cover
Contact Name
-
Contact Email
nurodin@iuqibogor.ac.id
Phone
+6281316817632
Journal Mail Official
nurodin@iuqibogor.ac.id
Editorial Address
Jl. Moch Noh Nur No. 112 Leuwiliang Bogor-Jawa Barat
Location
Kab. bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Journal Islamic Economics Ad Diwan
ISSN : 28097130     EISSN : 28094840     DOI : https://doi.org/10.51192/ad.v1i2.310
Journal Islamic Economics Ad Diwan; Institut Ummul Quro Al-ISlami Bogor adalah jurnal penelitian dalam disiplin ilmu ekonomi islam dan masalah ekonomi syariah yang diharapkan dapat memberikan kontribusi baru atau state-of-the-art untuk pengembangan akademik atau aplikasi dunia nyata atau keduanya. Jurnal ini mencakup artikel penelitian asli, antara lain: Ekonomi Islam, Kewirausahaan Syariah, Manajemen dan Perbankan Syariah, Etika Bisnis Syariah, Manajemen Investasi Syariah, Manajemen Risiko Bank Syariah, Manajemen Dana Bank Syariah, Akuntansi Syariah, Anggaran Bank Syariah, Manajemen Zakat, Modal Syariah Pasar. Jurnal Ad Diwan ini diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Syariah, Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu Bulan September dan Maret.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2022): AD DIWAN" : 6 Documents clear
EFEKTIVITAS STRATEGI PEMASARAN PRODUK DALAM PENGEMBANGAN BISNIS PADA BMT ARTHA JAYA BABELAN BEKASI UTARA Emmy Hamidiyah; Dimas Eldin Saputra
AD DIWAN Vol. 1 No. 2 (2022): AD DIWAN
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1430.464 KB) | DOI: 10.51192/ad.v1i2.196

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran terbaik seperti apa yang digunakan dalam memasarkan produk–produk BMT Artha Jaya dalam menyikapi beberapa masalah yang dihadapi. Lalu langkah solutif apa yang dipilih dalam menyikapi fenomena permasalahan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yakni sebuah penelitian dengan cara mengambil data dari lapangan di objek yang sebenarnya. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya strategi pemasaran itu dipengaruhi oleh dua permasalahan yaitu faktor internal dan eksternal objek penelitian. Faktor–faktor eksternal meliputi eksistensi BMT, tingkat persaingan dengan kompetitor, minat masyarakat terhadap aktivitas wirausaha dan menabung daya menabung masyarakat yang rendah. Sedangkan faktor permasalahan internal yang menghambat strategi pemasaran agar efektif adalah tingkat kualitas SDM yang belum maksimal, upaya promosi yang kurang inovatif, dukungan sarana dana prasarana yang kurang memadai, dan belum menyesuaikan tren digitalisasi dalam lingkup pemasaran.
PENERAPAN AKAD WADIAH PADA PRODUK SIMPANANKU DI BMT AL- AZHARI Aries Muftie; Malihah
AD DIWAN Vol. 1 No. 2 (2022): AD DIWAN
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1337.059 KB) | DOI: 10.51192/ad.v1i2.197

