cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnal.P4I@gmail.com
Phone
+6289681071805
Journal Mail Official
jurnal.P4I@gmail.com
Editorial Address
Lingkungan Handayanai, Kel. Leneng, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan
ISSN : 28078829     EISSN : 28078659     DOI : https://doi.org/10.51878/educator.v2i1
Core Subject : Education,
EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam smua disiplin ilmu yang berkaitan dengan Pendidikan Menengah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 100 Documents
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI MASA PANDEMI COVID-19 SRI INDARWATI
EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.869 KB) | DOI: 10.51878/educator.v1i1.501

Abstract

Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menjadi salah satu bagian dari kurikulum yang telah ditetapkan. Di masa sekarang ini, yaitu masa pandemi covid-19 menuntut kita untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Namun permaslahannya tidak semua pelajar aktif mengikuti pembelajaran. Google Classroom adalah salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan untuk mengaktifkan siswa dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana Classroom mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh untuk mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti.
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SENI BUDAYA DENGAN LKPD DIGITAL SRI WIDATI
EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.256 KB) | DOI: 10.51878/educator.v1i1.502

Abstract

Pandemi yang sudah berlangsung lama mempengaruhi proses pembelajaran secara umum. Peraturan dan keputusan pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh ( PJJ) menjadi salah satu tujuan meminimalisasi penyebaran virus Covid-19. Permasalahan demi permasalahn mulai muncul terkait dengan proses pembelajaran. Kondisi ini menuntut guru lebih inovatif dan kreatif memilih strategi pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. LKPD digital menjadi alternatif pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa, respon serta efektivitas penggunaan LKPD digital pada mata pelajaran seni budaya. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan perumusan masalah, pengumpulan data, kesimpulan dan analisa hasil. Hasil penelitian menunjukakan adanya respon yang sangat tinggi pada penggunaan LKPD digital yaitu 80,6% dan motivasi belajar siswa meningkat berdasarkan hasil observasi dan survei yang dilakukan peneliti. LKPD digital dapat menjadi stimulus-stimulus yang merangsang rasa ketertarikan atau keingintahuan siswa sehingga dalam proses pembelajaran siswa menjadi lebih semangat dan termotivasi.
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT DI SMK NEGERI 2 SITUBONDO DWI USTIK DIANA
EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.229 KB) | DOI: 10.51878/educator.v1i1.503

Abstract

This descriptive study aims to determine the motivation of learning achievement between learning using powerpoint-based learning videos and without using powerpoint-based learning videos.Comparatively aims to determine the difference in learning achievement of physics between powerpoint-based learning videos between powerpoint-based learning using learning and without powerpoint-based learning videos.This research is a quasi experimental conducted at SMK Negeri 2 Situbondo in 2020/2021. The results of descriptive research show that the tendency of learning achievement in physics taught using powerpoint-based learning video is in the very high category. The result of the analysis show that there is a significant difference in learning achievement between using powerpoint-based learning videos and without using powerpoint-based learning videos. The average achievement of learning physics using powerpoint-based learning videos is higher than learning without using powerpoint-based learning videos. So it can be concluded that learning using powerpoint-based learning videos is more effective than learning without powerpoint-based learning videos.
PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY YANG DIVARIASIKAN DENGAN LKS WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 TANJUNG SELOR SENITA LUSIANA MANGNGA’
EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.756 KB) | DOI: 10.51878/educator.v1i1.504

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SMA Negeri 2 Tanjung Selor, diketahui bahwa hasil belajar peserta didik kelas X MIPA 2 masih relatif rendah. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar klasikal pada data awal kelas X MIPA 2 untuk mata pelajaran Biologi sebesar 41%. Hasil belajar yang masih rendah ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan masih menggunakan metode ceramah (metode konvensional). Metode ini membentuk peserta didik menjadi pasif dan kurang kreatif sehingga perlu adanya model pembelajaran yang membuat peserta didik menjadi aktif. Model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk lebih dapat mengaktifkan peserta didik salah satunya adalah model pembelajaran Two Stay Two Stray yang divariasikan dengan LKS Word Square. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan belajar materi Keanekaragaman Hayati melalui penerapan metode Two Stay Two Stray yang divariasikan dengan LKS Word Square di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Tanjung Selor. Subjek penelitian ini adalah kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Tanjung Selor dengan jumlah siswa 22 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah (1) peningkatan persentase siswa yang memperoleh nilai ?70 atau jumlah peserta didik yang belajar tuntas meningkat menjadi 95%, (2) ketuntasan keaktifan klasikal ?85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Two Stay Two Stray yang divariasikan dengan LKS Word Square dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Tanjung Selor pada pokok bahasan Keanekaragaman Hayati. Peningkatan ini ditandai dengan hasil persentase kenaikan pencapaian ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 59 % dan pada siklus II mencapai 95 %.
MELATIH METAKOGNISI SISWA DALAM MENUMBUH KEMBANGKAN EFIKASI DIRI (SELF-EFFICACY PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA N. ERNI SUSIANI
EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.46 KB) | DOI: 10.51878/educator.v1i1.505

