cover
Contact Name
Muhardi
Contact Email
uptpublikasi@unisba.ac.id
Phone
+6285294008040
Journal Mail Official
jrmb@unisba.ac.id
Editorial Address
UPT Publikasi Ilmiah lantai 4, Rektorat Unisba, Jln Tamansari No.20, 40116
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
ISSN : 28083032     EISSN : 27986608     DOI : https://doi.org/10.29313/jrmb.v1i2
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) adalah jurnal peer review dan dilakukan dengan double blind review yang mempublikasikan kajian teoritik dan hasil riset terhadap isu-isu empirik dalam sub kajian manajemen. JRMB ini dipublikasikan pertamanya 2021 dengan eISSN 2798-6608 yang diterbitkan oleh UPT Publikasi, Universitas Islam Bandung. Semua artikel diperiksa plagiasinya dengan perangkat lunak anti plagiarisme. Jurnal ini ter-indeks di Google Scholar, Garuda, Crossref, dan DOAJ. Terbit setiap Juli dan Desember.
Articles 70 Documents
Analisis Pemeliharaan Mesin Conveyor Menggunakan Metode Preventive dan Breakdown Maintenance untuk Meminimumkan Biaya Pemeliharaan Mesin pada PT X Meli Amelia; Tasya Aspiranti
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 1, No. 1, Juli 2021 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.216 KB) | DOI: 10.29313/jrmb.v1i1.32

Abstract

Abstract. This research aims to know how the implementation of maintenance conducted by PT X and how maintenance by PT X used the preventive and breakdown maintenance methods to minimize engine maintenance cost. The research method used in this study is care study whereas this type of research is quantitative descriptive research. Technique of collecting data in this research by obsererving, interviewing and collecting documents related to research. Data analysis used by using preventive and breakdown maintenance methods. The result of this research is PT X performs maintenance of the engine by using preventive maintenance such as routine maintenance, semi-overhaul forecast maintenance and annual maintenance and breakdown maintenance are usually performed when the machine is fully damaged or dead. PT X should implement preventive maintenance because it is more efficient at 13,2% than the company’s maintenance. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pemeliharaan mesin yang dilakukan PT X dan bagaimana pemeliharaan mesin yang yang dilakukan PT X dengan menggunakan metode preventive dan breakdown maintenance untuk meminimumkan biaya pemeliharaan mesin. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini studi kasus sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan observasi, wawancara dan pengumpulan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan metode preventive dan breakdown maintenance. Hasil dari penelitian ini adalah PT X hendaknya melakukan pemeliharaan mesin dengan menggunakan preventive maintenance seperti perawatan rutin, perawatan semi overhaul dan perawatan tahunan dan breakdown maintenance biasa dilakukan saat mesin mengalami kerusakan atau mati total. PT X hendaknya melaksanakan preventive maintenance karena lebih efisien sebesar 13,2% dibandingkan pemeliharaan yang dilakukan perusahaan.
Analisis Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Service Quality dan Diagram Kano untuk Meningkatkan Kepuasan Nasabah di Bank Jabar Banten Syariah Cabang Bandung Alvin Cakra Pratista
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 1, No. 1, Juli 2021 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.048 KB) | DOI: 10.29313/jrmb.v1i1.33

