cover
Contact Name
Halwan Alfisa Saifullah
Contact Email
halwan@ft.uns.ac.id
Phone
+6282133085744
Journal Mail Official
halwan@ft.uns.ac.id
Editorial Address
Matriks Teknik Sipil Gedung IV lt. 1 Jurusan Teknik Sipil Jl. Ir. Sutami 36A Surakarta Jawa Tengah - Indonesia 57126
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Matriks Teknik Sipil
ISSN : 23548630     EISSN : 27234223     DOI : -
Matrik Teknik Sipil adalah open access journal yang mempublikasikan penelitian di bidang struktur, hidrologi, transportasi, geoteknik dan management proyek. Matriks Teknik Sipil diterbitkan oleh Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret. Jurnal ini menyediakan open access yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 3 (2022): September" : 15 Documents clear
ANALISIS KINERJA SIMPANG EMPAT NGAPEMAN DAN SIMPANG EMPAT TIMURAN KOTA SURAKARTA MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK PTV VISTRO I Made Elian Dimas Komala; Budi Yulianto; Setiono Setiono
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 3 (2022): September
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i3.64442

Abstract

Simpang Ngapeman dan Timuran berada tepat di pusat Kota Surakarta dan berdekatan dengan berbagai pusat kegiatan masyarakat sehingga memiliki risiko kemacetan dan konflik lalu lintas. Analisis kinerja simpang bersinyal diperlukan untuk menentukan strategi penurunan konflik lalu lintas di kedua simpang tersebut. Analisis kedua simpang bersinyal dilakukan menggunakan perangkat lunak PTV Vistro metode HCM 2010 berdasarkan parameter derajat kejenuhan (DS) dan tundaan (D). Dilakukan validasi pemodelan dengan parameter panjang antrean (m) untuk menghasilkan data yang representatif dengan kondisi di lapangan. Analisis dilakukan dalam dua skenario, yaitu kondisi eksisting dan optimasi tunggal. Berdasarkan hasil analisis, optimasi tunggal (Minimize Critical Movement Delay-Split and Cycle Time) menghasilkan kinerja terbaik bagi kedua simpang. Simpang Ngapeman menghasilkan nilai DS = 0,6 dan D = 26,9 det/smp pada jam sibuk pagi serta nilai DS = 0,5 dan D 25,9 det/smp pada jam sibuk sore. Simpang Timuran menghasilkan nilai DS = 0,4 dan D = 21,7 det/smp pada jam sibuk pagi serta nilai DS = 0,5 dan D = 23,3 det/smp pada jam sibuk sore.
Analisis Manajemen Risiko Pelaksanaan Pembangunan Proyek Konstruksi Gedung Bertingkat Ary Setyawan; Fajar Sri Handayani; Irma Sofiana
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 3 (2022): September
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i3.58566

Abstract

Pembangunan Hotel Loji Boyolali merupakan proyek gedung bertingkat tinggi yang sedang berlangsung di Kota Boyolali. Pelaksanaan proyek pembangunan Hotel Loji yang termasuk gedung bertingkat tinggi tentunya memakan waktu dan memiliki proses yang kompleks, terlebih pelaksanaan proyek dilaksanakan pada masa pandemi COVID-19 (Corona Virus Disease). Dalam pelaksanaan suatu proyek konstruksi tentunya tidak lepas dari risiko atau hambatan yang diperkirakan akan terjadi dan berdampak negatif terhadap produktivitas (waktu), mutu dan batasan biaya dari proyek atau yang lebih dikenal dengan triple constraint. Oleh karena itu, analisis risiko terkait risiko proyek perlu dilakukan dan penentuan respon risiko yang dapat diterapkan dalam menanggulangi risiko dominan yang terjadi.Pada penelitian ini, data primer didapatkan dengan cara penyebaran kuisioner dan wawancara. Data sekunder diperoleh dari data yang dimiliki proyek dan studi literatur. Teknik untuk pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis untuk bobot risiko menggunakan metode Severity Index (SI), sedangkan analisis level risiko menggunakan Probability Impact Matriks (PIM) dan penentuan untuk risiko dominan dengan memperhitungan risk index.Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa dari 14 variabel risiko proyek, diperoleh risiko dominan yang paling memberikan pengaruh terhadap aspek waktu adalah risiko keterlambatan pengiriman material akibat PSBB dan PPKM  dengan nilai risk index paling tinggi yaitu 0.28. risiko dominan yang paling memberikan pengaruh terhadap aspek biaya adalah terjadinya kerusakan alat saat bekerja dan ketidaktersediaan material akibat PPKM, dengan nilai risk index 0,1. Risiko dominan yang paling signifikan terhadap aspek mutu adalah kualitas material tidak sesuai dengan spesifikasi dengan nilai risk index paling tinggi 0,1, dan risiko paling dominan terjadi di dalam proyek hotel loji adalah keterlambatan pengiriman material akibat PSBB dan PPKM.
PRODUKSI BERSIH MELALUI PEMANFAATAN KEMBALI AIR LIMBAH PADA HOME INDUSTRY TAHU MENGGUNAKAN SLOW SAND FILTER Risky Aditya Wijaya; Budi Utomo; Koosdaryani Soeryodarundio
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 3 (2022): September
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i3.55343

