cover
Contact Name
Adolf Situmorang
Contact Email
teknika@usm.ac.id
Phone
+628122003033
Journal Mail Official
teknika@usm.ac.id
Editorial Address
Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari. Semarang, Jawa-Tengah, Indonesia Telp: 024-6702757; fax: 024-6702272
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Teknika
Published by Universitas Semarang
ISSN : 14104202     EISSN : 25808478     DOI : 10.26623/teknika.v17i1.3127
Core Subject : Social, Engineering,
Jurnal Teknika merupakan jurnal untuk menyebarluaskan hasil penelitian atau pemikiran dibidang Teknik Sipil. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ini difokuskan pada bidang Teknik Sipil dan Rekayasa. Dosen, mahasiswa, dan peneliti diharapkan dapat memanfaatkan jurnal ini untuk berbagi pengetahuan hasil penelitian atau pemikirannya.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 1 (2022): Maret" : 7 Documents clear
PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP RISIKO PEKERJAAN KONSTRUKSI DI KOTA PADANG Wendi Boy; Deni Irda Mazni; Gusni Vitri; Gito Rahman
Teknika Vol 17, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1446.317 KB) | DOI: 10.26623/teknika.v17i1.4538

Abstract

The Province of West Sumatra, especially the City of Padang, before the COVID-19 pandemic was actively building housing that really helped the community in the availability of decent housing. The COVID-19 pandemic has caused a decline in the number of construction projects across the country, including housing developments. So in this study, we want to know about the influence of COVID-19 on the risk of work carried out in the construction world in the city of Padang, especially in housing construction. The results of the study contained 8 risk factors for delays (material factors); labor factors (labors); equipment factors (equipment); financial factors (financing); environmental/situation factors (environment); regional restriction factors (PSBB/PPKM); Site characteristics, managerial factors and 57 risk variables for housing construction during the COVID-19 pandemic that affected work delays, found the 10 highest risks. Strategies that can be applied to the implementation of Housing Construction Projects during the pandemic and post-pandemic, are adjusted to the main factors that are formed. For the first Main component, the solutions that can be applied include: 1) Controlling the Project cash flow effectively and efficiently; 2) Application of the method of analysis of the value of the results (earn value method) to control the project budget and time; 3) Prepare project unexpected budgets; 4) Apply strict health protocols to ongoing projects
TINJAUAN KINERJA INLET JALAN UNTUK MENGURANGI GENANGAN AKIBAT LIMPASAN HUJAN Dinda Fardila; Salasia Tajunnisa Setiya Utami; Alifia yadira Tasyah
Teknika Vol 17, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.307 KB) | DOI: 10.26623/teknika.v17i1.3127

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pada saat musim hujan terjadi genangan pada ruas jalan akibat hambatan samping bahu jalan. Tujuan penelitian untuk menentukan nilai intensitas tinggi curah hujan pada jalan, pengujian perbandingan nilai debit limpasan terhadap jumlah street inlet sesuai kondisi di lapangan, pengaruh street inlet terhadap volume ruas jalan pada hambatan batu kerikil, dan nilai koefisien limpasan sesuai daerah aliran.Dari uji penelitian didapatkan hasil, pengujian intensitas hujan dengan nilai rata-rata 1 lubang inlet adalah 1,87 mm/menit, 2 lubang inlet yaitu 1,90 mm/menit, dan 3 lubang inlet sebesar 2,06 mm/menit. Kemudian hasil analisis debit limpasan menunjukkan debit limpasan pada 1 lubang inlet lebih kecil dari debit limpasan 2 lubang inlet dan 3 lubang inlet. Untuk pengujian volume genangan dengan jumlah 1 lubang inlet terjadi genangan lebih tinggi dari jumlah 2 inlet, sedangkan 3 inlet lebih rendah genangannya. Selanjutnya hasil pengujian koefisien limpasan sesuai ketetapan pada tabel koefisien pengaliran.
ANALISIS KINERJA JALAN RAYA MRANGGEN (STUDI KASUS DARI DEPAN SPBU BANDUNGREJO SAMPAI DENGAN PASAR BARU MRANGGEN) Faizal Mahmud; Kukuh Wisnuaji Widiatmoko
Teknika Vol 17, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.748 KB) | DOI: 10.26623/teknika.v17i1.4641

