cover
Contact Name
La Ode Achmad Suherman
Contact Email
ldasuherman91@gmail.com
Phone
+6282296197872
Journal Mail Official
scejumbuton@gmail.com
Editorial Address
Jl. Betoambari, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara 93717
Location
Kota bau bau,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Shell Civil Engineering Journal
ISSN : 25032909     EISSN : 28288688     DOI : https://doi.org/10.35326/scej
Core Subject : Engineering,
SCEJ (Shell Civil Engineering Journal) is a periodic scientific journal published binually, in June and December by the Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah Buton. The SCEJ journal is a medium for publishing the scientific research results of students, academics, practitioners and observers in the fields of civil engineering including structures, construction management, water resources management, transportation, geotechnics, environmental engineering and their lessons. SCEJ welcomes articles in the form of research articles, review articles, technical notes and editorial notes.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2021): SCEJ (Shell Civil Engineering Journal)" : 5 Documents clear
Implementasi Prosedur dan Proses Penyelenggaraan Pemanfaatan Ruang Melalui Instrumen IMB di Kota Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur Fajar Sukmajaya; Osu Oheoputra Husen; Hasddin Hasddin; Haydir Haydir
SCEJ (Shell Civil Engineering Journal) Vol 6 No 1 (2021): SCEJ (Shell Civil Engineering Journal)
Publisher : Civil Engineering Faculty, Universitas Muhammadiyah Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (424.001 KB) | DOI: 10.35326/scej.v6i1.1295

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis prosedur dan proses pemanfaatan ruang kota (urban planning) dalam pengendalian pemanfaatan ruang melalui istrumen IMB di Kota Tirawuta. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur. Penelitian ini dilaksanakan di tahun 2020. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dan menggunakan desain survey. Informan adalah masyarakat Kota Tirawuta sebanyak 166 orang, ditentukan secara kuota sampling. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa sesuai dengan Kebijakan pemanfaatan ruang telah diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Kolaka Timur Nomor 25 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Bangunan Gedung. Prosedur dan proses dalam pemberian IMB melalui kewenangan Bupati sebagai penanggung jawab yang kemudian secara teknis pelayana perizinan diberikan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dinas PMPTSP) dan Dinas PUPR, Kecamatan dan dinas terlait lainnya. Prosedur dan proses implementasi penyelengaraan bangunan gedung melalui penerbitan IMB dalam pengendalian pemanfaatan ruang di Kecamatan Tirawuta tersebut telah ”sesuai” dengan ketentuan UU No. 28 Tahun 2002, Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang No. 16 Tahun 2018 dan Peraturan Bupati Kolaka Timur No. 25 Tahun 2018 tentang Penyelenggaran Bangunan Gedung.
Kelayakan Pengembangan Teknologi Elektirifikasi Pedesaan di Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Melalui Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTB) Di Kabupaten Wakatobi Eva Safitri Maladeni; Alfian Ishak
SCEJ (Shell Civil Engineering Journal) Vol 6 No 1 (2021): SCEJ (Shell Civil Engineering Journal)
Publisher : Civil Engineering Faculty, Universitas Muhammadiyah Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.618 KB) | DOI: 10.35326/scej.v6i1.1298

Abstract

Penelitian menganalisa potensi daya listrik tenaga angin sebagai sumber (alternatif) energi listrik di Kabupaten Wakatobi. Penelitian ini menggunakan pendektan kualitatif statistik dan survei. Data disajikan secara statistik dalam bentuk tabel. Hasil penelitian diketahui bahwa di Pulau Wangi-Wangi potensi energi listrik yang dihasilkan antara 1.921,14 KWh-2.379,81 KWh/years, Pulau Kaledupa antara 2.615,36 - 3.364,54 KWh/years, Pulau Tomia antara 3.433,82 - 3.556,84 KWh/years, dan Pulau Binongko antara 3.532,30 KWh/ - 4.076,49 KWh/years. Total energi listrik tenaga angin di Pulau Wangi-Wangi adalah 10.934,44 KWh, dapat melayani sekitar 24 Rumah Tangga. Pulau Kaledupa energi listrik yang dihasilkan sebesar 12.434,96 dapat melayani sekitar 28 Rumah Tangga. Total energi listrik di Pulau Tomia sebesar 13.960,88 mampu melayani sekitar 32 Rumah Tangga, sedangan di Pulau Binongko menghasilkan total energi listrik sebesar 14.768,53 mampu melayni 33 Rumah Tangga. Dengan demikian, maka pengembangan listrik tenaga angin layak dilakukan.
Pengaruh Kuat Tekan Beton dengan Menggunakan Bahan Tambah Botol Plastik Kemasan Air Mineral Jenis Polyethylene Terephthalate (Pet) Reski Apriliya; Syamsul Bahri Bahar; Muh. Sayfullah
SCEJ (Shell Civil Engineering Journal) Vol 6 No 1 (2021): SCEJ (Shell Civil Engineering Journal)
Publisher : Civil Engineering Faculty, Universitas Muhammadiyah Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (424.326 KB) | DOI: 10.35326/scej.v6i1.1546