Abstract

This study aims to find out how to train students' metacognition in developing self-efficacy in the Mathematics subject matter. The writing of this article uses a library research approach or literature study literature. Metacognition in general relates to how to explore one's thoughts about thinking. Self-efficacy is a form of belief or belief related to one's own ability to organize, do something to achieve a goal, produce something, and also implement actions in order to achieve a certain form of skill. Based on the literature study, training students' metacognition in developing self-efficacy in learning mathematics includes two dimensions of thinking, namely the awareness that a person has about his or her thinking (self-awareness of cognition) and a person's ability to use his/her consciousness to regulate his thinking process (self-regulation of cognition). By training to develop students' metacognitive awareness, it is expected that students can organize the information they face in solving problem-based questions so that they can develop students' mathematical self-efficacy.
IMPLEMENTASI EVALUASI AFEKTIF PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI MUHAMMADIYAH AL-TANBIH KUDUS TAHUN PELAJARAN 2021/2022 SUYANTO SUYANTO
EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.787 KB) | DOI: 10.51878/educator.v1i1.506

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi evaluasi afektif pada pembelajaran aqidah akhlak. Studi ini membahas permasalahan: 1) Pelaksanaan evaluasi afektif pada pembelajaran Aqidah Akhlak. 2) Kendala dan solusi yang dihadapi dalam pelaksanaan evaluasi afektif pada pembelajaran Aqidah Akhlak. Permasalahan tersebut dibahas melalui metode kualitatif dengan studi lapangan (field research) untuk menggali data tentang implementasi evaluasi afektif pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Muhammadiyah Al-Tanbih Kudus. Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan evaluasi afektif pada pembelajaran Aqidah Akhlaq di MI Muhammadiyah Al-Tanbih Kudus dimulai dari memantau perilaku siswa dalam proses pembelajaran, dan dikembangkan penilaiannya ketika ulangan semester. Karena sikap siswa bisa diketahui dalam kehidupan sehari-hari melalui pemantauan. Juga pada evaluasi akhir semester dilakukan penilaian baik atau kurang baiknya sikap atau moral yang selama ini dilakukan oleh siswa. 2) Kendala dalam pelaksanaan evaluasi afektif pada pembelajaran Aqidah Akhlaq tersebut yaitu kurang siapnya siswa, input anak, kurang fokus terhadap materi pembelajaran yang dievaluasikan, sikap siswa yang berbeda-beda, dan tidak ada perubahan tingkah laku setelah adanya evaluasi pemahaman materi pembelajaran Aqidah Akhlak tersebut. Adapun solusinya yaitu memberikan semangat kepada siswa, adanya pengarahan untuk menambah dalam membaca materi, pemantauan secara khusus bagi siswa yang kurang fokus agar tidak tertinggal, pemantauan demi meningkatkan kepribadian yang baik, rapat bersama guru dalam menentukan nilai siswa
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MEDIA BUNGKUS BATANG KOREK API PADA SISWA KELAS I SD NEGERI NGIJON 2 TAHUN AJARAN 2017 / 2018 SRI HARYANTI
EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.406 KB) | DOI: 10.51878/educator.v1i1.507

