cover
Contact Name
Nurliana
Contact Email
nurliana@diniyah.ac.id
Phone
+6285271315660
Journal Mail Official
kreatifitas@diniyah.ac.id
Editorial Address
Jl. Kuau No.001/ Jl. KH. Ahmad Dahlan No.100, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28121
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
ISSN : 24609870     EISSN : 28071883     DOI : 10.46781
Core Subject : Religion, Education,
Kreatifitas jurnal ilmiah Pendidikan Islam diterbitkan dua kali dalam setiap tahun. Kajian dalam jurnal ini ialah kajian ilmiah hal-hal yang berkaitan tentang pendidikan islam, hasil penelitian seputar pendidikan islam, pengabdian pendidikan islam; seperti pengetahuan ilmiah seputar keislaman, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, manajemen kelas, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan pendidikan islam baik ilmiah maupun hasil penelitian ataupun pengabdian. Tulisan dalam jurnal ini terbuka untuk akademisi, peneliti, dan praktisi yang berkaitan tentang pendidikan Islam.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 40 Documents
UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA Rahmad Fauzi Lubis
Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 9 No 1 (2020): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam STAI Diniyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (680.15 KB)

Abstract

Kesulitan belajar siswa sebagai kesukaran siswa dalam menerima atau menyerap pelajaran di sekolah. Aktifitas belajar bagi setiap siswa tidak selamanya dapat berlangsung dengan baik.Ada kalanya lancar, ada kalanya tidak, kadang adakalanya cepat menangkap apa yang dipelajarinya. Kenyataan yang sering dijumpai pada diri peserta didik. Tujuan dari tulisan ini agar guru bisa mengatasi kesulitan belajar siswa dalam proses pembelajaran, tidak semua siswa mudah memahami pelajaran terlebih lagi mengenai pelajaran yang tidak mereka sukai. Penelitian ini mengkaji tentang upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar.Usaha pencapaian tujuan belajar perlu diciptakan adanya sistem lingkungan belajar yang kondusif. Mengajar sebagai usaha penciptaan sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran yang menyenangkan. Sistem lingkungan belajar dipengaruhi oleh berbagai komponen yang masing-masing akan saling mempengaruhi.
PERAN AYAH DALAM PENDIDIKAN ANAK MENURUT AL-QUR’AN Rahmatus Sa’idah
Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 9 No 1 (2020): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam STAI Diniyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (915.973 KB)

Abstract

Parents are a calling for people who have made us born into this world. They are father and mother. The person we interact with them every day. The figure of a mother as the first school for her children. And the father figure as a hero in his son's life. Then what is the view of the Qur'an about the roles of father and mother. Especially if you look at it now, all things that have to do with the child's life are the full responsibility of the mother. And as if the father only needs to be responsible for the financial life of the child in the form of food, shopping and children's clothing. There is even worse now, a father who no longer protects his child. So we need to see, how the demands of the Qur'an in terms of the role of the father towards his child. This paper contains the demands of the Qur'an for fathers in educating their children based on stories contained in the Al-Qur'an and other verses that indicate the meaning of the role of the father.
NILAI PENDIDIKAN DALAM KITAB TUḤFAH AL-MAUDŪD BI AḤKᾹM AL-MAULŪD Parlindungan Simbolon
Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 9 No 1 (2020): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam STAI Diniyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1354.589 KB)

Abstract

Orang tua berperan dalam menentukan keperibadian seorang anak dengan memberikan pendidikan yang baik sedini mungkin. Banyak tokoh yang menyusun konsep bagaimana cara mendidik anak dalam Islam, diantaranya adalah Ibn Qayyim al-Jauziyah dalam kitab Tuḥfah al-Maudūd bi Aḥkām al-Maulūd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pemikiran Ibn Qayyim al-Jauziyah tentang nilai pendidikan Islam dalam kitab Tuḥfah al-Maudūd bi Aḥkām al-Maulūd. Jenis penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan content analysis (analisis isi). Penelitian ini menyimpulkan bahwa secara garis besar terdapat tiga nilai pendidikan yang dirumuskan oleh Ibn Qayyim al-Jauziyah dalam kitab Tuḥfah al-Maudūd bi Aḥkām al-Maulūd, yaitu pendidikan fisik, pendidikan iman dan pendidikan ibadah. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para orang tua dalam mendidik anak-anak mereka agar menjadi generasi yang sehat dan berakhlakul karimah.
PENGUATAN PERAN KELUARGA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 Mulia Rahmi
Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 9 No 1 (2020): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam STAI Diniyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.777 KB)

