cover
Contact Name
Obed Bima Wicandra
Contact Email
obedbima@petra.ac.id
Phone
+62312983147
Journal Mail Official
puslit@petra.ac.id
Editorial Address
Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236, Indonesia
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana
ISSN : 02150905     EISSN : 27215695     DOI : https://doi.org/10.9744/nirmana
Core Subject : Art,
Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana is published biannually, in January and July, by Petra Christian University. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana aims to promote a comprehensive approach to visual communication design incorporating viewpoints of different disciplines, strengthen academic exchange with other institutions, encourage scientist, practicing engineers, and others to conduct research and other similar activities. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana welcomes papers with the above aims and scopes. The editorial board decides papers to be published in Nirmana after review by reviewers appointed by the board. Authors will be advised of comments from reviewers and suggestions.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 22 No. 2 (2022): JULY 2022" : 7 Documents clear
Perancangan Komik “Bayu Samudera” sebagai Media Promosi Potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Karimunjawa Satriana Didiek Isnanta; Afri Wita; Apip Apip
Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana Vol. 22 No. 2 (2022): JULY 2022
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (691.889 KB) | DOI: 10.9744/nirmana.22.2.89-95

Abstract

Kepulauan Karimunjawa terdiri dari 27 pulau yang secara administratif terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Karimunjawa mempunyai potensi alam yang luar biasa, pantai pasir putih dengan ombak lautnya yang landai serta keindahan karang laut beserta habitat yang ada di dalamnya membuatnya memjadi surga bagi pecinta snorkeling dan diving. Selain alam bawah lautnya yang indah, Karimunjawa juga memiliki potensi lainnya seperti makam Sunan Nyamplungan, hutan bakau, dan kayu khas Karimunjawa, yaitu Dewandaru. Selain itu, ada juga produk UMKM yang berkembang, tetapi sayang semuanya kalah oleh potensi alam bawah lautnya. Oleh karena itu, penting kiranya membuat media promosi kreatif yang menginformasikan potensi tersebut, yaitu melalui komik bahari berjudul “Bayu Samudera”. Metode perancangan yang dilakukan menggunakan metode kualitatif yang bersifat dekriptif dalam menganalisis sebuah peristiwa, aktivitas dan objek. Analisis yang digunakan adalah sintesis analisis, yang hasilnya sebagai dasar perancangan komik “Bayu Samudera”. Hasil dari perancangan komik ini adalah komik cetak maupun digital yang bertujuan untuk mempromosikan potensi produk UMKM di Karimunjawa.
Perancangan Card Game “Happy Teeth” sebagai Media Edukasi Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Julius Christian Wicaksono; T. Arie Setiawan Prasida; Jasson Prestiliano
Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana Vol. 22 No. 2 (2022): JULY 2022
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (598.287 KB) | DOI: 10.9744/nirmana.22.2.78-88

Abstract

Kesehatan gigi dan mulut sangat berpengaruh bagi kehidupan anak. Di Indonesia, masih banyak anak yang merasakan sakit gigi dari sedang hingga berat dan bisa menyebabkan anak mengalami kesulitan di sekolah dalam hal prestasi maupun bersosialisasi. Penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut sudah dilakukan ke sekolah dasar, tetapi kurang efektif karena dilakukan di jangka waktu yang tidak tetap, sehingga sulit membentuk kebiasaan pada anak. Untuk membangun perhatian dan kebiasaan pada anak, harus ada media yang menarik dan interaktif untuk membantu anak dalam belajar menjaga kesehatan gigi dan mulutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang permainan kartu atau card game “Happy Teeth” sebagai media edukasi untuk anak tentang menjaga kesehatan gigi dan mulutnya. Metode deskriptif, pendekatan kualitatif, dan strategi linear digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa anak, dalam hal ini siswa sekolah dasar, mampu memahami tentang hal yang bisa di lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya setelah memainkan card game “Happy Teeth”.
Relasi Keintiman pada Media Luar Ruang sebagai Komoditas Masyarakat Tontonan Nina Sofiyawati
Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana Vol. 22 No. 2 (2022): JULY 2022
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.002 KB) | DOI: 10.9744/nirmana.22.2.96-106

