cover
Contact Name
Arman Maulana
Contact Email
armandjexo@gmail.com
Phone
+62882002182057
Journal Mail Official
armandjexo@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ridogalih RT 03 RW 09 Desa Tanjunglaya Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung
Location
Kab. bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN)
ISSN : -     EISSN : 28303709     DOI : https://doi.org/10.3709/ilpen.v1i1
Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN) adalah jurnal peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan oleh Yayasan Azka Hafidz Maulana. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN) merupakan wadah bagi para peneliti, cendekiawan, profesional, praktisi dan mahasiswa untuk berbagi dan berbagi pengetahuan dalam bentuk makalah penelitian empiris dan teoritis berkualitas tinggi dan studi kasus. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN) menyambut dan mengakui makalah penelitian teoretis dan empiris berkualitas tinggi, studi kasus, makalah ulasan, model analitik, dan simulasi dalam topik pendidikan apa pun.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmu Pendidikan" : 6 Documents clear
Workshop Kompetensi Guru Inklusi Untuk Meningkatkan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Inklusif Di Kecamatan Cililin Hasbullah Lau; R.A. Rosmalinda Aryaningrat; Okke Rosmaladewi
Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN) Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Yayasan Azka Hafidz Maulana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3709/ilpen.v2i1.24

Abstract

Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah Permasalahan kompetensi guru inklusi di sekolah dasar merupakan permasalahan yang belum terpecahkan sejalan dengan kompleksitas perubahan lingkungan, baik dalam sisi perencanaan, pelaksanaan maupun penilaian. Tujuan umum penelitian ini adalah ingin memperoleh gambaran tentang pembinaan kompetensi guru inklusi untuk meningkatkan pembelajaran siswa di sekolah dasar inklusif. Sedangkan tujuan khusus dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran atau informasi tentang: 1) perencanaan workshop kompetensi guru inklusi untuk meningkatkan pembelajaran siswa sekolah dasar inklusif di Kec. Cililin, 2) pengorganisasian workshop kompetensi guru inklusi untuk meningkatkan pembelajaran siswa sekolah dasar inklusif di Kec. Cililin, 3) pelaksanaan workshop kompetensi guru inklusi untuk meningkatkan pembelajaran siswa sekolah dasar inklusif di Kec. Cililin, 4) evaluasi workshop kompetensi guru inklusi untuk meningkatkan pembelajaran siswa sekolah dasar inklusif di Kec. Cililin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Aspek-aspek perencanaan telah dijalankan menyesuaikan dengan kondisi dan kemampuan SD Inklusif yang bersangkutan, 2) Untuk pengorganisasian menunjukan sesuai dengan azas-azas pengorganisasian, 3) Pelaksanaan yang dilakukan dalam workshop sudah masuk kriteria program-program dalam pelaksanaan kompetensi guru inklusi , 4) Evaluasi yang dilakukan sudah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan dengan cara melakukan penilaian pembelajarn tertulis dan lisan pada guru inklusi.Workshop kompetensi guru inklusi untuk meningkatkan pembelajaran siswa sekolah dasar inkluif, telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan, dalam pelaksanaannya sangat mendukung peningkatan pembelajaran siswa walaupun masih belum optimal karena terbatasnya dukungan sumber daya, baik sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya. Kebutuhan kompetensi guru inklusi untuk meningkatkan pembelajaran siswa inklusif sebagai kebutuhan mutlak bagi sekolah dasar inklusif dalam meningkatkan pembelajaran siswa inklusif agar kualitas output atau lulusannya meningkat.
Manajemen Pengorganisasian Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Cambridge Post Kecamatan Majalaya – Kabupaten Bandung R.A. Rosmalinda Aryaningrat; Ayi Nazmul Hidayat
Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN) Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Yayasan Azka Hafidz Maulana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3709/ilpen.v2i1.25

Abstract

Dalam menjalankan pengelolaan LKP dibutuhkan pemimpin atau manajer untuk memanajemen pengorganisasian dan menjalankan tugas sesuai dengan fungsi manajemen secara efisien dan efektif. Tujuan penelitian untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan manajemen pengorgansasian pada lembaga kursus dan pelatihan - LKP Cambridge Post Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif, karena ada beberapa pertimbangan. Pertama menyesuaikan metode kualitatif lebih mudah apabila berhadapan dengan kenyataan ganda. Kedua, metode ini menyajikan secara langsung hakikat hubungan antara peneliti dengan responden. Jenis dan pendekatan penelitian kualitatif ini untuk mencari data mengenai manajemen pengorganisasian pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Cambridge Post Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. Maka dapat di tarik kesimpulan bahwa manajemen pengorganisasian sangat dibut uhkan oleh semua lembaga kursus pelatihan, baik itu lembaga kursus pelatihan yang berorientasi keuntungan maupun organisasi yang tidak berorientasi pada keuntungan. Tanpa manajemen, semua lembaga kursus pelatihan akan mengalami kendala dan dalam pencapaian tujuan akan sedikit yang diperoleh.
Peranan Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Neng Yunengsih
Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN) Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Yayasan Azka Hafidz Maulana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3709/ilpen.v2i1.26