Abstract

Keluarga memiliki peranan yang penting dalam pendidikan anak, dari keluarga tempat berlangsungnya proses pendidikan pertama dan utama dalam tumbuh kembang anak. Penguatan dari keluarga dalam mendampingi anak belajar dirumah sangat penting, orangtua menjaga perasaan anak berarti menjaga emosional anak, menciptakan suasana nyaman belajar dirumah dan mendampingin anak belajar sesuai dengan karakter masing-masing anak dengan demikian anak bisa belajar dengan nyaman aman sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Sehingga eforia belajar di sekolah akan seperti belajar di rumah. Dari sinilah dibutuhkan peran penguatan keluarga dalam mendukung aktivitas yang dilakukan anak dalam hal yang positif anak dalam proses bejar dirumah.
TEORI BELAJAR DESKRIPTIF DAN TEORI PEMBELAJARAN PRESKRIPTIF Marzuenda Marzuenda
Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 9 No 1 (2020): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam STAI Diniyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.619 KB)

Abstract

Penerapan Teori Belajar Deskriptif yang terstruktur atau terkonsep dapat membantu meningkatkan nilai siswa dengan cara meningkatkan giat belajar serta memahami materi, pendidik dapat menanyakan materi apa yanga belum difahami serta menyarankan untuk membuat belajar kelompok. Sedangkan Teori Belajar Preskriptif mencapai tujuan pembelajaran dengan menetapkan metode belajar optimal. Pembelajaran lebih sistematis dengan memberikan dorongan semangat kepada siswa dalam proses belajar. Dalam Teori Deskriptif psikologis siswa kurang di perhatikan dalam memahami materi, teori deskriptif lebih cenderung kepada hasil dalam sproses belajar. Sedangkan Preskriptif Membutuhkan waktu cukup lama untuk mencapai tujuan yang jelas dari proses belajar. Dengan penerapan Teori Belajar Deskriptif dan Preskriptif siswa mendapatkan nilai yang lebih baik dari ulangan sebelumnya dengan belajar lebih giat, serta memberikan motivasi untuk lebih semangat belajar kepada siswa sehingga proses belajar berjalan dengan baik.
INOVASI METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DAN MADRASAH Basori Basori
Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 9 No 2 (2020): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam STAI Diniyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.692 KB)

Abstract

ABSTRAK Jurnal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang inovasi pada metode pembelajaran pendidikan agama islam disekolah maupun dimadrasah. Selama ini pembelejaran pendidikan agama islam disekolah ataupun madrasah hanya berjalan seadanya dengan menggunakan metode yang biasa-biasa saja, sehingga kurang dirasa hasilnya kepada peserta didik kita, salah satu bukti ketidak sampaian pembelajaran pendidika agama islam itu dengan semakin banyaknya generasi saat ini yang tidak mengaplikasikan nilai-njilai keislaman yang diajarkan disekolah maupun dimadrasah. Terbukti dengan banyak remaja yang melakukan kenakalan remaja diantaranya mengkonsumsi alkohol, narkoba, pelecehan seksual dan lain sebagainya. Ini semua terjadi karena materi tentang pendidikan agama islam disekolah ang mereka pelajari tidak mampu diserap oleh peserta didik dikarenakan pembelajaran pendidikan agama islam kurang menarik perhatian peserta didik. Maka perlu adanya inovasi tentang metode pembelajaran pendidikan agama islam, sudah seharusnya kita sebagai seorang guru mampu berinovasi dalam penggunaan metode pembelajaran Inovasi metode pembelajaran pendidikan agama islam yang penulis temukan diberbagai literatur yang bisa dijadikan sebagai alternatif dalam pemelajaran dikelas terutama pada mata pelajaran pendidikan agama islam yang konon kata peserta didik termasuk kedalam salah satu mata pelajaran yang membosankan atau kurang menarik perhatian. Berikut disajikan inovasi metode pembelajaran yang penulis temukan diberbagai literatur diantaranya: Problem Solving metod, Metode drill Metod, Metode ekperimental, Information Search , Critical insident, Jigsaw learning and Learning Star With A question
INISIASI PEMIKIRAN PENDIDIKAN SYAIKH ABDUL WAHAB ROKAN Miftah Ulya; Nurliana Nurliana
Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 9 No 2 (2020): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam STAI Diniyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (784.865 KB)

