cover
Contact Name
nurodin
Contact Email
nurodin@iuqibogor.ac.id
Phone
+6281316817632
Journal Mail Official
tadbiruna@iuqibogor.ac.id
Editorial Address
Jl. Moch Noh Nur No. 112 Leuwiliang Bogor-Jawa Barat
Location
Kab. bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Tadbiruna: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Core Subject : Religion, Education,
Tadbiruna adalah Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Imu Keguruan Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor, terbit berkala enam bulan sekali (semester), sebagai wahana komunikasi insan akademik dalam bidang manajemen, organisasi pendidikan dan kepemimpinan pendidikan Islam. Redaksi mengundang para pakar dan akademisi untuk menyumbangkan naskah, baik berupa hasil penelitian, kajian mendalam, sesuai dengan disiplin Manajemen Pendidikan Islam. Naskah yang diajukan adalah naskah asli (tidak plagiat) dan belum pernah dipublikasikan di media lain..
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 30 Documents
EVALUASI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU Agus Ali
TADBIRUNA Vol 1 No 1 (2021): TADBIRUNA
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4387.388 KB) | DOI: 10.51192/tadbiruna.v1i1.117

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk mengetahui Evaluasi Manajemen Dalam Meningkatkan Kinerja Guru, Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Adapun pendekatan yang dipilih oleh penulis adalah fenomenologi. Penentuan sumber data dalam penelitian ini sesuai informasi yang didapat berupa kata-kata dan dokumen yang disajikan dan digambarkan apa adanya ditelaah guna menemukan makna. Peneliti bertindak langsung sebagai instrumen dan sebagai pengumpul data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Evaluasi yang dilakukan di MTs Ummul Quro Al Islami Bogor dilaksanakan setiap satu bulan sekali, satu semester dan rapat akhir tahun dengan agenda untuk melaporkan kegiatan yang sudah atau akan dilaksanakan agar menjadi bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan dalam pelaksanaan evaluasi tersebut banyak kekurangan dan kelebihan yang harus diperbaiki atau ditingkatkan untuk tercapainya suatu tujuan organisasi. Kinerja guru yang ada di MTs Ummul Quro Al Islami Bogor sangat beragam setiap bagian memiliki kinerja yang berbeda-beda dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Dalam suatu organisasi atau lembaga kinerja yang baik sangat diperlukan karena itu akan  menciptakan hasil yang maksimal. Dengan demikan kinerja sangat penting untuk diperhatikan dan ditingkatkan dengan cara adanya kerjasama yang baik, komunikasi yang baik, saling bersinergi antar bagian, saling menjaga kekompakan dan saling mendukung satu sama lain
ISSUE MANAGEMENT SEBAGAI STRATEGI MEMPERBAIKI CITRA DI SMK PURNAMA TEMPURAN MAGELANG Muchamad Arif Kurniawan
TADBIRUNA Vol 1 No 1 (2021): TADBIRUNA
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7390.224 KB) | DOI: 10.51192/tadbiruna.v1i1.118

Abstract

Manajemen isu merupakan suatu sarana yang dapat digunakan oleh suatu organisasi untuk mengelola berbagai isu yang muncul. Pada penelitian ini, manajemen isu digunakan untuk merespon dan mengelola isu penutupan SMK Purnama Tempuran Magelang. Ada fokus utama yang menjadi kajian penulis dalam penelitian ini yaitu bagaimana manajemen isu yang dilakukan oleh SMK Purnama Tempuran dalam menghadapi isu tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif, mengungkap secara detail tentang penerapan manajemen isu yang dilakukan oleh pihak SMK Purnama Tempuran. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, humas dan guru SMK Purnama Tempuran. Dalam menjawab persoalan ini data dikumpulkan melalui observasi, wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen isu yang dilakukan oleh SMK Purnama Tempuran adalah dengan melakukan klarifikasi yang disampaikan oleh kepala sekolah melalui media massa, serta membuat program-program yang bertujuan untuk merubah isu, sekaligus memperbaiki/membangun citra SMK Purnama Tempuran, adapun program-program tersebut antara lain: melakukan pembinaan intensif kepada siswa SMK Purnama Tempuran, marketing dan melakukan media relations
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KEDISIPLINAN GURU DI MTs UMMUL QURO AL-ISLAMI Fuad Ahmad Riva'i; Nurhasni Maulidiya
TADBIRUNA Vol 1 No 1 (2021): TADBIRUNA
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5279.491 KB) | DOI: 10.51192/tadbiruna.v1i1.119

