cover
Contact Name
MEILATY FINTHARIASARI
Contact Email
mheyfinta@umb.ac.id
Phone
+628117392000
Journal Mail Official
jamekisfe@umb.ac.id
Editorial Address
Jl. Bali, Kp. Bali, Kec. Tlk. Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu 38119
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS)
ISSN : 26556359     EISSN : 2656436X     DOI : https://doi.org/10.36085/jam-ekis
Focus and Scope JAM-EKIS is a peer-reviewed journal. Ekombis invites academics and researchers who do original research in the fields of economics, management, and accounting, dan Islamic economic including but not limited to: Management Science Marketing Financial management Human Resource Management International Business Entrepreneurship Economics Monetary Economics, Finance, and Banking International Economics Public Economics Economic development Regional Economy Accounting Sciences Taxation and Public Sector Accounting Accounting information system Auditing Financial Accounting Management accounting Behavioral accounting Economic Of Islamic Economic Of Islamic Teory
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS)" : 15 Documents clear
ANALISIS PENILAIAN KINERJA KEUANGAN BANK MENGGUNAKAN TEKNIK DU PONT SYSTEM (STUDI PT. BANK TABUNGAN DAN PENSIUNAN NEGARA (BTPN) SYARIAH PERIODE 2017-2020 Febri Syafly Fadhilah; Nurul Hak; Kustin Hartini
Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS) Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Melalui penggunaan sistem DuPont dan uji NPM, TATO,dan ROI, tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja keuangan Bank Tabungan dan Pensiunan Negara (BTPN) Syariah untuk tahun 2017 hingga 2020.Penelitian kuantitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Menurut temuan tersebut, kinerja Bank BTPN Syariah bervariasi setiap tahunnya. NPM terendah selama empat tahun adalah pada tahun 2019, ketika itu 35,63 persen, dan NPM tertinggi pada tahun 2018.In 2019, tato terbesar adalah 0,256 kali, sedangkan yang terkecil adalah 0,068 kali pada tahun 2020.Selain itu, ROI terendah adalah 5,13 persen pada tahun 2020, sedangkan ROI tertinggi adalah 9,12 persen pada tahun 2019.ROI Bank BTPN Syariah dikatakan Sehat dengan rata-rata 7,47%, sehingga meskipun level DuPont System di Bank BTPN Syariah mengalami fluktuasi, namun tetap dikatakan positif karena kriteria level DuPont System ditentukan.
TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP KELAYAKAN BISNIS PERKREDITAN PADA UD. MENTARI QREDIT KOTA BENGKULU Maharani; Desi Isnaini; Badaruddin Nurhab
Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS) Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bisnis perkreditan pada UD. Mentari Qredit Kota Bengkulu ditinjau dari Ekonomi Islam. Jenis penelitian ini, yaitu field research yang bersifat deskriptif-analitik, menggunakan pendekatan kualitatif, dan teknik penentuan sampel dilakukan secara sengaja (purposive). Adapun aspek-aspek kelayakan bisnis yang dianalisis, seperti aspek hukum, aspek teknis/operasi, aspek pasar dan pemasaran, aspek keuangan, serta aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika dilihat dari tinjauan ekonomi Islam, maka UD. Mentari Qredit Kota Bengkulu telah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam, karena sudah menerapkan kejujuran dalam setiap kegiatan usaha, spesifikasi barang dagang jelas, transparansi perjanjian, kesepakatan berlaku atas suka sama suka (tidak ada paksaan), menetapkan harga dengan transparan dan jelas, menghindari riba, serta berpegang teguh pada prinsip ta’awun (tolong-menolong) dalam kegiatan jual beli.
Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Curup Mandiri Jaya Tv Kabel fauzi afriansyah; Khairul Bahrun
Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS) Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Curup Mandiri Jaya TV Kabel, baik secara parsial maupun simultan. Yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah Karyawan yang berjumlah 50 orang. Dalam penenlitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan cara observasi, penyebaran angket atau kuisioner dan wawancara. Ada beberapa variable bebas (x) yang akan dibahas dalam penelitian ini, diantaranya Motivasi dan Lingkungan Kerja. Yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah Karyawan pada Curup Mandiri Jaya TV Kabel yang berjumlah 50 orang. Dalam penenlitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan cara observasi, penyebaran angket atau kuisioner dan wawancara. Dari hasil uji regresi linier berganda didapat persamaan regresinya adalah sebagai berikut : Y = 1.063 + 0.460 () + 0.301 (X2). Hasil uji t pada variabel Motivasi (X1) menunjukkan thitung> ttabel (11.020>2.01174) dan (sig < = 0,000<0,050), Lingkungan Kerja (X2) menunjukkan thitung> ttabel (3.160>2.01174) dan (sig< = 0,003<0,050). Sedangkan uji F diperoleh >yaitu (108.122>3.199) dan (sig< = 0.000<0,050). Dari hasil pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa variabel Motivasi (X1), dan Lingkungan Kerja (X2) berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap Kinerja Karyawan pada Curup Mandiri Jaya TV Kabel.
PENERAPAN MAQASHID SYARIAH DALAM EKONOMI ISLAM Intan Permata Sari; Eka Sri Wahyuni; Kustin Hartini
Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS) Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the urgency of maqashid sharia in Islamic economics and to determine the application of maqashid sharia based on its business aspects. This type of research, namely library research relating to library data collection methods, uses a qualitative approach. The results of the study show that maqashid sharia has a dual role, namely: as a control tool as well as a social engineering tool to realize human benefit. It provides a rational philosophical foundation of economic activity. Without maqashid sharia, the understanding and practice of Islamic economics will become narrow, rigid, static and slow. Islamic economics will lose the spirit and substance of its shari'ah. In the application of maqashid business in the Islamic economy, it can be seen that every agreement must be clear, the obligation to work and produce, Al-Kharraj bi adh-Dhaman (Balance between Profits and Risks), maqashid prohibits gharar and maqashid prohibits wasting wealth.
STRATEGI MARKETING SYARIAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN DI TOKO ADZKIA KELURAHAN KEBUN GERAN KOTA BENGKULU Sovita Alfioni; Idwal B; Faisal Muttaqin
Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS) Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Traders or entrepreneurs are required to have a good and reliable marketing strategy so that it does not only sell well in the market but is also able to compete. The purpose of this study is to find out what sharia marketing strategies are and what are the obstacles to sharia marketing and their solutions. This research method uses qualitative research with a descriptive approach. The marketing concept at adzkia stores is in accordance with the four characteristics of marketing in Islam, namely: Theistic (rabbaniyyah), Ethical (akhlaqiyyah), realistic (al-waqiyyah), humanistic (insaniyyah). Obstacles and solutions, serving consumers the solution by providing enthusiasm and motivation, closing the shop at prayer times the solution is sticking paper in front of the store as a form of notification, price competition solutions explaining to consumers that price is in accordance with quality, there is still a lack of interest in Muslim fashion the solution is selling contemporary products.
Strategi Pemasaran Syariah Pada Aila Fashion Serba Tiga Puluh Lima Ribu Kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu Wahyu Anugraha jaya; Supardi Mursalin; Makmur
Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS) Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to determine the implementation of sharia marketing strategies at Aila Fashion Thirty-Five Thousand All-round Fashion in Bengkulu City. To test this, researchers used quantitative methods with primary data collection techniques in the form of interviews with 6 informants. The results showed that the implementation of the sharia marketing strategy at the Aila Fashion All-round 35000 Store in Bengkulu City was by creating attractive and reliable offers, providing excellent service, providing memorable value, offering an up to date business model, and building synergy with stakeholders. However, the implementation has not been fully implemented properly, because the Aila Fashion All-round 35000 Shop in Bengkulu City has not been able to provide maximum excellent service and the products offered seem old-fashioned and not the latest or up to date, while creating attractive offers provides impressive value. , and building synergy with stakeholders The Aila Fashion All-round 35000 Shop, Bengkulu City, has done well.
