cover
Contact Name
Tohir Zuhdi
Contact Email
tohirz@uinsaizu.ac.id
Phone
+6281327056975
Journal Mail Official
jurnalkependidikan@uinsaizu.ac.id
Editorial Address
UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Jl. Jend. A. Yani No. 40A Purwokerto 53126 Jawa Tengah - Indonesia
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Kependidikan
ISSN : 2355018X     EISSN : 25984845     DOI : https://doi.org/10.24090/jk
Core Subject : Education,
Jurnal Kependidikan is a peer-reviewed journal that mediates the dissemination of researchers in education, especially from management, research, a study of thinking, and educational evaluation. The journal is published by Ikatan Keluarga Alumni Institut Agama Islam Negeri Purwokerto. We accept submissions from all over the world. All submitted articles shall never been published elsewhere, original and not under consideration for other publication.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2021)" : 11 Documents clear
Internalisasi Nilai-nilai Keagamaan dalam Pembentukan Karakter Bagi Remaja Ahmad Masduki
Jurnal Kependidikan Vol 9 No 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.354 KB) | DOI: 10.24090/jk.v9i1.4501

Abstract

Abstract Teens have different characters from children and adults and the problems they face. With this difference, it is necessary to take steps to remain a good teenager. In general, there are ten characters that exist in adolescents that parents and teachers must know about, namely physical changes, socialization, cognitive development, personal and emotional characteristics, independence, emotionality and rebellion, extreme moodiness, self-identity, peer relationships, independence and testing limits, selfish attitude. With characters who tend much opposed by the parents and teachers, it is necessary their internalization or inculcation of religious values in adolescents. As for actions that do the elderly within the family and teachers in the school such as provide exemplary self, their sense of togetherness in the realization of the values of religious, harmonious relationship the parents (father 's mother), the intimacy of the relationship people parents with children, train bear responsibility, exercise and habitation of children since age early in the realization of the values of religious, consistency and unity of the behavior of the parents, the creation of an atmosphere of openness, and communication dialogical, and children are also able to choose companions who diligently carry out the command of religion. Abstrak Remaja memiliki karakter yang berbeda dengan anak-anak maupun orang dewasa dan problematika yang dihadapinya. Dengan adanya perbedaan itulah perlu adanya langkah-langkah yang dilakukan agar tetap menjadi remaja yang baik. Secara umum ada sepuluk karakter yang ada pada remaja yang orang tua maupun guru harus mengetahuinya, yaitu perubahan fisik, sosialisasi, perkembangan kognitif, karakteristik pribadi dan emosional, independen, emosional dan pemberontak, moodiness ekstrim, identitas diri, hubungan sebaya, kemandirian dan batas pengujian, sikap egois. Dengan karakter yang cenderung banyak berlawanan dengan orang tua maupun guru, maka perlu adanya internalisasi atau penanaman nilai-nilai keagamaan pada remaja. Adapun tindakan yang dilakukan orang tua didalam keluarga maupun guru di sekolah diantaranya memberikan keteladanan diri, adanya rasa kebersamaan dalam merealisasikan nilai-nilai keagamaan, keharmonisan hubungan orang tua (ayah-ibu), kemesraan hubungan orang tua dengan anak, melatih tanggung jawab, latihan dan pembiasaan anak-anak sejak usia dini dalam merealisasikan nilai-nilai keagamaan, konsistensi dan kesatuan perilaku orang tua, penciptaan suasana keterbukaan, dan komunikasi dialogis, dan anak juga mampu memilih sahabat yang rajin menjalankan perintah agama.
Idealitas Pendidikan Anak dalam Islam Nurkholis Nur Kholis
Jurnal Kependidikan Vol 9 No 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.586 KB) | DOI: 10.24090/jk.v9i1.4676

