cover
Contact Name
Muhammad Malthuf
Contact Email
m_malthuf@uinmataram.ac.id
Phone
+6281805771373
Journal Mail Official
jurnalsociety@uinmataram.ac.id
Editorial Address
Kampus 2 Universitas Islam Negeri Mataram, Jl. Gajah Mada no. 100 Mataram, Nusa Tenggara Barat
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Society : Jurnal Jurusan Tadris IPS
ISSN : 20870493     EISSN : 27155994     DOI : https://doi.org/10.20414/society.v12i2
Core Subject : Social,
Jurnal Society adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram yang terbit dua kali dalam setahun dengan ISSN (p) 2087-0493 pada bulan Juni dan Desember. UIN Mataram merupakan transformasi IAIN Mataram menjadi UIN Mataram berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 34 Tahun 2017 tentang Universitas Islam Negeri Mataram (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 67). Jurnal Society menjadi salah satu jurnal alternatif untuk mempublikasikan artikel ilmiah hasil kajian, hasil laporan penelitian, seminar dan lain-lain yang berkaitan dengan pendidikan, ekonomi dan sosial.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2014): Desember 2014" : 7 Documents clear
DAMPAK PERSEPSI SISWA TENTANG KONDISI EKONOMI KELUARGA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI DI KALANGAN SISWA MADRASAH ALIYAH PUTRA AL-ISLAHUDDINY Ibnu Hizam
SOCIETY Vol. 5 No. 2 (2014): Desember 2014
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.127 KB) | DOI: 10.20414/society.v5i2.1454

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswa Madrasah Aliyah Putra Al-Islahuddinydengan memadukan pendekan kualitatif dan kuantitatif. Adapun obyekkajian dalam penelitian ini yakni melihat kondisi perspesi siswa terhadapkondisi ekonomi keluarganya dan pengaruhnya terhadap motivasimelanjutkan pendidikan keperguruan tinggi. Berdasarkan data yang telahdihimpun menujukkan bahwa para siswa Madrasah Aliyah Putra Al-Islahuddiny sebagian besar atau diatas rata-rata memiliki persepsi postifterhadap kemampuan keluarganya untuk membiayainya secara finansiamelanjutkan pendidikan keperguruan tinggi. Namun demikian cukupbanyak diantara mereka memiliki motivasi melanjutkan pendidikankeperguruan tinggi berada pada kategori kurang baik. Hal ini disebabkanberbagai factor antara lain tidak adanya kepastian untuk mendapatkanhasil secara ekonomilebih baik jika melanjutkan kuliah dibandingkantidak kuliah. Adanya motivasi belajar yang renda dan sebagian yang tidakmelanjutkan pendidikan keperguruan tinggi dikarenakan keinginannyauntuk lebih memperdalam pendidikan agama pada lembaga takhassusyang khsuus mengkaji pelajaran agama. Walaupun persepsi terhadapkeadaan ekonomi keluarga dikalangan siswa Madrasah Aliyah PutraAl-Islahuddiny berpengaruh signifikan terhadap motivasi melanjutkanpendidikan ke perguruan tinggi dan bersifat linear, namun pengaruhnyatidaklah besar
ISU-ISU PENDIDIKAN DI INDONESIA: INOVASI KURIKULUM DAN PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU Lubna Lubna
SOCIETY Vol. 5 No. 2 (2014): Desember 2014
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.828 KB) | DOI: 10.20414/society.v5i2.1455

