cover
Contact Name
Halwan Alfisa Saifullah
Contact Email
halwan@ft.uns.ac.id
Phone
+6282133085744
Journal Mail Official
halwan@ft.uns.ac.id
Editorial Address
Matriks Teknik Sipil Gedung IV lt. 1 Jurusan Teknik Sipil Jl. Ir. Sutami 36A Surakarta Jawa Tengah - Indonesia 57126
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Matriks Teknik Sipil
ISSN : 23548630     EISSN : 27234223     DOI : -
Matrik Teknik Sipil adalah open access journal yang mempublikasikan penelitian di bidang struktur, hidrologi, transportasi, geoteknik dan management proyek. Matriks Teknik Sipil diterbitkan oleh Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret. Jurnal ini menyediakan open access yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 4 (2022): Desember" : 15 Documents clear
Analisis Tarif dan Load Factor Bus Batik Solo Trans Koridor 4 pada Masa Pandemi Covid-19 Ilma Aurarisa; Budi Yulianto; Amirotul Musthofiah H. M.
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 4 (2022): Desember
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i4.63681

Abstract

Kondisi pandemi Covid-19 telah merubah banyak pola kehidupan, diantaranya pada pemilihan moda transportasi, dimana adanya persepsi bahwa angkutan pribadi dianggap lebih aman terhadapat penyebaran virus daripada angkutan umum. Perubahan pada keadaaan ekonomi juga mempengaruhi besaran pendapatan pada masyarakat dan harga komponen pada biaya operasional kendaraan umum. Perubahan harga komponen dan pembatasan penumpang tentunya mempengaruhi besarnya tarif keekonomian pada sektor bisnis transportasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai load factor dan desain tarif  BST koridor 4 saat pandemi Covid-19. Data diperoleh dari hasil wawancara kepada penumpang dan operator, yaitu PT. BST. Jumlah sampel ditentukan menggunakan Metode Slovin dengan nilai e 10%. Perhitungan ATP dilakukan dengan household budget yang didasarkan pada perhitungan alokasi biaya transportasi serta intensitas perjalanan. WTP dihitung berdasarkan persepsi kemauan penumpang untuk membayar terhadap pelayanan yang diberikan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh nilai tarif per penumpang pada dua kelompok, yaitu umum dan mahasiswa/pelajar. Nilai ATP umum diperoleh Rp5.703,01 dan WTP umum yaitu Rp3.135,33. Pada kategori mahasiswa/pelajar diperoleh nilai ATP adalah Rp2.024,73 dan WTP sebesar Rp2.609,38. Load factor diperoleh dari hasil perhitungan dengan kapasitas 50% dari penumpang seharusnya adalah 114,19% untuk kemudian disubtitusikan pada perhitungan tarif dengan BOK. BOK dihitung dengan metode Departemen Perhubungan, sehingga diperoleh nilai tarif Rp12.809,89/penumpang-rit.
ANALISIS VALUE ENGINEERING (VE) DENGAN PENGGANTIAN BAHAN ADDITIVE CAMPURAN SEMEN PADA STRUKTUR BETON (STUDI KASUS : GEDUNG GRAHA BAKTI BUDAYA PROYEK REVITALISASI PKJ TIM TAHAP II) Arindiyah Wulandari; Fajar Sri Handayani; Muji Rifai
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 4 (2022): Desember
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i4.61565

Abstract

Pembangunan infrasruktur tidak terlepas dari perencanaan anggara biaya. Biaya merupakan elemen utama dan krusial dalam setiap proyek konstruksi, sehingga diperlukan ketelitian dalam perencanaannya agar dapat dilakukan penghematan biaya tanpa mengurangi kualitas pekerjaan. Penghematan biaya dapat dilakukan dengan cara melakukan Value Engineering (VE) pada pekerjaan yang memiliki nilai besar. Penelitian ini menggunakan studi kasus pada Gedung Graha Bakti Budaya (GBB) Proyek Revitalisasi PKJ TIM Tahap II. Metode penelitian yang digunakan adalah metode VE untuk mengurangi biaya konstruksi dan LCA untuk mengurangi emisi GRK yang dihasilkan. Data yang digunakan terdiri dari Rencana Anggaran Biaya (RAB), Shop Drawing (gambar kerja), spesifikasi teknis pekerjaan, Outline Specification (OS), daftar harga satuan pekerjaan, dan peraturan-peraturan yang berlaku. Setelah dilakukan analisis menggunakan metode VE pada penelitian ini, menunjukkan perubahan dimensi yang dilakukan pada struktur kolom tipe K1 dan K3 menggunakan alternatif 1 (metakaolin) dengan campuran additive sebagai alternatif paling efektif secara biaya, dimana pada alternatif ini dapat menghemat biaya sebesar 21,80% atau senilai Rp671.902.339,02 dari struktur existing.
PREDIKSI SISA UMUR LAYAN PADA RUAS JALAN LOSARI (BATAS PROVINSI JAWA BARAT) – PEJAGAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) Nugraheni Widhiarti; Ary Setyawan; Florentina Pungky Pramesti
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 4 (2022): Desember
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i4.64851