Abstract

Abstract. The purpose of this study was to determine the customer service banking services at the Bank Jabar Banten Syariah in Bandung and measure the services at the Bank Jabar Banten Syariah in Bandung using the service quality analysis method and canoe diagrams. This type of research used in this research is descriptive quantitative and for the method of research using descriptive case studies that focus intensively on one particular object, by studying case studies. The population in this study is a customer of Bank Jabar Banten Syariah as consumers of Bank Jabar Banten Syariah banking services and has a sample of 114 people. Data collection techniques used in this study were interviews with back office staff employees and auditors, surveys and observations. The results of this study revealed that the services provided by the Bank Jabar Banten Syariah in Bandung included in the category quite well, but in research using service quality analysis of services provided by the Bank Jabar Banten Syariah in Bandung branch have shortcomings in terms of open customer service in exchanging ideas, customer service is able understand the needs, customer service conveys information, customer service master the field of work, customer service provides patient service, technology and customer service equipment. While the CS-Coefficient calculation results showed the highest better value of 1.02 in the 23rd service attributes, 13, 23 and 25, namely customer service hospitality, accuracy of customer service in service, customer service providing convenient service, and worse value equal to -1.49 in the 15th service attribute, namely the ability to communicate customer service. Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan customer service perbankan pada jasa Bank Jabar Banten Syariah cabang Bandung serta mengukur pelayanan jasa di Bank Jabar Banten Syariah cabang Bandung dengan menggunakan metode service quality analysis dan kano diagram. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan untuk metode penelitian menggunakan deskriptif studi kasus yaitu memusatkan diri secara intensive terhadap satu objek tertentu, dengan cara mempelajari studi kasus. Populasi pada penelitian ini merupakan nasabah Bank Jabar Banten Syariah selaku konsumen dari jasa perbankan Bank Jabar Banten Syariah dan memiliki sampel sebanyak 114 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dengan karyawan staff back office dan auditor, survey dan observasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pelayanan yang diberikan Bank Jabar Banten Syariah cabang Bandung termasuk kedalam kategori cukup baik, namun pada penelitian menggunakan service quality analysis pelayanan yang diberikan Bank Jabar Banten Syariah cabang Bandung memiliki kekurangan dalam hal customer service terbuka dalam bertukar pikiran, customer service mampu memahami kebutuhan, customer service menyampaikan informasi, customer service menguasai bidang pekerjaannya, customer service memberikan pelayanan dengan sabar, tekhnologi dan peralatan customer service. Sementara hasil perhitungan CS-Coefficient menunjukan nilai better yang paling tinggi sebesar 1,02 pada atribut layanan ke-23 yaitu 13, 23 dan 25, yaitu keramahtamahan customer service, keakuratan customer service dalam melayani, customer service memberikan layanan yang nyaman, dan nilai worse sebesar -1,49 pada atribut layanan ke-15, yaitu kemampuan berkomunikasi customer service.
Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Murabahah dan Musyarakah terhadap Return On Assets Irvan Muhamad Rizky; Azib
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 1, No. 1, Juli 2021 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.846 KB) | DOI: 10.29313/jrmb.v1i1.35

Abstract

Abstract. Mudharabah, Murabahah and Musyarakah Against ROA on Sharia Purchases listed on the Indonesia Stock Exchange. The data in this study are quarterly financial statements at Bank Rakyat Indonesia Syariah with a purposive sampling technique and obtained research samples of 6 samples of 30 data. For the dependent variable (Y) of this study is Return On Assets (ROA). For independent variables (X) published: Murabahah, Mudharabah, and Musyarakah. The method used is a quantitative research method. For the data source is secondary data using SPSS 20.0 data processing analysis. Based on the results of multiple regression analysis, the results of this study indicate that Murabahah and Mudharabah have a positive and significant effect on Return On Assets (ROA), Musyarakah have a negative and significant effect on Return On Assets (ROA), and Inflation does not play a role on Return On Assets (ROA). Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah, Mudharabah, Murabahah dan Musyarakah Terhadap ROA pada Perbankan Syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data dalam penelitian ini adalah laporan keuangan triwulan pada Bank Rakyat Indonesia Syariah dengan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 6 sampel 30 data. Untuk variabel dependen (Y) dari penelitian ini adalah Return On Asset (ROA). Untuk variabel independen (X) meliputi: Murabahah, Mudharabah, dan Musyarakah. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Untuk sumber data adalah data sekunder dengan menggunakan analisis pengolahan data SPSS 20.0. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Murabahah dan Mudharabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Asset (ROA), Musyarakah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return On Asset (ROA), dan Inflasi tidak berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA).
Pengaruh Karakteristik Individu dan Kompensasi terhadap Turnover Intention Ratih Prameswari Wulan Asih
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 1, No. 1, Juli 2021 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.91 KB) | DOI: 10.29313/jrmb.v1i1.37

