cover
Contact Name
Noviawan Rasyid Ohorella
Contact Email
noviawanrasyid@gmail.com
Phone
+6281311209500
Journal Mail Official
jurnalbroadcomm@gmail.com
Editorial Address
Jl. Cakung Cilincing Tim, Pulo Gebang, Cakung, RT.9/RW.8, Pulo Gebang, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13950, Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta, 13950
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
BroadComm
ISSN : -     EISSN : 27762556     DOI : https://doi.org/10.53856
Jurnal Broadcasting Communication (Bcomm) menerima karya ilmiah dari Akademisi dan Praktisi untuk dipublikasikan pada terbitan April maupun oktober tiap tahunnya. Cakupan Tema yang dimaksud berkaitan dengan Media dan Teknologi, serta Sosial dan Humaniora. LINK : https://ejournal.akmrtv.ac.id/index.php/broadcomm/about/editorialPolicies#focusAndScope
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2020)" : 8 Documents clear
PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAAN PENGGUNAAN APLIKASI DARING SHOPEE DI KOTA BOGOR Sendi Eka Nanda; Marina Agustina
Jurnal Broadcomm Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : AKMRTV Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53856/bcomm.v2i1.124

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap kepuasan penggunaan aplikasi online Shopee di Kota Bogor. Citra merek mempunyai peranan yang sangat penting dan melekat pada perkembangan merek. Reputasi dan juga kepercayaan merek juga selalu berhubungan dengan citra merek yang menjadikan acuan konsumen untuk mencoba ataupun menggunakan produk atau jasa. Teori kepuasan digunakan untuk mengupas penelitian ini sebagai fungsi kedekatan antara harapan pembeli terhadap produk dan hasil produk atau jasa yang dirasa oleh konsumen. Jika produk dan hasil produk atau jasa sesuai dengan ekspektasi atau melebihi harapan tersebut maka kepuasan yang dirasakan adalah tinggi atau positif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam peta ini meliputi wilayah Bogor. Sampel yang diambil berjumlah 400 responden dengan tingkat kesalahan 5%. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa citra merek berpengaruh sebesar 52,6% terhadap kepuasan menggunakan aplikasi online Shopee di Kota Bogor. Kata kunci: Citra Merek, Kepercayaan Merek, Kepuasan, Konsumen, Reputasi
PENERAPAN KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA PADA KOMUNITAS GRUNGE DI BEKASI Yohanes Ari Kuncoroyakti; Rahmadiani Indri Adi Putri; Noviawan Rasyid Ohorella
Jurnal Broadcomm Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : AKMRTV Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53856/bcomm.v2i1.125

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi antar budaya pada komunitas Grunge di Bekasi. Komunitas Grunge adalah komunitas musik sub genre dari rock alternative. Grunge ini pertama kali muncul di Amerika pada pertengahan 1980-an. Contoh band beraliran Grunge ini adalah Nirvana dan Pearl Jam. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian kualitatif adalah tradisi tertentu dalam ilmu sosial yang pada dasarnya bergantung pada pengamatan manusia dan wilayah serta terminologinya. Dari data dan hasil penelitian yang dilakukan pada komunitas musik Grunge di Bekasi, ternyata komunikasi antarbudaya itu penting agar terjalin komunikasi yang baik dan menjaga hubungan budaya yang berbeda tetap selalu baik-baik saja, tanpa ada kesalahpahaman. Meskipun banyak kendala dalam komunikasi jika kita belajar untuk belajar tentang budaya lain sambil berkomunikasi satu sama lain kemudian memahami apa tujuan tertentu. Kata Kunci: Komunikasi Antrabudaya, Komunitas, Grunge, Kualitatif, Budaya
REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN TELEVISI E-JUSS GINGSENG VERSI MANGGA JEGGER) Eviyani Eviyani; Norwan Nasa Mustofa
Jurnal Broadcomm Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : AKMRTV Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53856/bcomm.v2i1.126

