opservasi dan wawancara, dimana metode wawancara dilakukan mengumpulkan data secara tatap muka dengan ketua Sanggar Seni Universitas Cokroaminoto Palopo, sedangkan metode observasi di lakukan untuk meninjau langsung atau mengamati secara langsung permasalahan yang terjadi di Unit Kegiatan Mahasiswa Sanggar Seni Universitas Cokroaminoto Palopo untuk memperoleh informasi yang efektif dan akurat. Adapun software yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini yaitu Visual basic.Net 2012 dan untuk databasenya menggunakan MySQL serta pembuatan laporannya menggunakan Crystal Reports. Teknik pengujian yang di gunakan pada sistem ini yaitu pengujian black box. Hasil yang di harapkan dari penelitian ini adalah Aplikasi yang telah di rancang dan di bangun dapat bermanfaat baik bagi pihak Unit Kegiatan Mahasiswa Sanggar Seni Universitas Cokroaminoto Palopo, mahasiswa dan masyarakat luas.
RANCANG BANGUN IKAT PINGGANG CERDAS SEBAGAI ALAT BANTU TUNANETRA BERBASIS MICROKONTROLER ARDUINO Nurlinda; Rusmala Rusmala
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Vol 11 No 2 (2021): Edisi Juli 2021
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo Fakultas Teknik Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.096 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang ikat pinggang cerdas sebagai alat bantu tunanetra berbasis mikrokontroler arduino. Penelitian ini dilaksanakan di Ruang Laboratorium Universitas Cokroaminoto Palopo yang ada di kampus 1 Universitas Cokroaminoto Palopo yang beralamat di Jalan Latammacelling Nomor 19 Kota Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode pengembangan berupa prototype. Tahapan-tahapan penelitian Research and Development (R&D) dimulai dengan mencari potensi dan masalah, mengumpulkan data, desain produk, validasi desain dan uji coba pemakaian. Hasil penelitian ini diperoleh sebuah prototype ikat pinggang cerdas yang dapat mempermudah penyandang tunanetra dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Seseorang harus memasang ikat pinggang cerdas terlebih dahulu untuk menggunakannya, lalu aktifkan push button. Kemudian seseorang dapat berjalan sesuai keinginan, ketika ada objek yang terdeteksi oleh sensor ultrasonic dalam jarak kurang atau sama dengan 50 cm maka speaker akan mengeluarkan suara berupa informasi “Ada Objek didepan”, jika sensor mendeteksi objek yang berada didepan. Begitu pun dengan sensor atas dan bawah. Rancang bangun ikat pinggang cerdas sebagai alat bantu tunanetra berbasis mikrokontroler arduino berhasil mendeteksi objek dalam jarak yang telah ditentukan dan berhasil memberikan informasi kepada pengguna.
RANCANG BANGUN APLIKASI PERPUSTAKAAN KOTA MASAMBA Darna Basmin
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Vol 11 No 2 (2021): Edisi Juli 2021
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo Fakultas Teknik Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.751 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan pada perpustakaan Kota Masamba dimana perpustakaan Kota Masamba masih menggunakan sistem manual yaitu menggunakan buku folio untuk menulis daftar nama pengunjung, peminjaman, dan pengembalian buku. Aplikasi perpustakaan ini merupakan program komputer yang dirancang khusus untuk mengelola data–data pengunjung perpustakaan, data anggota, data buku, peminjaman buku, pengembalian buku, dan laporan agar dapat disajikan dengan lebih cepat. Selain itu, demi tercapainya tujuan operasi itu sendiri yaitu mempermudah staff perpustakaan dalam melakukan pelayanan terhadap pengunjung perpustakaan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R & D) yang mengacu pada metode pengembangan sistem waterfall. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi pustaka. Tahapan penelitian yaitu analisis, desain, pengkodean, pengujian dan implementasi. Aplikasi perpustakaan dimodelkan menggunakan UML (Unified Modeling Language) yang terdiri dari diagram use case, diagram sequence, diagram activity, dan diagram class. Keempat diagram ini digunakan untuk memberikan gambaran alur pembuatan dan penggunaan aplikasi perpustakaan yang akan dijadikan acuan bagi programmer dalam membuat aplikasi perpustaakaan. Pembuatan aplikasi perpustakaan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic dan database system menggunakan Miscrosoft Access serta pembuatan laporan menngunakan Crystal Reports. Pengujian sistem menggunakan metode white box. Hasil penelitian ini berupa program aplikasi perpustakaan yang dapat digunakan staff perpustakaan dalam pengelolaan data–data perpustakaan.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) FAKULTAS SAINS UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO Ruhamah Ruhamah; Sriwahyudi Sriwahyudi; Rusmala Rusmala
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Vol 11 No 2 (2021): Edisi Juli 2021
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo Fakultas Teknik Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.76 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem informasi pendaftaran praktek kerja lapangan (PKL) fakultas sains universitas cokroaminoto palopo sebagai langkah untuk memberikan informasi yang tepat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, data base MySQL dan Xampp serta menggunakan rancangan Unifield Modelling Language (UML) yang meliputi : use case, class diagram, activity diagram dan sequence diagram untuk metode pengujian system. Sebagian besar reverensi diperoleh dari berbagai macam sumber terpercaya sebagai bahan referensi penyusunan skripsi ini. Diharapkan dengan adanya sistem informasi pendaftaran PKL Fakultas Sains Universitas Cokroaminoto Palopo dapat membantu dan memudahkan pihak kampus dalam mengelola informasi pendaftaran PKL Fakultas Sains Universitas Cokroaminoto Palopo.
RANCANG BANGUN SISTEM PENGOLAHAN DATA GEREJA TORAJA JEMAAT SITURU RANTE DAMAI BERBASIS CLIENT SERVER Wardi Parubang; Rosmiati Rosmiati
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Vol 11 No 2 (2021): Edisi Juli 2021
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo Fakultas Teknik Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.818 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi pengelolaan data Jemaat serta memudahkan Staf dalam mengelolah data – data Jemaat pada Gereja Toraja Jemaat Situru Rante Damai. Pembuatan aplikasi ini dibuat menggunakan Infied Modeling Languange, bahasa pemrograman PHP (Pretext Hyper-Processor) merupakan salah satu bahasa pemrograman berbentuk skrip yang sangat populer dalam pembuatan aplikasi web, database MySQL ( My Structure Qery Language ) dan sistem pengujian menggunakan metode black box. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode observasi, dan dokumentas. Hasil penelitian ini berupa aplikasi yang dibentuk dengan cara membuat pengelolaan data Jemaat yang berguna mengelolah data pada Gereja Toraja Jemaat Situru Rante Damai. Hasil pengujian dengan menggunakan metode blackox dikatakan berhasil karena semua data yang dimasukkan boleh terinput dengan benar. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah staf Gereja Situru Rante Damai dalam mengelola data Jemaat.
DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN PARE MENGGUNAKAN KONSEP FINITE STATE AUTOMATA Budyanita Asrun
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Vol 11 No 2 (2021): Edisi Juli 2021
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo Fakultas Teknik Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.846 KB)

