cover
Contact Name
Mister Gidion Maru
Contact Email
mrgidionmaru@unima.ac.id
Phone
+6281340075651
Journal Mail Official
mrgidionmaru@unima.ac.id
Editorial Address
Jl Kampus Tonsaru, Tondano
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
ISSN : 23373504     EISSN : 27979970     DOI : 10.36582
The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in order to improve, the quality of science, and the dissemination of knowledge and technology for students, lecturers and observers of science in the scope of the fields of language and art as well as literature and culture. KOMPETENSI articles in the form of research results, or the results of studies and reflections on practices and learning methods related to language, literature, art, culture and teaching that have never been published before.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni" : 7 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING DALAM MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA Maria Yunita Bude; Joni Junius Loho; Nontje Jultje Pangemanan
KOMPETENSI Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36582/kompetensi.v2i04.4796

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran model genius learning dalam menulis teks anekdot (2) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X IPS 3 dengan penerapan model pembelajaran genius learning. Manfaat penelitian ini adalah, diharapkan memberikan manfaat untuk meningkatkan menulis siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Tondano dengan menerapkan model pembelaaran genius learning. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu metode yang secara khusus memusatkan perhatian pada pemecahan masalah aktual yang terjadi di masa kini, dengan menggunakan teknik penelitian observasi, wawancara dan sesi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa menulis teks anekdot dengan menggunakan pembelajaran genius learning siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Tondano belum memadai jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal) yang ditetapkan oleh sekolah 23 siswa atau setara yaitu 75 %.
ANALISIS NILAI PENDIDIKAN PADA FILM KELUARGA CEMARA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA Melisa Golonggom; Santje Iroth; Victory Rotty
KOMPETENSI Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36582/kompetensi.v2i04.4797

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mengungkap nilai pendidikan apa saja yang terdapat dalam film Keluarga Cemara dan mengimplikasikan nilai pendidikan film tersebut dalam pembelajaran sastra. Penelitian ini menggunakan teori nilai pendidikan menurut Setiadi. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menganalisis film Keluarga Cemara untuk mengungkap nilai pendidikan dengan memperhatikan adegan-adegan dan ungkapan-ungkapan dalam film. Hasil penelitian menunjukan adanya tujuh nilai pendidikan yakni : Sabar, tanggung jawab, semangat gotong royong jujur, pekerja keras, rajin dan percaya diiri. Adapun implikasinya terhadap pembelajaran sastra dilihat dari nilai-nilai pendidikan yang telah diteliti, peneliti menemukan bahwa film menjadi media yang paling efektif dalam pembelajaran sastra sehingga dapat membangun semangat belajar serta memberikan banyak pembelajaran melalui film yang ditonton.
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CITIZEN PROSEDUR Andre Gunawan Herung; , Donal M. Ratu; Intama J. Polii
KOMPETENSI Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36582/kompetensi.v2i04.4798

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran citizen prosedur serta kemampuan menulis setelah pembelajaran pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tondano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 6 Tondano yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks prosedur dengan menggunakan model citizen prosedur telah terlaksana dengan baik dannilai rata-rata siswa yaitu 80,8% dengan kategori mampu dalam menulis teks prosedur. Pada aspek isi, nilai rata-rata siswa adalah 86,5% atau dalam kategori mampu. Pada aspek struktur, nilai rata-rata siswa adalah 98% atau dalam kategori sangat mampu. Pada aspek kaidah penulisan, nilai rata-rata siswa adalah 67% atau dalam kategori cukup mampu, dan pada aspek ciri kebahasaan nilai rata-rata siswa adalah 75,6% atau dalam kategori cukup mampu.
EFEKTIVITAS MEDIA KARTU BERGAMBAR DALAM MENULIS HURUF HIRAGANA SISWA DI SMA NEGERI 1 TONDANO Wenanda C. Kuhuwael; Jusuf D. Ondang; Fitri I. Gama
KOMPETENSI Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36582/kompetensi.v2i04.4799