Abstract

Pada saat ini pendidikan cenderung hanya berorentasi kepada kebutuhan material, tanpa memperhatikan kebutuan moral, sehingga akan menciptakan manusia yang bersifat matrealistis, oleh karena itu semuanya diukur oleh materi tanpa melihat nilai positif dan negatifnya. Pendidikan akan mengarahkan peserta didik menjadi intelektualitas keilmuan dan keterampilan saja tanpa dibarengi dengan amaliah ilmiahnya. Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mendidik dan merawat anak. Oleh karena itu keberhasilan pendidikan anak merupakan tanggung jawab bagi orang tua dalam mengembangkan potensi anak. Tulisan ini berupaya menyajikan konsep bagaimana pendidikan anak yang ideal perspektif Islam. Pendidikan anak merupakan amanah bagi orang tua, sehingga Al-Qur’an dan Sunnah senantiasa mengarahkan dan membimbing terhadap proses pendidikan anak. Tanggung jawab orang tua terhadap pendidikan anak merupakan sesuatu yang harus dipenuhi dan tidak bisa ditawar lagi, sehingga keberhasilan dalam proses pendidikan anak, harus ditanamkan nilai-nilai pendidikan yang positif berdasarkan pengetahuan yang memadai melalui sumber-sumber ajaran Islam. Proses pendidikan anak harus ada relasi timbal balik bagi keduanya, maksudnya harus ada hak dan kewajiban antara orang tua dan anak yang harus dipenuhi oleh keduanya. Islam telah mengatur dan memberikan penjelasan secara komprehensif dan detail mengenai pendidikan anak dalam mewujudkan nilai-nilai pendidikan Islam.
Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Terpadu melalui Sistem Kredit Semester di Sekolah Menengah Atas Fitriyanto Fitriyanto; Sutrimo Purnomo
Jurnal Kependidikan Vol 9 No 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.454 KB) | DOI: 10.24090/jk.v9i1.4739

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah meningkatkan mutu pendidikan secara menyeluruh dan komprehensif mulai dari input, proses, output dan outcome, berfokus kepada orang yang bertujuan untuk meningkatkan secara berkelanjutan kepuasan customer pada biaya sesungguhnya yang secara berkelanjutan turun menurun. Manajemen peningkatan mutu Pendidikan Islam secara terpadu melalui Sistem Kredit Semester di SMA. Sistem Kredit Semester merupakan sebuah inovasi pendidikan yang merujuk pada pemberian fasilitas kepada siswa yang memiliki bakat dan kecerdasan diatas rata-rata agar mampu menguasai banyak isi pelajaran dalam rentang waktu yang lebih singkat. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode metode kombinasi (mixed method sequential ekploratory) Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, kemudian dari makna data tersebut penulis menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: (1) Manajemen peningkatan mutu Pendidikan secara menyeluruh meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.
Konsep Pendidikan Profesional Perspektif Undang-Undang tentang Guru dan Dosen Eti Sutarsih; M Misbah
Jurnal Kependidikan Vol 9 No 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.114 KB) | DOI: 10.24090/jk.v9i1.4762

Abstract

Abstract Educators must have an attitude in dealing with students so that they are in accordance with the teachings conveyed by Islam. Educators need to know and be aware of the profession that is taken as a calling for the soul to be able to achieve a maximum learning goal, they need to know and practice several tasks as professional educators. Professional educators are regulated in the Law on Teachers and Lecturers. Therefore, it is important for an educator to learn and implement it to become a professional educator. This research uses descriptive analysis method. This type of research is carried out on national and international literature review sources related to the concept of professional educators. Professional educators must carry out their duties as educators as stated in the law on teachers and lecturers. Professional educators must have educator competencies in carrying out their responsibilities in educating, teaching, guiding, assessing, training, and evaluating students. In addition, the quality of an educator will continue to improve, which in the end, the quality of educational institutions will also have quality. Professional educators will continue to strive to develop themselves according to the times. Has the nature and character that is in accordance with the duties or obligations as an educator Keywords Educators, Professional, and Law Abstrak Pendidik harus memiliki sikap dalam menangani peserta didik agar sesuai dengan ajaran yang disampaikan oleh agama Islam. Pendidik perlu mengetahui dan sadar akan profesi yang diambil sebagai panggilan jiwa untuk dapat mencapai sebuah tujuan pembelajaran yang maksimal perlu mengetahui dan mengamalkan beberapa tugas sebagai pendidik professional. Pendidik profesional sudah diatur dalam Undang-Undang tentang Guru dan Dosen. Oleh karena itu, pentingnya seorang pendidik mempelajari dan melaksanakan untuk menjadi pendidik yang profesional. Penelitian ini menggunakan metode analisis deksriptif. Jenis penelitian yang dilakukan pada sumber-sumber kajian pustaka nasional maupun internasional yang berhubungan dengan konsep pendidik profesional. Pendidik profesional harus menjalankan tugas sebagai pendidik yang telah tercantum di dalam undang-undang tentang guru dan dosen. Pendidik profesional harus memiliki kompetensi-kompetensi pendidik dalam menjalankan tanggung jawab dalam mendidik, mengajar, membimbing, menilai, melatih serta mengevaluasi peserta didik. Selain itu, kualitas yang dimiliki seorang pendidik akan terus meningkat yang pada akhirnya kualitas lembaga pendidikan juga akan ikut bekualitas. Pendidik profesional akan terus berusaha untuk mengembangkan diri sesuai dengan perkembangan zaman. Memiliki sifat dan karakter yang sesuai dengan tugas atau kewajiban sebagai pendidik. Kata Kunci Pendidik, Profesional, dan Undang-Undang
Metode Pembelajaran Menghafal Juz 'amma di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto Nurkholis Kurniawan; Nawawi Nawawi
Jurnal Kependidikan Vol 9 No 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.727 KB) | DOI: 10.24090/jk.v9i1.5221