Abstract

Pengolahan limbah menggunakan slow sand filter dengan media filtrasi pasir silika, arang tempurung kelapa, dan batu zeolit. Penelitian dimaksudkan untuk mengolah air limbah tahu yang dapat diolah kembali agar dapat digunakan sebagai air baku.
Analisis Kinerja Simpang Empat Staggered Kleco dan Simpang Tiga Faroka Kota Surakarta Menggunakan Perangkat Lunak PTV Vistro Faradila Setyo Nugroho; Budi Yulianto; Setiono Setiono
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 3 (2022): September
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i3.64443

Abstract

Pertumbuhan jumlah penduduk yang meningkat setiap tahunnya menyebabkan tingginya kebutuhan akan pergerakan manusia. Hal ini mendorong munculnya permasalahan transportasi di Kota Surakarta. Oleh karena itu, perlunya diadakan analisis kinerja lalu lintas secara berkala dan salah satu unsur transportasi yang perlu dianalisis adalah simpang. Simpang merupakan titik konflik lalu lintas akibat pertemuan dua ruas jalan atau lebih. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja simpang bersinyal menggunakan permodelan PTV Vistro dengan skenario kondisi eksisting dan skenario optimasi. Analisis kinerja simpang menggunakan parameter derajat kejenuhan (degree of saturation) dan tundaan (delay).
KAJIAN EFEKTIVITAS PROYEK MENGGUNAKAN KONSEP VALUE ENGINEERING PADA PROYEK GEDUNG (STUDI KASUS: GEDUNG POLRES KOTA BEKASI) Dea Maulida Pramesti; Fajar Sri Handayani; Suryoto Suryoto
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 3 (2022): September
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i3.59851

Abstract

Dalam proyek konstruksi, sering kali ditemukan berbagai kendala yang dapat menganggu keberjalanan suatu proyek, salah satunya adalah kendala keterbatasan anggaran. Value engineering sebagai suatu metode pendekatan sistematis dalam mengidentifikasi sebuah peluang untuk menghilangkan biaya yang tidak perlu tanpa menghilangkan fungsinya merupakan salah satu metode dapat mengatasi kendala tersebut. Kajian value engineering ini dilakukan agar dapat mengetahui alternatif desain struktur pelat, balok, dan kolom pada proyek pembangunan Gedung Polres Kota Bekasi. Data yang digunakan dalam kajian ini adalah data primer berupa gambar kerja, harga satuan upah dan pekerjaan wilayah Kota Bekasi, serta kuisioner yang telah diisi oleh responden. Alternatif yang diajukan pada kajian ini adalah alternatif satu berupa pelat, kolom, dan balok full-precast serta kemudian ada alternatif 2 berupa pelat half-precast sedangkan kolom dan balok full-precast. Pemilihan alternatif dilakukan dengan pembobotan berdasarkan kriteria kualitatif serta kuantitatif. Kriteria kualitatif yang didapatkan dari hasil kuisioner responden dihitung dengan metode AHP, yaitu dengan membandingan tiap kriteria secara berpasangan. Hasil analisis menunjukan alternatif 1 sebagai alternatif terpilih. Alternatif 1 yang terpilih dapat menghemat biaya sebesar Rp. 898.530.673,76 dengan presentase penghematan pekerjaan struktur atas sebesar 9%.
Peningkatan Kesadaran Masyarakat dalam Upaya Mitigasi Bencana Gempa di Kelurahan Mangkubumen Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Achmad Basuki; Edy Purwanto; Halwan Alfisa Saifullah; Endah Safitri; Bambang Santosa; Agus Setiya Budi; Agus Supriyadi; Stefanus Adi Kristiawan
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 3 (2022): September
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i3.56221

