cover
Contact Name
Rista Dwi Permata
Contact Email
rista.permata.rp@gmail.com
Phone
+6282141311172
Journal Mail Official
gcejournal@gmail.com
Editorial Address
Jalan Manunggal No. 61 (62391) Tuban-Jawa Timur
Location
Kab. tuban,
Jawa timur
INDONESIA
GCEJ (Golden Childhood Education Journal)
ISSN : -     EISSN : 27750221     DOI : https://doi.org/10.55719/gcej.v3i1
Core Subject : Education,
Pendidikan Anak Usia Dini Pembelajaran Anak Usia Dini Parenting untuk Pendidikan Anak Usia Dini Perkembangan Anak Permasalahan Anak Usia Dini Lembaga Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Psikologi Perkembangan Anak Pemberdayaan Anak Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Alat Permainan Anak Usia Dini Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Inovasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini, dan Berbagai bidang yang berkaitan dengan Pendidikan Anak Usia Dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2023): Vol. 4 No. 1 Tahun 2023" : 4 Documents clear
Kemampuan Menganalisis Kebutuhan dan Pemahaman Diri bagi Orang Tua sebagai Upaya Preventif Terjadinya Stres kholifah dra
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 4 No 1 (2023): Vol. 4 No. 1 Tahun 2023
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemulihan kondisi pasca pandemi Covid-19 masih terasa sulit, tantangan kehidupan semakin komplek, manusia mengalami kekhawatiran, ketakutan, kecemasan. Kebutuhan kehidupan yang beragam sulit dihindari, menuntut dipenuhi, apabila tidak, akan mendatangkan permasalahan. Orang tua harus mampu menganalisis kebutuhannya, mendesak atau dapat ditangguhkan. Orang tua juga harus memiliki kemampuan memahami diri sendiri, faham kekuatan dan kelemahannya dengan harapan dapat mengambil keputusan yang tepat. Keduanya penting dimilikinya agar supaya terhidar terjadi stres sebagai akibat pemenuhan kebutuhsn yang tidak dapat terpenuhi. Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan tentang pentingnya kemampuan menganalisa kebutuhan dan pemahaman diri sebagai upaya preventif terjadinya stres. Metode penelitian kualitatif, pengumpulan data dengan metode wawancara dan observasi, analisa dengan teknik domain. Hasilnya, antisipasi stres, masih banyak orang tua belum mampu, kemampuan orang tua dalam menyesuaikan diri dengan realita masih rendah, sering orang tua kurang tepat menyikapi stres. Dalam mengnalisa kebutuhan masih sering kebingungan, hal tersebut karena orang tua sering terpengaruh lingkungannya, malu jika tidak sama dengan yang lain. Kemampuan orang tua dalam memahami diri sendiri masih sangat memprihatinkan, karena pada umumnya kurang bisa mengenali siapa dirinya dan tindakannya berorientasi dengan orang lain, bukan berkaca pada “siapa dirinya”.
Implementasi Percobaan Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok Bermain AL Hidayah Ternyang Kecamatan Sumberpucung Ifa Aristia Sandra Ekayati; Risna Duwi Damayanti; Sumadi Sumadi; Firdausi Nuzula
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 4 No 1 (2023): Vol. 4 No. 1 Tahun 2023
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa kreativitas anak mulai berkurang terutama dalam perkembangan kognitifnya. Untuk mengatasi hal tersebut,  penulis membuat penelitian dengan judul “implementasi percobaan sains untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak di KB AL Hidayah Ternyang Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data berupa observasi di lapangan, tanja jawab dengan peserta didik dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakaan adalah menggunakan teknik penskoring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi awal  didapatkan data kategori baik sebesar 27,27%, kategori cukup sebesar 59.1 % dan kategori kurang sebesar 13.67%. Pada Siklus I terdapat kategori baik 45.45%, kategori cukup 50% dan kategori kurang 4,5%/. Sedangkan pada Siklus II terdapat kategori Baik sebesar 86.36 %, kategori cukup sebesar 9.10% dan kategori kurang sebesar 4.5%.
PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF MAZE BOX UNTUK MENSTIMULASI ASPEK KOGNITIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN Nurul Fithriyanti; Dwi Imam Efendi; Siti Marli'ah
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 4 No 1 (2023): Vol. 4 No. 1 Tahun 2023
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to develop educational game tools suitable for stimulating the cognitive aspects of children over the age of 56. This study is a developmental study inherited from Borg & Gall's 10-step R & D. The researchers performed only five steps: 1) possibilities and probllems, 2) data collectioan, 3) prodact desigen, 4) desigen verification, and 5) desigen improvement. The research tools used were observations, surveys, and documentation. Product feasibility is based on the results of evaluations by media and materials experts. The results of the evaluation by media experts receive an average score of 3.29 on a very good basis. The results of the material expert evaluation gave an average score of 2.92 on the corresponding criteria, so the entire product of the developed Maze Box educational game tool stimulates the cognitive aspects of children over the age of 56. Was considered suitable for.
PENERAPAN KEGIATAN MENGGAMBAR BENTUK GEOMETRI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI Ayunda Sayyidatul Ifadah; Rista Dwi Permata
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 4 No 1 (2023): Vol. 4 No. 1 Tahun 2023
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the increase in fine motor skills of early childhood aged 4-5 years through drawing activities with geometric blocks. This research is a Classroom Action Research (CAR) which was carried out on group A children at Dharma Wanita Kindergarten in Siding Village with a total of 27 research subjects. Data collection techniques using observation and documentation. In the initial conditions (pre cycle) it shows that the child's fine motor skills are still very low due to a lack of activities that stimulate fine motor skills and tend to focus more on activities that stimulate the child's cognitive. In the pre-cycle, data were obtained for 9 children who met the criteria for completion, 18 children who had not completed, and the percentage of class completeness was 33.3%. In cycle 1 there was an increase as many as 17 children were declared complete, 10 children had not completed, and the percentage of class completeness was 62.9%. Then in cycle 2 there was a significant increase where 24 children entered the criteria for completion, 3 children had not completed, and the percentage of class completeness increased to 88.8%.

Page 1 of 1 | Total Record : 4