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh gaya kepemimpinan kepala Madrasah untuk dapat memberikan peran dalam peningkatan kedisiplinan guru di Madrasah. Penelitian bertujuan untuk dapat memperoleh data empirik mengenai pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kedisiplinan guru. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel penelitian adalah guru Madrasah Tsanawiyah Ummul Quro Al-Islami yang berada pada kategorisasi lulusan SMA/sederajat, sarjana dan magister. Sampel yang digunakan sebanyak 91 responden dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan secara umum persentase gaya kepemimpinan kepala Madrasah sebesar 98.9%  dan kedisiplinan guru sebesar 92.3% berada pada kategori sedang. Untuk gaya kepemimpinan yang dimiliki oleh kepala Madrasah MTs Ummul Quro Al-Islami adalah bertipe demokratis dengan persentase sebesar 93.4%. Hasil pengujian hipotesis diperoleh sig. < alpha, sehingga gaya kepemimpinan kepala Madrasah berkorelasi dengan kedisiplinan guru. Implikasi Madrasah dalam upaya meningkatkan kedisiplinan guru perlu memperhatikan gaya kepemimpinan kepala Madrasah yang dapat memberikan pengaruh dalam peningkatan kedisiplinan guru meskipun saat ini baru dapat memberikan pengaruh sebesar 18.6% dan sisanya 81.4% masih dipengaruhi oleh faktor lain
PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PENGAJIAN ANAK-ANAK DI LINGKUNGAN PERUMAHAN KANSAS MADANI BOGOR Rahmawati Alwi
TADBIRUNA Vol 1 No 1 (2021): TADBIRUNA
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2967.652 KB) | DOI: 10.51192/tadbiruna.v1i1.120

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bagaimana penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan pengajian pada anak-anak di lingkungan perumahan kansas madani. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian kualitatif, dimana dalam penelitian kualitatif instrument utama adalah peneliti itu sendiri. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Penelitian ini dilaksanakan di lingkungan perumahan kansas madani Bogor bulan maret 2021 – juli 2021. Dalam penelitian ini digunakan uji keabsahan data triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan pengajian di lingkungan perumahan Kansas Madani Bogor telah berjalan dengan cukup baik, dilakukan melalui kegiatan pengajian yang dilaksanakan setiap hari setelah sholat maghrib, dimana kegiatan pengajian tersebut diajarkan langsung oleh ustadz yang membimbing membaca Al- Qur’an. Sebelum pelaksanaan pengajian dilakukan terlebih dahulu sholat berjamaah maghrib dan setelah pengajian kemudian melakukan sholat berjamaah isya, semua kegiatan tersebut dilakukan melalui metode pembiasaan
PENGARUH KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ARAB SISWI KELAS IX DI MTs UMMUL QURO AL-ISLAMI BOGOR Agus Tamami; Mira Nurdianti
TADBIRUNA Vol 1 No 1 (2021): TADBIRUNA
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3538.829 KB) | DOI: 10.51192/tadbiruna.v1i1.121

