cover
Contact Name
Dede Permana
Contact Email
dedepermana@lecturer.unri.ac.id
Phone
+6285333566610
Journal Mail Official
kpd@ejournal.unri.ac.id
Editorial Address
Gedung B1, FKIP Universitas Riau Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru, Bina Widya, Pekanbaru Riau Indonesia 28293
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Kiprah Pendidikan
Published by Universitas Riau
ISSN : 28100433     EISSN : 28278909     DOI : https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2
Jurnal Kiprah Pendidikan [ 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal Kiprah Pendidikan is a educational journal published by Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. The journal was first published in 2022 and published every January, April, July, and October. The journal is open to authors around the world regardless of nationality. This journal publication covers issues concerning education and teaching at the level of primary, secondary and higher education. This article is based on the results of research and theoretical studies which are equivalent to research supported by various theoretical studies that produce research in the form of educational research, learning research, classroom action research, and development. The fields of science include: (1) Social Sciences; (2) Education; (3) Mathematics Education; (4) Language Education; (5) Science Education; (6) Arts and Culture Education; (7) Early Childhood Education; (8) Civics Educational; (9) Religious Education; (10) Physical Education; (11) Education and Teaching; (12) Educational Psychology; (13) Learning Media; (14) Education Management; (15) Educational Technology; (16) Music Education; and (17) Economics Education.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | April 2022" : 9 Documents clear
PENTINGNYA MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN Dwi Iwan Suranto; Saipul Annur; Ibrahim; Afif Alfiyanto
Jurnal Kiprah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | April 2022
Publisher : Program Studi Pendididikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (759.518 KB) | DOI: 10.33578/kpd.v1i2.26

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sarana prasarana sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Hal itu dapat dilihat dari 1) pengertian sarana prasarana, yaitu sarana dan prasarana mempunyai fungsi dan peran dalam pencapaian kegiatan pembelajaran sesuai kurikulum satuan pendidikan; 2) pengertian manajemen sarana prasarana, yaitu sarana dan prasarana didayagunakan dan dikelola untuk kepentingan proses pembelajaran di sekolah: 3) prinsip-prinsip manajemen sarana prasarana, yaitu a) prinsip percapaian tujuan, b) prinsip efisiensi, c) prinsip administratif, d) prinsip kejelasan tanggung jawab, dam e) prisip kekohesifan; 4) proses manajemen sarana prasarana, yaitu proses perencanaan, pengadaan, penggunaan, inventarisasi, pemeliharaan, dan penghapusan; dan 5) sarana prasarana dan peningkatan mutu pendidikan, yaitu sekolah yang memiliki sarana dan prasarana yang memadai akan mampu meningkatkan mutu pendidikan sekolah.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG TRIGONOMETRI MELALUI METODE JIGSAW BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID Hermanto; Mita Akbar Sukmarini
Jurnal Kiprah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | April 2022
Publisher : Program Studi Pendididikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (746.171 KB) | DOI: 10.33578/kpd.v1i2.28

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui media pembelajaran berbasis android yang efektif untuk meningkatakan hasil belajar peserta didik pada pembahasan trigonometri menggunakan metode jigsaw. Metode penelitian menggunakan metode komparasi dan eksperimen. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelasiXIa sebagaiikelas kontrolidan kelasiXId sebagaiikelasieksperimen, dimanaimasing-masing kelas terdiri dari 25 peserta didik. Pertemuan yang dilaksanakan yaitu 6 kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran jigsaw menggunakan mediaiberbasis android untukikelas Eksperimenidan metode konvensional untuk kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa  yaitu  maka semua kelas di nyatakan homogen dan dengan nilai 12.28  1.978. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada kelas eksperimen dengan menggunakan jigsaw. Hal ini dikarenakan penggunaan media android pada metode jigsaw lebih menarik minat dibandingan dengan menggunakan metodeikonvensional. Sehingga penggunakan metode jigsaw berbantu android akan lebih efektif dalam proses pembelajaran matematika.  
STUDI ETNOBOTANI MASYARAKAT SUKU USING KABUPATEN BANYUWANGI PEWARNA ALAMI UNTUK MATA KULIAH ETNOBOTANI Dwi Swastanti Ridianingsih; Meliyana Aini
Jurnal Kiprah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | April 2022
Publisher : Program Studi Pendididikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (735.203 KB) | DOI: 10.33578/kpd.v1i2.29