ANALYSIS OF THE APPLICATION OF BALANCED SCORECARD TO THE PERFORMANCE OF MICRO SMALL MEDIUM ENTERPRISES ENGGAL FURNITURE INDUSTRY Ikbal Mahadi Aziz Junisa Anugra Putri; Ummul Khair
Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS) Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The performance of medium-sized MSMEs is a description of the performance conditions of an MSME which is analyzed by four perspectives of Finance, Customers, Internal Business, Learning and Growth, This study aims to determine the performance of Enggal Furniture using the balance scorecard method.This research was conducted at Enggal Furniture. The type of data used in this study is qualitative data while the data sources are primary, secondary. Data collection methods are carried out using documentation, interviews. Data analysis techniques using balance scorecard analysis with four perspectives, namely: financial perspective, customer perspective, internal business process perspective, and growth and learning.The results of the financial perspective research net profit margin performance level is quite good gross profit margin performance level is very good and good. Customer perspective, customer retention performance level is quite good and good while customer acquisition performance level is quite good. Internal business process perspective, Innovation performance level is not good, AETR is at a bad performance level. While the growth and learning perspective for employee performance levels is included in the performance level is not good.
pengaruh gaya hidup dan label halal terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah pada mahasiswa prodi manajemen universitas muhammadiyah bengkulu(studi kasus pada mahasiswa angkatan 2019 mahasiswa prodi manajemen fakultas ekonomi dan bisnis) Ema Yara Ema; Meiffa Herfianti
Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS) Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian pada Mahasiswa angkatan 2019 mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan rumusan masalah apakah gaya hidup dan label Halal berpengaruh terhadap Kerputusan Pembelian Kosmetik Wardah pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Bengkulu dan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah gaya hidup dan label Halal berpengaruh terhadap Kerputusan Pembelian Kosmetik Wardah pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pada Mahasiswa angkatan 2019 mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis berjumlah 90 orang responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan total samplingberdasarkan kreteria yang telah ditetapkan berjumlah 90 orang responden. Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan kuesioner. Data yang telah diolah dianalisis menggunakan rumus SPSS 24 Gaya Hidup () dan Label Halal () secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada Mahasiswa Angkatan 2019 Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Berdasarkan uji koefisien korelasi didapat nilai R= 0,526 dan koefisien determinasi = 0,277 nilai mempunyai makna bahwa Gaya Hidup () dan Label Halal () memberikan kontribusi pengaruh sebesar 0,277 atau 27,7% terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada Mahasiswa Angkatan 2019 Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. sedangkan sisanya sebesar 0.723 atau 72.3% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
STRATEGI DIGITAL BAURAN PEMASARAN 4P TERHADAP KINERJA UMKM KOTA SAMARINDA MRisal Risal; , Damayanti
Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS) Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the digital strategy of the 4p marketing mix on the performance of MSMEs in Palopo City. This method uses a quantitative method using primary data, the data collection method uses a questionnaire survey to 80 respondents of MSMEs in Palopo City. The analysis in this study uses multiple linear regression analysis, after the data is collected the analysis data uses the SPSS version 23 program. The results of this study are multiple linear regression analysis using the coefficient of determination (R2) and hypothesis testing (T). The results of this study indicate that product (X1), price (X2), promotion (X3), place (X4), have a positive or significant effect on the performance of SMEs
PENGARUH SERVICE RECOVERY DAN PRODUCT QUALITY TERHADAP CUSTUMER RETENTION (STUDI KASUS PT. BINTANG MOTOR KOTA BENGKULU) Reni Indriani; Alvin Nia
Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS) Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Service Recovery dan Product Quality terhadap Customer Retention (Studi Kasus PT. Bintang Motor Kota Bengkulu). Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan menggunakan metode non probability sampling atau Accidental sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 120 orang. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel Service Recovery berpengaruh signifikan terhadap variabel Customer Retention dengan nilai thitung > ttabel (10,782 > 1,980) dan Sig. (0,000 < 0,05), H1 diterima, Product Quality berpengaruh signifikan terhadap variabel Customer Retention dengan nilai thitung > ttabel (2,715 > 1,980) dan Sig. (0,008 < 0,05), H2 diterima, sedangkan uji f Service Recovery dan Product Quality secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Customer Retention dengan nilai thitung > ttabel (171,268 > 3,07) dan Sig. (0,000 < 0,05) sehingga H3 diterima. Tingkat signifikan secara keseluruhan sebesar (Sig. a = 0,000 < 0,05). Serta memiliki persamaan regresi Y = 1.151 + 0,683X1 + 0,110X2 dan koefisien determinasi R2 nilai Adjust R Square adalah 0,652. Dan faktor yang paling dominan dengan nilai koefisien regresi paling besar yaitu variabel Service Recovery (X1) dengan nilai 0,683.

Page 1 of 2 | Total Record : 15