Abstract

Permasalahan yang berkaitan erat dengan transportasi adalah pertumbuhan penduduk yang selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal tersebut mengakibatkan kegiatan dan mobilisasi penduduk menjadi semakin tinggi dan cepat. Penggunaan ruang jalan yang tidak sebagai mana mestinya dapat menurunkan tingkat pelayanan jalan sehingga terjadi kemacetan. Volume lalulintas pada jam sibuk dalam satu hari digunakan sebagai dasar untuk menganalisa kinerja ruas jalan dan persimpangan yang ada. Penyebab kepadatan lalu lintas pada Jalan Raya Mranggen yaitu pertama nilai (Q) arus lalu lintas menunjukan nilai tinggi yaitu sebesar 2388 smp/jam. Yang kedua nilai hambatan samping yaitu sebesar 849,8. Yang ketiga nilai (C) kapasitas jalan tinggi dan mendekati padat sehingga tidak mampu menampung volume lalulintas yaitu senilai 2697 smp/jam. Yang ke empat yaitu angka (DS) derajat kejenuhan sebesar 0,88 yang mendekati nilai jenuh yaitu 1, sehingga nilai tersebut tidak memenuhi kondisi yang seharusnya. Alternatif yang diusulkan adalah dengan upaya menambah kapasitas jalan dengan lebar 11m dan mengurangi kemacetan yang terjadi akibat mobil parkir di pinggir jalan. Alternatif tersebut memiliki nilai (C) kapasitas sebesar 3886 smp/jam, (Q) arus lalulintas sebesar 2388 smp/jam, sehingga (DS) derajat kejenuhan menjadi 0,61.
Pemilihan Moda Transportasi Saat Pandemi Covid-19 dengan Metode Promethee (Studi Kasus : Ruas Jalan Pemuda Kota Semarang) Galih Widyarini; Wardana Galih Pamungkas; Yesina Intan Pratiwi
Teknika Vol 17, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (77.765 KB) | DOI: 10.26623/teknika.v17i1.4666

Abstract

Kejadian Pandemi Covid-19 di Indonesia memunculkan banyak perubahan baik di bidang ekonomi, sosial, politik dan sistem transportasi. Salah satunya adalah pembatasan kegiatan yang dilakukan pemerintah guna menghentikan sebaran virus Covid-19. Penyebaran Covid-19 yang relatif cepat menjadi alasan masyarakat khususnya di Kota Semarang lebih selektif dalam memilih moda transportasi. Tujuan dilakukan penelitian adalah guna mengetahui jenis moda transportasi darat yang dipilih oleh masyarakat saat pandemi Covid-19. Metode pengumpulan data dengan menyebar kuesioner ke pelaku perjalanan di ruas Jalan Pemuda Kota Semarang. Data tersebut terbatas pada jenis moda transportasi darat tertentu, yaitu transportasi umum (a1), transportasi online (a2) dan kendaraan pribadi (a3). Analisis data dilakukan dengan Metode Promethee. Batasan kriteria yang menjadi penentu pemilihan moda transportasi darat berupa kenyamanan, waktu perjalanan dan biaya perjalanan. Nilai net flow (NF) merupakan hasil akhir perhitungan data dari Metode Promethee dengan a1 sebesar -1,333; a2 sebesar -2,667 dan a3 sebesar 4. Hasil NF tersebut diurutkan untuk pilihan pertama dengan NF yang terbesar adalah kendaraan pribadi, transportasi umum, dan transportasi online.
OPTIMALISASI KEBUTUHAN AIR DAERAH IRIGASI BODRI BENDUNG JUWERO KABUPATEN KENDAL Ikhwanudin Ikhwanudin; F Yudaningrum; S Sholehah; N Fitriasari
Teknika Vol 17, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.461 KB) | DOI: 10.26623/teknika.v17i1.4868