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan dalam pembelajaran etnobotani. Jenis penelitian adalah penelitian studi Etnobotani yang dilakukan melalui survei lapangan dengan dua tahap yaitu, metode observatif (penentuan responden) dan survei Eksploratif (kegiatan wawancara). Penelitian studi Etnobotani Masyarakat Using ini diharapkan menjadi solusi dalam pembelajaran Etnobotani di Perguruan Tinggi. Hasil penelitian studi Etnobotani untuk pewarna alami didapatkan 12 spesies tumbuhan dari sembilan Famili antara lain: Zingiberaceae, Pandanaceae, Cactaceae, Mussaceae, Poaceae, Verbenaceae, Euphorbiaceae, Rubiaceae, Arecaceae. Beberapa dimanfaatkan sebagai pewarna alami dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Suku Using Kabupaten Banyuwangi, dengan adanya penelitian ini sangat bermanfaat dalam pengenalan nama ilmiah tumbuhan, dan klasifikasi tumbuhan bermanfaat khususnya pada pembelajaran dikelas, sehingga mahasiswa tidak hanya mengerti manfaatnya saja tetapi mereka juga mengerti klasifikasi dari tumbuhanan tersebut.
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MELALUI SOAL OPEN-ENDED Diah Wahyuni; Bening Sri Palupi
Jurnal Kiprah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | April 2022
Publisher : Program Studi Pendididikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (760.765 KB) | DOI: 10.33578/kpd.v1i2.30

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif matematis menjadi modal utama bagi individu dalam menghadapi perkembangan abad 21. Kementerian pendidikan dan kebudayaan melalui kurikulum 2013 juga memberi fokus pada ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SDN 1 Beran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa tes melalui soal open-ended. Analisis interaktif Milles & Huberman digunakan untuk menganalisis data. Teknik uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan kreatif matematis siswa di sekolah tersebut berada pada tingkat 2 (cukup kreatif).
PERAN KEPALA MADRASAH DALAM SUPERVISI PEMBELAJARAN GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH FATULMUBIN Nur Asia Boy; Asmawati R. Sengaji; Louay Almuhtadi Billah; Muhammad Nizam
Jurnal Kiprah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | April 2022
Publisher : Program Studi Pendididikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (773.582 KB) | DOI: 10.33578/kpd.v1i2.31

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab mengenai peran Kepala Madrasah dalam supervisi pembelajaran guru di MIS Fatulmubin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian wawancara menunjukkan bahwa Supervisi yang dilakukan oleh Kepala Madrasah terhadap guru maupun pegawai dengan cara membuat pembinaan, mensosialisasikan, membuat jadwal pelaksanaan, menganalisis dan mengambil tindakan lanjut berjalan dengan baik serta peran Kepala Madrasah dalam supervisi mengunjungi kelas sangatlah penting karena untuk memperbaiki kinerja guru, yaitu pengajaran agar lebih baik lagi. Serta berguna untuk meningkatkan daya tarik bagi siswa untuk terciptanya kelas dalam kondisi yang menyenangkan dan nyaman untuk berjalannya proses belajar mengajar. Pelaksanaan supervisi pembelajaran oleh kepala madrasah diklaim sangat baik sebab hasil supervisi tersebut guru mampu mendapatkan pengetahuan serta pula guru mampu mengetahui kekurangan dan kelebihan mereka selama ini dalam melaksanakan tugas menjadi pendidik.  
HUBUNGAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SD MUHAMMADIYAH 6 PEKANBARU Vany Febriani
Jurnal Kiprah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | April 2022
Publisher : Program Studi Pendididikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (738.981 KB) | DOI: 10.33578/kpd.v1i2.33

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan lingkungan terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas III, IV dan V SD Muhammdiyah 6 Pekanbaru. hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan lingkungan terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas III, IV dan V SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru dengan populasi sebanyak 173 orang yang terdiri dari kelas III, IV dan V dan sampel sebanyak 63 orang yang dipilih secara random. Instrumen. Pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi Product Moment dilakukan dengan olahan data SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif atau signifikan antara hubungan pengetahuan lingkungan terhadap sikap peduli lingkungan siswa SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Terbukti dari hasil analisis data, hubungan antara pengetahuan lingkungan terhadap sikap peduli lingkungan siswa diperoleh sebesar 0,36 yang menunjukkan bahwahubungannya berada pada kategori lemah
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 194 PEKANBARU Eka Lestari; Syahrilfuddin; Zariul Antosa
Jurnal Kiprah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | April 2022
Publisher : Program Studi Pendididikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (651.586 KB) | DOI: 10.33578/kpd.v1i2.34