Abstract

Ketidakmampuan suatu perkerasan jalan untuk mencapai umur rencananya dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain overloading kendaraan, drainase yang buruk, kualitas pekerjaan dan mutu bahan konstruksi yang tidak sesuai standar, kondisi tanah dasar yang tidak stabil, dan faktor desain lainnya. Faktor-faktor tersebut menyebabkan ketidakpastian umur layan jalan, sehingga sisa umur layan pada perkerasan jalan menjadi sulit untuk diprediksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi perkerasan jalan dan memprediksi sisa umur layan pada ruas Jalan Losari (Batas Provinsi Jawa Barat) – Pejagan dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI). Data nilai PCI diperoleh dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII wilayah Jawa Tengah dan DIY tahun 2019 berdasarkan hasil survei menggunakan mobil Hawkeye 2000. Hasilnya nilai PCI rata-rata pada keseluruhan ruas jalan di dapat nilai sebesar 45,76% sehingga jalan tersebut dapat dikatakan dalam kondisi yang poor atau jelek. Hasil prediksi sisa umur layan pada segmen 1 s/d segmen 8 mempunyai sisa umur layan sebesar 0,28 – 0,35 tahun, sedangkan untuk segmen 9 dan 10 mempunyai sisa umur layan sebesar 7,89 tahun dan 5,12 tahun. Sehingga pada ruas jalan tersebut harus segera dilakukan perbaikan.
KAJIAN KUAT LEKAT PADA BETON BUBUK REAKTIF DENGAN SILICA FUME 15% DAN VARIASI PASIR KUARSA Wibowo Wibowo; Purwanto Purwanto; Maulidah Nur Rizka
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 4 (2022): Desember
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i4.63687

Abstract

Perkembangan teknologi konstruksi menuntut kebutuhan material beton dengan durabilitas dan kinerja yang tinggi sehingga memiliki struktur yang tahan terhadap berbagai kondisi. Beton memiliki karakteristik dapat menahan kuat tekan yang tinggi namun lemah dalam menahan gaya tarik. Penambahan baja tulangan pada beton dapat menahan momen pada bagian penampang yang rawan akan keretakan dan meningkatkan kuat tarik pada beton. Beton bertulang harus memiliki nilai kuat lekat yang tinggi antara beton dan tulangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek penambahan silica fume 15% dan variasi pasir kuarsa pada kuat lekat beton bubuk reaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental. Benda uji pada penelitian ini beruba kubus dengan sisi 20 cm dan tulangan ulir berdiameter 10 cm. Pengujian kuat lekat dilakukan pada beton berumur 28 hari dengan melakukan pull out test dan mencatat beban yang terbaca pada Universal Testing Machine (UTM). Hasil pengujian kuat lekat beton saat beban maksimum pada benda uji kubus berukuran 20 cm dengan variasi pasir kuarsa 0%, 15%, 20%, 25%, 30%, 35%, dan 40% masing-masing adalah 19,80 MPa; 21,35 MPa; 21,78 MPa; 22,55 MPa; 22,97 MPa; 22,82 MPa, dan 22,13 MPa.Kata Kunci : beton bubuk reaktif, kuat lekat, silica fume, pasir kuarsa
Kajian Kuat Lekat Beton Memadat Mandiri Mutu Tinggi dengan Metakaolin 12,5% dan Variasi Agregat Limbah Pecahan Keramik Wibowo Wibowo; Endah Safitri; Dinda Imas Nurdhyanti
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 4 (2022): Desember
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i4.64241

