cover
Contact Name
Wahyu Dwi Kurniawan
Contact Email
wahyukurniawan@unesa.ac.id
Phone
+6285732007088
Journal Mail Official
jvte@unesa.ac.id
Editorial Address
Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya Gedung E1 Fakultas Teknik Kampus Unesa Ketintang Surabaya Kode Pos 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE)
ISSN : 22262555     EISSN : 26565587     DOI : -
JVTE focuses on topics related to learning, evaluation, curriculum, management and policy on technology and vocational education including electrical engineering education, mechanical engineering education, civil engineering education, automotive engineering education, informatics engineering education, cosmetology education, fashion education, culinary education, cosmetology education, and the development of other vocational education.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2023): September" : 20 Documents clear
PENGARUH PENERAPAN WEBSITE E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN PKKR DI SMK NEGERI 2 SURABAYA Ika Nurjannah; Sisca Aprilliana; Handini Novita Sari; Heru Arizal; I Made Arsana
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 5 No. 2 (2023): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jvte.v5n2.p56-65

Abstract

Pandemi covid-19 yang berlangsung secara global memiliki banyak dampak di Indonesia, pada sector pendidikan dampak covid-19 mengakibatkan adanya larangan pembelajaran secaralangsung atau tatap muka dan beralih menjadi pembelajaran secara daring. Website e-learning merupakan solusi di dunia pendidikan sebagai layanan yang menawarkan fleksibilitas dan mobilitas yang tinggi dalam pelaksanaan pembelajaran dimasa pandemic covid-19. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa respon dan hasil belajar siswa terhadap penerapan website e-learning dalam pembelajaran mata pelajaran PKKR kelas XI TKRO di SMK Negeri 2. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan pendekatan eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain Pre-test dan post-test control design. Dalam desain ini terdapat dua kelas yang mana kelas pertama diberi perlakuan (treatment) sedangkan kelas yang lain tidak diberi perlakuan. Sampel berjumlah 64 siswa dari kelas XI TKRO 1 berjumlah 33 siswa dan XI TKRO 2 dengan jumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket respon siswa, pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Respon siswa kelas XI TKRO SMK Negeri 2 Surabaya terhadap pembelajaran online melalui website e-learning adalah “Baik” dengan rata-rata sebesar 66,33%. Serta Penerapan website e-learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai ketuntasan klasikal sebesar 61% (Baik). Kata Kunci: Website E-learning, Penelitian kuantitatif, Eksperimen, Respon siswa, Hasil Belajar
Pengembangan Handout Inventor Drawing untuk Mendukung Mata Pelajaran Gambar Teknik Manufaktur di SMKN 1 Kediri Edwin Fitkirana Edwin; Wahyu Kurniawan
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 5 No. 2 (2023): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jvte.v5n2.p66-73

Abstract

Kondisi perkembangan zaman menuntut siswa SMK mempunyai bekal ilmu pengetahuan dan teknologi salah satunya dalam penggunaan software computer aided design (CAD). Dalam proses pembelajaran didapati permasalahan yaitu kurangnya pemahaman siswa dalam menggunakan software autodesk inventor khususnya pada fitur drawing yang disebabkan ketertinggalan siswa dalam memperhatikan materi yang disampaikan. Hal ini dibuktikan dengan persentase kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran (KKTP) yang harus dicapai sebesar 65%, namum hanya diperoleh persentase sebesar 57,14% atau 20 dari 35 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan handout sebagai buku pegangan untuk mendukung pembelajaran dan mengetahui respon siswa terhadap penggunaan handout. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMKN 1 Kediri sebanyak 35 siswa. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menyebar angket validasi ahli dan angket respon siswa yang dilakukan saat uji coba menggunakan metode pre-eksperimental design model one-group pretest-posttest. Hasil penelitian diperoleh persentase kelayakan oleh ahli materi sebesar 89,3%, ahli desain 85%, dan ahli bahasa 90% dengan rata-rata persentase kelayakan sebesar 88,1% sehingga termasuk dalam kategori sangat layak. Tingkat kelulusan hasil belajar siswa pada saat pre-test diperoleh sebesar 8,57% atau 3 dari 35 siswa yang memenuhi KKM dan kelulusan pada saat post-test sebesar 57,14% atau 20 dari 35 siswa yang memenuhi KKM. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kelulusan. Hasil dari respon siswa diperoleh persentase sebesar 84,52% sehingga termasuk dalam kategori sangat baik.
Analisis Transisi Pembelajaran Pasca Pandemi Dari Daring ke Luring Di SMKN 3 Surabaya Geovany Bangun Laksana Geo; ika Nurjannah
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 5 No. 2 (2023): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jvte.v5n2.p74-84