Abstract

Kebutuhan air irigasi perlu diketahui karena merupakan salah satu tahap penting yang diperlukan untuk pengelolaan sistem irigasi. Berdasarkan hal tersebut, maksud dari penelitian ini  untuk mengoptimalisasi kebutuhan air irigasi dengan tujuan menghitung debit rencana (Q) pada daerah irigasi bodri serta mengetahui kebutuhan air daerah irigasi bodri. Untuk Daerah Irigasi Bodri tepatnya berada di Desa Triharjo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Luas daerah irigasinya seluas 7.705 Ha. Sumber air irigasinya berasal dari Sungai Bodri. Metode Penelitian menggunakan data primer dan data sekunder terdiri dari data curah hujan, data topografi, data klimatologi, dan data debit dengan tahapan analisis analisa hidrologi dan klimatologi. Pada perhitungan debit banjir rancang menggunakan metode terpilih yaitu nakayatsu, hasil dari perhitungan nayakatsu menunjukan debit (Q) banjir rancang beberapa tahun kedepan, yaitu Q2 sebesar 44,021 m3/detik, Q5 sebesar 57,133 m3/dt, Q10 sebesar 65,913 m3/detik, Q25 sebesar 77,224 m3/detik, Q50 sebesar 85,828 m3/detik, dan QP sebesar 218,104 m3/dt. Untuk kebutuhan air irigasi bodri bendung juwero dihitung dengan analisa klimatologi didapat 455,82 m3/det dengan luas 7.705 Ha. Untuk rata-rata debit selama 10 tahun adalah 664,53 m3/det sisa debit tersedia 208,71 m3/det pada irigasi bendung juwero, untuk sisa debit tersebut dapat dioptimalkan atau digunakan dengan memperluas area irigasi sebesar 1.500 Ha dengan total kebutuhan air irigasi 118,32 m3/det.
ANALISIS STRUKTUR SLAB ON PILE STUDI KASUS JALAN TOL SEMARANG – DEMAK SEKSI 2 Thomas Marcellino Santoso; Muhammad Sigit Wahyudi; Muhrozi Muhrozi; Indrastono Dwi Atmanto
Teknika Vol 17, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (597.878 KB) | DOI: 10.26623/teknika.v17i1.4823

Abstract

Slab on pile is one of the bridge structures used in the Semarang Demak Toll Road Project Section 2. The slab on pile structure consists of a slab, pile head, and piles. There are 2 (two) typical slab on pile bridges at this location, which are distinguished by the number and distance of the piles. 5 (five) piles in 1 (one) pile head with a spacing of 3.5 meters are used for piles with a freestanding of less than 6 meters. This pile configuration is located at STA 19 +658 to 19+793. Meanwhile, 6 (six) piles with a space of 2.8 m are used for piles with freestanding of more than 6 meters. This pile configuration is located at STA 19+800 to 19+894. At STA 19+674 there is an expansion joint that functions to accommodate all forms of movement that occur in the slab on pile structure. In addition, the span between the piles in the longitudinal direction is 7 meters. This slab on pile planning (SNI 1725:2016) "Loading for Bridges" and "Bridge Planning for Earthquake Loads" (SNI 2833:2016). Slab on pile planning is carried out with the help of SAP2000 software to determine the internal forces that occur in the slab on pile structure. The foundation system used in the modeling is a pile with spring support where the function of the spring support is to represent the nature of the soil. The result of this plan is to obtain a slab on pile structure design along with shop drawings.
KOMPARASI BIAYA OPRASIONAL POMPA AIR BAHAN BAKAR LISTRIK PADA LAHAN IRIGASI DESA MULYOREJO BOJONEGORO mohammad zainul ikhwan; Amanda Pradhani Yanwar
Teknika Vol 17, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.511 KB) | DOI: 10.26623/teknika.v17i1.4310

Abstract

Air merupakan kebutuhan utama mahluk hidup. Kegunaan air yang bersifat universal atau menyeluruh dari setiap aspek kehidupan menjadi semakin berharga baik secara kuantitas maupun kualitas. Pengelolaan sumber daya air untuk penyelenggaraan irigasi berkaitan dengan keberlangsungan sistem irigasi dalam rangka pemenuhan kebutuhan pangan yang terus meningkat. Untuk menjaga keberlangsungan sistem irigasi memerlukan biaya operasional untuk terus menjalankan  pengelolaan sumber daya air irigasi untuk mendukung kegiatan pengelolaan irigasi. Di desa Mulyorejo terdapat pengelolaan jasa irigasi pompa yang mengambil sumber air bengawan solo yang terletak tepat di utara desa Mulyorejo. Di dalam rumah pompa tersebut terdapat 2 pompa sentrifugal dengan merk torishima pump yang berkapasitas besar, saat ini pengguna jasa irigasi pompa hanya areal persawahan masyarakat desa Mulyorejo, Hasil dari penelitian kali ini adalah kebutuhan air areal persawahan 65 Ha desa Mulyorejo sebesar 1.012 m³/h, kapasitas pompa 1.102 m³/h, dan jam operasional pompa dalam satu kali musim panen 1.152 jam. Dan jumlah biaya operasional dalam satu kali musim panen sebesar Rp. 147.043.420 Dengan besarnya kapasitas pompa dan banyaknya ketersediaan air, perlu pengembangan luas areal persawahan yang teraliri jasa irigasi pompa, dengan membuka komunikasi ke petani di samping kiri ataupun kanan desa, guna memanfaatkan kelebihan air dari kapasitas pompa.

Page 1 of 1 | Total Record : 7