cover
Contact Name
Ratri Kurnia Pratiwi
Contact Email
ratrikurnia500@gmail.com
Phone
+6285236309314
Journal Mail Official
ratrikurnia500@gmail.com
Editorial Address
Jln. Manggar 139A Gebang Poreng Patrang Jember Jawa Timur Indonesia
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies).
ISSN : 27467600     EISSN : 27464342     DOI : https://doi.org/10.53515/tdjpai.v2i3
Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies). a Journal of Islamic Religious Education Studies and Islamic Education. Published twice a year in October and April. The Journal of Islamic Religious Education is published by the Islamic Religious Education Study Program, Faculty of Tarbiyah IAI Al-Qodiri Jember and contains scientific writings on the study of Islamic Religious Education and related studies. It contains various thoughts in various forms; research results, conceptual ideas, and empirical experiences. In its development, TDJPAI pioneered online publishing and expanded the range of contributors from all over the archipelago. In the future, TDJPAI will expand the scope of contributors from several Islamic countries and other countries that have an interest in the study of Islamic education in the archipelago and internationally. This e-journal is an online version of TDJPAI published by the Islamic Religious Education Study Program, Faculty of Tarbiyah IAI Al-Qodiri Jember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2021): Oktober" : 6 Documents clear
Implementasi Implentasi Metode Tartili Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an di TPQ Nurul Hikmah Kertonegoro Jenggawah Jembar Luluk Masfufah
Ta'limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) Vol 2 No 1 (2021): Oktober
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam IAI Al-Qodiri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.777 KB)

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to describe the implementation of the Tartili method in learning to read the Qur'an at TPQ Nurul Hikmah Kertonegoro Jenggawah Jember. This thesis is a descriptive qualitative field research, namely a method that describes the results of research in the field by means of objective rational thinking, therefore the data is collected through observation, interviews, and documentation, while the data analysis uses data reduction. The general conclusion in writing this thesis is that the implementation of the Tartili method in TPQ Nurul Hikmah Kertonegoro Jenggawah Jember has produced children who are able to read the Koran fluently, well and correctly, and students are able to understand the rules of reading the Koran that is read. Keywords: Tartili Method, al-Qur’an Learning
Strategi Islamic Parenting Terhadap Dinamika Pendidikan Karakter Dan Spiritualitas Anak Dalam Menghadapi Society 5.0 Raisya Shabira Nursetya; Elan Sumarna; Ganjar Eka Subakti
Ta'limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) Vol 2 No 1 (2021): Oktober
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam IAI Al-Qodiri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.701 KB)

Abstract

Peran teknologi saat ini sangat dibutuhkan oleh sektor pendidikan. Di mana pendidikan merupakan sektor yang menjadi pencetak generasi masa depan dan pembangun peradaban. Dimulai dari Revolusi Industri 4.0 yang ramai diperbincangkan pada 2018 lalu. Revolusi industri 4.0 merupakan tahapan termutakhir dari berbagai fase revolusi industri. Sedangkan Society 5.0 lebih menekankan pada penahapan peradaban manusia yang dicanangkan oleh pemerintah Jepang dalam membangun rencana kondisi masyarakat yang lebih maju dan ideal. Akan tetapi, dengan adanya era disrupsi ini, belum apa-apa sebagian generasi muda yang belum memiliki kesiapan mulai terkena dampaknya. Apabila dibiarkan tentu hal ini akan menjadi sesuatu yang lebih serius. Di mana karakter dan spiritualitas anak semakin tergerus oleh arus digitalisasi. Pada titik inilah peran orang tua sebagai madrasah pertama anak diperlukan. Khususnya kondisi pasca pandemi yang rencananya pembelajaran daring akan diberlakukan secara permanen lewat aktualisasi blended learning pada sekolah di Indonesia. Hal ini menjadi tantangan bagi orang tua untuk mengetahui apa aja goals yang perlu dimiliki oleh anak dalam mempersiapkan Society 5.0 dengan tetap mengokohkan identitas anak yang berkarakter sebagai umat beragama. Bagaimana peran orang tua menghindari anak dari dampak sekularisasi pada pengetahuan yang bisa membuat generasi muda kehilangan identitasnya.
Rekonstruksi Makna Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani oleh Ki Hadjar Dewantara Imam fawaid
Ta'limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) Vol 2 No 1 (2021): Oktober
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam IAI Al-Qodiri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.015 KB)

