cover
Contact Name
Makhyatul Fikriya
Contact Email
mahyafi@yahoo.co.id
Phone
+6285736448018
Journal Mail Official
jurnalhq@gmail.com
Editorial Address
Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Jogoroto Jombang Jl. Raya Jogoroto, Sumberbendo, Jogoroto, Kec. Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61485
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Hamalatul Qur'an : Jurnal Ilmu Ilmu Al-Qur'an
ISSN : 27228991     EISSN : 27228983     DOI : -
Core Subject : Religion, Social,
Hamalatul Quran : Jurnal Ilmu Ilmu Al-Quran is Journal the publishes scientific articles on research in fields related to the Quran sciences
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2020): June 2020" : 5 Documents clear
Tinjauan Tingkat Kedisiplinan Santri Berdasarkan Kegiatan Shalat Tahajud Berjamaah Arifah Fitria Hidayati; Intaning Qurota A’yun; Makhyatul Fikriya
Hamalatul Qur'an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur'an Vol. 1 No. 1 (2020): June 2020
Publisher : Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Jogoroto Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2327.228 KB) | DOI: 10.37985/hq.v1i1.5

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui gambaran tingkat kedisiplinan santri Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Putri 3 berdasarkan kegiatan shalat tahajud berjamaah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskrptif kuantitatif. Jenis metode penarikan sampel yaitu systematic random sampling. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Hammalatul Qur’an Putri III, dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri Pondok Pesantren Hammalatul Qur’an Putri III dengan jumlah 120 santri, sedangkan sampel penelitian sebanyak 15 santri berdasarkan metode penarikan yang diterapkan dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data primer yaitu data kuantitatif melalui behavior checklist yang digunakan untuk mengetahui konsistensi kedisiplinan dalam pelaksanaan shalat tahajud subjek selama 7 hari, sedangkan pengumpulan data sekunder yakni data kualitatif melalui wawancara terstruktur untuk mengetahui gambaran kedisiplinan santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan santri dapat ditinjau berdasarkan kegiatan shalat tahajud berjamaah. Presentase tingkat kedisiplinan santri dalam mengikuti kegiatan shalat tahajud berjamaah selaras dengan pemahaman koseptual mengenai disiplin dan memengaruhi kedisiplinan pada program kegiatan rutin pondok lainnya
Penerapan Metode Yanbu'a Pemula untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah pada Anak Astri Gustina
Hamalatul Qur'an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur'an Vol. 1 No. 1 (2020): June 2020
Publisher : Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Jogoroto Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3057.826 KB) | DOI: 10.37985/hq.v1i1.6

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan strategi metode yanbu'a pemula dalam pengenalan huruf hijaiyyah pada anak Kelompok Bermain Permata Wonokasihan. Guru memanfaatkan semua sumber daya yang ada dilembaga tersebut untuk mencapai semua visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan. Langkah-langkah pembelajaran metode yanbu'a yakni membuka pelajaran dengan memberikan salam, pembacaan chadlarah, berdo'a pembuka. Strategi pembelajaran pengenalan huruf hijaiyyah dengan sistem individual dan klasikal disesuaikan dengan masing-masing jilid yang telah ditentukan pada kurikulum. Strategi yang digunakan antara lain dengan sorogan, klasikal dan individual, klasikal baca simak, hafalan, talqin, proses evaluasi berupa tes harian dan tes kenaikan jilid ditetapkan guru. Kendala implementasi metode yanbu'a pemula dalam pengenalan huruf hijaiyyah KB Permata Wonokasihan adalah kurang adanya koordinasi rutin bagi guru untuk menyeragamkan bacaan antar guru satu dengan guru yang lain, belum ada guru yang menerapkan metode tadarus karena metode tersebut membutuhkan waktu yang lama, perbedaan kecepatan kenaikan jilid setiap anak dalam satu kelas yang berbeda-beda
Penerapan Metode Latihan dalam Pengembangan Kemampuan Menghafal Surat-Surat Pendek Al-Qur’an Siti Musyarofah
Hamalatul Qur'an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur'an Vol. 1 No. 1 (2020): June 2020
Publisher : Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Jogoroto Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2532.164 KB) | DOI: 10.37985/hq.v1i1.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi penerapan metode Latihan dalam mengembangkan kemampuan menghafal surat-surat pendek Al-Qur’an siswa; dan mngetahui kendala-kendala dalam menerapkan metode Latihan dalam mengembangkan kemampuan menghafal surat-surat pendek Al-Qur’an siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dengan metode deskriptif, yaitu pencarian fakta dengan interprestasi yang tepat. Untuk mendapatkan data yang di peroleh penulis menggunakan teknik Observasi, Interview (Wawancara) Mendalam dan dokumentasi, analisis data di lakukan melalui proses Reduksi Data (Data Reduction), Data Display (Display Data), Verifikasi Data (Data Verivication). Hasil Penelitian didapatkan proses pembelajarannya dilakukan setiap hari hingga menjadi suatu kebiasaan dan dengan langkah-langkah belajar aktif. Strategi pembelajrannya diantaranya menambah jam pembelajaran, melakukan evaluasi setelah kegiatan, meningkatkan mutu pendidik serta melakukan komunikasi rutin dengan wali siswa. Kendala yang dialami sekolah maupun pendidik, yaitu kurangnya jam pembelajaran, kurangnya tenaga pendidik di setiap kelasnya, kurangnya kerjasama dengan wali siswa dan peserta didik
Implementasi Metode Drill dalam Pelaksanaan Pembelajaran Hafalan Juz ‘Amma di Madrasah Diniyah Miftahul Ihsan Berankepil Wonosobo Vava Imam Agus Faisal
Hamalatul Qur'an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur'an Vol. 1 No. 1 (2020): June 2020
Publisher : Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Jogoroto Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3186.521 KB) | DOI: 10.37985/hq.v1i1.8