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pada saat proses pembelajaran matematika ditemukan kurangnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika, sehingga hasil belajar mereka terbilang rendah dan tidak sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Bentuk kuasi design yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-equivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 194 Pekanbaru sebanyak 31 siswa kelas VA dan 31 siswa kelas VB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD Negeri 194 Pekanbaru. Hal ini terlihat dari hasil post test, dimana banyaknya jumlah siswa pada kelas eksperimen yang dinyatakan dalam kriteria kemampuan sangat baik dan baik lebih banyak, yaitu 9 siswadan 12 siswa dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya 3 siswa dengan kriteria sangat baik dan 12 siswa dalam kriteria baik. Selain itu, nilai rata-rata pada kedua kelas tersebut menunjukkan bahwa kelas eksperimen mencapai nilai lebih tinggi. Model pembelajaran kooperatif tipe think talk write memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Negeri 194 pekanbaru.
ANALISIS SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS IV SDN 130 PEKANBARU Yeni Armawinda; Eddy Noviana; Neni Hermita
Jurnal Kiprah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | April 2022
Publisher : Program Studi Pendididikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (718.674 KB) | DOI: 10.33578/kpd.v1i2.35

Abstract

Pendidikan dilakukan melalui proses pembelajaran yang dimana perkembangan dunia pendidikan dari tahun ketahun mengalami perubahan seperti bergesernya karakter anak bangsa. Banyak hal yang telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan salah satunya perubahan kurikulum yang pada saat ini berlaku kurikulum 2013 yang menanamkan tentang pendidikan karakter. Terdapat 18 nilai karaker yang mengarahkan sikap siswa kepada perilaku yang baik. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan salah satu nilai karakter yaitu sikap toleransi di kelas IV SDN 130 Pekanbaru. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui kuesioner dan wawancara dengan teknik analisis data berupa angka-angka statistik yang mengacu pada skala likert kemudian dideskripsikan. Hasil dari penelitian ini bahwa siswa memiliki sikap toleransi dengan kategori sangat tinggi dan konversi sangat toleransi. Penelitian ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan memperluas wawasan peneliti dibidang pendidikan khususnya dalam sikap toleransi, dan sebagai bahan pertimbangan untuk peneliti yang akan datang.
PENGEMBANGAN BAHAN BACAAN PERMULAAN DENGAN METODE KATA LEMBAGA PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR Ayu Wildasari
Jurnal Kiprah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | April 2022
Publisher : Program Studi Pendididikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (836.157 KB) | DOI: 10.33578/kpd.v1i2.36

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan bacaan permulaan dengan metode kata lembaga pada siswa kelas I sekolah dasar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana pengembangan bahan bacaan permulaan dengan metode kata lembaga pada siswa kelas I sekolah dasar?. Tujuan penelitian ini adalah: mendeskripsikan pengembangan bahan bacaan permulaan dengan metode kata lembaga pada siswa kelas I. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu Analyse (analisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluasi (evaluasi). Pengeumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan angket, instrumen penelitian yang digunakan telah melalui proses validasi dengan validator.jenis data yang dihasilkan berupa anlisis deskriptif yang di anlisis menggunakan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kualitas produk.Hasil validasi dari para ahli menyatakan produk bahan bacaan permulaan dengan metode kata lembaga pada siswa kelas I Sekolah Dasar yang dikembangkan oleh penelitian sangat layak digunakan. Penilaian ahli media dengan persentase rata-rata skor 87,5% dengan kategori sangat layak, penilaian ahli materi dengan persentase rata-rata skor 93,7% dengan kategori sangat layak, penilaian ahli pengguna (media) dengan persentase rata-rata skor 87,5% dengan kategori sangat layak, dan penilaian ahli pengguna (materi) dengan persentase rata-rata skor 90,6% dengan kategori sangat layak.

Page 1 of 1 | Total Record : 9