Abstract

Diagnosa penyakit adalah sebuah program yang mencoba untuk mendiagnosa suatu penyakit dari pertanyaan berupa gejala yang diderita. Finite State Automata digunakan untuk mengakomodir kemungkinan yang terjadi serta memetakan bagaimana proses diagnosa penyakit berjalan. Hasil dari penelitian ini yaitu menerapkan konsep Finite State Automata dalam proses menndiagnosa tanaman pare.
PROTOTYPE KIPAS ANGIN OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR SUHU DHT22, ULTRASONIK HC-SR04, DAN BLUETOOTH HC-05 BERBASIS MIKROKONTROLER Rosmiati Rosmiati; Nirsal Nirsal; Aldi Renaldi
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Vol 11 No 2 (2021): Edisi Juli 2021
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo Fakultas Teknik Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.879 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat prototype kipas angin otomatis menggunakan sensor suhu DHT22, ultrasonik HC-SR04 dan bluetooth HC-05 berbasis mikrokontroler. Kipas dapat berputar dan berhenti secara otomatis berdasarkan parameter suhu dan jarak objek. Kipas juga dapat dikontrol manual dengan smartphone Android melalui koneksi bluetooth. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Komputer Kampus 1 Universitas Cokroaminoto Palopo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) yang mengembangkan sistem kipas angin otomatis menggunakan metode pengembangan prototype. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam sistem ini, pengguna dapat menggunakan mode otomatis maupun manual. Saat pertama kali dinyalakan, sistem akan berada pada mode otomatis. Pada mode ini sistem bekerja berdasarkan data sensor suhu DHT22 dan sensor jarak ultrasonik HC-SR04. Nantinya nilai pembacaan dari kedua sensor tersebutlah yang dijadikan parameter untuk menghidupkan atau mematikan kipas. Pengguna juga dapat beralih ke mode manual. Caranya dengan menghubungkan sistem ke smartphone Android melalui koneksi bluetooth lalu menekan tombol power pada aplikasi Android yang telah dibuat sebelumnya. Dalam kondisi ini, data dari aplikasi Android akan di kirim ke Arduino untuk diteruskan ke relay sebagai perintah untuk menghidupkan maupun mematikan kipas. Mode manual ditandai dengan kipas yang langsung berputar dan muncul notifikasi “MODE MANUAL DIAKTIFKAN” pada LCD.

Page 1 of 1 | Total Record : 8