cover
Contact Name
Ismail
Contact Email
lppm@unipol.ac.id
Phone
+6285343666997
Journal Mail Official
lppm@unipol.ac.id
Editorial Address
Jl. Kesatria No. 60 Watansoppeng, Kelurahan Botto Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan-Indonesia
Location
Kab. soppeng,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen dan Akuntansi)
ISSN : 26214547     EISSN : 27237478     DOI : https://doi.org/10.57093/metansi
Core Subject : Economy,
Lembaga Jurnal Ilmiah METANSI Universitas Lamappapoleonro adalah Lembaga Penerbitan Penelitian Ilmiah yang disiplin Ilmu Ekonomi. Lembaga METANSI juga merupakan Wadah yang dapat mempermudah dosen untuk mempublikasikan Penelitiannya. METANSI Menerbitkan artikel setiap bulan april dan oktober
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen dan Akuntansi)" : 13 Documents clear
Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Mandiri, Tbk Cabang Pembantu Soppeng Andi Adawiah; Asmini Asmini
Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi” Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57093/metansi.v6i1.176

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Kecerdasan Emosional Berpengaruh Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Mandiri, Tbk Cabang Pembantu Soppeng, sedangkan Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Mandiri, Tbk Cabang Pembantu Soppeng. Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank Mandiri, Tbk Cabang pembantu Soppeng yang berlokasi di Jl. Kemakmuran watansoppeng, Kelurahan Lemba, Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng, Penentuan sampel menggunakan teknik Samping Jenuh, merupakan teknik pengambilan sampel dengan mengambil semua populasi menjadi sampel, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Bank Mandiri, Tbk Cabang Pembantu Soppeng yang berjumlah 32 orang. Untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja karyawan, maka digunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis penelitian mengenai pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja karyawan maka dapat disimpulkan bahwa : Kecerdasan Emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja karyawan pada PT. Bank Mandiri, Tbk Cabang Pembantu Soppeng. Berdasarkan hasil kesimpulan yang telah dikemukakan di atas, maka dapat Disarankan kepada PT. Bank Mandiri, Tbk Cabang Pembantu Soppeng untuk lebih memperhatikan kecerdasan emosional setiap karyawannya sehingga tercipta kompetensi sosial yang baik sehingga kecerdasan emosional karyawan dapat terus dipertahankan dan terus meningkat yang pada gilirannya juga akan meningkatkan Kinerja karyawan pada PT. Bank Mandiri, Tbk Cabang Soppeng
Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Triple 8 Riverside Resort Kabupaten Soppeng Surianti Surianti; Mukhlis Abbas; Nurhidayah Nurhidayah
Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi” Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57093/metansi.v6i1.177

Abstract

Permasalahan dalam hal ini Triple 8 The Riverside Resort belum maksimal dalam menjalankan promosi. Pada situs resmi Triple 8 The Riverside Resort, beberapa pengunjung yang memberikan ulasan bahwa kurangnya discount yang diberikan meskipun sudah melakukan pembelanjaan dengan jumlah yang banyak dan hadiah lainnya yang dapat menunjang peningkatan penjualan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap peningkatan penjualan pada Triple 8 The Riverside Resort Kabupaten Soppeng. Penelitian ini dilakukan pada Triple 8 The Riverside Resort yang terletak diJalan Lompo Raya 888 ,Kelurahan Lemba, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng, Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Teknik Random Sampling merupakan jenis pengambilan sampel di mana setiap orang di seluruh populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih. Dalam penelitian ini peneliti menentukan sampelnya dari konsumen yang dating padaTriple 8 The Riverside Resort pada saat peneliti melakukan penelitian., sehingga sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden., Untuk mengetahui Pengaruh Promosi terhadap Peningkatan penjualan pada Triple 8 The Riverside Resort maka digunakan Analisis Regresi Linear Sederhana. Berdasarkan hasil analisis penelitian mengenai pengaruh Promosi The Riverside Resort Kabupaten Soppeng, maka dapat disimpulkan bahwa Promosi berpengaruh The Riverside Resort Kabupaten Soppeng. Berdasarkan hasil kesimpulan yang telah dikemukakan di atas, maka dapat Disarankan kepada pihak Triple 8 The Riverside Resort Kabupaten Soppeng agar meningkatkan promosi dengan memperhatikan Indikator Pesan Promosi, Media Promosi, Waktu Promosi dan Frekuensi Promosi, agar Penjualan pada Triple 8 The Riverside Resort Kabupaten Soppeng terus meningkat
Pengaruh Sistem Manajemen Mutu Iso Terhadap Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan Melalui Budaya Kualitas di Amik Luwuk Banggai Ahmad Ahmad; Imelda Firda Unsong; Lilis Pernanengsi M
Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi” Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57093/metansi.v6i1.178

