cover
Contact Name
Purwono
Contact Email
purwono@uhb.ac.id
Phone
+62281-6843493
Journal Mail Official
ikomti@uhb.ac.id
Editorial Address
Jl. Raden Patah No. 100, Ledug, Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas - Jawa Tengah
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi (IKOMTI)
ISSN : 27464237     EISSN : 27464237     DOI : https://doi.org/10.35960/ikomti.v2i2
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi (IKOMTI) focuses on Computer Science, Information Systems, Information Technology and its implementation. IKOMTI is peer review, electronic, and open access journal. IKOMTI is seeking an original and high-quality manuscript. Areas of interest in Computer Science, Information Systems, and Information Technology include but are not limited to the following topics: 1. Computer Science - Application Technologies - Application Development - Artificial Intelligence - Cloud Computing - Computational Theory and Mathematics - Computer Hardware and Architecture - Computer Optimization - Digital Image Processing - Internet of Things - Machine Learning - Soft Computing - Software Engineering 2. Information Technology - Enterprise Architecture - Human Computer Interaction - Industrial Organization - Information/Data Security - IT Governance - IT Infrastructure /Operations - IT Operation Management - IT Organizations and Risk Management - IT Procurement - IT Strategic Planning - Networks and/or Telecommunications - System Integration - etc. 3. Information Systems - Big Data - Business Intelligence - Data and Knowledge-Based System Architectures - Data mining - Decision Support Systems - E-Business - E-Government - Health Information Systems - Information Management - IS/IT Project Management - New Technology Acceptance - Supply Chain Information Systems - System Analysis and Design - User Experience and Design - etc.
Articles 31 Documents
Sistem Pendukung Keputusan Penetapan Kenaikan Golongan Karyawan Khoirun Nisa
Jurnal IT UHB Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi
Publisher : Universitas Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.819 KB) | DOI: 10.35960/ikomti.v1i2.501

Abstract

Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sukoharjo sebagai salah satu rumah sakit yang memiliki sumber daya manusia dengan jumlah kurang lebih 200 pegawai. Dalam rangka meningkatkan motivasi karyawan bekerja, SDM melakukan penaikan pangkat kepada karyawan yang memiliki dedikasi tinggi di RS dengan menaikan golongon melalui jalur regular, sehingga secara otomatis akan memberikan sebuah reward. Sementara dalam penilaian masih kurang maksimal dikarenakan sumberdaya penilai yang banyak dan belum adanya sistem. Sehingga Sistem Pendukung Keputusan digunakan untuk mempermudah dalam melakukan penilaian. Sistem ini Penilitian ini melakukan pengujian tingkat akurasi pada sistem ini yang menggunakan metode TOPSIS, BORDA, dan SMARTER. Salah satu keunggulan dari sistem ini pada pembobotan yang dilakukan perhitungan bersifat dinamis sehingga ada pengaturan jarak setiap pembobotan kriteria menggunakan metode smarter. Sedangkan dalam perengkingan penilaian setiap karyawan menggunakan metode topsis. Dalam penelitian ini terdapat dua penilai yang berbeda sehingga menggunakan metode borda untuk mendapatkan peringkat gabungan dari kedua penilai. Metode smarter membantu dalam menstabilkan jarak antar kriteria dimana nilai kedekatan mencapai 88.46% dengan jumlah kriteria sebanyak 26, sedangkan 16 kriteria sebesar 56.25%. Hasil pengujian akurasi menggunakan metode matriks confusion didapatkan hasil bahwa menggunakan metode smarter menghasilkan nilai akurasi sebesar 0.8 sedangkan tanpa metode smarter sebesar 0.6. Hasil pengujian metode Smarter dan Topsis memiliki nilai akurasi sebanyak 0.7 dan error rate 0,25. Sedangkan pengujian menggunakan netode smarter dan borda akurasi sebesar 0,7 dan error rate 0,3.
Analisis Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak Point of Sale Nextar Menggunakan Metode Functional Point Analysis Samuel Ari Yudha Anggara; Yosua Daniel Chandra; Muhammad Surya Dwilaksana Putra; Soetam Rizky Wicaksono
Jurnal IT UHB Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi
Publisher : Universitas Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.275 KB) | DOI: 10.35960/ikomti.v1i1.502