Abstract

Penyebaran covid-19 sudah mulai menyusut sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan memberlakukan pembelajaran secara offline. Sekolah. SMKN 3 Surabaya merupakan sekolah yang terdampak covid-19. Pada pembelajaran yang telah dilaksanakan secara offline guru banyak mengeluh terkait siswa dalam pembelajaran dikelas karena perlu akan penyesuaian dari efek pembelajaran daring ke luring. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis transisi pembelajaran pasca pandemi dari daring ke luring di SMK Negeri 3 Surabaya. Metode pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi nilai UAS Ketika daring dan luring, dokumentasi dan penyebaran kuesioner online melalui google form kepada guru otomotif dan siswa kelas XI dan XII TKRO di SMKN 3 Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu analisis deskriptif dan uji prasyarat. Uji prasyarat yang digunakan yaitu: uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (t). hasil penelitian ini yaitu sebanyak 56% siswa tertarik pada pembelajaran luring diperkuat juga oleh respon guru sebanyak 53% guru menyukai pembelajaran luring. pada data nilai UAS dengan uji normalitas mendapatkan 0,059>0,005 maka data terdistribusi dengan normal, lalu dilanjutkan dengan uji homogenitas mendapatkan nilai 0,293>0,005 maka data tersebut homogen dan dilanjutkan dengan uji hipotesis mendapatkan nilai 0,00<0,05 dengan kesimpulan terdapat perbedaan hasil belajar pada pembelajaran daring dan luring dengan nilai mean 76,9 (daring) dan 83,4 (luring) Kata Kunci: covid-19, pembelajaran daring dan luring, nilai UAS The spread of covid-19 has begun to shrink so the government issued a policy to impose offline learning in schools. SMKN 3 Surabaya is a school affected by covid-19. In learning that has been carried out offline, teachers complain a lot about students in class learning because they need to adjust from the effects of online to offline learning. So the purpose of this study is to analyze the post-pandemic learning transition from online to offline at SMK Negeri 3 Surabaya. this research uses quantitative descriptive methods. The data collection methods used: were the observation of UAS scores when online and offline, documentation, and distributing online questionnaires via Google form to teacher otomotif dan student classes XI and XII TKRO at SMKN 3 Surabaya. The data analysis techniques used by researchers are descriptive analysis and prerequisite tests. The prerequisite tests used were: normality test, homogeneity test, and hypothesis test (t). the results of this study are as many as 56% of students are interested in offline learning strengthened also by the teacher's response as much as 53% of teachers like offline learning. on the UAS score data with the normality test getting 0.059>0.005 then the data is normal, then continued with the homogeneity test getting a value of 0.293>0.005 the data is homogeneous, and continued with the hypothesis test getting a value of 0.00<0.05 with the conclusion that there are normality, homogeneity, and hypothesis tests differences in learning outcomes in online and offline learning with a mean value of 76.9 (online) and 83.4 (offline). Keywords: covid-19, learning daring and luring, UAS score
PENGARUH MEDIA POWERPOINT VIDEO KELISTRIKAN OTOMOTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMKN 5 SURABAYA Rizaldy Muhammad; Wahyu Dwi Kurniawan
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 5 No. 2 (2023): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jvte.v5n2.p85-92

