cover
Contact Name
Noor Hasanah
Contact Email
enhasanah@uin-antasari.ac.id
Phone
+6281255123605
Journal Mail Official
enhasanah@uin-antasari.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/about/editorialTeam
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
ISSN : 2579714X     EISSN : 28295919     DOI : -
Jurnal Tarbiyah Islamiyah adalah jurnal yang memuat artikel Pendidikan Agama Islam baiak berupa hasil penelitian atau hasil kajian tentang Pendidikan Agama Islam dan kajian Agama Islam umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2014): Desember" : 6 Documents clear
STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN LOKSADO KECAMATAN LOKSADO KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN Hairul Hudaya
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 2 (2014): Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.586 KB) | DOI: 10.18592/jtipai.v4i2.1845

Abstract

Dalam proses pembelajaran strategi merupakan faktor yang menentukan terhadap keberhasilan pembelajaran. Dengan adanya strategi diharapkan pembelajaran dapat mencapai hasil yang optimal sesuai dengan yang dicita-citakan. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa dalam strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Loksado Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan dapat dikatakan belum terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari tidak adanya strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran, serta masih ada faktor yang yang kurang mendukung seperti fasilitas yang tidak lengkap, lingkungan sekolah yang kurang mendukung, serta minat siswa yang msih kurang. Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran, dan PAI
PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI PAUD ALAM “SAYANG IBU” BANJARMASIN Yahya MOF
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 2 (2014): Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.054 KB) | DOI: 10.18592/jtipai.v4i2.1846

Abstract

Pembangunan generasi pembelajaran yang berkarakter, berakhlak mulia, cerdas, kreatif, inovatif, produktif, mandiri, bertanggung jawab, santun dan rendah hati membutuhkan suatu program pembelajaran yang komprehensif, integral dan berkelanjutan. Pelaksanaan pendidikan karakter di PAUD Alam “Sayang Ibu” Banjarmasin yaitu dengan cara  mengintegrasikan nilai-nilai pembentuk karakter yang menjadi prioritas kedalam metode pembelajaran, antara lain metode bermain, bercerita, karya wisata dan bercakap-cakap. Mengem-bangkan kreatifitas anak dengan cara kemandirian dan mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup, menyesuaikan diri dengan lingkunganya dan menjadikan karakter yang baik melalui sentra,  antara lain sentra bahan alam, sentra bermain peran, sentra balok dan sentra persiapan. Selain melalui kegiatan terprogram, nilai-nilai pendidikan karakter di Paud Alam “Sayang Ibu” Banjarmasin juga dilakukan melalui kegiatan pembiasaan. Kata Kunci: Pendidikan, Karakter, Anak Usia Dini
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI DI SD ALAM MUHAMMADIYAH (MUHAMMADIYAH GREEN SCHOOL) KOTA BANJARBARU Rusdiah Rusdiah
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 2 (2014): Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.128 KB) | DOI: 10.18592/jtipai.v4i2.1847

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran PAI di SD Alam Muhammadiyah (Muhammadiyah Green School) Kota Banjarbaru adalah:Kegiatan awal pembelajaran, membuka pelajaran, menimbulkan motivasi dan minat peserta didik, menghubungkan pelajaran yang terdahulu dengan pelajaran yang akan dipelajari. Kegiatan inti pembelajaran seperti penggunaan metode, strategi, media dan sumber belajar. Kegiatan akhir pembelajaran seperti rangkuman, evaluasi, perbaikan dan pengayaan serta laporan hasil belajar juga dilaksanakan. Faktor-faktor yang mempengaruhi adalah faktor lingkungan, instrumental, fisiologis dan psikologis. Dalam faktor lingkungan, menjalin hubungan yang baik dengan wali peserta didik dalam pengembangan pendidikan di rumah. Sekolah berada di lingkungan alam asri dan tenang yang dapat menunjang pembelajaran, juga lingkungan sosial sekitar sekolah yang merupakan masyarakat religius. Faktor instrumental program pengajaran tidak dibuat dan latar belakang pendidik kurang relevan dengan profesi mengajar. Faktor fisiologis, peserta didik berada pada komunitas yang sama, sehingga tidak ada kesulitan dalam menerima pelajaran. Faktor psikologis, banyak ragamnya. Pendidik tidak mengorbankan prinsip individualitas demi kepentingan umum pada pelaksanaan pembelajaran. Kata Kunci: Pelaksanaan, Pembelajaran, dan PAI
PENANAMAN AKHLAKUL KARIMAH OLEH GURU KEPADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI MURUNG RAYA 1 BANJARMASIN Jamal Syarif
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 2 (2014): Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.993 KB) | DOI: 10.18592/jtipai.v4i2.1848

