cover
Contact Name
CHARLYNA S. PURBA
Contact Email
charlyna.purba@gmail.com
Phone
+6281260145216
Journal Mail Official
jpab.polnep@gmail.com
Editorial Address
Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Pontianak, Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JURNAL PERSPEKTIF ADMINISTRASI DAN BISNIS
ISSN : 27234576     EISSN : 27234568     DOI : https://doi.org/10.31573/jpab
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Perspektif Administrasi dan Bisnis is an open access journal and peer-reviewed that publishes either original article or reviews. This journal focuses on: Marketing, Human Resources, Financial, Management Information System, Entrepreneurship, Operation Management, Consumer Behavior, Service Marketing, Corporate Governance, Business Ethics, Leadership, Strategic Management, Knowledge Management and Taxation.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2021)" : 5 Documents clear
ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LAYANAN PENDIDIKAN DI POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK Marsela Diaz; Syarifah Novieyana; Samuel Dendy Krisandi
JURNAL PERSPEKTIF ADMINISTRASI DAN BISNIS Vol. 2 No. 1 (2021)
Publisher : JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (753.968 KB) | DOI: 10.38062/jpab.v2i1.13

Abstract

Penelitian ini mengukur tingkat kepuasan mahasiswa atas layanan pendidikan yang disediakan di Politeknik Negeri Pontianak dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa. Kualitas layanan ditanyakan dalam penelitian ini menggunakan lima dimensi kualitas layanan yang dikembangkan oleh Parasuraman dkk yaitu Reliability (Keandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), Tangibles (Bukti Langsung) dan Emphaty (Empati). Kuesioner dalam penelitian ini terdiri dari 75 butir pertanyaan yang mewakili lima dimensi kualitas layanan. Responden penelitian ini sebanyak 468 mahasiswa yang tersebar dari delapan Jurusan yang ada di Politeknik Negeri Pontianak. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa secara keseluruhan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan pendidikan di Politeknik Negeri Pontianak sebesar 78,50 dan masuk dalam kategori PUAS. Selanjutkan berdasarkan hasil pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa berdasarkan lima dimensi kualitas layanan tersebut, dimensi Tangible mendapatkan nilai kepuasan paling rendah sebesar 73,49, dimensi Assurance mendapatkan nilai yang tertinggi sebesar 81.19. Hasil penelitian ini juga mengungkapkan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa yang paling rendah terdapat pada indikator kejelasan pemberian informasi pelayanan akademik, kelengkapan fasilitas olahraga dan layanan internet di kampus. Perlunya peningkatan kualitas layanan pendidikan diantaranya melakukan peningkatan kualitas dengan menambah fasilitas yang dibutuhkan oleh mahasiswa, memperbaiki layanan informasi akademik, meningkatkan akses internet dilingkungan kampus, serta menambah koleksi buku perpustakaan di Politeknik Negeri Pontianak.
PEMANFAATAN E-LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DALAM MENDUKUNG PPROSES PEMBELAJARAN MASA PANDEMI COVID-19 (CASE STUDY PADA JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK) Linda Suherma; Rizki Adithya; Yani Riyani; Kartawati Martdiah; Oscar Rynandi; Wahyudi; Rudi Tandra; Sulaiman
JURNAL PERSPEKTIF ADMINISTRASI DAN BISNIS Vol. 2 No. 1 (2021)
Publisher : JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.428 KB) | DOI: 10.38062/jpab.v2i1.14

Abstract

Pemanfaatan pembelajaran e-learning sangat efektif khususnya di masa pandemi COVID-19. Hal tersebut terkait dengan adanya kebijakan dari pemerintah pusat yang secara beruntun menetapkan status siaga, darurat bencana, hingga pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Tujuan dilakukannya pertama, hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk pengembangan dan penyempurnaan e-learning di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak. Kedua, hasil penelitian ini dapat dijadikan pihak jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak dalam mengembangkan model pembelajaran jarak jauh (distance learning). Alat pengumpulan data pada penelitian ini yakni menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Sampel penyebaran kuesioner dilakukan dengan menggunakan snowball sampling. Hasil dari penelitian ini disimpulkan pembelajaran melalui e-learning dalam hal pengunaan aplikasi sudah dapat dilakukan oleh mahasiswa namun penguasaan materi dinilai cukup. Dari hal tersebut, dilakukan inisiatif dalam menyusun modul pembelajaran berbasis multimedia yakni modul ajar mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi (untuk mata kuliah teori) dan Akuntansi Keuangan Menengah (untuk mata kuliah praktik). Pada pembelajaran e-learning yakni dengan memanfaatkan whatsapp Group untuk pemberian info link deskripsi ke GoogleClassroom serta memanfaatkan aplikasi flipbook.
ANALISIS IMC (INTEGRATEG MARKETING COMMUNICATION) DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN ONLINE PADA MASA PANDEMI DI KOTA PONTIANAK Utin Nina Hermina; Liliyana; Rudy Tandra
JURNAL PERSPEKTIF ADMINISTRASI DAN BISNIS Vol. 2 No. 1 (2021)
Publisher : JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.517 KB) | DOI: 10.38062/jpab.v2i1.15

