cover
Contact Name
Ashil
Contact Email
ashil@iai-tribakti.ac.id
Phone
+6285708028044
Journal Mail Official
ashil@iai-tribakti.ac.id
Editorial Address
Jl. KH. Wahid Hasyim 62 Kediri 64114
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : -     EISSN : 27764117     DOI : https://doi.org/10.33367
Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini receiving research results in various fields related to Early Childhood Education including Cognitive Development, Development of Moral and Religious Values, Social-Emotional Development, Physical Motor Development, Language Development, Arts and Creative, Child Development Psychology, Parenting, Child Development Assessment, Institutions PAUD managers, learning strategies, media and educational tool play for early childhood, innovations in early childhood education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022): Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini" : 6 Documents clear
Pola Asuh Orangtua Generasi Milenial terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Siti Khumaeroh; RR. Deni Widjayatri
Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2022): Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Institut Agama Islam Tribakti Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33367/piaud.v2i2.2519

Abstract

Penelitian ini memaparkan tentang bagaimana perilaku sosial emosional anak dengan orangtua yang berasal dari generasi milenial dimana generasi milenial ini lahir bersamaan dengan mulainya teknologi. Subjek penelitian ini yaitu anak usia dini. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode studi literatur dengan melakukan telaah dari berbagai sumber ilmiah. Telaah ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh yang diterapkan oleh orangtua dari generasi milenial dan dampaknya terhadap perilaku sosial emosioanl anak usia dini. Berdasarkan telaah studi literatur ini, orangtua di generasi milenial harus memiliki kesadaran tentang penerapan pola asuh di era tekonologi yang memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Kata Kunci: Pola Asuh, Generasi Milenial, Sosial Emosional, Anak Usia Dini
Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Kegiatan Finger Painting Menggunakan Pasta Ajaib Pelangi Wuni Arum Sekar Sari; Novida Aprilina Nisa Fitri
Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2022): Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Institut Agama Islam Tribakti Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33367/piaud.v2i2.2870

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan finger painting menggunakan pasta ajaib pelangi di kelompok B Taman Kanak-kanak Dharma Wanita 1 Babadan Ngancar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2021/2022. Kegiatan finger painting menggunakan pasta ajaib pelangi ini dapat menarik minat anak guna meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus pada kegiatan finger painting ini menekankan pada penyelarasan antara mata dengan otot tangan anak serta kelenturan jari jemari anak. Sebagai subjek dalam penelitian ini yaitu anak kelompok B TK Dharma Wanita 1 Babadan dengan jumlah 15 anak, terdiri dari 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Peneliti telah mengadakan perbaikan pembeljaran yang dilaksanakan selama 5 hari pada siklus I dan dilanjutkan dengan 5 hari pada siklus II mengingat kemampuan motorik halus anak belum mencapai tingkat ketuntasan yang ditargetkan. Bersumber pada analisis data maka kami simpulkan bahwa aktivitas finger painting dengan menggunakan pasta ajaib pelangi bisa tingkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TK Dharma Wanita I Babadan Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2021/ 2022. Abstract This study aims to improve children's fine motor skills through finger painting activities using rainbow magic paste in group B of Dharma Wanita Kindergarten 1 Babadan Ngancar, Kediri Regency, Academic Year 2021/2022. Finger painting activities using rainbow magic paste can attract children's interest in order to improve children's fine motor skills. Efforts to improve fine motor skills in this finger painting activity emphasize the coordination of hand muscles and the flexibility of children's fingers. As subjects in this study, group B of Dharma Wanita 1 Babadan Kindergarten consisted of 15 children, consisting of 5 boys and 10 girls. Researchers have carried out learning improvements which are carried out for 5 days in cycle I and continued with 5 days in cycle II considering that children's fine motor abilities have not reached the targeted level of completeness. Based on data analysis, we conclude that finger painting activities using rainbow magic paste can improve fine motor skills in group B children of Dharma Wanita I Babadan Kindergarten, Ngancar District, Kediri Regency, Academic Year 2021/2022.
Pengembangan Media Labirin Berbasis Loose Part untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 tahun Siti Maimanah; Musayyadah; Danang Prasetyo
Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2022): Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Institut Agama Islam Tribakti Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33367/piaud.v2i2.2935