Abstract

Lahirnya pola pendidikan yang dirumuskan dengan tiga pilar pemikiran Ki Hadjar Dewantara  ialah sebagai upaya memulihkan sistem pendidikan di Indonesia yang sempat mengalami kemerosotan. Terdapat empat rumusan guna menggambarkan sosok Ki Hadjar Dewantara. Pertama, ialah sketsa biografi. Kedua, Makna Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani,Ketiga, ialah analisis teori rekonstruksi. Keempat Membangun Kembali Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani dalam Bingkai Neo Ki Hadjar Dewantara. Dalam artikel ini penulis menggunakan pendekatan analisis teori rekonstruksi tersebut sebagai bangunan argumentasi untuk merefleksikan kesegaran pemikiran Ki Hadjar Dewantara Kata Kunci : Ki Hajar Dewantara, Tiga Semboyan Ki Hajar Dewantara, Teori Rekonstruksi
Pola Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Nurul Iflaha; Elok Rufaiqoh
Ta'limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) Vol 2 No 1 (2021): Oktober
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam IAI Al-Qodiri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.213 KB)

Abstract

The learning pattern is the form used by educators in delivering learning materials and dynamizing the teaching and learning process. Before the outbreak that hit the world, namely the Covid-19, learning patterns in educational institutions were direct, namely the learning and teaching process took place in the classroom where students developed knowledge, thinking skills and psychomotor skills through direct interaction with learning resources designed in the syllabus. and lesson plans in the form of learning activities. However, during the pandemic, the world of education is required to apply indirect learning patterns to prevent crowds that make it easier to contract the disease. There are several patterns that are applied in the learning process, including online, offline, blended methods, home visits and others. The application of some of these patterns in Islamic Religious Education learning is adjusted to the design that has been prepared by the teacher by maximizing the transfer of knowledge and inculcating educational values.
Konseling Kebersyukuran: Mencari Ayat Ayat Kebersyukuran Di Dalam Al Quran Busro Al Karim; Amien Wahyudi
Ta'limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) Vol 2 No 1 (2021): Oktober
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam IAI Al-Qodiri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.884 KB)

Abstract

Kebersyukuran adalah tema yang bisa digunakan dalam pengembangan layanan bimbingan dan konseling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari ayat ayat kebersukuran di dalam Al quran. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan( library research), data mengenai penelitian ini diperoleh dari artikel dan buku-buku yang terkait dengan penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kepustakaan ini adalah sebagai berikut:a) Studi Pustaka, b) Studi Dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah a) Sumber data primer berupa kitab suci al quran, b) Sumber data sekunder adalah kitab Al-Mu'jam al-Mufahras lialfazhi al-Qur'an al-Karim karya Muhammad Fuad Abdul Baqi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriftif. Kesimpulan penelitian ini yaitu, 1) bahwa terdapat 54 ayat yang membahas tentang keberyukuran dan 2) Terdapat 12 ayat yang diturnkan di Madinah dan 42 ayat turun di Mekah.
Akulturasi Santri Di Pesantren Moh. Ulum
Ta'limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) Vol 2 No 1 (2021): Oktober
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam IAI Al-Qodiri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.101 KB)

Abstract

Tulisan ini membahas mengenai akulturasi santri di pondok pesantren. dalam perspektif hubungan pesantren dengan santri, paling tidak ada tiga keuntungan pragmatis yang dimunculkan oleh pesantren. Pertama, dimensi kultural. Kehidupan seorang santri di pesantren ternyata seringkali dihiasi dengan prinsip hidup yang mencerminkan kesederhanaan dan kebersamaan melalui sesama manusia. Kedua, dimensi edukatif. Pesantren mampu menghasilkan calon pemimpin agama (religious leader) yang piawai menaungi kebutuhan praktik keagamaan sosial masyarakat sekitar, hingga aktifitas kehidupannya mendapatkan berkah dari Tuhan. Ketiga, dimensi sosial. Keberadaan pesantren seakan telah menjadi semacam “community learning centre” (pusat kegiatan belajar masyarakat) yang berfungsi menuntun masyarakat hingga memiliki life style agar hidup dalam kesejahteraan. Paradigma penelitian ini adalah paradigma kualitatif, dengan jenis penelitian studi kepustakaan/literatur. Studi kepustakaan/literatur pada dasarnya menyajikan/memaparkan hasil kajian pustaka yang diolah berdasarkan argumentasi dan penalaran keilmuan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku. Sumber pustaka untuk bahan kajian dapat berupa buku teks, jurnal penelitian, skripsi, laporan penelitian, proceeding seminar dan lain-lain asal masih memenuhi kriteria keilmuan/ilmiah. Kata kunci : Akulturasi, Santri, Pesantren

Page 1 of 1 | Total Record : 6