Abstract

Penjualan secara online pada saat ini sudah merupakan kegiatan pemasaran yang menjadi trend topik masa kini. Penjualan yang menggunakan media internet ini menjadi pilihan para penjual untuk mengatasi turunnya penjualan langsung di pasar-pasar tradisional, mall-mall, dan toko-toko. IMC (Integrated Marketing Communication) merupakan proses pengembangan dan implementasi berbagai bentuk program komunikasi persuasif kepada pelanggan dan calon pelanggan secara berkelanjutan, dengan tujuan mempengaruhi atau memberikan efek langsung kepada perilaku khalayak sasaran yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa IMC melalui variabel periklanan, promosi, dan direct & online marketing berpengaruh terhadap meningkatnya penjualan kuliner secara online pada masa pandemi di Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan dilakukan pengambilan kuesioner terhadap penjualan kuliner secara online, data ditabulasi dan selanjutnya diuji dengan menggunakan alat analisis path untuk menyelidiki pengaruhnya dan regresi berganda. Data diolah dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS for windows versi 17. Hasil dari penelitian ini ditemukan adanya pengaruh IMC melalui variabel periklanan, promosi penjualan dan direct & online marketing terhadap penjualan kuliner secara online. Penelitian ini memiliki berbagai keterbatasan. Pertama, rata-rata responden menjawab bahwa Integrated marketing communication melalui periklanan, promosi penjualan dan direct online & marketing berpengaruh terhadap penjualan online. walaupun masih kurangnya menggunakan iklan untuk mengiklankan produk makanan yang mereka jual. Keterbatasan kedua, penelitian ini hanya dilakukan pada lingkup yang kecil yaitu di penjualan kuliner secara online, sehingga untuk keperluan generalisasi kurang bisa digunakan.
PERLINDUNGAN NASABAH DALAM PENERAPAN ELECTRONIC BANKING SEBAGAI BAGIAN AKTIFITAS BISNIS PERBANKAN DI INDONESIA Ade Borami Ju; Angel Tng; Nadia Carolina Weley; Hari Sutra Disemadi
JURNAL PERSPEKTIF ADMINISTRASI DAN BISNIS Vol. 2 No. 1 (2021)
Publisher : JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.239 KB) | DOI: 10.38062/jpab.v2i1.16

Abstract

Hukum perbankan adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang bank, menyangkut kelembagaan, kegiatan usaha serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya. Salah satu melaksanakan kegiatan usaha bank adalah memberikan pelayanan seperti e-banking. oleh karena itu, dalam penelitian ini akan membahas pelayanan e-banking menggunakan Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian secara normatif dan empiris dengan karakteristik khas atau dengan menitikberatkan pada seperangkat kaidah/norma hukum, kaidah, asas atau dogma-dogma/yurisprudensi. Di dalam perbankan sendiri terdapat beberapa fasilitas yang memudahkan nasabah dalam menjalankan kesehariannya, seperti fasilitas internet banking yang ditawarkan oleh pihak bank. Namun, dibalik kelebihan dan positifnya transaksi yang dapat dilakukan oleh nasabah, ada juga kekurangan dan sisi negative yang dapat mengincarnya, yaitu kebocoran data yang disebabkan oleh phising dan pembobolan akun, sehingga dibutuhkannya perlindungan hukum bagi nasabah yang diatur di dalam “Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan”.
ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA BADAN PENGELOLA PERBATASAN DAERAH PROVINSI KALIMANTAN BARAT Abdullah; Januardi M. Diah; Charlyna S. Purba
JURNAL PERSPEKTIF ADMINISTRASI DAN BISNIS Vol. 2 No. 1 (2021)
Publisher : JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.947 KB) | DOI: 10.38062/jpab.v2i1.17

Abstract

Penyelenggaraan pemerintahan di kawasan perbatasan adalah bagian penting suksesnya pembangunan di kawasan perbatasan. Badan Pengelola Perbatasan Daerah Provinsi Kalimantan Barat dituntut mencapai kinerja optimal menjalankan fungsi koordinasi dalam pengelolaan kawasan perbatasan Provinsi Kalimantan Barat-Serawak. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang diangka dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kinerja Badan Pengelola Perbatasan Daerah Provinsi Kalimantan Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengutamakan data primer melalui kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan kompetensi dan kinerja Badan Pengelola Perbatasan Daerah Provinsi Kalimantan Barat. Hasil analisis hubungan kompetensi dengan kinerja diperoleh ada sebanyak empat responden memiliki kompetensi rendah dan memiliki kinerja yang buruk. Serta 16 responden memiliki kompetensi tinggi dan memiliki kinerja baik. Hasil uji statistik diperoleh nilai p=0,043. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan kompetensi dengan kinerja di BPPD Provinsi Kalimantan Barat.

Page 1 of 1 | Total Record : 5