cover
Contact Name
Dorris Yadewani
Contact Email
jurnalpustakamanajemen@gmail.com
Phone
+6281372259838
Journal Mail Official
jurnalpustakamanajemen@gmail.com
Editorial Address
Jl. Batu Kasek Blok E 11 Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Pustaka Manajemen
Published by Pustaka Galeri Mandiri
ISSN : -     EISSN : 28098145     DOI : https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamanajemen
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Pustaka Manajemen adalah sebuah jurnal Double blind peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang Ilmu Manajemen. Semua publikasi di Jurnal Pustaka Manajemen bersifat akses terbuka yang memungkinkan artikel tersedia secara bebas online tanpa berlangganan apapun.
Articles 23 Documents
Pengaruh Citra Merek dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Nutrijell di Kota Padang Yuliarni Putri; Widya Rahmawati
Jurnal Pustaka Manajemen (Pusat Akses Kajian Manajemen) Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pustaka Manajemen
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.083 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan promosi terhadap keputusan pembelian Nutrijell di Kota Padang. Penelitian ini terdiri dari dua variabel independen yaitu citra merek dan promosi, serta terdiri dari satu variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Secara parsial dan simultan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metedologi penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi yang tidak diketahui dan teknik pengambilan sampel dengan metode accidental sampling, dengan metode ini jumlah sampel ditetapkan sebanyak 100 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peyebaran angket. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Besarnya pengaruh citra merek dan promosi terhadap keputusan pembelian adalah 44,5% sedangkan sisa nya 55,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Peranan Dinas Lingkungan Hidup Dalam Pengelolaan Sampah Di Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu Muhammad Fahrizal Hasibuan
Jurnal Pustaka Manajemen (Pusat Akses Kajian Manajemen) Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pustaka Manajemen
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.447 KB)

Abstract

The purpose of this research is to know the role of environment department in waste management and to know its obstacles of environment department in rambah subdistrict. This research use qualitative research that produces descriptive data in the form of a writen words or oral from people and the observed. from the research results obtained the role of environmental services in reducing waste are by formulating programs and socialization in community about the dangers of waste. the role of environmental services in the utilization of waste by forming a garbage bank, garbage care group and amenities. The environment department strives to provide quality facilities and infrastructure and conducts community guidance and supervision on waste. While the environmental service barriers to waste management are the lack of waste facilities, the number of garbage transportation fleet that has not been maximized, the technique of garbage collection is less rapid and there is no regulation on waste management. From the results of interviews with informants and results of observations concluded that the role of environmental department is quite accomplished with the real effort even though the field is not maximized results
Pengaruh Penempatan dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pengolahan CPO Moh Roni; Y Rahmat Akbar; Loveana Syaifora
Jurnal Pustaka Manajemen (Pusat Akses Kajian Manajemen) Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pustaka Manajemen
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.217 KB)

Abstract

The research was conducted on processing section Crude Palm Oil PT Eluan Mahkota that aimed to figure out the impact of placement, work environmet of work productivity, either simultaneously or partially. The population of the research was all of the processing section Crude Palm Oil PT Eluan Mahkota. Total sample of 83 respondents on processing section Crude Palm Oil PT Eluan Mahkota. The sampling technique used is simple random side and multiple linier regression analysis. Simultaneous regression (F test) showed that the independent variables studied (Placement and Work Environment) together (simultaneously) have a significant influence on the dependent variable (Work Productivity). Partial test (t test) shows, the independent variables have a significant effect on effectiveness of Work Productivity. There is a high contribution of the variable placement and work environment on the Effectiveness of work productivity in processing section Crude Palm Oil PT Eluan Mahkota, the illustrated by the coefficient of determination obtained. From the result of this research which should be observed is the effectiveness and efficiency of employees to be able to achieve maximum result. Placement must be conform with ability of employees. In any situations, employees must be controlling emotions and then works with the existing rules.
Risiko Kredit Perbankan : Dampak Dari Kepemilikan Asing Dan Kepemilikan Institusi Domestik Dengan Bank Size Sebagai Variabel Mediasi Raden Bagus Faizal Irany Sidharta; I Nyoman Nugraha Ardana Putra; Isra Dewi Kuntary Ibrahim
Jurnal Pustaka Manajemen (Pusat Akses Kajian Manajemen) Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pustaka Manajemen
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.175 KB)