Abstract

Upaya guru dalam penanaman akhlakul karimah kepada siswa melalui beberapa metode yaitu, keteladanan, nasehat, motivasi, hukuman, pembiasaan, pemberian hadiah, dan pengawasan. Guru melakukan pengawasan terhadap perilaku siswa baik ketika di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Dalam rangka penanaman akhlak pada siswa guru juga harus menjadi contoh teladan bagi siswa yaitu harus memiliki akhlakul karimah, sehingga siswa siswa selalu mencontoh apa yang dia lihat. Guru juga memberikan nasehat, motivasi, hukuman, pembiasaan, memberi hadiah pada siswa sebagai upaya penanaman akhlakul karimah kepada siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhinya meliputi: latar belakang guru yang di dominasi oleh lulusan S1, dan pengalaman mengajar guru terbilang sudah berpengala-man dalam mengajar, memiliki kepribadian yang baik, motivasi dari kepala sekolah sangat berperan dan dapat menjadi teladan bagi guru-guru yang lain, lingkungan keluarga dalam menanamkan akhlakul karimah sangat penting karena merupakan lembaga pendidikan pertama, dan lingkungan sosial masyarakat memberikan pengaruh besar pada anak didik. Kata Kunci: Penanaman, Akhlak, Karimah
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KELAYAN BANJARMASIN Aswan Aswan
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 2 (2014): Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.707 KB) | DOI: 10.18592/jtipai.v4i2.1843

Abstract

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang bisa digunakan untuk menyalurkan pesan atau informasi sehingga dapat merangsang pikiran, perhatian, dan minat siswa untuk belajar dan mudah dalam memahami pelajaran. Hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kelayan Banjarmasin cukup baik namun belum optimal karena terbatas pada media-media yang sudah ada saja seperti buku pelajaran dan papan tulis, media-media elektonik belum tersedia sepenuhnya. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan media pembelajaran fiqih tersebut adalah latar belakang pendidikan guru, pengalaman mengajar, pendidikan dan pelatihan/training profesi keguruan, dan fasilitas. Kata Kunci: Media, Pembelajaran, dan Fiqh
IMPLEMENTASI KURIKULUM TERPADU DI SEKOLAH DASAR ISLAMI TERPADU QARDHAN HASANA BANJARBARU Samdani Samdani
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 2 (2014): Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.774 KB) | DOI: 10.18592/jtipai.v4i2.1844

Abstract

Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa mata pelajaran agama yang dialokasikan oleh Kementerian Pendidikan Nasional dirasa kurang mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional yang sangat komprehensif. Oleh karena itu, perlu adanya keseimbangan dan keterpaduan antara mata pelajaran umum dan agama untuk mencapai tujuan pendidikan nasional secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum terpadu di Sekolah dasar Islami Terpadu Qardhan Hasana belum optimal, namun telah ditemukan unsur-unsur penerapan kurikulum terpadu dalam penerapannya di Sekolah Dasar Islami Terpadu Qardhan Hasana Banjarbaru. Hasil yang dicapai dalam penerapan kurikulum tersebut terlihat dari prestasi peserta didik meliputi prestasi akademik dan non akademik. Kata Kunci: Impelementasi, Kurikulum dan Terpadu

Page 1 of 1 | Total Record : 6