Abstract

The absence of divine values ​​that underlie the banking operations of other financial institutions has made this development institution a place to raise money for the powerful people who destroy the foundations of the nation's economy. Therefore, it is not too late for us as Muslim economic actors to introduce and strengthen the Islamic finance industry in Indonesia. The Indonesian population, which is predominantly Muslim, should prefer to save with a sharia contract, such as wadiah. In this regard, the author raises a study on the application of wadiah contracts at BMT Al-Azhari on simpananKu products. The contract used by BMT Al-Azhari is wadiah yad dhamanah whose withdrawal can be made at any time based on agreed terms. The writer's purpose is to find out the implementation of the wadiah contract on simpananKu products at BMT Al-Azhari, the development of SimpananKu products at BMT Al-Azhari from year to year, and find out what obstacles have been faced in simpananKu products at BMT Al-Azhari. This research is a qualitative research by interview (interview). The results of the study indicate that the wadiah yad dhamanah contract is usually applied in the form of savings which are commonly used by Islamic banks and BMTs. The implementation of the wadiah contract on simpananKu product is in accordance with Islamic law based on the DSN MUI Fatwa No. 2/DSN-MUI/IV/2000, Law no. 21 of 2008 and Circular Letter of the Financial Services Authority. The development of sales of the SimpananKu product, both from the aspect of the balance sheet, identification of customer areas, and the Covid-19 linkage has not been running perfectly, although it has increased every year but has not reached the expected target. The benefits that BMT gives to simpananKu customers will get SHU every year. simpananKu product has several obstacles, namely the absence of a debit card, the BMT Al-Azhari mobile facility which is not applied by the community, the lack of enthusiasm and awareness of students and guardians of students, and the lack of public understanding of BMT.
PENGARUH PELATIHAN, KEPEMIMPINAN, DAN BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT BJB SYARIAH CABANG BOGOR Anisa Husnul Khotimah; Abdul Aziz; Ahmad Juwaini; Amir Tengku Ramly
AD DIWAN Vol. 1 No. 2 (2022): AD DIWAN
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1240.599 KB) | DOI: 10.51192/ad.v1i2.310

Abstract

Masalah yang dijadikan sebagai objek penelitian adalah pelatihan yang tidak tepat sasaran yang dapat dilihat dari peserta pelatihan terhadap materi yang diberikan. Pelaksanaan kepemimpinan yang belum efektif. Pemahaman tentang budaya perusahaan yang belum maksimal sehingga berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa: 1) Untuk menganalisis pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan di Bank bjb Syariah Cabang Bogor. 2) Untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di Bank bjb Syariah Cabang Bogor. 3) Untuk menganalisis budaya perusahaan karyawan pada PT Bank bjb syariah Cabang Bogor. 4) Untuk menganalisis pengaruh pelatihan, kepemimpinan dan budaya perusahaan kinerja karyawan pada PT Bank bjb syariah Cabang Bogor. Teknik pengambilan data menggunakan kuisioner yang diberikan kepada responden yang merupakan karyawan Bank bjb Syariah Cabang Bogor sebanyak 60 Responden. Hipotesis yang digunakan adalah SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Dari hasil penelitian menujukan bahwa terdapat nilai signifikansi adalah 0.000, dan nilai signifikansi ini lebih kecil dari 0.005. Maka dari hasil diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa : Variabel bebas Pelatihan (X1), Kepemimpinan (X2) Budaya Perusahaan (X3) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependent yaitu Kinerja Karyawan (Y)
TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERJANJIAN DAN TANGGUNG JAWAB KERUGIAN DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR Devi Sintabela; Jamaluddin; Mahfud
AD DIWAN Vol. 1 No. 2 (2022): AD DIWAN
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1492.044 KB) | DOI: 10.51192/ad.v1i2.311

Abstract

Dalam kegiatan muamalah, konsumen kadang membutuhkan barang yang belum ada pada produsen. Sehingga konsumen melakukan pemesanan barang pada produsen dengan akad istishna’ yang biasa diterapkan dalam sistem borongan pembangunan infrastruktur. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur adalah PT. Pasauran Sakti mandiri. Dalam praktiknya, kerugian dalam sistem borongan sering terjadi dan menimbulkan konflik diantara pihak yang bersepakat. Perumusan masalah dan tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu dan memahami praktik perjanjian kerjasama dalam sistem borongan pembangunan infrastruktur di PT. Pasauran Sakti Mandiri, konsekuensi kerugian, dan tinjauan hukum Islam terhadap praktik perjanjian kerjasama di PT. Pasauran Sakti Mandiri dengan konsumen menurut akad istishna. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang diperoleh oleh menggunakan teknis wawancara dan observasi, dokumentasi, dan survei kepuasan konsumen melalui google formulir. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah konsumen yang ingin menyerahkan borongan pembangunan infrastruktur kepada PT. Pasauran Sakti Mandiri harus membuat dan menyerahkan Surat Perintah Kerja (SPK), dan semua konsekuensi kerugian yang terjadi saat pembangunan akan ditanggung oleh pihak perusahaan. Praktik kerjasama borongan pembangunan infrastruktur di PT. Pasauran Sakti Mandiri sudah sesuai dengan syari’at Islam dan memiliki kesesuaian dengan akad istishna’.sebagaimana pendapat Imam Mazhab Syafi’I dan Maliki
IMPLEMENTASI PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI KOPPONTREN UMMUL QURO AL-ISLAMI Enang Sulaeman
AD DIWAN Vol. 1 No. 2 (2022): AD DIWAN
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1484.699 KB) | DOI: 10.51192/ad.v1i2.312