Abstract

Penelitian tentang pengaruh Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan melalui budaya kualitas di AMIK Luwuk Banggai, dengan objek penelitian di AMIK Luwuk Banggai. SMM ISO, dilihat dari tiga dimensi, yaitu perencanaan Akreditasi Program Studi dan Institusi, komitmen institusi dalam ISO, dan implementasi standar operasional prosedur. Data penelitian diperoleh dari sampel 30 responden tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menemukan bahwa perencanaan akreditasi, komitmen institusi dalam ISO dan implementasi standar operasional prosedur dipersepsikan sudah sangat baik oleh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta berpengaruh positif secara signifikan terhadap budaya kualitas institusi. Selanjutnya budaya kualitas berpengaruh positif secara signifikan terhadap kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Namun demikian, budaya kualitas masih dipersepsikan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan belum terlalu baik, dikarenakan pemberdayaan, keterlibatan dan quality improvement team work belum dijalankan secara optimal
Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda di CV. Nusantara Sakti Group Soppeng Asnia Minarti; Verry Ginoga; Erpiana Erpiana
Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi” Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57093/metansi.v6i1.179

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian motor Honda pada CV Nusantara Sakti Soppeng 2) Pengaruh Asosiasi Merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada Nusantara Sakti Soppeng 3) Pengaruh Persepsi Kualitas terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada Nusantara Sakti Soppeng 4) Pengaruh Loyalitas Merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada Nusantara Sakti Soppeng 5) Pengaruh ekuitas merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek berpengaruh secara bersama-sama pada keputusan pembelian sepeda motor Honda di CV Nusantara Sakti Soppeng. Prosedur pengujian yang digunakan adalah inspeksi purposive dengan model bahwa individu memiliki mobil Honda cruiser. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Prosedur pengujian instrumen yang digunakan dalam eksplorasi ini adalah uji legitimasi dan kualitas tak tergoyahkan dan strategi penelusuran informasi yang digunakan adalah pemeriksaan kekambuhan langsung yang berbeda. Dari konsentrat tersebut maka dapat disimpulkan bahwa 1) Ekuitas Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, dan Loyalitas Merek secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pilihan pembelian sepeda motor Honda di CV Nusantara Sakti Soppeng 2) Asosiasi Merek berpengaruh signifikan terhadap pilihan pembelian sepeda motor Honda di Indonesia 3) Persepsi Kualitas berpengaruh signifikan terhadap pilihan pembelian mobil Honda pada CV Nusantara Sakti 4) Loyalitas Merek berpengaruh signifikan terhadap pilihan pembelian sepeda motor Honda di CV Nusantara Sakti Soppeng 5) Ketergantungan Merek berpengaruh signifikan terhadap pilihan pembelian Sepeda Motor di CV Nusantara Sakti
Pengaruh Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Toko Bombay Tekstil Soppeng Mansur Mansur; Suhairi Suhairi; Dian Putri Nugroho
Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi” Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57093/metansi.v6i1.180