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah masih banyak siswi yang merasa kesulitan dalam kemampuan berbicara bahasa Arab terutama siswi kelas IX yang seharusnya sudah menguasai bahasa Arab dengan matang. Guru yang berhasil adalah guru yang memiliki kompetensi dalam menumbuhkan semangat serta motivasi belajar siswanya, yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui tingkat kompetensi yang harus dimiliki seorang guru bahasa Arab di MTs Ummul Quro Al-Islami Bogor (2) mengetahui bagaimana kemampuan bahasa Arab siswi kelas IX di MTs Ummul Quro Al-Islami Bogor (3) mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap kemampuan bahasa Arab siswi kelas IX di MTs Ummul Quro Al-Islami Bogor. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswi kelas IX MTs Ummul Quro Al-Islami Bogor. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan instrumen yang digunakan berupa angket. Keabsahan data diperoleh melalui validitas, reliabilitas dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) tingkat kompetensi guru bahasa Arab di MTs Ummul Quro Al-Islami Bogor sesuai distribusi data yang diperoleh berada pada tingkat yang tinggi dengan besar persentase kompetensi guru sebesar 30%. Tingkat kemampuan bahasa Arab siswi kelas IX di MTs Ummul Quro Al-Islami Bogor sesuai dengan data korelasi koefisien determinasi yang diperoleh adalah 84,1% yang berarti memiliki tingkat hubungan yang sangat kuat dengan hasil belajar yang diperoleh. 3) ada pengaruh positif dan signifikan kompetensi guru terhadap kemampuan bahasa Arab siswi di MTs Ummul Quro Al-Islami Bogor secara parsial yaitu Thitung 12,309 > Ttabel 2,080 dengan R Square sebesar 0,878. Dapat disimpulkan bahwasannya pengaruh kompetensi guru terhadap kemampuan bahasa Arab siswi sebesar 87,8% sedang sisanya 12,2% dipengaruhi oleh faktor lain
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI IKATAN SANTRI PUTRI TERHADAP KEDISIPLINAN SANTRIWATI MADRASAH ALIYAH PESANTREN MODERN UMMUL QURO AL-ISLAMI BOGOR Ahmad Idhofi; Vita Sari
TADBIRUNA Vol 1 No 1 (2021): TADBIRUNA
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4937.248 KB) | DOI: 10.51192/tadbiruna.v1i1.122

Abstract

Budaya organisasi adalah suatu persepsi bersama yang dianut oleh anggota-anggota organisasi. Sedangkan kedisiplinan adalah kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan suatu sistem yang mengharuskan orang untuk tunduk kepada keputusan, perintah, dan aturan yang berlaku. Budaya organisasi pesantren tidak terlepas dari seorang pemimpin atau pengurus untuk mempengaruhi budaya organisasi para santri. Keberhasilan seorang pemimpin dalam melakukan pengelolaan pesantren yaitu dengan menjunjung tinggi nilai-nilai, budaya, keyakinan serta kedisplinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya organisasi ISPI (Ikatan Santri Putri) dan kedisiplinan santriwati Madrasah Aliyah serta untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi ISPI (Ikatan Santri Putri) terhadap kedisiplinan santriwati Madrasah Aliyah di Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh diolah menggunakan rumus kolerasi product moment. Hasil dari perhitungan kolerasi product moment antara variabel X dan variabel Y diperoleh r xy (0,515) setelah diuji signifikansi 5,77 dan ttabel (0,202) dengan taraf kesalahan 5%. Dengan demikian thitung = 5,77 > ttabel (93) (0,05) = 0,202. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat kolerasi positif antara budaya organisasi ISPI (Ikatan Santri Putri) dan kedisiplinan santriwati Madrasah Aliyah di Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Bogor
PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs UMMUL QURO AL-ISLAMI LEUWILIANG BOGOR Saiful Falah; Ahmad Idhofi; Firda Fauziah
TADBIRUNA Vol 1 No 2 (2022): TADBIRUNA
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3567.341 KB) | DOI: 10.51192/tadbiruna.v1i2.270

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengelolaan kelas guru untuk dapat memberikan peran dalam peningkatan motivasi belajar siswa dengan kondusif selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Penelitian bertujuan untuk dapat memperoleh data empirik mengenai pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi yang diambil adalah siswa kelas VIII-Putri MTs Ummul Quro Al-Islami yang berjumlah 346 dengan sampel 50% dari populasi adalah sebanyak 173 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Hasil penelitian menunjukkan secara umum persentase Pengelolaan kelas sebesar 34% dengan kategori cukup baik dan nilai rata-rata 61,72, kemudian Motivasi belajar siswa sebesar  55% dengan kategori baik dan nilai rata-rata 54,72. Berdasarkan hasil analisis pada pembuktian hipotesis diketahui nilai T hitung lebih besar dari T tabel (5,647 > 4,275) maka dapat dikatakah bahwa adanya pengaruh secara signifikan antara pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa. Dengan tingkat pengaruh variabel bebas dengan variabel terikat yaitu sebesar 15,7%.
PENGARUH KOOPERATIF GURU DAN WALI MURID TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP TERPADU AL-MA’ARIF Munakib; Asep Jumadi
TADBIRUNA Vol 1 No 2 (2022): TADBIRUNA
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3098.251 KB) | DOI: 10.51192/tadbiruna.v1i2.272

