cover
Contact Name
Endo Wijaya Kartika
Contact Email
puslit@petra.ac.id
Phone
+62312983147
Journal Mail Official
puslit@petra.ac.id
Editorial Address
Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236, Indonesia
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Manajemen Perhotelan
ISSN : 02166283     EISSN : 26859408     DOI : https://doi.org/10.9744/jmp
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Manajemen Perhotelan is published biannually, in March and September, by Petra Christian University. Jurnal Manajemen Perhotelan aims to: Promote a comprehensive approach to hotel management incorporating viewpoints of different disciplines, Strengthen academic exchange with other institutions, Encourage scientist, practicing engineers, and others to conduct research and other similar activities. Jurnal Manajemen Perhotelan welcomes papers with the above aims and scopes. The editorial board decides papers to be published in Jurnal Manajemen Perhotelan after review by reviewers appointed by the board. Authors will be advised of comments from reviewer and suggestions.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2019): MARCH 2019" : 6 Documents clear
ANALISA IMPLEMENTASI FOOD WASTE MANAGEMENT DI RESTORAN ‘X’ SURABAYA Hanjaya Siaputra; Nadya Christianti; Grace Amanda
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol. 5 No. 1 (2019): MARCH 2019
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.882 KB) | DOI: 10.9744/jmp.5.1.1-8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah food waste serta tahap operasional restoran yang berkontribusi paling besar dalam menghasilkan food waste. Hal ini dikarenakan melihat adanya fakta bahwa food waste dapat ditemui dimana saja dan telah menjadi masalah yang tidak dapat dihindari oleh penyedia food service. Dalam penelitian ini, objek yang digunakan peneliti adalah Restoran ‘X’ di Surabaya dengan tipe family style restaurant. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi serta triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian membuktikan bahwa food waste Restoran ‘X’ melampaui batas normal ((41%), yaitu sebesar 48,77%. Tahap yang memberikan kontribusi terbesar terhadap food waste Restoran “X” adalah tahap receiving, storing, dan production
ATRIBUT-ATRIBUT YANG DINILAI PENTING OLEH WISATAWAN DOMESTIK DAN WISATAWAN CINA DALAM MEMILIH HOTEL DI BALI Alexandra Carina Saksana; Sienny Thio
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol. 5 No. 1 (2019): MARCH 2019
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.604 KB) | DOI: 10.9744/jmp.5.1.9-17

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atribut-atribut yang dinilai penting oleh wisatawan domestik maupun wisatawan Cina dalam memilih hotel di Bali. Sebanyak 598 kuesioner dikumpulkan dan hanya 565 kuesioner diolah lebih lanjut dengan menggunakan analisa statistik deskriptif. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa atribut kamar seperti kamar dan kamar mandi yang bersih serta ketersediaan amenities merupakan atribut yang dianggap paling penting bagi wisatawan Indonesia dan wisatawan Cina, diikuti dengan atribut keseluruhan (seperti reputasi, lokasi dan harga kamar), atribut layanan dan fasilitas (seperti ketersediaan wifi, staf hotel yang sopan dan ramah) dan atribut makanan dan minuman (seperti kualitas makanan yang baik dan harga makanan yang terjangkau). Bagi wisatawan Cina, lokasi hotel yang aman dan kamar hotel yang bersih menjadi indikator yang dianggap paling penting ketika memilih hotel di Bali. Sedangkan bagi wisatawan Indonesia, kebersihan kamar hotel dan kamar mandi dianggap sebagai aspek yang paling penting
PENGARUH ATRIBUT HOTEL BUTIK TERHADAP MINAT MENGINAP KEMBALI DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL PERANTARA DI SURABAYA Stephanie Hanjaya; Michael David Pranata; Fransisca Andreani
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol. 5 No. 1 (2019): MARCH 2019
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.611 KB) | DOI: 10.9744/jmp.5.1.18-25

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengamati pengaruh dari atribut hotel butik terhadap minat menginap kembali dengan kepuasan konsumen sebagai variabel perantara. Responden adalah 115 konsumen yang pernah menginap di hotel butik (Hotel Majapahit, Artotel, dan Town Square Hotel) di Surabaya dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert dan dianalisa menggunakan metode PLS. Penelitian menunjukkan bahwa atribut hotel butik berpengaruh positif signifikan, baik terhadap kepuasan konsumen maupun minat menginap kembali. Meski demikian, kepuasan konsumen sebagai variabel perantara justru memiliki pengaruh kecil pada hubungan antara atribut hotel butik terhadap minat menginap kembali. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan kepuasan konsumen bukan hal utama tetapi atribut hotel butik adalah hal terpenting yang menyebabkan konsumen mengunjungi hotel kembali
PENGARUH e-WOM TERHADAP BRAND IMAGE DAN PURCHASE INTENTION PADA HOTEL BINTANG TIGA DI BALI Lourino Valentino Pentury; Monica Sugianto; Marcus Remiasa
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol. 5 No. 1 (2019): MARCH 2019
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.645 KB) | DOI: 10.9744/jmp.5.1.26-35

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur atau melihat pengaruh dari e-WOM dalam Online Review pada OTA terhadap brand image dan purchase intention pada hotel bintang tiga di Bali. Penulis melakukan survei dengan jumlah responden sebesar 213 responden dengan kriteria yang sudah ditetapkan menggunakan metode analisa SEM-PLS. Temuan menunjukan bahwa e-WOM berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand image hotel bintang tiga di Bali. Brand image berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Purchase intention hotel bintang tiga di Bali. Dan e-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase intention hotel bintang tiga di Bali.
PENGARUH KARAKTERISTIK SELEBRITI ENDORSER TERHADAP MINAT BELI MELALUI KESADARAN MEREK HOTEL DI INSTAGRAM Nadya Valentina Sampurno; Christy Pratiwi Ciakrawinata; Regina Jokom
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol. 5 No. 1 (2019): MARCH 2019
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.281 KB) | DOI: 10.9744/jmp.5.1.36-44

Abstract

Penggunaan selebriti endorser di Instagram sebagai alat pemasaran hotel menjadi semakin populer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh karakteristik selebriti endorser di Instagram terhadap minat beli melalui kesadaran merek hotel. Penelitian ini melibatkan sebanyak 304 pengikut dari tiga selebriti endorser. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik selebriti endorser memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli melalui kesadaran merek. Akan tetapi, pengaruh langsung dari karakteristik selebriti endorser terhadap minat beli lebih besar dibandingkan jika harus melalui kesadaran merek terlebih dahulu
PERBEDAAN GAYA HIDUP SEHAT DAN SIKAP TERHADAP MAKANAN ORGANIK DARI GENERASI BABY BOOMERS, X, DAN Y DI SURABAYA Surya Nika Suharjo; Agung Harianto
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol. 5 No. 1 (2019): MARCH 2019
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.645 KB) | DOI: 10.9744/jmp.5.1.45-58

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan gaya hidup sehat dan sikap terhadap makanan organik diantara generasi Baby Boomers, X, dan Y. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dinilai menggunakan 5 point skala likert. Teknik analisa yang digunakan adalah uji ANOVA dan uji Post Hoc dengan jumlah sampel sebanyak 224 responden. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara generasi Baby Boomers, X, dan Y pada variabel gaya hidup sehat, sedangkan pada variabel sikap terhadap makanan organik hanya generasi Baby Boomers dan generasi Y yang memiliki perbedaan

Page 1 of 1 | Total Record : 6