cover
Contact Name
Muhammad Malthuf
Contact Email
m_malthuf@uinmataram.ac.id
Phone
+6281805771373
Journal Mail Official
jurnalsociety@uinmataram.ac.id
Editorial Address
Kampus 2 Universitas Islam Negeri Mataram, Jl. Gajah Mada no. 100 Mataram, Nusa Tenggara Barat
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Society : Jurnal Jurusan Tadris IPS
ISSN : 20870493     EISSN : 27155994     DOI : https://doi.org/10.20414/society.v12i2
Core Subject : Social,
Jurnal Society adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram yang terbit dua kali dalam setahun dengan ISSN (p) 2087-0493 pada bulan Juni dan Desember. UIN Mataram merupakan transformasi IAIN Mataram menjadi UIN Mataram berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 34 Tahun 2017 tentang Universitas Islam Negeri Mataram (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 67). Jurnal Society menjadi salah satu jurnal alternatif untuk mempublikasikan artikel ilmiah hasil kajian, hasil laporan penelitian, seminar dan lain-lain yang berkaitan dengan pendidikan, ekonomi dan sosial.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 1 (2020): Juni 2020" : 6 Documents clear
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI YUSUF ABDUSSATAR KEDIRI DAN MI ATTARBIYAH ADDINIYAH GERSIK LOMBOK BARAT Ibnu Hizam; Muhammad Hamdi
SOCIETY Vol. 11 No. 1 (2020): Juni 2020
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (921.218 KB) | DOI: 10.20414/society.v11i1.2290

Abstract

Orang tua merupakan salah satu unsur penting dalam dunia pendidikan. Oleh sebab itu, sekolah harus menjalin kerjasama yang baik dengan orang tua masing-masing siswa sehingga terwujud cita-cita bersama yakni mencetak generasi yang berdaya saing, baik di bidang akademik maupun non akademik. Orang tua juga harus cerdas dan cermat dalam mengamati pertumbuhan dan perkembangan anak agar dapat menentukan sikap pengasuhan yang terbaik buat anaknya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasi Lambda, Kendall’s Tau_b, Spearman Rho,dan deskriptif mean dan standar deviasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti mendapat temuan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan angka korelasi Lambda 0.020<0.05, sedangkan dengan hasil belajar tidak signifikan yaitu 0.490>0.05. kemudian untuk motivasi belajar dengan hasil belajar juga signifikan dengan angka korelasi Kendall’s Tau-b 0.290>0.05 dan korelasi Spearman Rho 0.303>0.05. Sedangkan untuk tipe pola asuh yang paling baik yaitu pola asuh authoritative dengan rata-rata nilai motivasi 3.16 dan nilai hasil belajar 3.64. kemudian pola asuh indulgent dengan nilai rata-rata motivasi 2.95 dan hasil belajar 3.55. selanjutnya authoritarian dengan nilai rata-rata motivasi 2.79 dan hasil belajar 3.50. selanjutnya neglectful dengan nilai rata-rata motivasi 2.00 dan hasil belajar 3.20. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dan tidak signifikan pada hasil belajar. Hasil belajar signifikan karena dipengaruhi oleh motivasi belajar. Dan pola asuh terbaik untuk diterapkan kepada anak adalah pola asuh authoritative.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS MASALAH MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SDN 07 MONTONG BETOK Amat Amat
SOCIETY Vol. 11 No. 1 (2020): Juni 2020
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (793.856 KB) | DOI: 10.20414/society.v11i1.2291

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui meningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan model kooperatif Pembelajaran Berbasis Masalah melalui supervisi klinis di SDN 07 Montong Betok Tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah 3 Orang Guru Kelas atas (4,5 dan 6) SDN 07 Montong Betok Kecamatan Montong Gading. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini perencanaan pembelajaran pada siklus 1 sebesar 54% dengan kategori cukup, siklus 2 menjadi 80,33 % dengan kategori baik sekali. Peningkatan kemampuan guru dalam proses pembelajaran model kooperatif berbasis masalah siklus 1 sebesar 60% dengan kategori cukup, siklus 2 menjadi 80,33 % dengan kategori baik sekali. Peningkatan aktivitas guru dalam kegiatan bimbingan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah pada siklus 1 sebesar 58,33% dengan kategori cukup, siklus 2 menjadi 90 % dengan kategori baik sekali, Dengan demikian bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran model kooperatif berbasis masalah pada kelas tinggi 4,5 dan 6 SDN 07 Montong Betok tahun pelajaran 2018/2019 melalui supervisi klinis dapat miningkatkan mutu pembelajaran.
COMMON ERROR IN USE CONJUNCTION IN WRITING Najamuddin Najamuddin
SOCIETY Vol. 11 No. 1 (2020): Juni 2020
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.66 KB) | DOI: 10.20414/society.v11i1.2293