Abstract

Nextar merupakan perangkat lunak point-of-sale berbasis desktop yang berasal dari Brazil, selama 18 tahun Nextar telah memfasilitasi lebih dari 50.000 toko di 190 negara sejak 2001. Biaya berlangganan Nextar mulai dari $0 hingga $190 per-bulan. Nextar menawarkan berbagai layanan untuk membantu proses pengelolaan penjualan sehari-hari. Aplikasi Nextar dapat digunakan di desktop dengan operating system windows dan dapat pula digunakan di mobile. Fitur -fitur yang terdapat di Nextar antara lain manajemen pelangan, manajemen penyimpanan, multi-currency, pembayaran, manajemen stok, manajemen user, manajemen kas, return, refunds yang notabenenya banyak fungsi yang digunakan dalam sebuah perusahaan. Sebagai aplikasi, Nextar pasti memiliki sebuah kekurangan dalam memberikan pelayanan. Maka dari itu jurnal ini melakukan pengukuran kualitas dari Nextar menggunakan metode FPA (Functional Point Analysis). FPA adalah metode standar untuk mengukur pengembangan perangkat lunak dari sudut pandang pengguna. Nextar POS memiliki fitur-fitur cukup banyak yang dapat dijadikan objek pengukuran kualitas. Diharapkan dengan penelitian ini dapat membantu pertimbangan pengambilan keputusan penggunaan Nextar POS berdasarkan pengukuran menggunakan metode FPA.
Implementasi Aplikasi Android untuk Meningkatkan Layanan Promosi di Smk Multazam Gisting Kanti Lestari; Ahmad Hilal Yusuf; Muhamad Muslihudin; Panji Andika Pratomo
Jurnal IT UHB Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi
Publisher : Universitas Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.422 KB) | DOI: 10.35960/ikomti.v1i1.503

Abstract

Teknologi informasi bergerak semakin maju dan berkembang dari setiap masanya.salah satu sistem yang banyak digunakan pada saat ini adalah telepon selular(smartphone) terutama telepon pintar(Smartphone), salah satu jenis smartphone menggunakan sistem operasi android. Untuk memanfaatkan teknologi yang ada saat ini untuk mensosialisasikan SMK Multazam kepada masyarakat, maka dibutuhkan suatu aplikasi informasi berbasis android. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan sistem aplikasi yang dapat menampilkan lokasi dan profil SMK Multazam Gisting. Tahapan dalam metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tahap observasi, tahap wawancara, dan tahap pustaka. Metode pengebangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall.untuk membangun sistem aplikasi tersebut menggunakan App Invertor. Desain sistem tersebut menggunakan perancangan flowchart, use case diagram, class diagram. Penelitian yang dilakukan di SMK Multazam Gisting menghasilkan suatu aplikasi informasi SMK Multazam Gisting berbasis Android. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu dan memudahkan pengguna dalam mencari informasi terhadap SMK Multazam Gisting.
Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Puskesmas Wates Kabupaten Pringsewu Berbasis Android Andreas Andoyo; Jimi Ali Baba; Maghrifa Maghrifa; Dita Novita Sari
Jurnal IT UHB Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi
Publisher : Universitas Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.932 KB) | DOI: 10.35960/ikomti.v1i1.504

Abstract

Penerapan teknologi informasi di bidang kesehatan ini diyakini dapat memberikan berbagai manfaat bagi provider pelayanan kesehatan. Dengan dukungan teknologi tersebut, manfaat yang dapat diperoleh diantaranya adalah tersedianya informasi kesehatan pasien yang akurat dan komprehensif, sehingga provider dapat memberikan berbagai kemungkinan perawatan terbaik. Lebih lanjut dengan penerapan teknologi informasi yang lengkap dan akurat dapat membantu dalam proses diagnosa, meminimalkan medical error serta dapat menawarkan pelayanan kesehatan yang aman dengan biaya rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah Menghasilkan sistem informasi pelayanan pendaftaran pasien, dapat menghubungi kontak pada penjadwalan piket. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengumpulan data dan metode wawancara. Sedangkan metode perancangan sistem yang digunakan adalah metode SDLC (System Development Life Cycle) yaitu metode waterfall. Pelaksanaan penelitian dilakukan di Puskesmas Wates. Aplikasi ini dapat mempermudah dalam pendaftaran pasien secara online dan menghubungi kontak pada penjadwalan piket puskesmas.
Sistem Informasi Geografis Pasar Tradisional Berbasis Web di Wilayah Kabupaten Badung I Gede G Sastrawan; I Nyoman Yudi Anggara Wijaya
Jurnal IT UHB Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi
Publisher : Universitas Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.105 KB) | DOI: 10.35960/ikomti.v1i1.507