Abstract

Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh media powerpoint video kelistrikan otomotif terhadap hasil belajar siswa diSMKN 5 Surabaya. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan rancangan alur mulai dari mempersiapkan objek media powerpoint video, pre-test dan post-test, lalu melakukan validasi, kemudian pengumpulan dan analisis pengolahan data hingga diambil sebuah kesimpulan. Rancangan penelitian ini adalah Quasi Experimental Design serta menggunakan model Nonequivalent Control Group Design yang terdapat dua kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen. Siswa kelas XI TMPO sebanyak 52 yang menjadi subjek dari penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan butir soal pilihan ganda dengan uraian berupa pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan yakni paired sample T test dan independent sample T test, dengan memanfaatkan software SPSS Statistics. Hasil penelitian yang diperoleh pada uji paired sample T test menunjukkan hasil signifikansi 2 tailed 0,000 lalu uji independent sample T test menunjukkan hasil signifikansi 2 tailed 0,007 yang dimana < 0,05 sehingga ho ditolak dan ha diterima maka dapat diambil kesimpulan terdapat pengaruh penggunaan media powerpoint video kelistrikan otomotif terhadap hasil belajar siswa kelas XI TMPO. Keberlanjutan peneliti selanjutnya diharapkan dapat memiliki inovasi mengenai ukuran powerpoint video yang berukuran cukup besar sehingga memiliki dampak negatif yaitu memakan kuota peserta didik untuk mengakses maupun menyimpannya.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER KELISTRIKAN BODY MOBIL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMKN 2 SURABAYA RISMA SUFI LESTARI -; Wahyu Kurniawan
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 5 No. 2 (2023): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jvte.v5n2.p93-101

Abstract

Pentingnya penggunaan media pembelajaran trainer dan juga lamanya jam pelajaran di setiap pertemuan dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik menjadi semakin rendah dan rata-rata keseluruhan hasil belajar peserta didik yang tidak optimal. Maka berasal data yang telah didapatkan, peneliti berfokus pada pengoptimalan penggunaan Trainer Kelistrikan Body Mobil terhadap hasil belajar peserta didik di SMKN 2 Surabaya. Peneliti akan menganalisa pengaruh pengunaan Media Pembelajaran Trainer Kelistrikan Body mobil khususnya pada SMKN 2 Surabaya. Metode eksperimen ini memakai Pre-Experimental Design (One-Group Pretest-Posttest Design). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran trainer kelistrikan body mobil sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukan dengan berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh nilai t hitung sebesar 25,34. Karena t hitung > t tabel (25,34 > 1,96), maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dilakukan dengan SPSS 25, nilai Sig. (dua-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kata Kunci: Pengaruh, Hasil Belajar, Trainer Kelistrikan.
Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Siswa Kelas X Pelajaran Dasar - Dasar Teknik Mesin Pada Materi Pengelasan SMAW Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 3 Surabaya Rizdana Galih Pambudi; yunus yunus
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 5 No. 2 (2023): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jvte.v5n2.p102-114

Abstract

Based on observations at the introduction of the school field, information was obtained in the subject of basic mechanical engineering SMAW welding material, students had difficulty understanding the material due to the lack of learning support facilities that could motivate students. In addition, learning methods are still conventional and abstract in nature affecting learning outcomes. This study aims to develop a learning video for SMAW welding material that is feasible to use so that it is expected to be able to increase the response and effectiveness of learning outcomes of class X students of Machining Engineering at SMK Negeri 3 Surabaya. This type of research is Research and Development (RnD) research with the 4D development model (Define, Design, Develop, Disseminate). This study was conducted to assess the effectiveness of learning outcomes using the one group pre-test post-test design method. Data collection techniques using validation sheets, pre-test post-test sheets and student response sheets. The results of this study obtained 95.83% feasibility for material experts while 86.97% for media experts and 94.16% media experts. including the category very feasible. The effectiveness of learning media was obtained at 0.7303, including in the high category. The response of students was obtained at 85.16%, including in the very strong category. So it is concluded that the learning video can be used as a support for learning SMAW welding material. Keywords: Learning Media, Learning Video, 4D Model, One Group Pre-Test Post-Test Design.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR DI SMK NEGERI 1 JABON Tagar Baharsyah; Ika Nurjannah
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 5 No. 2 (2023): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jvte.v5n2.p115-124