Abstract

Globalisasi melahirkan gelombang perubahan yang sangat cepatdan perubahan merupakan sebuah keniscayaan. Untuk menghadapitantangan sekaligus peluang pada era gobalisasi, terutama globalisasipendidikan yang diramal akan melanda seluruh dunia pada tahun 2030dan menyambut Indonesia Emas tahun 2045, pemerintah Indonesiamengeluarkan berbagai kebijakan yang berorientasi pada peningkatankualitas pendidikan, agar mampu bersaing secara kompetitif dankompetentif. Terdapat dua isu yang cukup inovatif dalam bidangpendidikan, yakni: kebijakan inovasi kurikulum yang ditandai denganlahirnya Kurikulum 2013 dan kebijakan peningkatan kualifikasi sekaligusprofesionalitas guru. Dua kebijakan ini diharapkan bersinergi dalammembentuk insan yang cerdas dan berkarakter. Insan yang cerdas adalahinsan yang cerdas secara spiritual, intelektual, sosial dan emosional,sedangkan insan yang berkarakter adalah yang mampu mewujudkannilai-nilai karakter yang bersumber pada ajaran agama dan pancasilasebagai dasar yang “kokoh” dalam penyelenggaraan pendidikan diIndonesia.
ANALISIS KEPUASAN INSTANSI PENGGUNA LULUSAN JURUSAN PENDIDIKAN IPS EKONOMI FITK IAIN MATARAM Rahmat Akbar Kurniawan
SOCIETY Vol. 5 No. 2 (2014): Desember 2014
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.883 KB) | DOI: 10.20414/society.v5i2.1456

Abstract

Masalah yang dihadapi pengguna lulusan adalah soft skill alami danbukan pada technical skill yg dimilikinya. Para lulusan tersebut sangatmenguasai bidang teknis, seperti penguasaan teknologi informasi dankomunikasi (Information dan Communication Technology), manajemen,teknik (engineering) dan pemasaran yang baik. Penelitian ini bertujuanmemberikan umpan balik (feedback) terkait lulusan Jurusan PendidikanIPS Ekonomi. Aspek kualitas alumni merupakan suatu hal yang pentingkarena merupakan indikator keberhasilan proses pendidikan pada JurusanPendidikan IPS Ekonomi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan KependidikanIAIN Mataram. Penelitian dilakukan di wilayah kota Mataram. Hasilpenelitian bersifat deskriptif kuantitatif yang berguna untuk memperolehgambaran tentang persepsi employer terhadap lulusan Fakultas IlmuTarbiyah dan Kependidikan, gambaran ideal lulusan Fakultas IlmuTarbiyah dan Kependidikan, dan kriteria seleksi calon karyawan baru.Lulusan Jurusan Pendidikan IPS Ekonomimayoritas bekerja sesuaidengan jurusannya, Sebagian besar lulusan sudah bekerja sesuai latarbelakang Pendidikan, dan penghasilan pertama yang diperoleh lulusansebagian besar kurang dari satu juta rupiah sebagai guru.sedangkansebagian kecil lainnya (25%) bekerja pada sektor swasta pada lembagakeuangan/bank dengan pengasilan antara Rp 1.000.000, - Rp 3.000.000,-Atas dasar kondisi profil lulusan tersebut diketahui bahwa lulusan yangdihasilkan Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi sudah sesuai dengan visi danmisi.Relevansi kurikulum Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi terhadapkebutuhan pasar kerja yaitu sebagian besar lulusan merasa memilikilife skill yang sesuai dengan jenis pekerjaan sebagai guru dan sebagianbesar lulusan juga menyatakan materi yang diterima selama kuliah diJurusan Pendidikan IPS Ekonomi sudah sesuai kebutuhan pekerjaansebagai guru. Secara umum pengguna lulusan Jurusan Pendidikan IPSEkonomi puas terhadap lulusan. Namun beberapa kopetensi masih perluditingkatkan seperti penguasaan Bahasa Inggris, teknologi dan budayamenerima kritik serta pengembangan diri masih perlu ditingkatkan
KOPERASI MAHASISWA SEBAGAI WADAH DALAM MENGEMBANGKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENGHADAPI MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) Sakdiah Sakdiah
SOCIETY Vol. 5 No. 2 (2014): Desember 2014
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.712 KB) | DOI: 10.20414/society.v5i2.1457