Abstract

Kota Surakarta merupakan wilayah yang berdekatan dengan jalur lempeng Eurasia dan Indo-Australia. Ada perkiraaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bahwa jika terjadi gempa megathrust di pertemuan lempeng tersebut akan mengakibatkan gempa dengan kekuatan di atas 8 SR. Guna mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang terjadi maka diperlukan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat, para pemangku kepentingan, dan tenaga kerja bidang konstruksi sehingga korban jiwa dan kerugian materi bisa ditekan seminimal mungkin. Waktu terjadinya gempa tidak dapat diperkirakan dengan pasti. Kota Surakarta pernah juga terdampak gempa Yogyakarta tahun 2006. Dari pengalaman tersebut tampak kesiapan mitigasi bencana gempa di beberapa wilayah terdampak sebagian besar masih kurang. Research Group SmartCrete, Program Studi Teknik Sipil, Universitas Sebelas Maret melakukan pengabdian masyarakat di Kelurahan Mangkubumen, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta dalam rangka peningkatan kesadaran masyarakat dalam upaya mitigasi bencana gempa. Kegiatan pengabdian diawali dengan penggalian pengetahuan masyarakat tentang mitigasi bencana gempa, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian informasi yang berkaitan dengan pengetahuan gempa dan dampaknya pada infrastruktur. Upaya-upaya mitigasi bencana gempa bumi, termasuk penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) gempa pada pembangunan infrastruktur juga disampaikan dalam kegiatan ini. Melalui kegiatan pengabdian ini diharapkan terjadi perbaikan pola pikir, pola tindak dan pola antisipasi serta aksi sigap dari masyarakat terhadap bahaya gempa bumi.
ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL PADA JALUR FLYOVER PURWOSARI KOTA SURAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK PTV VISTRO Muhammad Fajar Nurraman; Budi Yulianto; Setiono Setiono
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 3 (2022): September
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i3.64445

Abstract

Simpang Tiga Kerten dan Simpang Empat Purwosari merupakan dua simpang bersinyal yang terletak Jl. Slamet Riyadi Kota Surakarta dimana diantara simpang tersebut terdapat Flyover Purwosari. Di simpang Tiga Kerten merupakan simpang dengan tingkat kepadatan volume lalu lintas yang cukup tinggi terutama dari arah barat dan timur.Sedangkan di Simpang Empat Purwosari terdapat beberapa hotel dan banyak aktivitas masyarakat di simpang tersebut. Untuk mengatasi volume lalu lintas yang cukup tinggi tersebut maka perlu dilakukan analisis kinerja simpang bersinyal secara tunggal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja simpang yang ada di Simpang Tiga Kerten dan Simpang Empat Purwosari dan melakukan optimasi simpang secara tunggal berdasarkan parameter derajat kejenuhan dan tundaan. Analisis kinrja simpang dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak PTV Vistro dengan metode HCM 2010.
Analisis Emisi GRK dengan metode LCA pada Pekerjaan Konstruksi Jembatan Simpang Susun Rangkasbitung Alif Kurnia W.; Fajar Sri Handayani; Ary Setyawan
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 3 (2022): September
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i3.61215

