cover
Contact Name
Rindha Widyaningsih
Contact Email
rindha.widyaningsih@uinsaizu.ac.id
Phone
+6281328716915
Journal Mail Official
sjp@uinsaizu.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Jl. Jend. A. Yani No. 40A Purwokerto 53126 Jawa Tengah - Indonesia
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Solidaritas: Jurnal Pengabdian
ISSN : -     EISSN : 28073266     DOI : https://doi.org/10.24090/sjp
Solidaritas: Jurnal Pengabdian adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil pengabdian masyarakat yang terbuka untuk umum yang memposisikan Islam sebagai spirit, landasan, dan paradigma dalam pelaksanaannya. Solidaritas: Jurnal Pengabdian membuka kesempatan kepada dosen dan peneliti untuk mempublikasikan kegiatan pengabdiannya di masyarakat yang meliputi pengabdian kepada masyarakat Muslim, pengabdian dalam perspektif keislaman,pengembangan komunitas Muslim, pengembangan institusi Islam, tema lain yang terkait dengan pendidikan dan tema-tema lain yang terkait dengan pengembangan keislaman. Solidaritas: Jurnal Pengabdian dapat diakses secara terbuka (open source) melalui sistem Open Journal System versi 3.0. Solidaritas: Jurnal Pengabdian diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto dan terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu Bulan Juni dan Bulan Desember.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2023): Solidaritas: Jurnal Pengabdian" : 3 Documents clear
Edukasi Literasi Keuangan Bagi Calon Technopreneur Muliasari Pinilih; Intan Shaferi; Lutfia Septiani
Solidaritas: Jurnal Pengabdian Vol. 3 No. 1 (2023): Solidaritas: Jurnal Pengabdian
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Literasi keuangan merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang technopreneur. Aspek keuangan sangat perlu diperhatikan dalam melakukan kegiatan entrepreneur dikarenakan sebagai ujung tombak dalam keberlangsungan suatu usaha. Mahasiswa Prodi Informatika yang mendapatkan mata kuliah technopreneur atau technopreneurship perlu dibekali dengan literasi keuangan yang memadai selain kemampuan dalam penggunaan teknologi. Namun, sesuai dengan latar belakang prodi yang berfokus pada Informatika maka aspek keuangan ini masih kurang dipahami oleh mahasiswa sebagai calon technopreneur. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu diadakan pengabdian edukasi mengenai literasi keuangan bagi mahasiswa Informatika sebagai dasar dalam pengelolaan keuangan bagi calon technopreneur. Metode pelaksanaan yang digunakan dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap pertama proses koordinasi dan persiapan, tahap kedua yaitu pelaksanaan, serta tahap ketiga yaitu evaluasi. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman mengenai keuangan oleh mahasiswa Prodi Informatika yang dibuktikan dengan kenaikan hasil pre-test yang sebesar 42,16 (kurang memahami) menjadi 89,59 (sangat memahami) pada saat post-test
Dedikasi Anak Negeri di Masa Pandemi Maftuhah Maftuhah; Sita Ratnaningsih; Zahruddin Zahruddin; Dwika Yuniarti; Taufiqurrahman Taufiqurrahman; Annisa Silviani; Rifqotun Nada
Solidaritas: Jurnal Pengabdian Vol. 3 No. 1 (2023): Solidaritas: Jurnal Pengabdian
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/sjp.v3i1.9215

Abstract

The Work-Integrated Study Program from Home (KKN-DR) was conducted individually in the respective residential areas of the students, facing limitations in social interactions, funding, and permits in certain regions. Through the KKN-DR, students interacted with the community, applied their knowledge, and dedicated themselves to serving society. The KKN-DR focused on Covid-19 prevention through the dissemination of health protocols, Covid-19 awareness campaigns, and the provision of healthcare supplies. Students were given the opportunity to enhance their competencies in teaching and research. The outcomes included education, research, and community service as part of the university's tri-dharma mission. The KKN-DR activities are expected to have a positive long-term impact on both students and the community by increasing awareness of the importance of health and making significant contributions to the efforts in preventing the spread of Covid-19. The successful implementation of KKN-DR by group 98 amidst the limitations of the pandemic demonstrates the adaptability and contributions of students to the community in challenging situations. The success of KKN-DR involves an increased awareness of health protocols, Covid-19 campaigns, and the implementation of preventive measures. The long-term positive impact of KKN-DR on students and the community serves as evidence of its success.
Penguatan Sex Education sebagai Pembekalan Pra Nikah kepada Pemuda IPNU IPPNU PAC Ayah Kebumen Eka Safitri; Munasib Munasib; Muhammad Riza Chamadi; Ahmad Mujahid
Solidaritas: Jurnal Pengabdian Vol. 3 No. 1 (2023): Solidaritas: Jurnal Pengabdian
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu untuk memberikan pemahaman akan pentingnya pernikahan pada usia yang matang. Kasus pernikahan dini masih banyak terjadi di Kabupaten Kebumen pada umumnya dan pada khususnya pada pemuda IPNU IPNNU PAC Ayah Kabupaten Kebumen. Oleh karena itu, juga sejalan dengan kasus perceraian yang juga meningkat. Hal ini menjadi sebuah kegelisahan bagi pengabdi, untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan guna meminimalisir kasus tersebuut dengan memberikan sex education dan pembentukan keluarga sakinah. Hal ini dibutuhkan bagi para pemuda IPNU-IPNNU, di mana anggotanya berusia kisaran 14-27 tahun, dan bisa disebut usia persiapan menikah dan usia keluarga baru. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di IPNU IPNNU PAC Ayah Kabupaten Kebumen. Dengan jumlah peserta 60 peserta yang semula direncanakan 50 peserta tetapi dengan antusias yang tinggi sehingga peserta bertambah, diambil dari 18 ranting (desa) dan 2 komisariat IPNU IPPNU SMA/SMK di Kecamatan Ayah. Hal ini menjadi agenda strategis untuk membantu pemerintah dalam mensosialisaikan pendidikan sex dan pendidikan keluarga bagi pemuda. Dari evaluasi yang telah dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman pemuda IPNU-IPPNU tentang sex education dan cara membentuk keluarga sakinah.

Page 1 of 1 | Total Record : 3