Abstract

Koperasi di perguruan tinggi adalah wadah bagi mahasiswa untukmengasah jiwa wirausaha agar bisa menjadi seorang enterpreneur . Sehinggadibentuklah koperasi mahasiswa di setiap perguruan tinggi. denganadanya koperasi mahasiswa seabagai tempat mahasiswa mengembangkanjiwa wirausahanya, mereka diharapkan akan mampu mewujukanMasyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan diselenggarakanpada tahun 2015 mendatang. Dimana dalam pagelaran tersebut akanmelibatkan sepuluh negara anggota ASEAN. Oleh sebab itu, Indonesiaharus mempersiapkan perekonomiannya agar mampu bersaing deangananggota negara ASEAN lainnya. Hal tersebut, dapat dimulai daripembekalan melalui mata kuliah kewirausahaan dan koperasi mahasiswadi perguruan tinggi. Dengan harapan ketika mahasiswa di perguruantinggi tersebut lulus, tidak semua mahasiswa cetakan perguruan tinggitersebut yang mencari pekerjaan akan tetapi mereka akan mampumenciptakan lapangan pekerjaan untuk dirinya sendiri dan orang lainagar tercapainya kemandirian ekonomi di negara kita tercinta
PARTAI POLITIK DAN PEMILIH PEMULA Mohammad Liwa Irrubai
SOCIETY Vol. 5 No. 2 (2014): Desember 2014
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.775 KB) | DOI: 10.20414/society.v5i2.1458

Abstract

Salah satu fungsi partai politik yakni komunikasi politik adalah prosespenyampaian informasi politik dari pemerintah kepada masayarakat dansebaliknya dari masyarakat kepada pemerintah. Parpol di sini berfungsiuntuk menyerap, menghimpun (mengolah, dan menyalurkan aspirasipolitik masyarakat dalam merumuskan dan menetapkan suatu kebijakan.Pemilih pemula adalah warga Indonesia yang pada hari pemilihanatau pemungutan suara adalah Warga Negara Indonesia yang sudahgenap berusia 17 tahun dan atau lebih atau sudah/pernah kawin yangmempunyai hak pilih, dan sebelumnya belum termasuk pemilih karenaketentuan Undang-Undang Pemilu.Metode Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, sumberdata yaitu mahasiswa semester 1 Jurusan Pendidikan IPS-EkonomiFITK IAIN Mataram, pengumpulan data dengan observasi, wawancaradan dokumentasi, dan analisis data dengan analisis data domain.Hasil pembahasan bahwa Partai politik belum sepenuhnya mau danmampu melaksanakan salah satu fungsinya yaitu sosialisasi politikmelalui pendidikan politik secara langsung khususnya kepada parapemilih pemula yang didominasi oleh pelajar kelas 3 SMA dan mahasiswasemester 1 yang berusia 17-22 tahun. Demikian juga pemilih pemulatidak mengetahui dengan jelas platform, visi dan misi partai politik yangakan dipilihnya. Hal ini dibuktikan dengan rendahkan pengetahuanpemilih pemula tentang jumlah dan nama partai politik yang mengikutipemilu tahun 2014.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH MANAJEMEN DAN SUPERVISI PENDIDIKAN Yudin Citriadin
SOCIETY Vol. 5 No. 2 (2014): Desember 2014
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.881 KB) | DOI: 10.20414/society.v5i2.1459