Abstract

Abstraksi Membicarakan sosok tokoh agama Syaikh Abdul Wahab yang populer dengan ajaran tarekat Naqsyabandiyah, merupakan satu dari sekian banyak tokoh agama yang patut menjadi sentra pembicaraan di level akademis. Melalui wasiat yang beliau ajarkan kepada para pengikutnya, menjadikan beliau sebagai tokoh pionir dan inisiator dalam pendidikan agama yang melampaui jamannya. Kepiawaiannya dalam menginisisasi pendidikan ternyata telah meretas keraguan sebahagian kalangan terhadap tuan guru syeikh Abdul Wahab Rokan yang populer dengan tarekat digelutinya di satu sisi, namun telah berhasil dalam membangun tata kelola kehidupan beragama yang dinamis bagi pengikutnya disisi yang lain, untuk selanjutnya telah memberikan kontribusi pemikiran dalam bidang pendidikan secara bersamaan adalah merupakan satu tawaran bidang bahasan yang sangat menarik dan perlu kajian lebih konfrehensif.
PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP AL- IKHLAS PEKANBARU Syukri Syukri
Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 9 No 2 (2020): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam STAI Diniyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.911 KB)

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahuio peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru di SMP Al-Ikhlas Pekanbaru. Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru sangat berperan karena kepala sekolah merupakan pimpinan dalam sebuah lembaga yang kemajuan sekolah termsuk kualitas para bawahannya menjadi tanggung jawab pimpinan, maju atau mundurnya sebuah sekolah tergantung kepada peran dan fungsi kepala sekolah dalam menggerakkan bawahannya agar tercapainya tujuan pendidikan yang akan dicapai. Adapun peran yang dapat dimainkan oleh kepala sekolah dalam menigkatkan kualitas guru diantaranya: kepala sekolah harus memberikan pelatihan, mengikutkan seminar, melakukan supervisi, melakukan inovasi dan memberikan teladan kepada bawahan dalam bertindak dan berucap. Berdasarkan hasil penelitian di SMP Al-Ikhlas Pelanbaru kepala sekolah sudah melakukan peran dan fungsinya dengan baik, dan kualitas guru di SMP tersebut juga dapat dikatakan meningkat jika dibandingkan dengan sebelumnya.
TEORI BELAJAR DESKRIPTIF DAN TEORI PEMBELAJARAN PRESKRIPTIF Marzuenda Marzuenda
Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 9 No 2 (2020): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam STAI Diniyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.34 KB)

Abstract

ABSTRAKSI Penerapan Teori Belajar Deskriptif yang terstruktur atau terkonsep dapat membantu meningkatkan nilai siswa dengan cara meningkatkan giat belajar serta memahami materi, pendidik dapat menanyakan materi apa yanga belum difahami serta menyarankan untuk membuat belajar kelompok. Sedangkan Teori Belajar Preskriptif mencapai tujuan pembelajaran dengan menetapkan metode belajar optimal. Pembelajaran lebih sistematis dengan memberikan dorongan semangat kepada siswa dalam proses belajar. Dalam Teori Deskriptif psikologis siswa kurang di perhatikan dalam memahami materi, teori deskriptif lebih cenderung kepada hasil dalam sproses belajar. Sedangkan Preskriptif Membutuhkan waktu cukup lama untuk mencapai tujuan yang jelas dari proses belajar. Dengan penerapan Teori Belajar Deskriptif dan Preskriptif siswa mendapatkan nilai yang lebih baik dari ulangan sebelumnya dengan belajar lebih giat, serta memberikan motivasi untuk lebih semangat belajar kepada siswa sehingga proses belajar berjalan dengan baik. Kata Kunci : Belajar, Pembelajaran, Deskriptif, Preskriptif
INOVASI STRATEGI PEMBEAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATAKNA MUTU PEMBELAJARAN Neni Neni
Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 10 No 1 (2021): Kreatifitas: Jurnal Imiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Diniyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.764 KB) | DOI: 10.46781/kreatifitas.v10i1.242

Abstract

One of the challenges currently faced by Islamic education is the declining level of public trust in educational institutions with Islamic nuances. This happens because of the decline in morals in the midst of the development of the current era. Many think that Islamic educational institutions have failed as agents who play an important role in building a civilization. However, it is inevitable that many stakeholders say that the most important factor is that the strategy used by Islamic education is not right. Learning strategies play an important role in determining the success of education and the personal formation of students as a whole and comprehensively. Without the right strategy, the learning process will not run effectively and efficiently. Therefore, the teacher as the spearhead of education has an important role in the learning process. Strategic innovation in learning will prepare students as a quality generation of the nation to enter the era of globalization which is full of various challenges and very complex problems.

Page 1 of 4 | Total Record : 40