Abstract

Efektivitas Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Menulis Huruf Hiragana Siswa Di SMA Negeri 1 Tondano“. Media kartu bergambar ini merupakan salah satu media pembelajaran bagi tingkat pemula khususnya pelajar, kartu ini memuat masingmasing huruf Hiragana, cara baca dan urutan penulisannya untuk meningkatkan aktivitas berfikir, mempermudah daya ingat siswa dan meningkatkan penguasaanhuruf Hiragana. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis huruf Hiragana sebelum dan sesudah menggunakan media kartu bergambar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tondano, dengan populasi siswa kelas X Bahasa sebanyak 40 orang siswa. Sampel yang digunakan adalah 20 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true experimental design dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistic uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan media kartu bergambar dalam penguasaan menulis huruf Hiragana bahasa Jepang. Hal ini dibuktikan dari rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperiment 68 dan pada kelas kontrol 55,9, dan dari hasil hipotesis dengan menggunakan statistic uji-t diperoleh hasil dimana ????ℎ???????????????????? = 4,78 > dari pada ???????????????????????? = 1,68 sehingga nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media kartu bergambar lebih baik dari rata-rata hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media kartu bergambar.
KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERBASIS DARING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 DUMOGA Ivanda Dewinta Modundo; Thelma M. Wengkang; Wimsje R. Palar
KOMPETENSI Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36582/kompetensi.v2i04.4801

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 4 Dumoga dalam menulis teks prosedur. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam dalam penelitian ini ialah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Dumoga yang berjumlah 30 siswa. Untuk mengumpulkan data maka digunakan teknik tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 4 Dumoga tergolong mampu karena memeroleh nilai ratarata 80%. Hasil analisis data berupa siswa yang tergolong sangat mampu ada 10 orang, siswa yang tergolong mampu ada 17 orang, siswa yang tergolong cukup mampu ada 2 orang, siswa kurang mampu ada 1 orang. Dari aspek penilaian penulisan teks prosedur didapatkan nilai rata-rata kemampuan menulis teks prosedur yaitu 80%.
NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “ANAK RANTAU” KARYA AHMAD FUADI DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH Lucy L. Tami Mowilos; Intama Jemy Polii; Viktory N.J. Rotty
KOMPETENSI Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36582/kompetensi.v2i04.4802

Abstract

Tujuan penelitian : 1) Mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang ada dalam novel “Anak Rantau” karya Ahmad Fuadi 2) Mendeskripsikan relevansi novel “Anak Rantau” dalam pembelajaran sastra di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini ialah Novel “Anak Rantau” Karya Ahmad Fuadi. Objek Penelitian ialah isi dari novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi. Untuk mengumpulkan data teknik yang digunakan ialah teknik baca, simak, catat yang berkaitan dengan penelitian. Untuk menganalisis data teknik yang digunakan ialah analisis konten. Hasil studi mengemukakan nilai-nilai yang didapati harus dipupuk disekolah.
EFEKTIVITAS MEDIA APLIKASI LUVLINGUA DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 TONDANO Brigitha Wuisang; Fince L. Sambeka; Amelia G.Y. S Sompotan
KOMPETENSI Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36582/kompetensi.v2i04.4803

Abstract

Aplikasi LuvLingua merupakan salah satu bentuk permainan kosakata bahasa Jepang, yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Penelitian ini bertujuan agar penggunaan media aplikasi LuvLingua efektiv dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Dengan adanya penggunaan Media aplikasi LuvLingua dalam Pembelajaran kosakata bahasa Jepang pada siswa, membuat pembelajaran siswa menjadi lebih menarik, menyenangkan dan disukai karena, terdapat fitur-fitur menarik didalamnya yang sangat efektiv untuk siswa dalam belajar kosakata bahasa Jepang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dan teknik pengolahan data berdasarkan uji-t. Dari hasil pre-test dan post-test diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 89,23 dan pada kelas kontrol 73,07, dan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik uji-t diperoleh dimana ????ℎ????????????????????= 2,44 > ???????????????????????? 1,71 sehingga nilai rata-rata siswa yang diajarkan menggunakan media aplikasi LuvLingua lebih baik dari nilai rata-rata tanpa menggunakan media aplikasi LuvLingua.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 4 No. 1 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 12 (2023): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 11 (2023): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 10 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 03 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 9 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 8 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 7 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 6 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 5 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 4 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 1 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 12 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 11 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 10 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 07 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 06 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 03 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 02 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 01 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 9 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 8 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 11 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 10 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 09 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 07 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 06 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 05 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 04 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 03 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 01 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 8 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni More Issue