Abstract

Abstract— Traditional markets are a place for sellers of basic necessities produced by small and medium scale economic actors. The need for information on traditional markets for the community in Badung Regency is a very important instrument considering the very limited information about traditional markets such as market location information, market commodities and other information that is beneficial to the community. Lack of complete information makes some traditional markets in Badung Regency not yet well known. By utilizing information technology such as web-based geographic information systems, it can provide complete traditional market information to the public who want to know the traditional markets that are in the vicinity. The existence of this geographic-based information system is expected to be one of the solutions for data processing and information on traditional markets in Badung Regency, namely by building a web-based Geographic Information System (GIS) where in the system there are also market information and important information relating to traditional markets in the Badung regency. The software development carried out in this study uses the Waterfall method. This method is also called the Classic Life Cycle method. Called the Waterfall method because the first stage must be passed and finished first to be able to proceed to the next stage.
Sistem Informasi Manajemen Aset dan Inventaris menggunakan QR Code di Kantor Camat Petang I Kadek Subudi Setiawan; I Nyoman Yudi Anggara Wijaya
Jurnal IT UHB Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi
Publisher : Universitas Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.849 KB) | DOI: 10.35960/ikomti.v1i1.508

Abstract

Abstract—Information and communication technology in this era it’s very rapid development. The impact of this information technology is very large felt in supporting the performance and activities ranging from schools, businesses and government agencies. Government agencies have used a lot of information systems that help the performance of these agencies to support the speed of the government process, but this information system has not been used as a whole in the government process especially in the sub-district office that still uses manual methods in recording inventory data owned by the agency. This research was made with the waterfall method that begins with the planning process of the system in which in this process a system of planning will be made related to the problems that exist in the camat petang office, then the modeling process where the system in the form of system design will be made, then the process is carried out implementation and testing of systems that have been made. Based on the problems and data obtained, an asset management information system and inventory were made using QR-Code, this system is useful for recording assets, providing information related to assets in a complete and fast way and providing convenience in bleaching items that are damaged or cannot be used anymore. Keywords: simanis, information systems, management, assets, inventory, QR-Code
Pengujian Usability Website Andaru Persada Mandiri Menggunakan Nielsen Attributes of Usability Hilda Rachmi; Siti Nurwahyuni
Jurnal IT UHB Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi
Publisher : Universitas Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.071 KB) | DOI: 10.35960/ikomti.v1i2.571

Abstract

Di masa pandemi seperti saat ini, kebergantungan terhadap teknologi sangat besar. Semua kegiatan dialihkan menjadi berbasis daring termasuk salah satunya adalah penjualan. Penjualan melalui website termasuk didalamnya penyediaan informasi terhadap produk yang disediakan menjadi hal yang sangat penting untuk kelancaran proses penjualan dan promosi. Untuk memudahkan pengguna perlu diperhatikan aspek usability sebagai indikator keberhasilan sebuah website sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna atau belum. Penelitian ini melakukan pengujian usability terhadap website Andaru Persada Mandiri sebagai penyedia alat laboratorium yang termasuk di dalamnya alat untuk melakukan tes usap sebagai pendeteksi awal Corona Virus Disease 19. Pengujian dilakukan melalui kuesioner dengan menggunakan model Nielsen. Hasil pengujian menunjukkan bahwa website Andaru Persada Mandiri memenuhi 4 variabel dari 5 variabel pengujian menurut atribut Nielsen, yaitu: learnability dengan nilai 3,93; memorability dengan nilai 3,99; efficiency dengan nilai 3,82; dan satisfaction dengan nilai 3,78. Ke depannya diharapkan website Andaru Persada Mandiri dapat memenuhi seluruh variabel agar dapat diterima dengan baik oleh penggunanya.
Sistem Informasi Deteksi Dini Gas Amonia di Lingkungan Peternakan menggunakan Perangkat Wireless Sensor Network Imam Ahmad Ashari; Retno Agus Setiawan; Khoirun Nisa
Jurnal IT UHB Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi
Publisher : Universitas Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.986 KB) | DOI: 10.35960/ikomti.v1i2.573