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan masih konvensional dan kurang bervariasi, mengakibatkan semangat belajar menurun karena tingkat kebosanan siswa terhadap materi yang banyak maupun cara penyampaiannya. Sehingga secara tidak langsung dapat menurunkan hasil belajar peserta didik, dapat dilihat dari nilai tugas mata pelajaran PMKR pada semester gasal 2022/2023 yang masih berada pada indikator belum memuaskan. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar untuk siswa kelas XI TKR SMK Negeri 1 Jabon serta respon siswa terhadap pembelajaran PBL tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan model quasi eksperimental yang memakai pendekatan nonequivalent control group design. Untuk teknik analisis data dalam penelitian ini mengadakan pretest-posttest yang kemudian hasilnya diolah dengan uji homogen, normalitas, dan hipotesis. Pada uji normalitas menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov maupun Saphiro-Wilk, didapatkan nilai signifikasi (sig) untuk semua data dari kelas kontrol maupun kelas eksperimen lebih dari 0,05 maka dapat dikatakan bahwa data yang diperoleh terdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh bahwa nilai sig dari test of homogeneity of variance sebesar 0,927>0,05 pada kedua kelas yang artinya data bersifat homogen dan dapat me-wakili variasi. Uji hipotesis menggunakan uji independent samples t test dan hasil yang diperoleh yaitu bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,034 kurang dari 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji hipotesis dan turunannya diperoleh bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,034 lebih kecil (>) dari 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, Maka model pembelajaran problem based learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR SMK negeri 1 Jabon. Dari hasil angket respon, model pembelajaran yang digunakan dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga dapat merangsang mereka untuk menyerap pengetahuan baik itu yang diberikan maupun yang mereka cari sendiri. Hal ini dibuktikan dari penilaian siswa terhadap model pembelajran problem based learning mendapatkan nilai persentase sebesar 76,32%, dimana nilai tersebut jika didasarkan pada kriteria respon penerimaan siswa pada model pembelajaran problem based learning masuk dalam kategori baik.
Pengembangan Job Sheet PLC dan HMI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik HUDA RAKHMAWAN; Endryansyah Endryansyah
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 5 No. 2 (2023): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jvte.v5n2.p210-216

Abstract

Media Pembelajaran merupakan salah satu media yang efektif dan efisien untuk menyampaikan materi pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Hasil pengamatan yang telah dilakukan pada SMK Negeri 5 Surabaya, dalam program keahlian Teknik Tenaga Listrik yaitu belum adanya job sheet yang sesuai dengan peralatan yang ada di bengkel/lab sehingga kegiatan praktikum menggunakan peralatan praktik dirasa belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan job sheet programmable logic controller (PLC) dan human machine interface (HMI) yang layak digunakan pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik berdasarkan (1) validitas job sheet PLC dan HMI, (2) kepraktisan ditinjau dari respon peserta didik terhadap job sheet PLC dan HMI, (3) keefektifan ditinjau dari hasil belajar peserta didik menggunakan job sheet PLC dan HMI. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah peserta didik SMK Negeri 5 Surabaya kelas XII TTL 2 yang berjumlah 31 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan job sheet PLC dan HMI pada aspek validitas dinyatakan sangat valid dengan hasil rating sebesar 92,22%, aspek kepraktisan dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 91,6%. Dari hasil uji coba menggunakan desain one shot case study dan uji t dengan signifikansi (α) 0,05, yakni pencapaian kompetensi sikap peserta didik memiliki rata-rata 94,58 dengan nilai signifikansi 0,000, kompetensi pengetahuan memiliki rata-rata 93,16 dengan nilai signifikansi 0,000 dan kompetensi keterampilan memiliki rata-rata 95,11 dengan nilai signifikasi 0,000, sehingga dapat disimpulkan job sheet PLC dan HMI pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK Negeri 5 Surabaya dinyatakan layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: HMI, Instalasi Motor Listrik, Job Sheet, PLC
PENGARUH MODEL PBL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKKR KELAS XI TKR DI SMKN 1 JABON Satria Pinandhita; Ika Nurjannah
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 5 No. 2 (2023): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jvte.v5n2.p125-133