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pengaruh kooperatif guru dan wali murid terhadp minat belajar peserta didik di SMP Terpadu Al-Ma’arif Bojong Tengah Karehkel Leuwiliang Bogor.  Dalam penelitian ini digunakan metode survey, penyebaran angket, dengan populasi 180 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan Sampel Jenuh. Terdapat dua variabel yang diteliti dalam penelitian ini yakni variabel kooperatif guru dan wali murid dan variabel minat belajar peserta didik SMP Terpadu Al-Ma’arif Bojong Tengah Karehkel Leuwliang Bogor.  Hasil penelitian ini yang diperoleh dari uji instrument kooperatif guru dan wali murid diperoleh 0,837073191 dan minat belajar peserta didik sebesar 20,527695. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus koesfisien korelasi product momen. Sehingga diperoleh r_hitung sebesar 0,837073191 lebih besar dari r_tabel 0, 1463 dan uji t data penelitian ini membuktikan bahwa rxy lebih besar dari r_hitung >t_tabel (20,527695) > (1,9734) dan beratagori “Sangat kuat”. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kooperatif guru dan wali murid terhadap minat belajar peserta didik di SMP Terpadu Al-Ma’arif Bojong Tengah Karehkel Leuwiliang Bogor
PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMP TAHFIZH AL-BASYIR BOGOR Agus Tamami; Lutfiatul Azkia
TADBIRUNA Vol 1 No 2 (2022): TADBIRUNA
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4685.907 KB) | DOI: 10.51192/tadbiruna.v1i2.273

Abstract

Dalam pengelolaan pendidikan diperlukan sinergi komponen pendidikan yang meliputi kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan. Komponen pendidikan kolaboratif tidak dapat dipisahkan dari kegiatan manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kompetensi manajerial kepala sekolah, 2) kinerja guru, 3) pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah SMP Tahfizh Al-Basyir Bogor terhadap kinerja guru. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan metode korelasional. Pengumpulan data diperoleh dari hasil angket, yang meliputi variabel-variabel seperti kompetensi manajerial kepala sekolah dan kinerja guru. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 20 orang. Sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan teknik analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS For Windows Release. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi manajerial kepala sekolah sedang, dengan skor rata-rata 128, dan kinerja guru tinggi, dengan skor rata-rata 133,1 Pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja menunjukkan hasil sebagai berikut: Analisis data dengan R-Square nilai 0,300. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kompetensi manajerial kepala sekolah SMP Tahfizh Al-Basyir Bogor berpengaruh terhadap kinerja guru dan signifikansi t sebesar 2,777
PENGARUH KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DI SMPIT CENDEKIA MUSLIM BOGOR Milahtul Latifah; Hilmi Zakiyyah
TADBIRUNA Vol 1 No 2 (2022): TADBIRUNA
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3407.014 KB) | DOI: 10.51192/tadbiruna.v1i2.274

Abstract

Kepemimpinan demokratis merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan motivasi kerja guru, karena terwujud nya motivasi kerja guru tidak lepas dari peran seorang pemimpin. Oleh karena itu sertiap pemimpin harus mengetahui secara jelas tentang apa yang dibutuhkan oleh guru agar dapat bekerja sama dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan demokratis terhadap motivasi kerja guru di SMPIT Cendekia Muslim Bogor. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain survey, populasi dalam penelitian ini adalah tenaga pendidik sebanyak 30 orang, sampelnya diambil dari seluruh populasi sebanyak 30 orang. Untuk membuktikan hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi sederhana dengan bantuan SPSS 18.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kepemimpinan demokratis terhadap motivasi kerja guru di SMPIT Cendekia Muslim Bogor dengan korelasi dua variabel yang berpengaruh dengan nilai 0,975. Selain itu R square sebesar 0,951. Hal ini berarti kontribusi variabel X (kepemimpinan demokratis) terhadap variabel Y (motivasi kerja guru) adalah 95,1% dan tersisa 4,9% dari faktor lain

Page 1 of 3 | Total Record : 30