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi peranan pengawas sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya terhadap profesionalisme guru-guru dalam kegiatan belajar mengajar belum optimal disebabkan kompetensi pengawas masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan pengawas sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa untuk meningkatkan mutu pendidikan tersebut peranan pengawas sangat penting. Kegiatan pengawasan harus difokuskan pada perilaku dan perkembangan siswa sebagai bagian penting dari: kurikulum/mata pelajaran, organisasi sekolah, kualitas belajar mengajar, penilaian/evaluasi, sistem pencatatan, kebutuhan khusus, administrasi dan manajemen, bimbingan dan konseling, peran dan tanggung jawab orang tua dan masyarakat. Simpulan penelitian ini bahwa dalam melakukan bimbingan dan pembinaan, pengawas sekolah melaksanakannya dengan memberi arahan, bimbingan, contoh, dan saran.
Peran Manajemen Kepemimpinan Dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam Teti Sumiati
Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN) Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Yayasan Azka Hafidz Maulana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3709/ilpen.v2i1.27

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi peran manajemen kepemimpinan dalam pengelolaan lembaga pendidikan islam belum optimal disebabkan kompetensi pemimpin Sekolah masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran manajemen kepemimpinan dalam pengelolaan lembaga pendidikan islam. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa salah satu bentuk kepemimpinan dalam lembaga pendidikan Islam adalah kepala sekolah. Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam menentukan keberhasilan suatu lembaga pendidikan. Karena ia merupakan pemimpin di lembaganya, Kualitas dan kompetensi kepala sekolah secara umum setidaknya mengacu kepada empat hal pokok, yaitu: (a) sifat dan keterampilan kepemimpinan, (b) kemampuan pemecahan masalah, (c) keterampilan sosial, dan (d) pengetahuan dan kompetensi professional. Simpulan penelitian ini bahwa fungsi dan perannya sebagai kepala sekolah adalah sebagai pendidik, sebagai manajer, sebagai administrator, supervisor, pemimpin dan innovator, sehingga tujuan yang telah ditetapkan menjadi efektif dan efisien.
Implementasi Proses Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Tenjolaya Sri Rahmawati
Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN) Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Yayasan Azka Hafidz Maulana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3709/ilpen.v2i1.28

Abstract

Penelitian ini meliputi implementasi, implikasi, faktor pendukung, penghambat implementasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Tenjolaya. Penelitian menggunakan pendekatan metode kualitatif berdasarkan penelitian lapangan, data penelitian dihimpun melalui observasi, wawancara, dokumentasi, analisis, reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian ditemukan bahwa implementasi proses belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Tenjolaya meliputi cakupan kurikulum, proses dan evaluasi, konsep KTSP, menciptakan kultur religius sebagai implementasi dari proses belajar. Implikasi proses belajar Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pemahaman keagamaan peserta didik memberikan pengaruh positif pada peningkatan pemahaman peserta didik di atas standar ketuntasan minimum proses belajar Pendidikan Agama Islam. Faktor pendukungnya yakni kemampuan guru, penyediaan alat peraga atau media pembelajaran, dukungan kepala Sekolah dan stakeholder. Faktor penghambatnya yaitu ketersediaan waktu belajar Pendidikan Agama Islam yang terbatas dan kesulitan menghadapi karakter peserta didik.
Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 B Cecep Wahyu Hoerudin
Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN) Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Yayasan Azka Hafidz Maulana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3709/ilpen.v2i1.34

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa masih belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 B. Jenis penelitian ini adalah penelitian “kuantitatif” dengan One Group Pretest - Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah murid kelas 5 B yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan tes hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistic inferensial. Hasil data statistic deskriptif menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dalam hasil belajar siswa yang ditandai dengan perbedaan skor rata-rata siswa yang pada pelaksanaan pretes sebesar 51,41 sedangkan pada postes 68,23 yang berarti bahwa perolehan nilai tersebut berada dalam kategori sangat baik. Sedangkan hasil data statistic inferensial menunjukkan bahwa nilai sig pada pretes dan postes adalah 0,001. Jika dilihat dari hasil uji hipotesis tersebut diketahui bahwa 0,001 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil dari kedua analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 6