Abstract

Struktur jembatan sering digunakan dalam simpang susun, simpang susun sendiri adalah struktur penting yang digunakan untuk keluar masuk kendaraan di jalan bebas hambatan. Namun masih sangat sedikit orang yang peduli terhadap dampak lingkungan yang dihasilkan dari suatu pekerjaan konstruksi. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi unit proses yang berpotensi menghasilkan GRK, menemukan unit proses dengan emisi GRK tertinggi, serta mencari metode alternatif yang bisa digunakan untuk mengurangi emisi GRK yang dikeluarkan. Metode yang digunakan adalah pendekatan Life Cycle Assesment (LCA). Penelitian ini menggunakan 2 sumber data, yaitu data primer yang merupakan hasil dari penelitian dilapangan, serta data sekunder yang didapatkan dari PT. PP serta database Ecoinvent. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 38 unit proses yang berpotensi menghasilkan GRK dalam pembangunan jembatan simpang susun Rangkasbitung dengan total emisi GRK yang dihasilkan adalah sebanyak  234.946,3 KgCO2e, dengan unit proses dengan emisi GRK tertinggi adalah produksi semen, dengan emisi GRK yang dihasilkan yaitu sebanyak 95552,33 KgCO2e (40,66%). Metode 2 yang menggunakan metode cor ditempat menghasilkan emisi GRK sebesar  202633,73 KgCO2e yang mana  13,75% lebih sedikit dari pada emisi GRK yang dihasilkan menggunakan metode 1 (precast)
AKURASI PENGGUNAAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE DALAM PREDIKSI PENURUNAN PONDASI TIANG Raden Harya Dananjaya; Sutrisno Sutrisno; Fany A. Wellianto
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 3 (2022): September
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i3.64519

Abstract

Penurunan pondasi merupakan hal yang sangat penting dipertimbangkan dalam geoteknik. Pada penelitian ini, Support Vector Machine (SVM) yang merupakan metode penelitian yang berbasis sistem kecerdasan buatan digunakan untuk memprediksi penurunan pondasi tiang. Terdapat 6 parameter yang menjadi input dan output dalam pengembangan model SVM. Parameter yang menjadi input model adalah qc-tip, qc-shaft, L, D, Qu, dan P. Sedangkan parameter yang menjadi output adalah persentase penurunan/diameter (ε%). Dalam pengembangan model digunakan 9 kondisi parameter C dan γ yaitu model dengan nilai C dan γ sebesar 1 dan 0,1; 1 dan 0,5; 1 dan 1; 10 dan 0,1; 10 dan 0,5; 10 dan 1; 100 dan 0,1; 100 dan 0,5; 100 dan 1. Setelah dilakukan serangkaian training, testing dan validasi ternyata model yang paling akurat adalah model dengan C dan γ sebesar 100 dan 1 dengan nilai R2 dan RMSE sebesar 0,975 dan 0,514.
PENGARUH DIMENSI PONDASI DAN KAPASITAS MESIN TERHADAP RESPON STATIS PONDASI MESIN DANGKAL Addina Salam Arrasyidi; Niken Silmi Surjandari; Siti Nurlita Fitri
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 3 (2022): September
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i3.64113

Abstract

Pertumbuhan ekonomi dan penduduk di Indonesia mengakibatkan kebutuhan listrik yang meningkat. Salah satu cara mengatasi kebutuhan listrik yang terus meningkat adalah dengan membangun pembangkit listrik tenaga mikro hidro. Mesin PLTMH Ketika digunakan akan mengalami getaran yang dapat membahayakan mesin itu sendiri maupun lingkungan disekitarnya. Sehingga dibutuhkan pondasi mesin yang dapat meredam getaran mesin dan aman terhadap respon statis mesin PLTMH. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dimensi pondasi dan kapasitas mesin terhadap respon statis pondasi mesin. Dengan variasi panjang dan lebar pondasi sebesar 0,5 m. Untuk variasi mesin yang digunakan adalah mesin dengan kapasitas 1000, 1500, dan 1200 rpm. Metode analisa yang digunakan adalah metode meyerhof. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah semakin besar panjang pondasi, maka akan terjadi penurunan daya dukung sebesar 6,67%, sedangkan semakin besar luas penampang pondasi maka akan terjadi penurunan tegangan statis sebesar 3% untuk semua mesin.

Page 1 of 2 | Total Record : 15