Abstract

Abstract. This study aims to determine the Individual Characteristics and Compensation for Turnover Intention at the Perisai Husada Main Clinic. This research is categorized as descriptive and verification research as a quantitative approach with an instrument in the form of a questionnaire. The sampling technique in this study used saturated samples because all 55 employees of the Perisai Husada Main Clinic were made into the population. Data collection using questionnaires and interviews. Test the validity of the instrument using Pearson's product moment while the reliability test with the Alpha cronbanch with the help of SPSS 25. 0 Measuring instruments prove to be valid and reliable for research instruments. Hypothesis testing of this study uses multiple linear regression analysis. The results of the study prove that: (1) Individual characteristics significantly positive effect on Turnover Intention with a value of β = 0.394 and sig = 0,000, the contribution of individual characteristics to Turnover Intention 0.434 = 43.4%; (2) Compensation has a positive effect on Turnover Intention with a value of β = 0.530 and sig 0,000, contribution of Compensation to Turnover Intention 0.569 = 56.9%; (3) Individual Characteristics and Compensation have a significant positive effect on Turnover Intention with a result of R² = 0.622. This means that Individual Characteristics and Compensation is 62.2% while the remaining 27.8% is influenced by other variables outside the variables studied. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Karakteristik Individu dan Kompensasi terhadap Turnover Intention pada Klinik Utama Perisai Husada. Penelitian ini di kategorikan sebagai penelitian deskriptif dan verikatif sebagai pendekatan kuantitatif dengan instrument berupa kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh karena seluruh karyawan Klinik Utama Perisai Husada sebanyak 55 orang dijadikan populasi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Uji validitas instrumen dengan menggunakan product moment pearson sedangkan uji reliabilitas dengan cronbanch Alpha dengan bantuan SPSS 25. 0 Alat ukur terbukti valid dan reliabel untuk instrument penelitian. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa: (1) Karakteristik Individu berpengaruh positif signifikan terhadap Turnover Intention dengan nilai β= 0,394 dan sig = 0,000, kontribusi karakteristik individu terhadap Turnover Intention 0,434 = 43,4%; (2) Kompensasi berpengaruh positif terhadap Turnover Intention dengan nilai β=0,530 dan sig 0,000, kontribusi Kompensasi terhadap Turnover Intention 0,569 = 56,9%; (3) Karakteristik Individu dan Kompensasi berpengaruh positif signifikan terhadap Turnover Intention dengan hasil R² = 0,622. Hal ini berarti Karakteristik Individu dan Kompensasi 62,2% sedangkan sisanya 27,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti.
Pengaruh Knowledge Management dan Talent Management terhadap Pengembangan Karir Karyawan Hani Darmawati
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 1, No. 1, Juli 2021 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.029 KB) | DOI: 10.29313/jrmb.v1i1.38

Abstract

Abstract. This study aims to; 1) To determine Knowledge Management in KPSBU Lembang; 2) To know Talent Management in KPSBU Lembang; 3) Knowing Employee Career Development in KPSBU Lembang. The sampling technique is saturated sampling. This research use descriptive and verification methods with the number of respondents as many as 67 people using data collection techniques in field research and library research. The result of this study concluded that; 1) Knowledge Management at KPSBU Lembang is included in the high category; 2) Talent Management at KPSBU Lembang is quite good; 3) Employee Career Development is quite good; 4) Knowledge Management affects Employee Career Development; 5) Talent Management affect Employee Career Development; 6) Knowledege Management and Talent Management affect Employee Career Development. In conclusion is a Knowledge Management and Talent Management based on Employee Career Development at KPSBU Lembang. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui Knowledge Management di KPSBU Lembang. 2) Untuk Mengetahui Talent Management di KPSBU Lembang. 3) Mengetahui Pengembangan Karir Karyawan di KPSBU Lembang. Teknik penarikan sampel adalah sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan metode verifikatif dengan jumlah responden sebanyak 76 orang menggunakan teknik pengumpulan, penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : 1) Knowledge Management di KPSBU Lembang termasuk kategori Tinggi; 2) Talent Management di KPSBU Lembang cukup baik; 3) Pengembangan Karir Karyawan di KPSBU Lembang cukup baik; 4) Knowledge Management berpengaruh signifikan terhadap Pengembangan Karir Karyawa; 5) Knowledge Management berpengaruh terhadap pengembangan karir karyawan 6) Talent Management berpengaruh terhadap Pengembangan Karir Karyawan. Kesimpulannya terdapat pengaruh antara Knowledge Managenet dan Talent Managent terhadap Pengembangan Karir Karyawan.
Pengaruh Sikap Keuangan dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Keuangan pada Anggota Ghoib Community di Kabupaten Bandung Barat Tiani Rahmawati Zakiah; Lasmanah
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 1, No. 1, Juli 2021 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.465 KB) | DOI: 10.29313/jrmb.v1i1.165