Abstract

Pelaksanaan konstruksi berkelanjutan berkaitan erat dengan adanya teknologi beton, sehingga perlu dikembangkannya penelitian inovasi beton yang memiliki mutu tinggi dan memiliki kemampuan mengalir yang baik dalam melewati tulangan namun tetap ramah terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efek subtitusi metakaolin dan variasi agregat limbah pecahan keramik pada kualitas beton memadat mandiri mutu tinggi khususnya kuat lekat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental. Metakaolin berperan sebagai bahan subtitusi semen sedangkan agregat limbah pecahan keramik berperan sebagai bahan subtitusi agregat kasar. Benda uji yang digunakan pada penelitian ini berupa kubus dengan panjang sisi 15 cm serta tulangan ulir diameter 10 mm. Uji kuat lekat dilaksanakan pada beton berumur 28 hari dengan cara menarik tulangan serta mencatat beban dan displacement yang terbaca pada Universal Testing Machine (UTM) dan sensor LVDT yang disambungkan pada alat digital load meter. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metakaolin dan subtitusi agregat kasar dengan agregat limbah pecahan keramik mampu meningkatkan mutu beton. Penggantian variasi agregat limbah pecahan keramik dengan kadar 0%; 20%; 30%; dan 40% menghasilkan nilai kuat lekat berturut-turut 5,14 MPa; 8,03 MPa; 7,56 MPa; dan 5,73 MPa. Kuat lekat beton semakin menurun seiring bertambahnya subtitusi agregat limbah pecahan keramik saat melebihi penggantian kadar agregat limbah pecahan keramik sebanyak 20%.
PREDIKSI SISA UMUR LAYAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) PADA JALAN NASIONAL (Studi Kasus : Ruas Jalan Lingkar Kudus Timur - Batas Kabupaten Pati) Alifsa Syahnanda; Ary Setyawan; Florentina Pungky Pramesti
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 4 (2022): Desember
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i4.64892

Abstract

Jalan merupakan sarana transportasi yang mendukung infrastruktur perekonomian sebagai tempat pergerakan arus lalu lintas orang maupun barang dari suatu tempat ke tempat lain. Banyaknya kendaraan melintas dan beban berlebih menyebabkan kerusakan jalan sehingga mengalami penurunan umur rencana atau kerusakan dini. Diperlukan upaya untuk memperbaiki perkerasan ruas jalan tersebut agar fungsi jalan tetap efisien, efektif dan sesuai umur rencana sehingga tercipta rasa aman dan nyaman bagi pengguna jalan.Ruas Jalan Lingkar Kudus Timur - Batas Kabupaten Pati merupakan jalan arteri primer, berdasarkan statusnya ruas jalan tersebut merupakan jalan nasional yang berperan penting dalam perekonomian serta perkembangan wilayah di sekitar jalan tersebut. Ruas jalan ini merupakan jalur kendaraan berat seperti, truk, trailer, bus, dan kendaraan lainnya. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis. Pada penelitian ini Metode Pavement Condition Index (PCI) digunakan dalam memprediksi kerusakan jalan secara visual dan memprediksi sisa umur layan perkerasan jalan. Metode PCI dilakukan dengan mengamati titik titik kerusakan pada jalan kemudian diolah menjadi nilai kerusakan jalan. Selain untuk menentukan kondisi perkerasan, nilai PCI kemudian dikonverensi dalam bentuk tahun untuk mencari sisa umur layan.Hasil prediksi sisa umur layan pada ruas jalan Lingkar Kudus Timur - Batas Kabupaten Pati menghasilkan rata-rata nilai PCI sebesar 45,67 sehingga memiliki kriteria kondisi jalan “poor” dengan sisa umur layan 0,93 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa pada ruas jalan tersebut memiliki sisa umur layan kurang dari 1 tahun, sehingga perlu segera dilakukan perbaikan jalan agar fungsi jalan dapat kembali optimal.
ANALISIS MANAJEMEN RISIKO PROYEK DENGAN METODE ZERO-ONE (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung Perpustakaan Universitas Islam Internasional Indonesia Depok) Koosdaryani Soeryodarundio; Setiono Setiono; Razien Redfan Soengkar
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 4 (2022): Desember
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i4.63972

Abstract

Pembangunan infrastruktur adalah suatu proses yang bertujuan untuk mengembangkan prasarana atau bangunan secara teratur. Indonesia sendiri beberapa tahun kebelakang melakukan banyak sekali pembangunan untuk menopang kebutuhan yang terus berkembang. Dalam pembangunan infrastruktur dibutuhkan analisa manajemen risiko untuk mengetahui risiko yang berdampak terhadap pelaksanaan proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan risiko-risiko yang dominan terjadi dan upaya penanganan dari risiko yang paling dominan. Analisis penentuan bobot risiko menggunakan metode Zero-One sedangkan penentuan risiko dominan menggunakan perhitungan risk index. Hasil riset ini menunjukan bahwa dari 15 variabel risiko yang dipilih risiko yang paling dominan terhadap pelaksanaan proyek adalah risiko Robohnya struktur ditengah pelaksanaan konstruksi dengan rata-rata risk index sebesar 14.072.
KAJIAN NILAI SUSUT KERING PADA BETON MEMADAT MANDIRI MUTU TINGGI DENGAN METAKAOLIN 12,5% DAN VARIASI LIMBAH PECAHAN KERAMIK Wibowo Wibowo; Endah Safitri; Nanda Yusuf Pribadi Wicaksana
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 4 (2022): Desember
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i4.64359

