cover
Contact Name
Asrar Aspia Manurung
Contact Email
asraraspia@umsu.ac.id
Phone
+628116311985
Journal Mail Official
tsaqilajurnal@gmail.com
Editorial Address
Jalan Kapten Mukhtar Basri No 3 Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi
ISSN : -     EISSN : 28076273     DOI : https://doi.org/10.30596/tjpt
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi [TJPT] merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara untuk meningkatkan kemampuan dosen, peneliti dalam menulis dan meneliti dalam bidang pendidikan. dengan adanya jurnal ini, diharapkan menjadi wadah dalam mempublikasikan hasil karya baik penelitian maupun non penelitian. Jurnal ini pertama kali diterbitkan pada Juli 2021. Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi [TJPT] dengan akses terbuka dan peer-review. Rekomendasi oleh Editor tentang isu-isu Pendidikan tertentu yang akan dibahas dalam setiap volume dapat tersedia bagi calon kontributor untuk penerbitan volume pada bulan Juli dan Desember
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2021)" : 5 Documents clear
Pengenalan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika Geometri Dan Aljabar Di Mts N 5 Jember Rohmad Wahid
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.849 KB) | DOI: 10.30596/tjpt.v1i2.63

Abstract

Metode pendekatan yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah metode ekspositori dengan menggunakan slide presentasi dan handout yang berisi materi Software GeoGebra. Kemudian dilanjutkan dengan praktek yang cara menentukan letak titik, garis, kurva, dan menyelesaikan permasalahan-permasalahn berkaitan dengan geometri dan aljabar. Terakhir, mengadakan bimbingan serta diskusi mengenai pelatihan Software GeoGebra. Pada pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang diterapkan kepada siswa-siswi MTs N 5 Jember pengenalan aplikasikan software Geogebra ini berlangsung dengan baik dan lancar. Siswa-siswi sangat antusias dengan software Geogebra ini, mereka merasa menemukan mainan baru namun mainan tersebut mampu menghantarkan mereka untuk bisa lebih memahami matematika. Matematika yang mereka anggap sulit ternyata memiliki keunikan dalam pembelajarannya, Rasa ingin tahu mereka terhadap program ini sangat tinggi, sehingga mampu membuat mereka cepat dapat memahami materi geometri dan aljabar yang disajikan oleh software Geogebra. Program ini diciptakan untuk membantu permasalahan di kehidupan sehari-hari yang mana dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak dapat dipisahkan dari ilmu-ilmu matematika.
Penerapan Integral Dalam Kehidupan Sehari-Hari Berbantuan Autograph Nuraini Sri Bina
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.007 KB) | DOI: 10.30596/tjpt.v1i2.109

Abstract

Teknologi memegang peranan penting dalam pembelajaran Matematika. Saat ini segala kegiatan manusia sangat bergantung pada Teknologi. Autograph merupakan salah satu media pembelajaran berbasis Teknologi yang dapat membantu memecahkan persoalan Integral dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai penerapan Integral dalam kehidupan sehari-hari dan untuk mensosialisasikan media pembelajaran berbasis Teknologi yang dapat digunakan untuk membantu memecahkan persoalan Integral. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah studi permasalahan pada sekolah mitra, pemberian solusi, pre tes, serta post tes, dan evaluasi. Hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat menunjukkan 80% pengetahuan siswa tentang penerapan Integral dalam kehidupan sehari-hari meningkat dan 75% siswa mampu menggunakan Autograph dalam memecahkan persoalan Integral. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah Autograph dapat membantu memudahkan siswa dalam belajar Matematika.
Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pencegahan Bullying Verbal Di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Nu Malang Azlansyah Armansyah; M Iqbal Arraziq
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/tjpt.v1i2.226