Abstract

ABSTRACT. This study aims to analyze the influence of financial attitudes and financial literacy on financial behavior on members of the Ghoib Community in West Bandung Regency. The research method used in this study is the associative method. The data used is primary data through questionnaires and observations using simple random sampling technique. The total population in this study was 185 people, with the sampling using the slovin formula to 65 respondents. Data processing using Statistical Package for Social Science (SPSS) analysis tool with multiple regression analysis method. The results of this study indicate that simultaneously financial attitudes and financial literacy affect the behavior of financial management in members of the Ghoib Community in West Bandung Regency. Simultaneous effect is indicated by the value of fcount > ftable (38,886 > 3,15 ). Partially, financial attitudes have an effect on financial attitudes as indicated by the value of tcount > from ttable (7.851 > 1.669) while partially financial literacy has no effect on financial attitudes as indicated by the value of tcount < from ttable (-1.047 < 1.669). R square value of 0.55 indicates that the influence of financial attitudes and financial literacy on financial management behavior is 55%, while the remaining 45% is influenced by other variables not included in this study. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Sikap Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan.Pada Anggota Ghoib Community Di Kabupaten Bandung Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kusioner dan observasi dengan menggunakan teknik simple ramdom sampling. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 185 jiwa, dengan penarikan sampel menggunakan rumus slovin menjadi 65 responden. Pengolahan data menggunakan alat analisis Statistical Package for Social Science (SPSS) dengan metode analisis regresi Berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan Sikap Keuangan dan Literasi Keuangan berpengaruh terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Anggota Ghoib Community Di Kabupaten Bandung Barat. Pengaruh secara simultan ditinjukan oleh nilai fhitung > ftabel (38.886 > 3,15 ). Secara parsial sikap keuangan berpengaruh terbadap sikap keuangan ditunjukan oleh nilai thitung > dari ttabel (7,851 > 1,669) sedangkan secara parsial literasi keuangan tidak berpengaruh terbadap sikap keuangan ditunjukan oleh nilai thitung > dari ttabel < thitung (-1,047 < 1,669). Nilai R square sebesar 0,55 menunjukan bahwa pengaruh Sikap Keuangan Dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan sebesar 55% , sedangkan sisanya 45% dipengaruhi oleh viariable lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Pengaruh Job Insecurity dan Job Stress terhadap Kepuasan Kerja Karyawan dalam Issue Covid 19 pada PT. X M Fauzi Aldiassajjad; Sri Suwarsi
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 1, No. 1, Juli 2021 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.561 KB) | DOI: 10.29313/jrmb.v1i1.166

