cover
Contact Name
R.Gesah Mukti Prabowo
Contact Email
jamanta.unita@unita.ac.id
Phone
+628161358345
Journal Mail Official
jamanta.unita@unita.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi Jln. Ki Mangun Sarkoro Beji- Tulungagung
Location
Kab. tulungagung,
Jawa timur
INDONESIA
JAMANTA
ISSN : -     EISSN : 28277694     DOI : https://doi.org/10.36563/jamanta_unita.v1i1.417
Jurnal ini penyebarluasan hasil penelitian (diseminasi), Analisis putusan maupun kajian ilmiah dari mahasiswa bersama pembimbingnya (corresponding author) yang dikelola oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi program prodi Akuntansi, Universitas Tulungagung. JAMANTA diterbitkan 2 (dua) kali dalam setiap tahunnya pada bulan Juli dan Desember. Jurnal Mahasiswa Ekonomi Akuntansi diharapkan menjadi jurnal ilmiah dan berkaitan pada penelitian-penelitian Akuntansi oleh seluruh mahasiswa Akuntansi . Jurnal JAMANTA ini mempublikasikan artikel-artikel kontemporer mengenai akuntansi dari sebuah analisis kasus, jurnal ini diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dalam versi online.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022)" : 6 Documents clear
PERAN MASYARAKAT DALAM PEMBAYARAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN Ranifa Sandhea Putri; Rizky Vernanda Kurniwan; Sintya Prasetyani Sintya
JAMANTA : JURNAL MAHASISWA AKUNTANSI UNITA Vol. 2 No. 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36563/jamanta_unita.v2i2.699

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah masyarakat di KecamatanSendang Kabupaten Tulungagung sudah berperan aktif dalam membayar Pajak Bumi danBangunan (PBB). Metode yang digunakan adalah kuantitatif yaitu analisis yang menggambarkandan menjelaskan kondisi objek penelitian dengan menyajikan data dalam bentuk tabel dananalisis data menggunakan perhitungan matematis. Data yang digunakan adalah tanggapan dariresponden mengenai pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan, Pokok Pajak Bumi dan Bangunan diKecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahuibahwa dari sepuluh pertanyaan dalam kuesioner yang dibagikan kepada responden,pertanyaan/elemen sampel ke-7 (dalam membayar pajak, apakah bapak tidak keberatan?)berada di bawah Batas Pengendalian Bawah (BKB). Artinya, unsur-unsur pertanyaan/sampeltersebut di atas memiliki tanggapan yang kurang baik dalam rangka pemenuhan kewajiban PajakBumi dan Bangunan di Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung yang harus segera dicaripenyebabnya dan dilakukan upaya-upaya untuk memperbaikinya. Pihak kecamatan perlumempertahankan capaian kinerja agar tetap memberikan sosialisasi kepada wajib pajak agarmemiliki kesadaran dan kemauan untuk memenuhi kewajibannya.Kata kunci: Pemenuhan pembayaran, Pajak Bumi dan Bangunan, Penerimaan sector pajak
DAMPAK KENAIKAN TARIF PAJAK PERTAMBAHAN NILAI(PPN) PADA MASYARAKAT DI INDONESIA Lintang S; Fatchul Majid; Hilda Shofiatus Sholikhah
JAMANTA : JURNAL MAHASISWA AKUNTANSI UNITA Vol. 2 No. 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36563/jamanta_unita.v2i2.701