Abstract

SMK merupakan salah satu bentuk pendidikan formal pada jenjang pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didiknya untuk bekerja dalam bidang tertentu. Tuntutan ini mengharuskan guru dan peserta didik beradaptasi dengan menciptakan suasana belajar yang memudahkan mencapai tuntutan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, hasil belajar serta respon peserta didik dari penerapan PBL pada materi sistem EFI mata pelajaran PKKR kelas XI TKR SMKN 1 Jabon. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimental design dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah XI TKR 1 sebagai kelas kontrol dan XI TKR 2 sebagai kelas eksperimen. Kemudian untuk menganalisa data digunakan uji normalitas, uji homogenitas dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model PBL berpengaruh secara signifikan, dibutikan melalui data yang diperoleh diuji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan diuji homogenitas menggunakan uji Levene dengan hasil nilai signifikansi semua data > 0,05 sehingga data dinyatakan normal dan homogen. Kemudian diuji hipotesis menggunakan independent sample t-test dengan hasil nilai signifikansi 0,001< 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Hasil belajar kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan model PBL mengalami peningkatan 32,18 lebih besar dari kelas kontrol yang tidak mendapat perlakuan mengalami peningkatan 28,935. (3) Respon peserta didik terhadap penerapan model PBL mendapat rata-rata presentase 85,627% sehingga dapat dikategorikan pada kategori sangat baik. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model PBL berpengaruh terhadap hasil belajar pada materi sistem EFI mata pelajaran PKKR dibuktikan dengan hasil independent sample t-test, hasil belajar pada kelas eksperimen serta respon peserta didik terhadap penerapan model PBL.
PENGEMBANGAN E-MODUL PANGAN OLAHAN BUAH NAGA BAGI SISWA SMAN 1 PESANGGARAN BANYUWANGI Nurul Hana; Lucia Tri Pangesthi; Sri Handajani; Niken Purwadiani
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 5 No. 2 (2023): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jvte.v5n2.p166-177

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil pengembangan e-modul Pangan Olahan Buah Naga bagi siswa SMAN 1 Pesanggaran Banyuwangi; 2) kelayakan e-modul Pangan Olahan Buah Naga bagi siswa program double track Tata Boga SMAN 1 Pesanggaran Banyuwangi; dan 3) respon siswa program double track Tata Boga SMAN 1 Pesanggaran Banyuwangi terhadap e-modul Pangan Olahan Buah Naga. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D berdasarkan model ADDIE. Namun, penelitian ini masih dalam tahap pengembangan (development). Objek penelitian adalah e-modul Pangan Olahan Buah Naga. Validasi kelayakan dilakukan oleh ahli materi dan media. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi, ahli media, dan angket respon siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh: 1) hasil pengembangan e-modul dibuat dengan bantuan Sigil Software; 2) kelayakan e-modul berdasarkan hasil validasi diperoleh rata-rata persentase dari ahli materi sebesar 95% dan ahli media sebesar 97%, termasuk kategori sangat layak; dan 3) respon siswa terhadap kelayakan e-modul diperoleh skor sebesar 86% dan termasuk kategori sangat layak sehingga e-modul dapat digunakan di dalam pelatihan. Kata Kunci: Pengembangan, e-modul, olahan buah naga. ABSTRACT This study aims to determine: 1) the development outcomes of an e-module dragon fruit processed food for students of SMAN 1 Pesanggaran Banyuwangi; 2) the suitability of the e-module on dragon fruit processed food for stundents in the double track culinary program at SMAN 1 Pesanggaran Banyuwangi; and 3) the response of students in the double track culinary program at SMAN 1 Pesanggaran Banyuwangi towards the e-module in dragon fruit processed food. The research design used in this study is R&D based on the ADDIE model. However, research only reached the development stage. The research object is Dragon Fruit Processed Food e-module. Validation of the module’s suitability is conducted by subject and media expert. The instrument used are validation sheets from subject and media expert, and student response questionnaries. Data analysis techniques involve quantitative descriptive analysis. The research findings include: 1) the result of e-module development are made with the help of Sigil Software; 2) the feasibility of the e-module based on the validation results obtained an average percentage of subject matter experts by 95% and media experts by 97% and include in the very feasible category; and 3) the students response to the feasibility of the e-module obtained a score of 86%, falling under the category of highly feasible, indicating that the e-module can be used in training programs. Keywords: Development, e-module, dragon fruit processed

Page 1 of 2 | Total Record : 20