Abstract

Tersebarnya konsep maskulinitas di masyarakat tidak terlepas dari keberadaan media sebagai sarana penyebarluasan informasi dan komunikasi yang menampilkan unsur-unsur gender di dalamnya, termasuk dalam iklan. Oleh karena itu, peneliti ingin melihat seperti apa penggambaran maskulinitas dan mitos maskulinitas yang terdapat dalam E-Juss Gingseng Versi Mangga Jegger. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna maskulinitas yang disampaikan oleh E-Juss Gingseng Versi Mangga Jegger melalui iklannya yang telah beredar di berbagai stasiun televisi nasional dan lokal dengan menggunakan analisis semiotika. Hasil dari penelitian ini adalah: penggambaran maskulinitas dalam iklan E-Juss Gingseng versi Mangga Jegger yaitu: gambaran fisik yang digambarkan dengan tubuh yang kuat, kekar dengan dada bidang dan lengan yang kekar, ciri-ciri yang cenderung positif seperti antusiasme yang tinggi dan aktif, dan maskulinitas. Dalam iklan ini juga tidak terlepas dari budaya patriarki, dimana laki-laki memiliki kekuasaan atas perempuan. Terdapat kesamaan antara mitos yang berkembang di masyarakat dengan mitos maskulinitas dalam iklan, yaitu: maskulinitas digambarkan sebagai tubuh berotot dengan dada lebar dan lengan berotot, memiliki semangat aktif yang tinggi, dan laki-laki memiliki kekuasaan atas perempuan dan laki-laki. bertanggung jawab atas ekonomi keluarga.Kata Kunci: Representasi, Maskulinitas, Periklanan, Televisi, Semiotika
STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA TBK DALAM UPAYA MEMBENTUK COMMUNITY DEVELOPMENT PADA MASYARAKAT DESA TAJUR KAB. BOGOR Eva Budi Utami; Endah Purwitasari
Jurnal Broadcomm Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : AKMRTV Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53856/bcomm.v2i1.121

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dalam menjalankan program CSR dalam upaya membentuk komunitas masyarakat Desa Tajur di Kabupaten Bogor. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Stakeholder untuk dapat menjelaskan peran perusahaan dalam mengelola CSR-nya bagi masyarakat. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik wawancara mendalam kepada 6 narasumber penelitian. Narasumber adalah masyarakat Desa Tajur yang bekerjasama dengan perusahaan terkait program CSR P4M PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah strategi komunikasi yang digunakan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dalam menjalankan program CSR yaitu dengan menetapkan 5 pilar perhatian utama yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, agama, pemuda dan olahraga (sosbudagor) dan keamanan sebagai pilar kelima. Kelima pilar tersebut dikembangkan dalam program pembangunan berkelanjutan yang disebut program P4M berupa pelatihan kepada masyarakat. Strategi yang disusun dan telah dilaksanakan oleh perusahaan menggunakan metode canalizing yaitu suatu metode yang digunakan untuk mempengaruhi khalayak dalam menerima pesan yang disampaikan kemudian secara perlahan merubah sikap dan pola pikir seperti yang diinginkan oleh perusahaan. Serta menggunakan metode pendidikan dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat, yaitu selain memberikan ide dan pendapat kepada masyarakat.Kata Kunci : CSR, strategi komunikasi, perusahaan, komunitas, metode.
ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN BALIHO PREPPSTUDIO BRAND AMBASSADOR ARIEF MUHAMAMAD Yoga Akbar Saputra; Fery Harianto
Jurnal Broadcomm Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : AKMRTV Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53856/bcomm.v2i1.127

Abstract

Akhir-akhir ini perkembangan periklanan begitu pesat dan meluas, baik di media cetak, elektronik, online maupun media luar ruang. Salah satu iklan yang saat ini menarik dan kreatif adalah Iklan Billboard Arief Muhammad dengan tulisan “Siap jadi nomor 1, Arief Muhammad S.H.”. Banyak yang mengira Arief Muhammad akan mencalonkan diri sebagai kepala daerah. Pasalnya, atribut dan slogan yang digunakan dalam iklan tersebut merupakan bentuk kampanye. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu jenis penelitian yang menghasilkan temuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur statistik atau dengan cara kuantifikasi lainnya. Penelitian ini menggunakan trikotomi kedua atau objek segitiga makna Charles Sanders Peirce melalui jenis-jenis tanda, tanda, dan makna. Setelah meneliti iklan ini, kesimpulannya adalah Iklan Billboard Arief Muhammad dengan tulisan “Siap jadi nomor 1, Arief Muhammad S.H.”. Pandangan semua orang tentang iklan ini salah. Penggunaan atribut dan slogan dalam iklan ini tidak dimaksudkan untuk pemilihan, tetapi ditujukan untuk mempromosikan sebuah brand fashion, karena sebenarnya Arief Muhammad telah mengakuisisi sebuah brand fashion di Indonesia bernama Preppstudio. Dan iklan billboard ini merupakan bentuk promosi anti mainstream dari Arief Muhammad dan Preppstudio.Kata kunci : Semiotika Charles Sander Peirce, Billboard Advertising, preppstudio, Arief Muhammad.
POLA KOMUNIKASI ORGANISASI PADA PERUSAHAAN RETAIL FASHION (ANALISIS POLA KOMUNIKASI PADA PT. GIORDANO INDONESIA CABANG DEPOK) Trikanti Trikanti
Jurnal Broadcomm Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : AKMRTV Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53856/bcomm.v2i1.122