Abstract

Beton merupakan campuran antara semen, agregat halus, agregat kasar, air, dan bahan tambahan lainnya (SNI 03-2847-2002). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan material serat cacahan botol plastik kemasan air mineral jenis Polyethylene Terephthalate (PET) dengan presentase penambahan 1,5%, sebagai bahan alternatif terhadap kekuatan beton. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode eksperimental. Berdasarkan hasil pengujian data kuat tekan beton, disimpulkan bahwa penurunan kuat tekan berdasarkan hasil penelitian pada sampel beton dengan campuran masing-masing menggunakan rata-rata FAS 0.5, campuran serat 0% pada umur 3 hari 73,0 Kg/Cm2, umur 7 hari 83,6 Kg/Cm2, dan umur 28 hari 123,6 Kg/Cm2. Sedangkan campuran serat 1,5% pada umur 3 hari 37,2 Kg/Cm2, umur 7 hari 70,5 Kg/Cm2, dan umur 28 hari 105,1 Kg/Cm2. Penambahan serat pada campuran beton dapat menurunkan kuat tekan beton dan menghasilkan nilai kuat tekan yang lebih rendah dibandingkan beton tanpa penambahan serat. Sehingga penambahan serat sangat berpengaruh terhadap kuat tekan beton.
Analisis Perbandingan Nilai Kerusakan Jalan Berdasarkan Pengamatan Metode Pci (Pavement Condition Index) dan Metode Iri (International Roughness Index) pada Jalan Poros Pasarwajo-Dongkala Kabupaten Buton Jeni Hardiana; Idwan Idwan; Agusman Agusman
SCEJ (Shell Civil Engineering Journal) Vol 6 No 1 (2021): SCEJ (Shell Civil Engineering Journal)
Publisher : Civil Engineering Faculty, Universitas Muhammadiyah Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/scej.v6i1.3362

Abstract

Jalan Poros Pasarwajo-Dongkala merupakan jalan arteri sekunder dengan tipe 1 lajur 2 arah. Kerusakan jalan yang terjadi pada jalan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain beban kendaraan yang berlebihan (overloading), arus lalu lintas padat karena jalur ini merupakan jalur perkantoran Takawa, pasar Kaloko, serta kawasan industri di antaranya Pusat Pelelangan Ikan (PPI), PT. Triko serta beberapa lainnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kerusakan jalan dan jenis penanganannya dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI dan International Roughness Index (IRI.) Proses survey dan pengukuran dilapangan dilakukan untuk mengetahui luasan kerusakan dan pengelompokkan tingkat kerusakan kemudian dianalisis dengan menggunakan metode PCI dan IRI untuk dapat mengidentifikasi kondisi perkerasan jalan serta jenis perbaikan yang dibutuhkan sesuai Permen PU No: 13/PRT/M/2011 dan metode Asphalt Institute MS-17. Hasil penelitian dan analisis dari metode PCI dan IRI diperoleh nilai yang cukup berbeda pada setiap segmennya yaitu pada metode PCI kondisi jalan sangat baik 12%, kondisi baik 36%, kondisi sedang 36%, rusak ringan 28% dan rusak berat 3%. Sedangkan pada metode IRI, kondisi jalan sangat baik 0%, kondisi baik 19%, kondisi sedang 53%, rusak ringan 28%, dan rusak berat. Untuk jenis penanganan kerusakan yang sesuai dengan metode PCI adalah tambalan dan lapis tambahan sebesar 68% dan rekonstruksi sebesar 32%. Sedangkan untuk metade IRI jenis penanganan yang sesuai adalah pemeliharaan berkala sebesar 53%, peningkatan jalan sebesar 28%, serta pemeliharaan rutin sebesar 19%.
Perbandingan Kekuatan Mutu Beton Biasa Dan Beton Campuran Air Hujan Safrin Suhardin; muh sayfullah; Syamsul Bahri Bahar
SCEJ (Shell Civil Engineering Journal) Vol 6 No 1 (2021): SCEJ (Shell Civil Engineering Journal)
Publisher : Civil Engineering Faculty, Universitas Muhammadiyah Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/scej.v6i1.3363

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mencari alternatif dalam bahan campuran pengganti air biasa, yaitu air hujan. Melalui studi ini, peneliti bertujuan untuk mengetahui apakah beton yang dicampur dengan air hujan memiliki kekuatan dan mutu yang sama dengan beton normal. Penelitian ini akan menguji rasio nilai tekannya baik dari beton campuran air hujan maupun beton biasa dan membandingkannya untuk mengetahui perbedaan kekuatan antara keduanya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif dalam penggunaan bahan campuran beton yang ramah lingkungan serta efektif dalam penggunaannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 5