Abstract

Penelitian ini membahas fenomena ruang konsumsi, dalam hal ini media luar ruang yang biasanya menjadi media untuk mengiklankan produk dan jasa, informasi event, iklan layanan masyarakat, maupun kepentingan kampanye politik, kini dimanfaatkan untuk membangun relasi keintiman seseorang dan menampilkannya kepada public. Salah satunya yang marak terjadi di Indonesia yakni menampilkan bentuk-bentuk keintiman melalui ucapan ulang tahun pada media billboard, baliho, dan media luar ruang lainnya yang ditujukan kepada pasangan maupun sahabat. Bentuk penelitian ini berupa pendekatan studi kasus dengan tiga korpus utama yang diteliti, yakni relasi keintiman yang dibangun dan ditampilkan melalui ucapan ulang tahun pada media luar ruang yang ditujukan untuk Delta Hesti, Arvy Rizaldy, dan Felicitas Noventa Adelia Putri. Adapun pendekatan teorinya menggunakan konsep spectacle yang digagas oleh Guy Debord (2002). Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya perubahan jaman, perkembangan teknologi dan media (dalam hal ini media luar ruang) menjadi tempat dan cara baru bagi masyarakat dalam memenuhi serta memunculkan bentuk-bentuk keintimannya, salah satunya dengan sewa pemasangan media luar ruang untuk memberi hadiah spesial berupa ucapan ulang tahun. Asumsi-asumsi ideal yang ditampilkan membawa masyarakat tontonan pada gambaran ideal tentang bagaimana bentuk hubungan dengan pasangan atau sahabat yang ideal dipertontonkan dengan cara berbeda, yang sekaligus merupakan ajang pamer status sosial dan membuat seseorang merasa bahwa sesungguhnya kesejatian hidup didapat ketika menjadi pusat perhatian.
Semiotika dan Unsur Agama Katolik - Kristen dalam Haute Couture Fashion Rihanna dan Madonna pada Met Gala 2018 Yemima Yoke Handakara
Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana Vol. 22 No. 2 (2022): JULY 2022
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.993 KB) | DOI: 10.9744/nirmana.22.2.107-114

Abstract

Met Gala merupakan salah satu ajang fashion tahunan terbesar yang ditunggu-tunggu oleh peminat fashion, maupun bagi penggemar dari pesohor tertentu yang terlibat di dalamnya. Sebagai ajang fashion tahunan, tentu Met Gala menyiapkan tema-tema yang berbeda tiap tahunnya. Euforia tahunan Met Gala selalu membawa kilas balik ke tema-tema Met Gala tahun sebelumnya, salah satunya di tahun 2018 yaitu “Heavenly Bodies: Fashion and the Catholic Imagination“. Tema Met Gala tahun 2018 memadukan antara haute couture fashion dengan kultur, icon, simbol agama (unsur keagamaan) Katolik dan Kristen, dan ornamen abad pertengahan. Salah satu penampilan yang menarik perhatian audience dari Met Gala 2018 adalah gaun yang dikenakan Rihanna dan Madonna. Penelitian ini dilakukan dengan membedah tampilan visual gaun Rihanna dan Madonna dengan metode penelitian estetika A.A.M Djelantik, dan semiotika C.S. Pierce serta ditinjau dari makna dalam sudut pandang agama Katolik dan Kristen.
Visualisasi “Nriman” sebagai Seni Ekspresi Visual dengan Teknik Fotografi Makro Handry Rochmad Dwi Happy; Elfa Olivia Verdiana
Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana Vol. 22 No. 2 (2022): JULY 2022
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.963 KB) | DOI: 10.9744/nirmana.22.2.129-136