Abstract

Pajak ialah suatu kontribusi atau iuran wajib yang dibayarkan oleh rakyat atau wajib pajak kepada negara yang bersifat memaksa dengan tidak mendapat imbalan secara langsung yang digunakan untuk kepentingan pemerintah dan kesejahteraan masyarakat. Terdapat beberapa macam pajak yang ada di Indonesia, salah satunya adalah PPN (Pajak Pertambahan Nilai). PPN diartikan sebagai pungutan pemerintah yang dibebankan atas setiap transaksi jual-beli barang maupun jasa yang dilakukan oleh wajib pajak pribadi atau wajib pajak badan yang telah menjadi Pengusaha Kena Pajak (PKP). Pemerintah resmi menaikkan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 11 persen yang sebelumnya memiliki besaran tarif PPN sebesar 10 persen. Kenaikan PPN ditujukan untuk menanjakkan ekonomi Indonesia dalam jangka panjang dan membantu membiayai APBN. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari kenaikan tarif PPN bagi masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Keabsahan data diperoleh dengan cara mencari informasi dari berbagai sumber.Hasil penelitian ini yaitu meskipun kenaikan tarif PPN sangat beresiko namun kenaikan tarif PPN tidak akan mengganggu proses pemulihan ekonomi, karena kebutuhan pokok, edukasi, layanan kesehatan dan sosial tetap tidak dikenakan PPN.
ANALISIS PELAKSANAAN SISTEM INFORMASI KESEHATAN PADA KLINIK RAWAT INAP PKU MUHAMMADIYAH luluk yuliana; Rifki Firdaus
JAMANTA : JURNAL MAHASISWA AKUNTANSI UNITA Vol. 2 No. 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36563/jamanta_unita.v2i2.728

Abstract

Abstract The health information system is an important part of a health system. PKU Muhammadiyah is a health service unit for the Kanigoro, Kras and surrounding areas. The purpose of this research is to analyze the information system that is run in PKU Muhammadiyah. Qualitative research methods with the System Development Life Cycle (SDLC) approach were used as the method in this research. Data collection was carried out using detailed interviews and direct observation. The research results show that the health information system contained in PKU has not been realized as expected, this is due to the recording and reporting processes that are still carried out manually. low security and lack of data integration, and the results of the information are not yet similar to the requirements for making decisions. Keywords: Health Information System, Muhammadiyah Clinic, Service Abstrak Sistem informasi kesehatan menjadi bagian penting pada sebuah sistem kesehatan. PKU Muhammadiyah merupakan unit pelayanan kesehatan untuk lingkup wilayah Kanigoro, Kras dan sekitarnya. Tujuan dari penelitian adalah menganalisis sistem informasi yang dijalankan di PKU Muhammadiyah. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan System Development Life Cycle (SDLC) dipakai sebagai metode dalam penelitian tersebut. Pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara secara detail serta observasi langsung. Hasil riset menunjukkan bahwa sistem informasi kesehatan yang terdapat di PKU belum terealisasi sesuai harapan, hal ini disebabkan oleh proses pencatatan serta pelaporan yang masih dilaksanakan manual. rendahnya pengamanan dan belum terdapatnya integrasi data, dan hasil informasi belum serupa dengan keperluan dalam pengambilan ketetapan. Kata kunci: Sistem Informasi Kesehatan, Klinik Muhammadiyah, Pelayanan
KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KENDARAAN BERMOTOR Irvada Putri Irvada; Rissa Eka Aprillia Saputri; Nurma Widyaningtyas
JAMANTA : JURNAL MAHASISWA AKUNTANSI UNITA Vol. 2 No. 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36563/jamanta_unita.v2i2.697

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pajak daerah yang ditetapkan dalam bentuk undang-undang bersifat memaksa karena mengandung sanksi hukum berupa sanksi administratif dan sanksi pidana. Walaupun pajak bersifat memaksa, Petugas pajak tidak boleh menyalahgunakan pajak yang dibayarkan oleh wajib pajak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, karena datanya penelitian dilakukan melalui penggalian informasi yang rinci dan mendalam terkait Pajak kendaraan bermotor di Tulungagung. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Implementasi Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Tulungagung sudah optimal. Hal ini terlihat dari rendahnya tunggakan pajak kendaraan bermotor di kantor Samsat Tulungagung, (2) Faktor penghambat pelaksanaan pemungutan pajak kendaraan mengendarai sepeda motor di Kabupaten Tulungagung merupakan kesadaran wajib pajak yang rendah untuk melaksanakan kewajibannya membayar pajak, (3) efektifitas pelaksanaannya Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Tulungagung sudah efektif terlihat dari target realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor mencapai 102% meskipun masih ada kendala yang dihadapi oleh Kantor Samsat Tulungagung.
PENERAPAN DIGITAL MARKETING DI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN PADA TOKO KUE NAK MBAREP DI KEPATIHAN TULUNGAGUNG Iswatul Saldina; Novita Anjarsari
JAMANTA : JURNAL MAHASISWA AKUNTANSI UNITA Vol. 2 No. 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36563/jamanta_unita.v2i2.796