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Toko Bombay Tekstil Soppeng. Penelitian dilakukan di Toko Bombay Tekstil yang berlokasi di Jl. Kemakmuran Watansoppeng, Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik sampling jenuh, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah karyawan Toko Bombay Tekstil Soppeng yang berjumlah 10 orang, Untuk mengetahui Pengaruh Motivasi terhadap produktivitas kerja karyawan pada Toko Bombay Tekstil Soppeng maka digunakan Analisis Regresi Linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis, analisis regresi linear sederhana dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa : Variabel Motivasi berpengaruh signifikan terhadap Produktivitas Kerja karyawan pada Toko Bombay Tekstil Soppeng. Berdasarkan hasil kesimpulan yang telah dikemukakan di atas, maka dapat Disarankan kepada pihak Toko Bombay Tekstil Soppeng agar Lebih memperhatikan Motivasi yang diberikan kepada Karyawan, utamanya dalam pemberian dorongan berupa bonus dan insentif tambahan agar Produktivitas kerja karyawan pada Toko Bombay Tekstil Soppeng dapat lebih meningkat lagi
Pengaruh Pelaksanaan Seleksi Dan Pengembangan Karir Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Pegadaian Kcp Watansoppeng Royani Royani; Mutmainna Andi Sudirman
Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi” Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57093/metansi.v6i1.181

Abstract

PT Pegadaian KCP Watansoppeng dalam menyeleksi calon karyawan di dasarkan atas hubungan keluarga yang memiliki suatu jabatan didalam perusahaan tersebut, bukan berdasarkan hasil dari seleksi yang sudah didapat karena sebuah proses seleksi karyawan pada umunya. selain itu dalam pengembangan karir terdapat masalah seperti kurangnya pelatihan yang di berikan perusahaan kepada karyawan, penilaian kerja yang kurang objektif dan adil terhadap karyawan, dan tidak sesuainya tingkat pendidikan dan tugas yang diberikan perusahaan sehingga dapat menurunkan prestasi kerja karyawan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pelaksanaan Seleksi terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Pegadaian KCP Watansoppeng dan Untuk mengetahui Pengaruh Pengembangan Karir terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Pegadaian KCP Watansoppeng. Analisis ini digunakan untuk mengetahui pengaruh antara faktor Seleksi dan pengembangan karir Prestasi kerja karyawan PT. Pegadaian KCP Watansoppeng yaitu regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat diperoleh hasil persamaan regresi linear berganda Y = -8,180 + 0,517X1 + 0,315X2. Berdasarkan Uji T, maka dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil t hitung 4,219 > t tabel 1,96 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Seleksi terhadap Prestasi Kerja
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Dua Putra Mario Pratama Andi Rahma Nur Alam; Nurmal Nurmal; Nurlia Nurlia
Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi” Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57093/metansi.v6i1.182

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada PT. Dua Putra Mario Pratama. Variabel dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan sebagai variabel bebas dan kinerja karyawan sebagai variabel terikat. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pimpinan dan seluruh karyawan PT. Dua Putra Mario Pratama yang berjumlah 10 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan ialah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana yang telah dilakukan dengan bantuan SPSS for Windows versi 23 . Diperoleh persamaan regresi linear sederhana Y’= 24,195+ 0,470X. Maka dapat diartikan bahwa apabila gaya kepemimpinan mengalami peningkatan 1%, maka kinerja karyawan akan meningkat sebesar 0,470. Dari hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai R2 = 0,527 yang berarti gaya kepemimpinanmemiliki kontribusi terhadap kinerja karyawan sebesar 52,7%, sedangkan sisanya 47,3% dipengaruhi faktor lain diluar variabel penelitian ini. Sementara dari hasil analisis uji t diperoleh nilai signifikan 0,017 <0,05 yang berarti gaya kepemimpinanberpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, dengan demikian hipotesis diterima
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Pada Yayasan Pendidikan An-Nailah Kabupaten Soppeng Puji Rahmah; Muhammad Alamsyah Ramli; Nursakia Nursakia
Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi” Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57093/metansi.v6i1.183

