cover
Contact Name
Agrustiani
Contact Email
ijoulabs@gmail.com
Phone
+6282128739145
Journal Mail Official
jurnalijsr@gmail.com
Editorial Address
Greenland Sendang Residence Blok.D No.02, Sendang,Kec. Sumber, Cirebon, Provinsi Jawa Barat, 45611
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal of Social Research
ISSN : 28279832     EISSN : 2828335x     DOI : https://doi.org/10.55324
The Journal of Social Research is a double blind peer-reviewed academic journal and open access to social and scientific fields. The journal is published monthly by International Journal Labs. The Journal of Social Research provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and scopes of the journal which can be examined empirically. The journal publishes research articles covering all aspects of social sciences, ranging from Management, Economics, Culture, Law, Public Health, and Education that belong to the social context.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 6 (2022): Journal Of Social Research" : 14 Documents clear
Strategi Seleksi Saluran Distribusi Dan Distribusi Fisik Internasional dengan Mode of Entry Khairani Marpaung; Ahmad Zikri; Faisal Rambe; Maulana Ma’ruf; Suhairi Suhairi
Journal of Social Research Vol. 1 No. 6 (2022): Journal Of Social Research
Publisher : International Journal Labs

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.246 KB) | DOI: 10.55324/josr.v1i6.104

Abstract

Keberhasilan produk atau jasa sampai ke konsumen disebabkan terjadinya saluran distribusi yang baik, dan perencanaan distribusi fisik yang efisien. Dalam saluran distribusi terdapat agen, pengecer, pedagang besar, toko-toko dan sebagainya, yang akhirnya sampai ke pengguna industri ataupun konsumen konsumsi. Sedangkan distribusi fisik terkait pergudangan, sistem manajeman dan transportasi dalam proses produksi dan ke tangan konsumen. Artikel ini bertujuan memberikan fakta mengenai penggunaan mode of entry yang dapat membantu kegiatan membangun strategi menyeleksi saluran distribusi dan distribusi fisik dalam lingkup internasional. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan kualitatif. Pada saat menelaah masalah dilakukan penelusuran deskriptif untuk menjawab pertanyaan tentang status terkini dari objek investigasi yaitu informasi tentang keadaan. Dengan penggunaan mode of entry untuk melakukan operasi dipasar global yang dimulai dari kegiatan ekspor (langsung atau tidak langsung), negosiasi kesepakatan waralaba ataupun lisensi, usaha patungan, atau keputusan untuk berinvestasi langsung ke negara lain dengan membuka wholly-owned subsidiaries (meliputi akuisisi dan greenfield). Maka dengan mode of entry yang sejalan untuk terbukanya saluran distribusi alternatif yang membuat jangkuan sistem distribusi sangat luas dan selektif dalam menentukan agen perantara saluran distribusi di luar negeri. Dari penggunaan mode of entry inilah terdapat kekuatan dan kelemahan dimasing- masing jenisnya untuk menyeleksi agen-agen distribusi yang akan berhubungan dengan perusahaan. Pada akhirnya menyesuaikan dengan sumber daya atau volume dari perusahaan baik besar atau kecil, maupun sesuai jenis usaha yang digeluti.
Gambaran Tingkat Kemandirian Lansia Dalam Pemenuhan Activity Daily Living Di Lingkungan Xiv Jalan Pembangunan Usu Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Medan Baru Tahun 2021 Nurhani Sihaloho
Journal of Social Research Vol. 1 No. 6 (2022): Journal Of Social Research
Publisher : International Journal Labs

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.818 KB) | DOI: 10.55324/josr.v1i6.107