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci terakhir yang paling sempuran yang diturunkan Alloh sebagai pedoman hidup seluruh umat manusia. Pengetahuan tentang Al-Qur’an dapat dipelajari oleh manusia melalui proses, membaca, menghafal dan memahami maknanya. Pembelajaran menghafal Al-Qur’an merupakan aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan sejak usia dini. Anak usia dini ini mempunyai daya ingat yang kuat, walaupun belum bisa membaca maupun mengetahui huruf hijaiyah dalam al-Qur’an. Pembahasan dalam tulisan ini berkaitan dengan pembelajaran menghafal juz amma menggunakan metode drill di Madrasah diniyah Mifathul Ihsan Beran Kepil Wonosobo. Juz Amma adalah bagian dari Al-Qur’an yang terdapat dalam juz 30. Pembelajaran dengan metode drill ini memberikan kontribusi positif dalam membentuk pola pembiasaan secara kontinyu dan meningkatnya kemampuan daya ingat para santri. Penerapan metode driil dalam pembelajaran hafalan juz ‘amma diawali dengan pertama, tahap persiapan dengan mempersiapkan target dan capaian hafalan bagi santrinya. Kedua, tahapan pelaksanaan dan bimbingan pembelajaran hafalan Juz ‘Amm oleh ustadz dikelas secara konvensional. Ketiga, tahap evaluasi dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari masing-masing santri dan sebagai langkah diagnosis dalam meningkatkan pembelajaran di waktu selanjutnya. Adapun dampak dari implementasi metode dril untuk mambangun kebiasaan dan sikap positif santri dan sebagai dasar untuk melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi
Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Anak Usia Dini (Kajian Qur’an Surat Luqman Ayat 17) Siti Zubaedah; Hidayatu Munawaroh
Hamalatul Qur'an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur'an Vol. 1 No. 1 (2020): June 2020
Publisher : Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Jogoroto Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2120.889 KB) | DOI: 10.37985/hq.v1i1.9

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui penanaman pendidikan karakter terhadap anak usia dini yang terkandung dalam surat Luqman ayat 17. Mengetahui penanaman nilai-nilai pendidikan karakter Anak Usia Dini yang terkandung dalam Q.S. Luqman:17, dan Mengetahui penerapan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter Anak Usia Dini dalam Q.S Luqman:17. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (Library research) dalam penelitian ini hakikatnya sumber data yang diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder, teknik data dalam penelitian ini menggunakan metode studi dokumenter dan penelusuran data online, analisis yaitu metode ini digunakan untuk memperoleh keterangan isi komunikasi, yang disampaikan dalam bentuk lambang yang terdokumentasikan atau dapat didokumentasikan, analisis isi berfungsi untuk menggali nilai-nilai yang terpendam, atau kata lain untuk mengungkapkan makna yang tersirat dan tersurat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai pendidikan karakter anak usia dini (kajian Q.S Luqman ayat 17) dilakukan melalui metode nasihat, dimana anak diberi arahan untuk melakukan shalat, amar ma’ruf nahi mungkar dan sabar dalam menghadapi cobaan. Metode ini baik digunakan oleh orang tua terhadap anak karena madrasah pertama seorang anak adalah orang tua dan lingkungan keluarga. efektif digunakan dalam dunia pendidikan dalam lingkup keluarga, sekolah, dan masyarakat

Page 1 of 1 | Total Record : 5