Abstract

The method is one of the most influential aspects to achieve something success in carrying out the teaching and learning process. In the educational process of memorizing Juz' amma a teacher is programmed in an instructional design to make students or students learn actively which emphasizes the provision of learning resources. So in essence the educational procedure for memorizing juz' amma is a path or method carried out in the educational process in order to facilitate educational activities in memorizing the last juz' amma or juz in the Qur'an at the Darussalam Islamic Boarding School Dukuhwaluh Purwokerto. This research aims to identify what and how the educational process and also the procedures used in memorizing Juz' amma at Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto. This type of research is field research with descriptive qualitative research type. To get the data needed. The results of the research show that the Juz Amma memorization education procedure at the Darussalam Islamic Boarding School Dukuhwaluh Purwokerto is implemented and various methods of memorization education are applied. There are also memorization education methods used at the Darussalam Islamic Boarding School Dukuhwaluh Purwokerto, namely the wahdah procedure, namely memorizing verse per verse, the khitabah or writing method, the observing or Sima'i method, the jama method, the repeat method with fellow students and the deposit method. Keywords: Learning Method of Memorizing Juz Amma
Pemanfaatan Media Internet sebagai Sumber Belajar dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD N 3 Donorojo Sempor Kebumen Jamroh Jamroh; Sigit Mangun Wardoyo; Siti Julaeha
Jurnal Kependidikan Vol 9 No 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.344 KB) | DOI: 10.24090/jk.v9i2.5246

Abstract

The purpose of this study is to analyze the use of Internet media as a learning resource by students and teachers in learning. This study uses a qualitative research approach with the type of phenomenological research. Data were collected by observation, interviews, and documentation. Then analyzed using three stages, namely data reduction, data presentation, and verification. The results of this study indicate that students are familiar with Internet media from various sources including social media, parents and television. As for the use of Internet media facilities by students, including Google, YouTube, and learning applications as learning resources. Students in the use of Internet media have the skills to access various information that is used to support learning resources. Meanwhile, the use of Internet media by teachers is at the planning stage which includes socializing online learning procedures, preparing online Learning Implementation Plans (RPP), downloading applications that will be used in e-learning, and downloading materials. The implementation phase includes the use of Internet media to optimize applications used in e-learning, as well as the use of Google and YouTube as learning resources. The learning outcomes stage includes the use of Internet media to evaluate, guide, and send assignments online.
Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI melalui Metode Daring dengan Model Pedagogis Kontruktivistik di Masa Pandemi Usriati Usriati; M Misbah
Jurnal Kependidikan Vol 9 No 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.242 KB) | DOI: 10.24090/jk.v9i2.5261