Abstract

Latar Belakang: Kemandirian lansia dalam ADL didefinisikan sebagai kemandirian seseorang dalam melakukan aktivitas dan fungsi - fungsi kehidupan sehari - hari yang dilakukan oleh manusia secara rutin dan universal. Semakin lanjut usia seseorang maka kemampuan fisiknya akan semakin menurun, sehingga dapat mengakibatkan kemunduran pada peran-peran sosialnya. Tujuan: Untuk mengetahui gambaran tingkat kemandirian lansia dalam pemenuhan ADL di Lingkungan xiv Jalan Pembangunan USU Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Medan Baru tahun 2021. Metode: Penelitian ini adalah deskriptif menggunakan teknik total sampling dengan metode kuantitatif dimana pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner Indeks Barthel menurut Jonathan Gleadle. Hasil: Didapatkan dari 35 responden menunjukan bahwa lansia dengan mandiri sebanyak 13 orang (37.1%), ketergantungan ringan sebanyak 13 orang (37.1%), ketergantungan sedang sebanyak 4 orang (11.4%), ketergantungan berat sebanyak 3 orang (8.6%), ketergantungan total sebanyak 2 orang (5.7%). Kesimpulan: Kemandirian lansia dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, dan pekerjaan. Disarankan kepada keluarga untuk selalu memperhatikan dan membantu lansia dalam melakukan aktivitas sehari-hari agar bagian tubuh bisa bergerak dan tidak ada gangguan imobilitas seperti senam lansia dan tetap mengontrol kesehatan ke posyandu dan puskesmas.
Implementasi Anggaran Kesehatan di Bidang Kesehatan Sesuai dengan Spm (Standar Penilaian Minimal) Sulistyani Prabu Aji; Antonia Morita Iswari Saktiawati; Nur Ani
Journal of Social Research Vol. 1 No. 6 (2022): Journal Of Social Research
Publisher : International Journal Labs

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.799 KB) | DOI: 10.55324/josr.v1i6.108

Abstract

Latar Belakang : Kajian ini menganalisis dan meminimalisasi implementasi performance-based budgeting dari segi mekanisme performance-based budgeting, keterbatasan adanya hambatan dengan terwujudnya SPM, evaluasi serta strategi pencapaian SPM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tujuan : Tujuan pencapaian SPM, menyusun kegiatan serta program, membuat mencukupi kebutuhan anggaran, memantau serta mengevaluasi. Evaluasi hasil SPM dapat dilakukan pada uji tahap perencanaan, uji tahap pelaksanaan, dan uji tahap pasca pelaksanaan kegiatan. Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan anggaran berbasis untuk mencapai SPM terkait dengan serta peraturan UU yang dituangkan dalam RPJMD, Renstra, dan Rencana Kerja. Kesimpulan : Oleh karena itu, pemerintah daerah didorong untuk meningkatkan kualitas tenaga kerjanya melalui pelatihan, alokasi anggaran yang tepat, menilai pencapaian SPM, dan menetapkan tujuan, strategi, dan sasaran pencapaian SPM.
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berinvestasi di Pasar Modal Bagi Generasi Milenial Apra Belisca; Muhammad Hidayat; Syofiana
Journal of Social Research Vol. 1 No. 6 (2022): Journal Of Social Research
Publisher : International Journal Labs

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.074 KB) | DOI: 10.55324/josr.v1i6.109

Abstract

Latar Belakang : Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi universitas Muhammadiyah Riau yang telah mendapatkan mata kuliah Manajemen investasi ataupun Pasar Modal. Jumlah sampel sebanyak 67 orang. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, pengetahuan pasar modal, dan preferensi risiko terhadap minat berinvestasi generasi milenial. Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa jurusan Akuntansi yang sudah mengikuti matakuliah pasar modal dan manajemen investasi. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, pengambilan data menggunakan kuesioner. Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh motivasi terhadap minat berinvestasi generasi milenial, terdapat pengaruh pengetahuan pasar modal terhadap minat berinvestasi generasi milenial, terdapat pengaruh preferensi risiko terhadap minat berinvestasi generasi milenial. Terdapat pengaruh simultan antara motivasi, pengetahuan pasar modal, dan preferensi risiko terhadap minat berinvestasi pada generasi milenial di Universitas Muhammadiyah Riau. Kesimpulan : Motivasi, pengetahuan pasar modal, dan preferensi risiko secara simultan berpengaruh terhadap minat berinvestasi di pasar modal.
Kebermanfaat Adanya Sustainable Development Goals (Sdgs) Sulistyani Prabu Aji; Drajat Tri Kartono
Journal of Social Research Vol. 1 No. 6 (2022): Journal Of Social Research
Publisher : International Journal Labs

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.343 KB) | DOI: 10.55324/josr.v1i6.110