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan pada Yayasan pendidikan An-Nailah di Kabupaten Soppeng, Untuk mengetahui pengaruh Harga terhadap loyalitas pelanggan pada Yayasan pendidikan An-Nailah di Kabupaten Soppeng, Untuk mengetahui pengaruh Promosi terhadap loyalitas pelanggan pada Yayasan pendidikan An-Nailah di Kabupaten Soppeng. Tehnik sampling yang digunakan adalah teknik accidental sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara tidak sengaja bertemu dengan peneliti maka orang tersebut dapat dijadikan sampel., sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 77 responden. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan promosi terhadap loyalitas pelanggan maka digunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Dari hasil analisis regresi berganda dan pembahasan pada bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : Vaiabel Kualitas Layanan berpengaruh Terhadap Loyalitas pelanggan pada Yayasan Pendidikan An-nailah Kabupaten Soppeng. Variabel Harga berpengaruh Terhadap Loyalitas pelanggan pada Yayasan Pendidikan An-nailah Kabupaten Soppeng. Variabel Promosi berpengaruh Terhadap Loyalitas pelanggan pada Yayasan Pendidikan An-nailah Kabupaten Soppeng
Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Industri Dasar Dan Kimia Di Bursa Efek Indonesia Nur Achriaty; Syafaah Putri
Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi” Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57093/metansi.v6i1.184

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai variabel intervening. Data dalam penelitian ini, menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor industry dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebanyak 68 perusahaan. Sampel penelitian sebanyak 23 perusahaan, periode Tahun 2019 sampai dengan 2022. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur dengan bantuan program SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Keuangan mampu memediasi hubungan Value Added Capital Employed (VACA) dan Structural Capital Value Added (STVA) terhadap Nilai Perusahaan. Sementara Value Added Human Capital (VAHU) terhadap Nilai Perusahaan melalui Kinerja Keuangan tidak mampu memediasi hubungan kedua variabel tersebut
Penerapan Sistem Informasi dan Ekonomi Kreatif Untuk Keunggulan Kompetitif Agrowisata di Kabupaten Soppeng Lilis Purnanengsi Mas’ud; Nurmilasari Nurmilasari; Yusri Yusri
Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi” Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57093/metansi.v6i1.185

Abstract

Agrowisata merupakan rangkaian kegiatan wisata yang memanfaatkan potensi pertanian sebagai obyek wisata, baik potensial berupa pemandangan alam kawasan pertaniannya maupun kekhasan dan keanekaragaman aktivitas produksi dan teknologi pertanian serta budaya masyarakat petaninya (UU. Nomor: 10/2009 tentang kepariwisataan dan UU. Nomor: 12 tentang Agrowisataa, Ekowisata, Wisata Religi, serta Wisata Halal). Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreatifitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif yang menjadi pengejawantahannya, dan seiring berjalannya waktu perkembangan ekonomi sampai pada taraf ekonomi kreatif dimana hal itu akan terwujud dengan di dahului oleh konsep ekonomi informasi yang mana informasi menjadi hal yang utama dalam pengembangan ekonomi. Sistem informasi manajemen merupakan suatu perangkat ekonomi perusahaan yang menjadi pendukung bagi jalannya roda suatu bisnis. Dalam penelitian ini sistem informasi manajemen akan lebih ditekankan pada pengadopsian teknologi informasi oleh perusahaan pariwisata dan pelaku bisnis di lingkungan objek pariwisata dalam menjalankan roda usahanya dan untuk penciptaan produk/jasa industri kreatif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh manajemen sumber daya manusia, sistem elektronik, dan sistem informasi organisasi yang di moderasi industri ekonomi kreatif terhadap keunggulan kompetitif agrowisata, perusahaan, dan objek wisata yang ada di Kabupaten Soppeng. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriftif dan asosiatif, hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sumber daya manusia sangat berpengaruh signifikan terhadap keunggulan kompetitif dengan era industri ekonomi kreatif, sistem informasi elektronik tidak berpengaruh signifikan terhadap keunggulan kompetitif dengan era industri ekonomi kreatif, dan sistem informasi organisasi berpengaruh signifikan terhadap keunggulan kompetitif dengan era industri ekonomi kreatif

Page 1 of 2 | Total Record : 13