Abstract

Tahun 2008, terjadi krisis keuangan global yang berdampak hampir seluruh negara di dunia. Kredit yang diberikan secara ceroboh kepada debitur yang tidak jelas sejarah kreditnya menyebabkan peningkatan risiko kredit yang besar bagi perbankan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Kepemilikan Asing, Kepemilikan institusi Domestik terhadap bank size di Indonesia, Kepemilikan Asing terhadap risiko kredit bank di Indonesia, pengaruh Kepemilikan institusi Domestik terhadap risiko kredit bank di Indonesia dan pengaruh Bank Size terhadap risiko kredit bank di Indonesia. alat analisis Partial Least Square, hasil menunjukan, kepemilikan asing berpengaruh positif dan signifikan terhadap bank Size, kepemilikan institusi domestik berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap bank Size, kepemilikan asing berpengaruh positif dan signfikan terhadap risiko kredit, kepemilikan institusi domestik berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap risiko kredit, Bank size berpengaruh negatif dan signifikan terhadap risiko kredit, kepemilikan asing berpengaruh negatif dan signifikan terhadap risiko kredit melalui bank size dan kepemilikan institusi domestik berpengaruh negatif dan signifikan terhadap risiko kredit melalui bank size.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasaan Kerja Karyawan PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) X Koto Singkarak Wahyu Indah Mursalini
Jurnal Pustaka Manajemen (Pusat Akses Kajian Manajemen) Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pustaka Manajemen
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.675 KB)

Abstract

This study aims to analyze the factors that influence job satisfaction of employees of PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) X Koto Singkarak). The sample in this study was 31 respondents based on gender, age, education level, status, and length of service at Rural Bank (BPR) X Koto Singkarak.Based on the results of the analysis that has been carried out, it is obtained that Y = 17.961 -0.157X1 + 0.568X2, which means that the role conflict variable has a negative effect on employee job satisfaction, while the job authority variable positively affects employee job satisfaction. Judging from the results of the R Square of 0.636 or 63.6%. And other factors besides Role Conflict and Work Authority that affect Employee Job Satisfaction by 36.4%. From the results of the t-test analysis obtained |2,182| and 5.217, which means that the role conflict variable affects employee job satisfaction and the job authority variable affects employee job satisfaction. From the results of the F test obtained 24,476 > ftable 2.95, which means that the Conflict of Role and Work Authority on jointly affects Employee Job Satisfaction.
Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Religiusitas terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah Sefnedi Sefnedi; Dorris Yadewani
Jurnal Pustaka Manajemen (Pusat Akses Kajian Manajemen) Vol 2 No 1 (2022): Jurnal Pustaka Manajemen
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.007 KB) | DOI: 10.55382/jurnalpustakamanajemen.v2i1.149

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh orientasi kewirausahaan dan religiusitas terhadap kinerja usaha kecil dan menengah (UKM) di Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pimpinan atau pemilik UKM di Kota Padang. Teknik penarikan sampel menggunakan pendekatan non-probabilitas yaitu purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam analisis data adalah sebanyak 175 sampel. Penelitian ini menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (i) orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM, dan (ii) religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM. Implikasi manajerial dalam penelitian ini akan didiskusikan kemudian.
Analisis Service Quality, Product dan Promotion Terhadap Consumer Loyality Pada Situ Koffie Padang Bambang Budiantoro
Jurnal Pustaka Manajemen (Pusat Akses Kajian Manajemen) Vol 2 No 1 (2022): Jurnal Pustaka Manajemen
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.909 KB) | DOI: 10.55382/jurnalpustakamanajemen.v2i1.150

Abstract

Perubahan keinginan konsumen sekarang ini banyak sekali membawa dampak positif bagi pengusaha terutama kofee shop. Terkadang orang-rang lebih suka datang hanya untuk menikmati sekedar minum sesuai menu yang disediakan ditempat kafe tersebut. Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk berpengaruh terhadap Promosi, apakah pengaruh kualitas Pelayanan dan Produk   berpengaruh langsung   terhadap loyalitas konsumen dan kualitas pelayanan dan produk berpengaruh terhadap loyalitas konsumen melalui promosi. Populasinya merupakan konsumen yang sering datang ke kafe. Pengambilan sampel menggunakan teknik acidental sampling, jumlah responden sebanyak 100. Metode pengumpulan data dengan menggunakan   observasi, dan   kuesioner , teknik analisis data Deskriptif, Uji asumsi klasik dan  Jalur. Hasil temuan yang didapat adalah kualitas pelayanan dan kualitas produk  berpengaruh  terhadap  promosi,  kualitas  pelayanan  berpengaruh  langsung  terhadap  loyalitas konsumen, sedangkan produk tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen melalui promosi. Walaupun konsumen tidak memperhatikan kualitas produk yang ditawarkan sebaiknya tetap dijaga kualitas cita rasa, agar pelanggan yang baru maupun yang lama tetap terus datang mengunjungi  Situ Koffie Padang.
Penentuan Jalur Kritis untuk Manajemen Proyek (Studi Kasus Pembangunan Jalan Selensen-Kota Baru-Bagan Jaya) Mar'aini Mar'aini; Y Rahmat Akbar
Jurnal Pustaka Manajemen (Pusat Akses Kajian Manajemen) Vol 2 No 1 (2022): Jurnal Pustaka Manajemen
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.155 KB) | DOI: 10.55382/jurnalpustakamanajemen.v2i1.184