Abstract

Latar Belakang : Pembangunan berkelanjutan/ Sustainable development merupakan prinsip pencapaian pembangunan manusia sementara pada fase yang sama mempertahankan sistem alam untuk memberikan masukan bahwa masyarakat bergantung pada alam dan sumber daya didalamanya. Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah untuk mencapai keselarasan antara kelestarian lingkungan, keberlanjutan ekonomi, dan keberlanjutan sosial-politik. Metode : Desain penelitian ini menggunakan Systematic Review dengan Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA). Hasil : SDGs adalah perpanjangan dari delapan Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) yang memandu tindakan global untuk mengurangi kemiskinan ekstrem dari tahun 2000 hingga 2015. Kesimpulan : Tujuan SDGs adalah untuk mencapai keselarasan antara kelestarian lingkungan, keberlanjutan ekonomi, dan keberlanjutan sosial-politik.
Sistem Informasi Global dan Riset Pasar Muhammad Iqbal Iqbal; Farhan Edma Manurung; Safina Dongoran; Radha Amalita; Suhairi Suhairi
Journal of Social Research Vol. 1 No. 6 (2022): Journal Of Social Research
Publisher : International Journal Labs

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.17 KB) | DOI: 10.55324/josr.v1i6.111

Abstract

Latar Belakang: Sistem Informasi adalah bahan dasar pengambilan keputusan dalam kegiatan pemasaran. Informasi bagi usaha kecil dikelola dengan mudah, sederhana dan informal, sehingga usaha kecil sering tidak memiliki unit kerja yang mengelola informasi bagi dalam pengumpulan, pengolahan maupun distribusi. Tujuan: Riset Pemasaran adalah identifikasi, pengumpulan, analisis dan penyebar luasan informasi secara sistematis dan obyektif dengan tujuan untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan berkaitan dengan identifikasi dan pemecahan masalah dan peluang dalam bidang pemasaran. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis, Data yang digunakan dalam penelitian diperoleh dari riset kepustakaan (library research). Hasil : Hasil penelitian menunjukan bahwa riset marketing meliputi; definsi permasalahan, desain penelitian, definisi metode sampling, koleksi data, analisis data, inferensi statistika dan melaporkan hasil riset yang mendukung pengambilan keputusan pemasaran pada perusahaan. Kesimpulan : Karena pendapatan meningkat, pembeli menjadi lebih selektif dalam memilih barang. Untuk meramal tanggapan pembeli terhadap fitur, gaya, atribut lain yang berbeda- beda, penjual harus beralih ke riset pemasaran.
Analisis Portofolio Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Investasi Saham yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Jessy Amenda; Cindea Corycha Putri; Lidia Sihotang
Journal of Social Research Vol. 1 No. 6 (2022): Journal Of Social Research
Publisher : International Journal Labs

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.839 KB) | DOI: 10.55324/josr.v1i6.112

Abstract

Latar Belakang : Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar pada LQ45 selama periode Februari 2016 – Desember 2021berturut-turut yang terdiri dari 27 saham. Teknik pemilihan sampel menggunakan metode porpusive sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu data yang berupa informasi dan dokumen secara tertulis tentang objek penelitian yang telah di publikasikan oleh Bursa Efek Indonesia. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saham optimal yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang terdapat di LQ45 menggunakan metode model indeks tunggal. Metode : Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif, metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah saham perusahaan go pubilc yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan masuk dalam kelompok indeks LQ45 periode penelitian yaitu Februari 2016 – Desember 2021. Hasil : Hasil dari penelitian ini memberikan implikasi teoritis menyatakan bahwa dalam manajemen investasi mengenai analisis portofolio menggunakan model indeks tunggal saham indeks LQ45 dapat digunakan untuk analisis dalam membentuk portofolio optimal. Kesimpulan : Hasil penelitian ini juga dapat memberikan implikasi praktis bahwa investor yang ingin memilih saham-saham di indeks LQ45 periode Februari 2016 – Desember 2021 untuk dijadikan membentuk portofolio optimal dengan model indeks tunggal terdapat saham ANTM, BBRI, BBTN, INCO, INDF, SMGR dan TLKM dapat dipilih sebagai sebuah portofolio untuk membuat keputusan investasi yang mendatang.
Analisis Neraca Pembayaran di Indonesia di Era Covid-19 Serli Andrianti; Sari Wulandari; Alfi Riana; An Nisa Uraihan; Desvira Utami Rahmadini Rahmadini; Syopiah Syopiah
Journal of Social Research Vol. 1 No. 6 (2022): Journal Of Social Research
Publisher : International Journal Labs