Abstract

Koppontren UQI adalah salah satu koperasi yang berprinsip syariah hadir di tengah-tengah dewan guru dan karyawan Yayasan Ummul Quro Al-Islami sebagai penyedia pembiayaan berupa pinjaman yang dapat digunakan secara optimal. Pembiayaan murabahah merupakan pembiayaan yang paling diminati oleh anggota, untuk memenuhi kebutuhan konsumtif dan produktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi akad murabahah pada produk pembiayaan murabahah di Koppontren UQI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka dan studi kasus. Akad murabahah yang diaplikasikan di Kopontren UQI adalah akad murabahah li al-amri bi al-syira, dan murbahah li al-amri bi al-syira bi al-wakalah. Akad sejenis ini meruapakan akad murabahah yang digunakan juga di berbabagi LKS dan bank Syariah di Indonesia
PERAN PEMBIAYAAN SYARIAH DALAM MENAHAN LAJU RESESI EKONOMI DI INDONESIA Jamaludin; Muhammad Mulya Tarmidzi
AD DIWAN Vol. 1 No. 2 (2022): AD DIWAN
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1206.75 KB) | DOI: 10.51192/ad.v1i2.313

Abstract

Pandemi Covid-19 yang membatasi aktivitas perekonomian sangat berdampak terhadap perekonomian makro, yang dicerminkan oleh turunnya Produk Domestik Bruto pada Triwulan II 2020 sebesar -5,32% dibanding tahun lalu (y-o-y). Pembiayaan Syariah untuk kapitalisasi atau permodalan usaha baik Usaha Mikro Kecil Menengah dan Usaha besar terbukti berperan dalam menahan laju resesi ekonomi agar tidak terlalu dalam. Jika diasumsikan pada tahun 2020 outstanding pembiayaan Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah yang disalurkan sebesar Rp. 182,3 T yang termasuk pembiayaan Debt Financing ataupun Equity Financing dan nilai tersebut diinjeksikan dalam model CGE Hasil analisis simulasi CGE dan Microsimulation menunjukkan bahwa peran produk pembiayaan Syariah dalam menyediakan permodalan dan konsumsi masyarakat berdampak pada perekonomian secara ekonomi makro dan perbaikan sosial. Dalam konteks resesi ekonomi pada tahun 2020 pembiayaan Syariah berperan dalam menjaga pertumbuhan ekonomi agar resesi tidak terlalu dalam serta tingkat pengangguran dan tingkat kemiskinan tidak terlalu tinggi akibat pembatasan aktivitas perekonomian akibat pandemic COVID-19 di Indonesia.  Perbankan Syariah yang yang pembiayaannya tidak berbasis bunga mengharuskan perbankan Syariah menyalurkan pembiayaannya perlu lebih banyak berputar di sektor riil yang menghasilkan margin keuntungan dibanding berputar di sektor keuangan saja. Pembiayaan Syariah yang lebih banyak bergerak dalam pembiayaan sektor riil memiliki fungsi penting dalam perekonomian secara makro, sehingga diharapkan pembiayaan Syariah lebih ekspansif kembali sebagai katalisator pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Page 1 of 1 | Total Record : 6