Abstract

Perkembangan industri konstruksi perlu ditunjang dengan adanya inovasi untuk mengatasi permasalahan di dalamnya. Beberapa permasalahan yang muncul adalah sulitnya beton segar mengalir melalui tulangan dan melimpahnya limbah padat konstruksi. Penggunaan kembali limbah padat konstruksi khususnya limbah pecahan keramik sebagai inovasi substitusi agregat kasar alami pada beton mutu tinggi memadat mandiri dapat menjadi solusi permasalahn di atas. Metakaolin pada penelitian ini merupakan alternatif substitusi semen. Susut kering adalah berkurangnya volume beton akibat hilangnya air pada beton yang dapat menyebabkan rtak apada beton. Oleh karena itu perlu dikaji mengenai nilai susut kering pada beton. Benda uji yang digunakan pada penelitian ini berupa balok berukuran 300x100x100 mm. Pengujian susut kering beton dilaksanakan mulai dari beton berumur 1 hari – 28 hari dengan menggunakan alat Demec Gauge. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa substitusi metakaolin 12,5% dari berat semen dan subtitusi agregat kasar alami dengan agregat limbah pecahan keramik memenuhi parameter beton memadat mandiri berdasarkan EFNARC 2005 dan mampu meningkatkan nilai susut kering beton. Penggantian variasi agregat limbah pecahan keramik dengan kadar 0%, 20%, 30%, dan 40% menghasilkan nilai susut kering berturut-turut 605,152; 643,238; 702,264; dan 778,750. Nilai susut kering beton semakin meningkat seiring bertambahnya subtitusi agregat limbah pecahan keramik.
PENERAPAN ARTIFICIAL NEURAL NETWORK (ANN) DALAM MEMPREDIKSI KAPASITAS DUKUNG FONDASI TIANG Raden Harya Dananjaya; Sutrisno Sutrisno; Syahid Fitriady
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 4 (2022): Desember
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i4.65034

Abstract

Beberapa tahun terakhir banyak penelitian terkait prediksi kapasitas dukung fondasi menggunakan artificial neural network (ANN). Keuntungan dari model ANN dibandingkan metode tradisional dalam prediksi kapasitas dukung fondasi adalah kemampuan model ANN untuk menangkap hubungan non linier dan kompleks antara kapasitas dukung dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan script untuk memprediksi kapasitas dukung fondasi tiang berdasarkan hasil uji CPT menggunakan sistem kecerdasan buatan. Metode yang digunakan adalah artificial neural network (ANN) dengan menggunakan beberapa skenario berdasarkan variasi hidden layer, fungsi aktivasi, dan learning rate. Model dengan performa paling baik berdasarkan metode k-folds cross validation digunakan untuk memprediksi kapasitas dukung fondasi tiang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode kecerdasan buatan dengan model artificial neural network dapat diterapkan dalam memprediksi kapasitas dukung fondasi tiang. Model yang dihasilkan mampu memprediksi nilai kapasitas dukung dengan nilai R2 mencapai 0,91 saat proses testing.
ANALISIS PENGGUNAAN PREFABRICATED VERTICAL DRAINS (PVD) MENGGUNAKAN SIGMA/W GEOSTUDIO DENGAN MATERIAL TANAH LUNAK MODEL LINEAR ELASTIC Pupung Borsalino; Bambang Setiawan; Galuh Chrismaningwang
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 4 (2022): Desember
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i4.64635

Abstract

Jurnal berisikan analasisis perbandingan antara hasil analisis penggunaan Prefabricted Vertical Drains (PVD) di tanah lunak menggunakan metode konvensional Hansbo (1979) dan hasil pemodelan dengan Sigma W GeoStudio dengan model tanah lunak menggunakan linear elastic. Kondisi yang dianalisis kondisi tanah lunak dengan beban timbunan di atasnya tanpa adanya perbaikan, kondisi kedua dengan PVD tanpa memperhitungkan efek smear zone, dan dengan PVD dengan memperhitungkan efek smear zone.  Hasil analisis berupa grafik hubungan besaran penurunan dengan waktu yang diperlukan. Hasil dengan pemodelan software memiliki variasi deformasi pada tanah akibat beban yang bekerja, dengan pola waktu yang diperlukan untuk mencapai derajat konsolidasi (U) 90%. Pola waktu yang diperoleh dari ketiga kondisi dan deformasi yang dihasilkan dapat dilakukan perbandingan kedua analisis.

Page 1 of 2 | Total Record : 15