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.361 KB) | DOI: 10.55324/josr.v1i6.113

Abstract

Latar Belakang : Kehadiran Covid-19 hanya berdampak dalam kesehatan masyarakat, namun pula perekonomian aneka macam negara, termasuk Indonesia. Akibat pandemi ini, beberapa pemerintah wilayah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berdampak dalam restriksi kegiatan masyarakat. Menurunnya kegiatan tadi berdampak dalam status sosial ekonomi masyarakat, terutama yang rentan dan miskin. Memang, Neraca Pembayaran dibutuhkan permanen mendukung dan mendukung ketahanan sektor eksternal. Tujuan : Tujuan penelitian ini merupakan buat memperjelas sejauh mana efek Covid19 terhadap perekonomian Indonesia menurut sisi neraca pembayaran dan proyeksi ke depan, mengingat potensi jangka panjang menurut pandemi covid-19. Metode : Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yg berupaya mencari data dan efek pandemi Covid-19 terhadap neraca pembayaran Indonesia. Penelitian ini memakai metode perpustakaan. Hasil : Alhasil, efek Covid19 terhadap neraca pembayaran Indonesia terasa sampai akhir triwulan I-2020, mencatat defisit US$8.545 juta dan surplus US$9.245 juta dalam kuartal II-2020. terbukti semakin tinggi drastis. Meski mengalami penurunan dalam kuartal III, tetapi masih mencatatkan surplus sebesar $2,053 juta, ini lebih baik menurut periode sebelumnya. Kesimpulan : Indonesia juga terkena dampak pandemi Covid-19, dimana 4.444 sektor ekonomi banyak yang tumbang dan mengalami pertumbuhan negatif 4.444. Selain itu, munculnya pandemi Covid-19 telah menetapkan norma baru bagi investor.
Analisis Perilaku Konsumen Generasi Milenial Dalam Memutuskan Pembelian Secara Online pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Medan Deo Fanni Nababan; Onan Marakali Siregar
Journal of Social Research Vol. 1 No. 6 (2022): Journal Of Social Research
Publisher : International Journal Labs

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.558 KB) | DOI: 10.55324/josr.v1i6.114

Abstract

Analisis Perilaku Konsumen Generasi Milenial Dalam Memutuskan Pembelian Secara Online pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Medan
Kekerabatan antara Pedagang pada Interaksi Jual Beli di Pasar Raya Mmtc dalam Pendekatan Mimetik Elza Saragih; Risky Alda Hutagaol
Journal of Social Research Vol. 1 No. 6 (2022): Journal Of Social Research
Publisher : International Journal Labs

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.413 KB) | DOI: 10.55324/josr.v1i6.115

Abstract

Latar Belakang : Pasar merupakan kumpulan seluruh pembeli dan penjual yang berpotensial menyediakan barang tertentu di pasar MMTC. Pasar biasanya menampung berbagai macam penjual. Tujuan : Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan daya saing pasar MMTC, untuk menjelaskan bagaimana interaksi yang terjadi di pasar MMTC. Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder, data primer berupa tuturan penjualan dan pembeli di Pasaraya MMTC, jalan pancing yang terjadi saat tawar- menawar, data sekunder dalam penelitian ini yaitu bahan – bahan yang tertulis yang berhubungan dengan buku kesantunan berbahasa. Jurnal dan lain- lain. Hasil : Hasil penelitian adanya berbagai bentuk bahasa yang telah diteliti dan dapat ditemui interaksi penjual dan pembeli adalah merupakan wujud bahasa indonesia yang formal dan non formal, seperti kalimat berita, kalimat tanya, kalimat perintah, dimana pada dasarnya bahwa bahasa indonesia merupakan bahasa yang dipakai dalam bahasa sehari – hari yang digunakan untuk saling bekomunikasi dan berinteraksi. Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dapat diambil, meliputi wujud kesantunan berbahasa di pasaraya MMTC dalam interaksi jual beli yang terdiri dari bentuk bahasa yang digunakan penjual dan pembeli saat tawar menawar.

Page 1 of 2 | Total Record : 14