Abstract

Abstract Currently, the progress of marketing communications is not only carried out regularly. Entrepreneurs or companies also use internet media to reach potential customers. Social media is one of the marketing activities that uses information technology and the internet to enhance traditional marketing functions. The advantages of social media are very helpful in the marketing process. When carrying out marketing communications, companies must determine the right strategy to achieve the goals set. The right strategy will provide benefits for the company. This study describes the strategy for using Instagram as a digital marketing communication medium using a descriptive qualitative method. This study uses literature study techniques to obtain data and references. Based on the results obtained, it is known that Instagram is designed so that later it will be used for digital marketing communication media. Keywords: Strategy, Marketing, Social Media, Instagram Abstrak Saat ini, kemajuan komunikasi pemasaran bukan saja dilaksanakan secara teratur. Pengusaha atau perusahaan juga memakai media internet untuk menggapai calon konsumen. Media sosial menjadi salah satu aktifitas pemasaran yang memakai teknologi informasi dan internet untuk peningkatan fungsi pemasaran tradisional. Keunggulan media sosial sangat membantu pada proses pemasaran. Pada saat melaksanakan komunikasi pemasaran, perusahaan wajib menentukan strategi yang tepat guna mewujudkan tujuan yang ditetapkan. Strategi yang tepat akan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Penelitian ini menjelaskan terkait strategi pemakaian Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini memakai teknik studi literatur untuk mendapatkan data dan referensi. Berdasarkan hasil yang didapatkan diketahui bahwa Instagram dirancang supaya nantinya dipakai untuk media komunikasi pemasaran digital. Kata kunci:, Pemasaran,Media sosial,Instagram
INOVASI PELAYANAN TERPADU SATU PINTU BERBASIS IT DALAM MENGHADAPI ERA DIGITAL DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN TULUNGAGUNG dennisa rachma; Luluk Yuliana; Neti Suhartanti
JAMANTA : JURNAL MAHASISWA AKUNTANSI UNITA Vol. 2 No. 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36563/jamanta_unita.v2i2.800

Abstract

Abstract The world is currently undergoing a transformation, namely the revolution in public services. To overcome this, an idea was issued in digital form using the Internet of Things (IoT), big data, automation, robotics, cloud, to artificial intelligence. This transformation is experienced not only in the private sector, but also in government organizations. The method used in this journal is a qualitative method. This article has the aim of explaining how public service innovation at the Office of the Ministry of Religion of Tulungagung Regency in facing the digital era in PLHUT and PTSP, SISKOHAT (Integrated Hajj Computerized Information System) and SIMPEL (Electronic Service Management Information System) are forms of IT-based public service innovation implemented at the Office of the Ministry of Religion of Tulungagung Regency in facing the digital era. Keywords: Innovation, Public Service, one stop integrated service Abstrak Dunia pada saat ini sedang mengalami sebuah transformasi, yaitu revolusi jasa pelayanan publik. Untuk mengatasi hal tersebut maka keluarlah sebuah ide dalam bentuk digital dengan menggunakan Internet of Things (IoT), big data, otomasi, robotika, cloud, sampai artificial intelligence. transformasi tersebut dialami bukan saja di sektor swasta, melainkan terjadi juga di organisasi pemerintah. Metode yang dipakai pada jurnal ini yaitu metode kualitatif. Artikel ini mempunyai tujuan menjelaskan bagaimana inovasi pelayanan publik di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung dalam menghadapi era digital di PLHUT dan PTSP, SISKOHAT (Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu) dan SIMPEL (Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Elektronik) adalah bentuk inovasi pelayanan publik berbasis IT yang dilaksanakan pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung dalam menghadapi era digital. Kata kunci: Inovasi, Pelayanan Publik, pelayanan terpadu satu pintu

Page 1 of 1 | Total Record : 6