Abstract

Pengembangan bahan pembelajaran merupakan bagian dari upayamemperbaharui kualitas pembelajaran dan salah satu alternatif untukmeningkatkan hasil belajar mahasiswa (output). Selain cara belajar,bahan pembelajaran yang baik juga dapat meningkatkan hasil belajarmahasiswa. Antara penerapan model-model pembelajaran denganpengembangan bahan pembelajaran berupa bahan pembelajaransebenarnya mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk mempermudahpenyampaian materi perkuliahan. Perbedaan antara keduannya adalahpenerapan model-model pembelajaran merupakan langkah terorganisiruntuk menyampaikan materi pelajaran secara langsung, sedangkanbahan pembelajaran merupakan sarana untuk mengorganisir materiperkuliahan dan menyampaikannya secara tidak langsung. Denganbahan pembelajaran yang berkualitas dan mudah dimengerti, dapatmenjadikan mahasiswa lebih mudah menyerap materi. Merujuk padakenyataan adanya perubahan setiap ilmu, maka pengembangan suatuproduk ilmu pengetahuan menjadi sebuah pilihan untuk memperbaharuipengetahuan yang tidak sesuai lagi dengan kondisi dan fakta yang ada.Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian eksperimen,dengan model pengembangan desain pembelajaran Dick and Carey.Instrument pengumpulan data menggunakan: observasi, angket, teshasil belajar. Untuk menganalisa data yang terkumpul dilakukan denganmenggunakan analisis persentase dan deskripsi kualitatif. Teknikpersentase digunakan untuk menyajikan data yang merupakan frekuensiatas tanggapan subjek ujicoba terhadap produk desain pembelajaran.Analisis kualitatif deskriptif. Tujuan menganalisis data dalam penelitianini adalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian yangkemudian menarik kesimpulan.Hasil penelitian adalah 1) Implementasi dengan tersedianya bahan ajarmemberikan keuntungan: pertama, bagi mahasiswa antara lain melatihmahasiswa memahami materi manajemen dan supervisi pendidikanyang disajikan dan mengerjakan soal-soal latihan; kedua bagi dosendapat memberikan pelayanan profesional dalam meningkatkan kualitas pembelajaran; ketiga bagi lembaga diharapkan dapat memberikankontribusi pada sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran.Terciptanya kondisi pembelajaran menyenangkan dan berpusat padamahasiswa dimana mahasiswa lebih aktif dan antusias dalam mempelajaribahan ajar sehingga keterbacaan bahan ajar semakin meningkat. 2)Semula pembelajaran manajemen dan supervisi pendidikan di jurusanpendidikan IPS Ekonomi yang menggunakan power point, denganadanya pengembangan model dick and carey yang dilakukan penelitimaka terpenuhi kebutuhan bahan ajar manajemen dan supervisipendidikan sesuai dengan karakteristik mahasiswa yang ditinjau darikegiatan pembelajaran, aktivitas mahasiswa, respon mahasiswa dan hasilbelajar mahasiswa
RANCANGAN PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SDM YANG EFEKTIF
SOCIETY Vol. 5 No. 2 (2014): Desember 2014
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.454 KB) | DOI: 10.20414/society.v5i2.1460

Abstract

Kualitas organisasi sangat tergantung pada mutu SDM dalam organisasitersebut. Tuntutan ini tidak terlepas dari tantangan-tantangan ekonomiyang mengglobal, dinamis, dan kompetitif. Salah satu fungsi manajemenSDM adalah training and development. Pelatihan dan pengembanganmenjadi bagian utama strategi organisasi untuk meningkatkan kinerja,kemampuan, keahlian, dan perilaku karyawan. Tetapi seringkali dalampelaksanaan pelatihan dan pengembangan tidak efekti dan efisien.Padahal dana yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Setelah mengikutipelatihan dan pengembangan pun tak jarang karyawan belum mampumengimplementasikan apa yang diperoleh ketika mengikuti pelatihandan pengembangan terhadap pekerjaannya.. Untuk itu perlu diperhatikanhal-hal yang terkait dengan rancangan pelatihan dan pengembanganyang efektif, diantaranya dengan memperhatikan ciri-ciri, prinsipprinsip,strategi-srategi, langkah-langkah, dan komponen-komponenyang perlu diperhatikan dalam pelatihan dan pengembangan SDM.

Page 1 of 1 | Total Record : 7