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan media bungkus batang korek api pada siswa kelas I SD Negeri Ngijon 2 Tahun. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh peneliti yang merupakan pengampu guru kelas 1. Subyek penelitian adalah siswa kelas 1 SD Negeri Ngijon 2 yang berjumlah 16 siswa. Kegiatan penelitian ini dibagi dalam 2 siklus yaitu siklus yang terdiri dari siklus pertemuan I dan II dengan rancangan tindakan meliputi penyusunan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi terhadap pelaksanaan tindakan dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar tes observasi. Analisis deskriptif kualitatif dilakukan dengan menghitung nilai tes dan analisis data observasi , hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari pra siklus rata-rata 68 meningkat di siklus I menjadi 72,5 setelah dilakukan tindakan siklus I pertemuan II menjadi 74,6 dan meningkat menjadi siklus II pertemuan I nilai rata-rata menjadi 74,68 karena belum mencapai KKM dilakukan tindakan siklus II pertemuan II meningkat menjadi 82,81.
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE BIMBINGAN KELOMPOK DI SMAN 9 KOTA JAMBI ARMINI ARMINI
EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.752 KB) | DOI: 10.51878/educator.v1i1.518

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan Bimbingan Kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X MIPS 2 di SMA Negeri 9 Kota Jambi Provinsi Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bimbingan Konseling yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MIPS 2 di SMA Negeri 9 Kota Jambi tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 35 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis data pelaksanaan tindakan pada siklus I menunjukkan bahwa prosentase motivasi belajar sedang sebanyak 20%, rendah sebesar 40% dan motivasi belajar kategori sangat rendah 40%. Sedangkan berdasarkan hasil analisis siklus II diperoleh siswa memiliki motivasi belajar sangat tinggi sebanyak 10%, tinggi sebesar 50% dan motivasi belajar kategori sedang sebesar 10% dan rendah 10%, sehingga berdasarkan hasil siklus II tersebut telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yang telah ditetapkan. Dengan demikian subjek yang dijadikan penelitian yang berjumlah 30 orang siswa kelas X MIPS 2 di SMA Negeri 9 Kota Jambi dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.
EFEKTIFITAS KONSELING TEKNIK KREATIF DALAM MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMAN 9 KOTA JAMBI ZAKARIA HARAHAP
EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.55 KB) | DOI: 10.51878/educator.v1i1.519

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi perilaku Agresif siswa melalui Bimbingan Kelompok dengan Konseling Teknik Kreatif Dalam Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 9 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan Pre-eksperimental design, yaitu one-group pretest dan posttest. Populasi siswa dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 9 Kota Jambi dengan sampel berjumlah 35 siswa. Berdasaarkan hasil skor angket skala perilaku Agresif diambil sampel 6 orang siswa yang memiliki skor tertinggi dan 2 orang siswa skor rendah untuk diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan teknik konseling kreatif. Setelah itu akan dibandingkan keadaan sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji wilcoxon. Berdasarkan analisis maka diperoleh data bahwa tingkat perilaku Agresif siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan konseling teknik kreatif rata-rata 230 (61%). Perubahan sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan konseling teknik kreatif mengalami peningkatan sebanyak skor -63 (19%). Hasil perhitungan uji Wilcoxon pada data keseluruhan siswa, diperoleh hasil bahwa nilai signifikasi (Sig). sebesar 0,012 kurang dari 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan antara hasil pre-test dan post-test menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik konseling kreatif, atau dapat dikatakan bahwa ada pengaruh dari layanan bimbingan kelompok.
URGENSI PENGENALAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK DALAM RUMAH TANGGA (TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM) SYEKHA SYEKHA
EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.364 KB) | DOI: 10.51878/educator.v1i1.534

Abstract

Tujuan penulis membuat artikel ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya orang tua bahwa bimbingan pendidikan seks perlu diberikan kepada anak sejak dini. Dengan memberikan pemahaman dan bimbingan pendidikan seks dalam konteks islam kepada anak diharapkan anak akan tumbuh menjadi generasi muda yang beriman dan bertaqwa serta mampu menjaga kehormatan dan kesucian diri mereka. Penulisan artikel ini menggunakan studi kepustakaan/literatur dengan menghimpun data melalui kajian teks dan berbagai referensi buku yang berkaitan dengan pendidikan islam dan pendidikan seks yang sesuai dengan ajaran islam.Dengan memahami dan memberikan pendidikan seks kepada anak yang sesuai dengan ajaran islam maka anak akan tumbuh menjadi individu yang taat kepada agama nya dan mampu menjaga harga dirinya dihadapan Allah swt dan di hadapan manusia,serta menjadikannya manusia yang sehat akalnya, jasmaninya, serta ruhnya sehingga kehidupan anak akan menjadi mulia kehidupannya.

Page 1 of 10 | Total Record : 100