Abstract

Nriman adalah proses di mana manusia menerima sebuah keadaan yang ada tanpa berani berargumen untuk melawan dan membantah. Keadaan nriman itu sendiri merupakan warisan tradisi adat ketimuran yang sudah mendarah daging. Proses nriman sendiri menggiring manusia mengikuti arus, tanpa ada pegangan. Sama halnya dengan benda cair yang selalu mengikuti bentuk sesuai wadahnya. Proses nriman dicoba diangkat oleh penulis dengan memvisualisasikan-nya sebagai seni ekspresi visual dengan teknik fotografi makro. Dengan memanfaatkan sifat benda cair, penulis mengombinasikan beberapa medium untuk menghasilkan sebuah tampilan visual menarik dan penuh makna, untuk merepresentasikan proses nriman tersebut.
Program Community Engagement Pengembangan Produk Ecoprint sebagai Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) “Nostra Gallery” di Yogyakarta Rifqi Athallah Octaviano; Deddi Duto Hartanto
Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana Vol. 22 No. 2 (2022): JULY 2022
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.358 KB) | DOI: 10.9744/nirmana.22.2.69-77

Abstract

Seiring berjalannya waktu, ancaman kerusakan lingkungan semakin parah. Mulai dari sampah dan limbah yang tersebar ke seluruh dunia, deforestasi, kebakaran hutan, polusi udara, dan sebagainya. Permasalahan tersebut dipengaruhi oleh gaya hidup yang semakin membahayakan, konsumtif, dan tidak ramah lingkungan, termasuk di dalamnya pengaruh dari dunia fashion. Di Indonesia sendiri terdapat tren teknik pewarnaan tekstil bernama ecoprint yang dapat menjadi salah satu solusi di dunia fashion karena prosesnya yang ramah lingkungan, tanpa membuang limbah berbahaya, dan menumbuhkan semangat menjaga lingkungan. Namun permasalahannya masih banyak produk fashion dari ecoprint yang belum banyak diminati. Salah satunya adalah UMKM Nostra Gallery di Yogyakarta sebagai produsen ecoprint yang luaran produk dan upaya pemasaran mereka masih terbatas. Padahal, produk ecoprint memiliki banyak potensi untuk terus berkembang ke depannya di dunia fashion karena unik dan ramah lingkungan. Program ini dilakukan untuk membantu memberdayakan UMKM Nostra Gallery melalui pengembangan luaran produk ecoprint agar lebih kekinian, fashionable, tetap berkualitas, dan fungsional, yang diikuti dengan pengembangan visual agar lebih “naik kelas" dengan berkolaborasi bersama pihak yang terkait. Dengan melakukan kegiatan ini, UMKM Nostra Gallery dapat mengembangkan produk ecoprint-nya serta memiliki tampilan visual yang lebih menarik agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas.
Museum Reenactor Arek Ngalam: Simulakra Sejarah Perjuangan Menuju Nasionalisme Andrian Dektisa Hagijanto
Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana Vol. 22 No. 2 (2022): JULY 2022
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1341.836 KB) | DOI: 10.9744/nirmana.22.2.115-128

Abstract

Belajar sejarah perjuangan bangsa secara konvensional dilakukan dengan membaca buku teks yang cenderung membosankan dan menghafal. Seiring perkembangan teknologi media dan kecenderungan interaksional, kebiasaan itu diubah salah satunya oleh kelompok reenactor dari kota Malang yang populer dengan nama Reenactor Arek Ngalam dengan mendirikan museum mandiri, menciptakan replika tiruan-tiruan kostum serdadu, alat-alat perang yang dibuat sendiri namun otentik. Aktivitas yang melibatkan Museum Brawijaya Malang. Ini menjadi hal yang menarik untuk diteliti yang dimaknai sebagai simulasi yang disimulasikan kembali. Simulakra tiruan kostum, replika senjata dan kejadian peperangan menjadi aktivitas serius. Hal itu menjadi ungkapan ekspresi nasionalisme dan sikap apresiatifnya atas sejarah perjuangan bangsa dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini menggunakan cara kualitatif dengan metode pengumpulan data studi pustaka, observasi lapangan dan wawancara. Unit analisis data menggunakan deskriptif 5W1H dengan menggunakan cara pandang dalam budaya visual yang berkelindan dengan teori hiperealitas-hipersemiotika dan simulakra.

Page 1 of 1 | Total Record : 7