Abstract

Perencanaan jaringan dengan penentuan jalur kritis merupakan salah satu teknik manajemen yang digunakan untuk merencanakan dan mengendalikan pelaksanaan suatu proyek. Hal ini dapat menunjukkan hubungan antar kegiatan dan menentukan waktu-waktu penting/kritis dalam kegiatan proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun perencanaan jaringan pada proyek pembangunan jalan raya Selensen-Kota Baru-Bagan Jaya dan penentuan jalur kritis dalam rangka meningkatkan efisiensi waktu sehingga dapat diperoleh periode penyelesaian proyek yang optimal. Penelitian ini menggunakan data deskriptif dengan desain riset terapan, dimana data dikumpulkan dengan cara observasi langsung ke perusahaan, dan pengolahan data menggunakan aplikasi QM for windows V5. Metode yang digunakan adalah Metode Jalur Kritis atau Critical Path Method (CPM) dengan single time estimate. Hasil penelitian ini adalah perencanaan waktu yang optimal dalam pekerjaan proyek dengan jalur kritis pada kegiatan A-C-D-E-G-I-J-K. Berdasarkan temuan studi tersebut, dapat dinyatakan bahwa penerapan strategi penjadwalan proyek pembangunan jalan ini memiliki dampak yang besar terhadap durasi proyek. Dengan pendekatan CPM, organisasi dapat menyelesaikan proyek dalam 182 hari kalender, oleh karena itu kemungkinan kegiatan proyek pembangunan jalan raya akan selesai sesuai jadwal relatif tinggi. Dengan tidak adanya strategi ini, proyek akan selesai dalam 195 hari kalender. Dengan memanfaatkan perencanaan jaringan dan pendekatan CPM, perusahaan dapat menghemat hingga 13 hari dan meningkatkan efisiensi waktu.
Pengaruh Service Quality, Perceived Value dan Switching Barrier terhadap Customer Retention Fauzan Krisna Hadi; Adhi Prakosa
Jurnal Pustaka Manajemen (Pusat Akses Kajian Manajemen) Vol 2 No 1 (2022): Jurnal Pustaka Manajemen
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.558 KB) | DOI: 10.55382/jurnalpustakamanajemen.v2i1.186

Abstract

Persaingan di bidang pemasaran smartphone semakin ketat dengan hadirnya banyak merek baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer service quality, customer perceived value, dan switching barrier terhadap customer retention pada pengguna smartphone di Yogyakarta. Customer retention adalah tingkat frekuensi pelanggan untuk melakukan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna smartphone Samsung di kota Yogyakarta, dengan metode penentuan sampel adalah purposive sampling. Metode yang digunakan adalah survei melalui instrumen kuesioner, sampel penelitian berjumlah 85 responden yang merupakan pengguna smartphone Samsung di Yogyakarta. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian disimpulkan bahwa customer service quality tidak berpengaruh terhadap customer retention, sedangkan customer perceived value dan switching barrier berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer retention. Pengaruh variabel customer service quality, customer perceived value, dan switching barrier terhadap customer retention sebesar 71,2%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel customer retention penting bagi perusahaan agar dapat mempertahankan pelanggan.  
Peran Literasi Keuangan Dalam Meningkatkan Minat Penggunaan Mobile Banking Yuhelmi Yuhelmi; Mery Trianita; Ice Kamela; Zeshasina Rosha
Jurnal Pustaka Manajemen (Pusat Akses Kajian Manajemen) Vol 2 No 1 (2022): Jurnal Pustaka Manajemen
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.889 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan peran literasi keuangan dalam meningkatkan minat penggunaan mobile banking. Sampel penelitian ini adalah dosen di berbagai Perguruan Tinggi dengan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel 205 orang. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada responden dengan menggunakan skala Likert. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan pengujian secara parsial (uji t). Hasil penelitian menemukan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif terhadap minat dosen dalam menggunakan mobile banking. Implikasinya perbankan harus mengedukasi nasabah untuk meningkatkan pengetahuannya dalam meningkatkan penggunaan mobile banking.

Page 1 of 3 | Total Record : 23