Abstract

Media pembelajaran hanya sebagai alat bantu untuk keberhasilan proses belajar mengajar, sebagai komponen terhadap keberhasilan proses belajar mengajar maka pengadaan media pembelajaran menjadi keharusan yang harus ada. Media pembelajaran disarankan harus terdiri dari unsur yang dapat mengembangkan seluruh potensi anak serta dapat menjadi solusi terhadap hambatan hambatan di proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan model dari borg and gall, lokasi penelitian ini di RA Nurul Hidayah Omben Sampang. Teknik pemerolehan data yang dipakai adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil keseluruhan dari penelitian ini menyatakan bahwasannya media labirin berbasis loose part dapat digunakan sebagai media pembelajaran mengacu terhadap hasil dari uji validasi serta uji coba kelompok kecil dan besar.
Implementasi Metode Bernyanyi dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Rianti; Sri Hayani; Isty Nurul Hidayati; Rati Kurniati; Solihatun Mufidah
Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2022): Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Institut Agama Islam Tribakti Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33367/piaud.v2i2.2963

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode bernyanyi untuk meningkatkan aspek perkembangan sosial emosional anak di TK PGRI Dewi Sartika. Dimana metode ini adalah metode utama yang selalu digunakan di setiap kegiatan pembelajaran pada anak di sekolah. Selain itu, metode bernyanyi juga bisa digunakan untuk mengembangkan aspek sosial emosional anak. Melalui bernyanyi, anak-anak sangat antusias dan senang mengikutinya. Metode ini digunakan pada kegiatan awal, inti dan penutup. Hasil penelitian yang telah dilakukan ini dapat menunjukkan bahwa aspek sosial emosional anak dapat berkembang dengan baik menggunakan metode bernyanyi. Kata Kunci: metode bernyanyi, sosial emosional, anak usia dini Abstract The purpose of this study was to describe the implementation of the singing method to develop children's social and emotional at PGRI Dewi Sartika Kindergarten. Where the singing method is the main method that is usually used in every learning activity in early childhood. In addition, the singing method can also be used to develop children's social and emotional aspects. By singing, the children are very enthusiastic and happy to follow it. This method is used in the initial, core and closing activities. The results indicate the social emotional aspects of children develop well after using this method. Keywords: singing method, social emotional, early childhood
Optimalisasi Youtube sebagai Sarana Menyalurkan Kreativitas Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Ana Falera
Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2022): Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Institut Agama Islam Tribakti Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33367/piaud.v2i2.2967

Abstract

Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) adalah calon pendidik Anak Usia Dini (AUD) yang mana mereka dituntut untuk kreatif dalam melaksanakan pembelajaran. Kreatif dalam hal mengkondisikan suasana kelas, kreatif dalam membuat media pembelajaran, kreatif dalam memilih alat dan bahan, dan juga kreatif dalam segala bidang demi menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak dan tidak mudah bosan. Optimalisasi youtube sebagai serana menyalurkan kreativitas mahasiswa PAUD dimulai dari membuat channel youtube, membuat pedoman upload video, membuat jadwal upload video, melakukan sosialisasi, melakukan evaluasi, dan terakhir adalah melakukan penyebarluasan link video yang telah diupload. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mendeskripsikan hasil penelitian terhadap subjek penelitian yaitu mahasiswa PAUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya dorongan pada mahasiswa untuk membuat video secara rutin, maka hal tersebut melatih mahasiswa untuk memiliki kemampuan kreatif. Dengan membiasakan mahasiswa untuk kreatif sejak duduk di bangku kuliah, maka menciptakan lulusan yang sudah memiliki kemampuan kreativitas yang mumpuni dan siap untuk menjadi pendidik PAUD.
Implementasi Sistem Informasi Manajemen dalam Mendukung Proses Pembelajaran Daring pada Pendidikan Anak Usia Dini Rani Astria Silvera Harahap; Rahyana Hasibuan
Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2022): Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Institut Agama Islam Tribakti Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33367/piaud.v2i2.2968

Abstract

In order to achieve the educational goals that are expected, teaching and learning activities in school institutions will be better if a school institution has an information system that can manage these learning activities. Management information system is a that can help a leader in the form of information in making decisions. Thus, the school institution can provide information with a variety of according to what is needed. Look at the current pandemic and development of information technology especially by educational institutions in early childhood education programs (PAUD), learning activities can take place remotely (online) via the internet assisted by parents. That way the learning that is done is more effective and efficient.

Page 1 of 1 | Total Record : 6