Abstract

Komunikasi merupakan elemen penting untuk membangun integritas organisasi karena dapat menentukan efektifitas dan kelancaran komunikasi yang terjadi di dalam organisasi. Penelitian ini untuk menganalisis pola komunikasi organisasi dan untuk mengetahui bentuk organisasi pola komunikasi PT Giordano Indonesia Cabang Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif fenomenologi. Pendekatan kualitatif adalah metode untuk menggali dan memahami makna yang dikaitkan dengan isu-isu sosial atau kemanusiaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kombinasi, metode yang menggabungkan kedua metode tersebut adalah metode studi pustaka dengan studi lapangan. Penelitian ini menggunakan teori pengorganisasian Weick untuk menganalisis pola komunikasi tentang Giordano Cabang Depok. Lemah dalam pengorganisasian termasuk dalam teori; penentuan, pemilihan dan penyimpanan dalam organisasi. Hasil dari penelitian ini adalah pola komunikasi di Depok Giordano adalah pola komunikasi formal dan komunikasi informal. Dimana komunikasi vertikal dan formal dari atas ke bawah, pola komunikasi formal juga biasanya menggunakan struktur jaringan roda, di mana adanya kepemimpinan terpusat yang dapat mempengaruhi semua anggota, dan pola komunikasi informal yaitu horizontal dan semua saluran komunikasi.Kata Kunci : Pola Komunikasi, Komunikasi Organisasi dan Giordano.
SEMIOTIKA MAKNA PESAN MOTIVASI PADA LAGU “SECUKUPNYA” KARYA HINDIA Sevira Revima Azzahra; Eko Hartanto
Jurnal Broadcomm Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : AKMRTV Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53856/bcomm.v2i1.128

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna motivasi yang terkandung dalam lirik lagu “Secukupnya” karya Hindia dengan menggunakan analisis semiotika. Semiotika adalah ilmu tentang tanda atau studi tentang bagaimana sistem penandaan berfungsi. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan dan studi kepustakaan. Dalam penelitian lirik lagu “Secukupnya” oleh Hindia, peneliti melakukan interpretasi dengan membagi seluruh lirik lagu menjadi beberapa bait kemudian dianalisis per baitnya menggunakan teori semiotika Saussure, dimana terdapat tiga unsur yaitu penanda. , petanda, dan petanda. Hasil analisis menunjukkan bahwa lirik lagu “Secukupnya” oleh Hindia adalah lirik yang didalamnya terdapat hubungan tanda (signified) dengan penanda (signifier). Selain itu, makna yang disampaikan melalui lirik lagu ini adalah untuk memotivasi untuk menjalani kehidupan yang lebih baik, bukan untuk menyerah pada keadaan. Salah satunya dengan melakukan perubahan yang dapat mengubah kehidupan menjadi lebih baik. Selain itu, lirik lagu ini juga memberikan pesan motivasi untuk tidak menghabiskan waktu memikirkan apa yang terjadi esok hari dan menyesali apa yang telah terjadi. Sabar nikmati prosesnya dan maafkan apapun yang terjadi. Kuncinya hanya moderasi dalam menjalani hidup.Kata kunci: Semiotika, Motivasi, Lirik Lagu, Secukupnya
INSTA STORY DALAM MEMBINGKAI SELF DISCLOSURE MAHASISWA Edy Prihantoro; Artha Wiguna; Erny Pratiwi
Jurnal Broadcomm Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : AKMRTV Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53856/bcomm.v2i1.123

Abstract

Pengungkapan diri melalui media sosial sudah menjadi kebiasaan baru bagi mahasiswa. Melalui akun media sosial mereka, mereka menunjukkan identitas mereka yang memiliki kelebihan yang harus diketahui orang lain. Insta story dipilih oleh mahasiswa karena memiliki kelebihan yaitu dapat mengunggah video dan story. Kebebasan berekspresi melalui insta story bisa menjadi sarana pengungkapan diri mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa insta story dapat membingkai pengungkapan diri siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara dengan beberapa siswa yang aktif menggunakan Insta Stories di Instagramnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa menggunakan insta story di Instagram untuk menunjukkan eksistensinya. Melalui insta story siswa bebas berekspresi, menunjukkan aktivitasnya, menunjukkan kemampuannya yang mungkin tidak ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui akun media sosialnya, siswa dapat lebih percaya diri dan menjadi dirinya sendiri. Kata Kunci: Insta Story, Keunggulan, Self Disclosure, Bingkai, Kepercayaan. 

Page 1 of 1 | Total Record : 8