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran PAI di masa pandemi. Peningkatan ini dilakukan melalui penerapan metode Daring model Pedagogis Kontruktivistik. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam proses kegiatan pembelajaran online, dengan subyek penelitian siswa SD Negeri 2 Rejasari Kecamatan Purwokerto Barat. Penelitian ini difokuskan pada penerapan metode Daring model Pedagogis Kontruktivistik yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar PAI. Prosedur penelitian dilakukan dalam 4 tahap, diawali dengan perencanaan, realisasi rencana, observasi, evaluasi dan perbaikan. Pengumpulan informasinya menggunakan wawancara dan observasi serta dokumentasi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, di mana Hasil penelitiannya menunjukan bahwa upaya dalam meningkatkan mutu belajar PAI berhasil dengan baik. Mutu pembelajaran terlihat pada perubahan kegiatan pembelajaran Daring model Pedagogis Kontruktivistik. Pada siklus I siswa masih terlihat bingung, Rebutan bertanya, dan sebagian ada yang kurang memperhatikan penjelasan guru yang di kirim lewat pembelajaran online. Kegiatan Daring ternyata didominasi siswa yang aktif dan mempunyai media pendukung. Pada siklus 2, tampak keberanian siswa untuk bertanya dan menyampaikan pendapatnya bertambah. Kegiatan pembelajarannya berkembang sangat baik. Masing-masing siswa tampak bersemangat mengukir prestasi yang baik. Peningkatan prestasi belajar bertujuan dengan keaktifan siswa, hal ini dapat dilihat pada nilai ketuntasan belajar peserta didik dengan rata rata 68 pada siklus I, dan naik menjadi 79,5 pada siklus II.
Internalisasi Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sari Laela Sa'dijah; M Misbah
Jurnal Kependidikan Vol 9 No 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.87 KB) | DOI: 10.24090/jk.v9i1.5501

Abstract

Internalisasi adalah penghayatan secara mendalam mengenai suatu doktrin ajaran tertentu dalam hal ini yaitu islam, sehingga peserta didik meyakini dengan sadar akan kebenaran doktrin yang diterimanya dan diwujudkan dengan tampilan sikap dan perilaku peserta didik. internalisasi Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan sikap dan perilaku siswa merupakan proses dimana siswa didorong untuk bersikap dan berperilaku yang sesuai dengan tuntunan agama Islam secara mendalam. Sehingga terbentuk siswa dengan sikap dan perilaku yang baik serta bertanggung jawab dan tidak merugikan orang lain. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian studi literatur atau studi kepustakaan. Studi literatur menekankan pada cara memperoleh data dalam penelitian, yang mana sumber data berasal dari karya ilmiah baik yang sudah dipublikasikan atau belum dipublikasikan. Internalisani PAI dalam pembentukan sikap dan prilaku siswa memiliki 3 tahap yaitu tahap traformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan tahap transInternalisasi nilai. Dalam pelaksanaanya internalisasi PAI dalam pembetukan sikap dan prilaku siswa pasti mendapat hambatan dan kendala, hambatan dan kendala diantisipasi dengan menggunakan 3 tindakan yaitu tindakan preventif (pencegahan), tindakan represis (menghambat) dan tindakan kuratif (penyembuhan)
Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Cabang Purbalingga Siti Marjiyah; Tutuk Ningsih
Jurnal Kependidikan Vol 9 No 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.037 KB) | DOI: 10.24090/jk.v9i1.5619

Abstract

This research was conducted to describe the role of parents in helping children do assignments during distance learning at MIM Purbalingga Branch. The research method used is descriptive qualitative. Collecting data through interviews, observation, and documentation with descriptive data analysis. The analysis technique that the researchers did was from data reduction, data presentation and conclusions. The results showed that parents have various roles in helping with children's tasks during distance learning. First, parents play a role in accompanying children. Both parents play a role in guiding the child. And the third parent plays a role in helping children work on assignments during distance learning at MIM Purbalingga Branch.
Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Program Unggulan Berbasis Keagamaan Titi Kurniati
Jurnal Kependidikan Vol 9 No 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.002 KB) | DOI: 10.24090/jk.v9i1.5976

Abstract

Improving the quality of schools can be through superior programs. There are many excellent programs, one of which is based on religion. The flagship religious-based program carried out at SMP Negeri 1 Kedungbanteng, Banyumas Regency includes 1) the full day school system, which adds religious material in the curriculum content that is integrated in curricular, co-curricular and extracurricular activities. 2) education programs based on local excellence, namely through activities religious studies, namely the study of books and reading and writing of the Qur'an which ends with the Khotmil Qur'an activity which is a sign that students have completed the Qur'an. 3) Life skills education programs, including personal, social, academic, and vocational life skills . This activity is in the form of skills in writing and reading the Qur'an, making calligraphy, the art of reading the Qur'an, and the ability as a small preacher through extracurricular activities khitobah, 4) Graduate quality improvement programs, namely Increasing faith and piety through habituation activities such as tadarus Al-Qur'an, dhuha prayer, dhuhur prayer in congregation of Hajj Manasik activities, Spensa Bersholawat, and Istighosah before the School Exam. The success of the flagship religious-based program cannot be separated from the principal's role as manager, namely planning, organizing and controlling.

Page 1 of 2 | Total Record : 11