Abstract

Bullying verbal sering terjadi di MTs Ma’arif NU Malang. Bullying Verbal memberikan dampak negatif terhadap siswa apabila tidak diatasi, sehingga siswa sulit untuk mencapai aktualisasi dirinya. Maka dengan kebijakan kepala sekolah yang tepat akan dapat mengatasi permasalahan tersebut. Sehingga proses pembelajaran di sekolah bisa terlaksana dengan efektif dan efesien. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis kebijakan kepala sekolah dalam mencegah perilaku bullying verbal pada siswa MTs Ma’arif NU Malang, (2) menganalisis perilaku bullying verbal pada siswa MTs Ma’arif NU Malang, (3) menganalisis penyebab terbentuknya perilaku bullying verbal pada siswa MTs Ma’arif NU Malang, (4) menganalisis implikasi kebijakan kepala sekolah dalam menangani pencegahan bullying verbal pada siswa MTs Ma’arif NU Malang. Untuk mencapai tujuan di atas, Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang dapat diambil melalui subjek, kepala sekolah, guru BK, wali kelas, guru-guru, siswa dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kebijakan kepala sekolah dalam pencegahan bullying verbal dengan cara mengarahkan guru-guru untuk melakukan pendekatan dan memberi tauladan kepada siswa, segera menegur dan menasehati bagi pelaku bullying verbal, memberi hukuman yang mendidik jika pelaku masih mengulangi bullying verbal, menyerahkan pelaku bullying verbal kepada guru BK jika guru tidak sanggup menangani, menyerahkan pelaku bullying verbal kepada kepala sekolah jika guru BK tidak sanggup menanganinya. (2) Bentuk bullying verbal yang dilakukan siswa MTs Ma’arif NU Malang berupa kata “dancok”, “goblok”, “gundulmu”, “raimu”, memanggil dengan nama orang tua dan mengina dengan kata “banci”. (3) Terbentuknya perilaku bullying verbal pada siswa MTs Ma’arif NU Malang disebabkan oleh rasa berkuasa, rasa ingin diperhatikan, iseng dan hiburan. (4) Implikasi kebijakan kepala sekolah dalam pencegahan bullying verbal sudah terlibat penuh dalam pelaksanaannya sehingga perubahan itu terbukti dirasakan siswa dan orang tua siswa.
Pengembangan Media Pembelajaran Power Director Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Endi Zunaedy Pasaribu; Mesra Wati Ritonga; Umay Anggryani Sipahutar
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (885.808 KB) | DOI: 10.30596/tjpt.v1i2.227

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa pada materi sistem persaamaan linear dua variabel (SPLDV) melalui pengembangan media pembelajran power direktor berbasis model pembelajaran discavery learning. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau reseach and development. Penelitian ini dilakukan di kelas X Akuntansi SMK Swasta Siti Banun dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengahasilkan suatu produk berupa media pembelajaran power direktor dalam bentuk animasi video pembelajaran berbasis model pembelajaran discavery learning yang diharapkan mampu meningkatkan minat belajar siswa dan meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah reseach and d evelopment dan dilakukan menggunakan tahapan pengembangan ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Dengan dikembangkannya media pembelajaran power direktor berbasis model pembelajaran discavery learning jika dilihat dari hasil tes kemampuan yang diberikan kepada siswa menggunakan rumus N-GAIN Ternormalisasi, hasil peningkatan kemampuan representasi matematis siswa sebesar 6,60 yang artinya kemampuan representasi matematis siswa meningkat termasuk kedalam kategori sedang.
Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMP Muhammadiyah 57 Medan Sarah Rhausan Nisa Nisa
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/tjpt.v1i2.333

Abstract

Keberhasilan prestasi belajar mengacu kepada proses kegiatan pembelajaran dikelas yang dapat dipengaruhi oleh kemampuan seorang guru. Faktanya prestasi belajar peserta didik dalam capaian ujian nasional, namun tidak sesuai dengan kenyataanya. Hasil yang seperti ini adanya kecurangan dalam pelaksanaan yang bertentangan dalam kinerja guru. Pemahaman mengenai prestasi belajar yang mengukur proses pendidikan berkembangnya tiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Hakikat pengertian pretasi belajar adalah hasil belajar peserta didik yang telah dikerjakan dan menghasilkan nilai yang didapatkan oleh seorang peserta didik. Bahwasannya symbol hasil prestasi belajar peserta didik dalam proses pendidikan adalah nilai yang tertuang dalam buku raport sebagai symbol pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Berkaitan dengan prestasi belajar peserta didik ada beberapa hal yang mempengaruhi yaitu seorang guru termasuk factor internal. Ketercapaian prestasi belajar peserta didik distandarkan dengan adanya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang pada masing-masing mata pelajaran memiliki standart disekolah yang dirumuskan oleh sekolah dam guru. Nilai nilai yang tertuang didalam raport merupakan bentuk nyata hasil prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada terdapat pengaruh kompetensi pedagogic guru terhdap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskrptif kuantitatif. Subjek dari ada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, penyebaran angket dan dokumentasi, adapun analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan teknis analisis data kuantitatif dengan menggunakan rumus regresi sederhana.

Page 1 of 1 | Total Record : 5