Abstract

Conjunction is used to make a sentence which having the cohesion and coherence in text. The absence of the right conjunction will result in having illogical meaning, and the message. Because of the important role of conjunctions in the writing process, this study aims to reveal the students’ common errors on the use of conjunction in their writing, and investigate types of errors that occur most frequently in students’ writing. This part contains the necessary conjunction In grammar, a conjunction (abbreviated CONJ or CNJ) is a part of speech that connects words, phrases, or clauses that are called the conjuncts of the conjoining construction. The term discourse marker is mostly used for conjunctions joining sentences. This definition may overlap with that of other parts of speech, so what constitutes a “conjunction” must be defined for each language. In general, a conjunction is an invariable grammatical particle and it may or may not stand between the items in a conjunction. A knowledge of words, phrases, clauses is essential to good writing and speaking, but it doesn’t mean neglected the other part of grammar. The correction of writing and speaking is to concentrate on what we are saying rather than on how we are saying it.
PEMANFAATAN PROGRAM APLIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA PERKULIAHAN DASAR-DASAR KEPENDIDIKAN Lalu Usman Ali; Muhammad Zaini
SOCIETY Vol. 11 No. 1 (2020): Juni 2020
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (890.987 KB) | DOI: 10.20414/society.v11i1.2297

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam perkuliahan dasar-dasar kependidikan melalui pemanfatan program google classroom, (2) meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dalam perkuliahan dasar-dasar kependidikan melalui pemanfatan program google classroom, dan (3) mendeskripsikan tanggapan mahasiswa terhadap pemanfatan program google classroom pada perkuliahan dasar-dasar kependidikan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus mencakup 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Hasil yang diperoleh pada siklus I yaitu rerata prestasi belajar mahasiswa sebesar 6,4 dengan presentase kelulusan sebesar 75,8 % Dan presentase ketidaklulusan sebesar 24,2 %, serta rerata motivasi belajar mahasiswa sebesar 77,5 dengan kategori positif. Hasil pada siklus II menunjukkan rerata prestasi belajar mahasiswa adalah 84,1 dengan presenase kelulusan sebesar 97,0 % dan presentase ketidaklulusan sebesar 3,0 % serta motivasi belajar mahasiswa sebesar 79,9 dengan kategori positif. Disamping itu, hasil penyebaran angket menunjukkan bahwa tanggapan mahasiswa terhadap pemanfaaatan google classroom sebesar 79,4 dengan kategori positif
STUDI PENYIMPANGAN SOSIAL PADA REMAJA DI DUSUN TOLOT-TOLOT DESA GAPURA KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH Muh Zainur Rahman; Miftahur Rohmah; Nurin Rochayati
SOCIETY Vol. 11 No. 1 (2020): Juni 2020
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (928.736 KB) | DOI: 10.20414/society.v11i1.2299

Abstract

Penyimpangan sosial pada remaja memicu kepada kasus pergaulan bebas di kalangan remaja dan telah mencapai titik ke khawatiran yang cukup parah. Perilaku menyimpang merupakan hasil dari proses sosialisasi yang tidak sempurna. Kelompok yang paling rentan dalam proses perilaku menyimpang yaitu para remaja. Sesuai dengan permasalahan yang dikemukakan sebelumnya maka fokus penelitian ditekankan untuk mengetahui bentuk-bentuk penyimpangan sosial pada remaja di dusun tolot-tolot dan fungsi orangtua dalam menanggulangi penyimpangan sosial. Teknik pengumpulan data dan pengolahan data dalam penelitian kualitatif deskriptif dapat dilakukan dalam berbagai bentuk yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini berpatokan pada penelitian kualitatif deskriptif untuk itu peneliti menentukan informan sebanyak 10 informan yang terdiri dari 5 remaja yang melakukan perilaku menyimpang dan 5 Orangtua yang memilki anak remaja. Hasil penelitian secara ringkas menunjukkan bahwa Bentuk-bentuk perilaku menyimpang di kalangan remaja yang ada di dusun tolot-tolot yaitu: seperti kenakalan remaja (pergi keluar rumah tanpa pamit, pulang sampai larut-larut malam), merokok, minum-minuman keras, kebut-kebutan, bermain game berlebihan, dll. Peran dan fungsi keluarga sangatlah berpengaruh bagi kehidupan anak remaja mereka apalagi di umur remaja adalah umur yang sangat rentan dengan perilaku menyimpang dan yang mempunyai peran sangat penting untuk menanggulangi perilaku menyimpang adalah orang tua.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS I SDN 10 MONTONG BETOK KECAMATAN MONTONG GADING Baiq Bahrah
SOCIETY Vol. 11 No. 1 (2020): Juni 2020
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (841.759 KB) | DOI: 10.20414/society.v11i1.2300

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan penggunaan media gambar pada siswa kelas I SD Negeri 10 Montong Betok semester II Mata Pelajaran Bahasa Indonesia TP 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus mencakup 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN 10 Montong Betok Kecamatan Montong Gading. Objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa dengan penggunaan lafal, intonasi, kelancaran, dan ketepatan membaca pada siswa kelas 1 SD Negeri 10 Montong Betok, Kecamatan Mt. Gading, Kabupaten Lombok Timur. Hasil yang diperoleh pada siklus I yaitu rerata keterampilan membaca siswa sebesar 70,96 dengan presentase kelulusan sebesar 64,28 % dan presentase ketidaklulusan sebesar 35,72 %. Hasil pada siklus II menunjukkan rerata keterampilan membaca siswa adalah 73,96 dengan presenase kelulusan sebesar 85,71 % dan presentase ketidaklulusan sebesar 14,29 %. Berdasarkan hasil penelitian siklus I dan dan siklus II bahwa terdapat peningkatan persenatase keterampilan membaca siswa sebesar 21,28 % melalui pembeajaran dengan menggunakan media gambar.

Page 1 of 1 | Total Record : 6