cover
Contact Name
Subhan Adi Santoso
Contact Email
subhan.stitm@gmail.com
Phone
+6285808460361
Journal Mail Official
subhan.stitm@gmail.com
Editorial Address
Ketua Editor Subhan Adi Santoso, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Paciran Lamongan, Indonesia (https://scholar.google.com/citations?user=mWK4NLMAAAAJ&hl=en) Wakil Ketua Editor Maftuhah, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Paciran Lamongan, Indonesia (http://scholar.google.com/citations?user=ssZORwsAAAAJ&hl=en) Editor Pelaksana Idzi’ Layyinati, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Paciran, Indonesia (http://scholar.google.co.id/citations?user=xuwzWvcAAAAJ&hl=id) Agus Toha, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Paciran Lamongan, Indonesia Maftuhah Hamid, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Paciran, Indonesia STAFF Editor Adi Purwanto, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Paciran, Indonesia Iin Mahfudhoh, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Paciran, Indonesia
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Mahasiswa Pendidikan JMP
ISSN : -     EISSN : 28288068     DOI : https://doi.org/10.37286/jmp.v1i1.133
Core Subject : Religion, Education,
JMP adalah jurnal berkala STIT Muhammadiyah Paciran khusus mahasiswa pendidikan yang terbit dua kali dalam satu Tahun, April dan Oktober. Dewan penyunting menerima tulisan berupa kajian analisis atau hasil penelitian dalam pendidikan umum maupun pendidikan Islam. Panjang tulisan 15-20 halaman A4 spasi 1.5 spasi dilengkapi dengan abstrak bahasa Inggris dan kata kunci. Tulisan dikirim ke alamat redaksi: jl. Deandles No. 115 Paciran Lamongan. Telepon 085808460361, email: JMP.STITM@gmail.com
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Mahasiswa Pendidikan" : 3 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE (WORDWALL) MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII di MTs. MUHAMMADIYAH 12 PALIRANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Idzi Layyinnati
jurnal Mahasiswa Pencerah Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Mahasiswa Pendidikan
Publisher : STIT Muhammadiyah Paciran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37286/jmp.v2i1.227

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran digital yang layak secara teoritis dan empiris dalam bentuk website (wordwal) dengan didukung peningkatan hasil belajar dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan dengan obyek penelitian siswa di MTs. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (four D models) define, design, develop dan disseminate tetapi tidak melakukan disseminate dengan desain uji coba menggunakan rancangan penerapan one group pretest postest design. Pengumpulan data menggunakan metode validasi, angket, tes dan pengamatan sedangkan analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu: Variabel yang berkaitan dengan validitas website (wordwal) ditinjau dari kelayakanpada bidang teoritis dan empiris berturut-turut 82.5% dan 91.3; dan respon siswa sangat positif 80,3 %; penilaian hasil belajar siswa meningkat dari N-Gain 0.86 dengan kategori tinggi. Media yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SISWA SMP KELAS VIII DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTs 5 SUGIHAN Idzi’ Layyinnati
jurnal Mahasiswa Pencerah Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Mahasiswa Pendidikan
Publisher : STIT Muhammadiyah Paciran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37286/jmp.v2i1.237

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang layak secara teoritis dan empiris meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), bahan ajar materi sistem pencernaan dengan didukung peningkatan hasil belajar dan respon siswa terhadap pembelajaran yang melatihkan keterampilan proses dengan dengan subyek penelitian SMP di 5 sugihan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (four D models) define, design, develop dan disseminate tetapi tidak melakukan disseminate dengan desain uji coba menggunakan rancangan penerapan one group pretest postest design. Pengumpulan data menggunakan metode validasi, angket, tes dan pengamatan sedangkan analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu: Variabel yang berkaitan dengan validitas perangkat pembelajaran dikatakann valid untuk digunakan dalam pembelajaran dengan validitas silabus, RPP, bahan ajar dan LKS berturut-turut 82.5%, 91.3%, 80.3%, 85.0%; keterlaksanaan RPP berkategori tinggi; dan respon siswa sangat positif 80,3 %; penilaian keterampilan proses dan hasil belajar siswa meningkat dari n-gain 0.86 dengan kategori tinggi. Perangkat yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata-kata kunci: Sistem Pencernaan, Inquiry, Keterampilan Proses SMP kelas VIII Abstract This research has purpose to produces learning materials that proper theoritically and empirically that consists of lesson plan, student work sheet, student book on digestive system that supported by increasing of student achievementand student responses towards learning that try process skils with junior high school research subject in 5 sugihan. This research used 4D development model but this research did not use dissiminate with one group pretes posttest in try out. Data collecting method, questionnaire, test and observation. Data analysis used qualitative descriptive technic. Research findings showed that validation of learning materials, namely syllabus, lesson plan, student book, and student worksheet was 82.5%, 91.3%, 80.3%, 85.0%; respectively lesson plan implementation was high and students response very positive (80.3). Learning materials that developed was proper to be used in learning and increased student achievement.
Pengaruh Playstation Terhadap Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi Aqidah Akhlak Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 03 Weru Ana Saifatul Khusnah; Bahrus Surur; Subhan Adi Santoso
jurnal Mahasiswa Pencerah Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Mahasiswa Pendidikan
Publisher : STIT Muhammadiyah Paciran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37286/jmp.v2i1.239

Abstract

In this study the author uses quantitative methods, while for data collection using questionnaires, documentation, observation, while the population is the entire number of fourth grade students at MI Muhammdiyah 03 Weru-Paciran, totaling 35 students and 25 being taken as samples. To analyze the final results the author uses the Product Moment formula with the formula: rxy= (?xy)/?((?x^2 )(?y²)).In this study, the results obtained from data analysis using the Product Moment formula which the results reached 1.0208 were rounded up to 1. So the results and conclusions can be obtained that playing Playstation games is very influential on student achievement in the Aqidah Akhlak class IV study at MI Muhammdiyah 03 Weru-Paciran.

Page 1 of 1 | Total Record : 3