Abstract

Amonia merupakan gas berbahaya yang di hasilkan oleh kotoran unggas di lingkungan peternaan. Ketika mencapi kadar konsentrasi tertentu gas ammonia dapat menyebabkan kematian bagi unggas bahkan untuk peternaknya sendiri. Untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya tindakan untuk mengetahui lebih dini kadar konsentrasi gas ammonia yang ada di lingkungan peternakan. Wireless Sensor Network (WSN) merupakan solusi dari masalah itu, dengan perangkat WSN kadar konsentrasi gas ammonia di lingkungan peternakan dapat di monitoring secara realtime. Untuk menampilkan data yang di ambil dari perangkat WSN pada penelitian ini interface menggunkan visualisasi grafik berbasis web. Adapun perancangan wireless sensor network berjalan dengan baik. Data dapat di ambil secara realtime dan di tampilkan dalam system informasi berbasis web dengan visualisasi berbentuk grafik.
Analisis Sentimen Terhadap Kenaikan Iuran Bpjs Kesehatan Pada Twitter Menggunakan Naïve Bayes Classifier Putri Dewi Wulandari; Ultach Enri; Aji Primajaya
Jurnal IT UHB Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi
Publisher : Universitas Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.168 KB) | DOI: 10.35960/ikomti.v1i2.575

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan salah satu hak mendasar masyarakat yang penyediaannya wajib diselenggarakan oleh Pemerintah sebagaimana telah diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28 H Ayat (1). Menurut Presidium Forum Alumni Aktivis Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia, Program Jaminan Kesehatan Nasional yang pelaksanaannya dipercayakan pada BPJS Kesehatan masih jauh dari makna keadilan. Salah satu persoalan yang dihadapi BPJS Kesehatan yaitu banyaknya peserta yang menunggak dalam melakukan pembayaran sehingga menimbulkan defisit yang sangat besar pada BPJS Kesehatan dan menyebabkan Pemerintah resmi menaikkan iuran BPJS Kesehatan sesuai usulan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Banyaknya keluhan masyarakat terhadap isu kebijakan Pemerintah dalam menaikkan iuran BPJS Kesehatan, maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk menemukan kesimpulan dari persepsi masyarakat menggunakan algoritma Naive Bayes Classifier dengan fitur seleksi TF-IDF. Dataset yang digunakan sebanyak 356 data yang terbagi kedalam dua kelas yaitu kelas positif dan negatif yang telah melalui tahap seleksi oleh Ahli Bahasa Indonesia. Proses klasifikasi menghasilkan hasil akurasi terbaik dengan ratio split 60:40 yaitu sebesar 92,96% dengan menggunakan fitur seleksi TF-IDF.
Sistem Informasi Evaluasi Kinerja Pegawai Pemerintah AHP dan 360-Degree Feedback Irfani Zuhrufillah
Jurnal IT UHB Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi
Publisher : Universitas Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.901 KB) | DOI: 10.35960/ikomti.v1i2.596

Abstract

Di Indonesia evaluasi kinerja seorang Pegawai Negeri Sipil dinilai berdasarkan SKP dan Perilaku Kerja. Evaluasi yang diusulkan adalah penilaian untuk perilaku kerja PNS. Penilaian dilakukan untuk subkriteria terhadap masing-masing pegawai yang dievaluasi. Pemilihan pegawai ternilai dan penentuan evaluator dilakukan pada tahap 360-degree Feedback. Kemudian penilaian subkriteria dibentuk oleh AHP yang digabungkan dari 3 matriks evaluator setiap subkriteria. Berdasarkan regulasi pemerintah Indonesia tahun 2011 nilai perilaku kerja tidak lebih dari 40%, dan hasil rangking evaluasi kinerja perilaku kerja pegawai memiliki nilai terendah 13,6 % dan tertinggi adalah 39,8%. Sehingga model yang diusulkan dapat dijadikan alat ukur evaluasi untuk kinerja pegawai pemerintah (PNS) untuk mendukung pengambil keputusan.

Page 1 of 4 | Total Record : 31