Abstract

Abstract. This study aims to find out 1) Job insecurity on the Covid 19 issue at the PT Mitra Sarana Purnama company 2) Job stress on the Covid 19 issue at the PT Mitra Sarana Purnama company 3) Job satisfaction on the Covid 19 issue at the PT Mitra Sarana Purnama company 4) The effect of job insecurity on employee job satisfaction on the Covid 19 issue at PT Mitra Sarana Purnama 5) the effect of job stress on employee job satisfaction on the Covid 19 issue at PT Mitra Sarana Purnama 6) the effect of job insecurity and job stress on employee job satisfaction in the Covid 19 issue at PT Mitra Sarana Purnama. The research method used is descriptive research and verification research and operates the calculations using the SPSS 26 program. The variables in this study are Job Insecurity, Job stress and employee job satisfaction. Respondents in this study were permanent employees at PT Mitra Sarana Purnama totaling 65 people, with saturated sampling technique. The results of this study conclude that: 1) Job Insecurity variable in the covid-19 issue at PT Mitra Sarana Purnama Bandung is in the sufficient category. 2) Job Stress variable in the Covid-19 issue at PT Mitra Sarana Purnama Bandung is in the sufficient category. 3) Employee job satisfaction in the Covid-19 issue at PT Mitra Sarana Purnama Bandung is in the very high category 4) There is a low influence of 38.02% between Job Insecurity on employee job satisfaction in the issue covid 19. 5) there is a low effect of 31.32% between job stress on employee job satisfaction in the covid 19 issue 6) Job insecurity and job stress have a significant effect on employee job satisfaction in the covid 19 issue. It can be concluded that there is an effect of job insecurity and Job Stress on employee job satisfaction in the Covid 19 Issue at PT Mitra Sarana Purnama. Abstrak. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Job insecurity pada issue Covid 19 di perusahaan PT Mitra Sarana Purnama 2) Job Stress pada issue Covid 19 di perusahaan PT Mitra Sarana Purnama 3) Kepuasan kerja pada issue Covid 19 di perusahaan PT Mitra Sarana Purnama 4) Pengaruh Job insecurity terhadap Kepuasan kerja karyawan pada issue Covid 19 di PT Mitra Sarana Purnama 5) pengaruh job stress terhadap kepuasan kerja karyawan pada issue Covid 19 di PT Mitra Sarana Purnama 6) pengaruh Job insecurity dan Job Stress terhadap kepuasan kerja karyawan pada issue Covid 19 di PT Mitra Sarana Purnama. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan penelitian verifikatif dan mengoprasikan perhitungannya menggunakan program SPSS 26. yang mana variabel dalam penelitian ini Job Insecurity,Job stress dan kepuasan kerja karyawan. Responden yang ada pada penelitian ini adalah Karyawan tetap pada PT Mitra Sarana Purnama yang berjumlah 65 orang, dengan Teknik pengambilan sampel jenuh. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa:1) Variabel Job Insecurity dalam issue covid-19 yang berada di perusahaan PT Mitra Sarana Purnama Bandung berada di dalam kategori cukup.2) Variabel Job Stress dalam issue Covid-19 yang berada di perusahaan PT Mitra Sarana Purnama Bandung berada di dalam kategori cukup.3) Kepuasan kerja karyawan dalam issue Covid-19 yang berada di perusahaan PT Mitra Sarana Purnama Bandung berada di dalam kategori sangat tinggi 4)terdapat pengaruh rendah sebesar 38,02% antara Job Insecurity terhadap kepuasan kerja karyawan dalam issue covid 19. 5)terdapat pengaruh rendah sebesar 31,32% antar Job Stress terhadap Kepuasan Kerja karyawan dalam issue covid 19 6) Job Insecurity dan Job Stress berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan dalam issue covid 19. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Job Insecurity dan Job Stress terhadap kepuasan kerja karyawan dalam Issue Covid 19 Di PT Mitra Sarana Purnama).
Analisis Tingkat Kesehatan Bank Menggunakan Metode Rgec (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, dan Capital) pada Bank Umum BUMN Periode 2018-2020 Muhamad Bayu Nur Rohman
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 1, No. 1, Juli 2021 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.793 KB) | DOI: 10.29313/jrmb.v1i1.167

Abstract

Abstract. This study aims to determine the health level of BUMN Commercial Banks from the aspects of Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital and RGEC as a whole. The author uses 4 sample companies with a time period of 2018-2020. This research uses descriptive quantitative research methods. The data analysis technique used is descriptive analysis with reference to POJK No. 4/POJK.03/2016. The results showed that in terms of the Risk Profile, the NPL ratio of BUMN Commercial Banks for the 2018-2020 period was categorized as "Healthy". From the GCG aspect, it shows that the 2018-2020 period of state-owned commercial banks is categorized as "Healthy". In terms of earnings, it shows that in 2018-2020 the ROA of BUMN Commercial Banks was categorized as “Very Healthy”, and in 2020 it was categorized as “Fairly Healthy”. Furthermore, the 2018-2020 NIM is categorized as "Very Healthy". In terms of capital, it shows that in the 2018-2020 period, state-owned commercial banks were categorized as "Very Healthy". In terms of RGEC as a whole, in 2018-2019 BUMN Commercial Banks were categorized as “Very Healthy”, while in 2020 they were categorized as “Healthy”. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan Bank Umum BUMN dari aspek Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital dan RGEC secara keseluruhan. Penulis menggunakan 4 sampel perusahaan dengan periode waktu 2018-2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan acuan POJK No. 4/POJK.03/2016. Hasil penelitian menunjukkan dari segi Risk Profile bahwa rasio NPL Bank Umum BUMN periode 2018-2020 dikategorikan “Sehat. Dari aspek GCG menunjukkan bahwa periode 2018-2020 Bank Umum BUMN dikategorikan “Sehat”. Dari segi earnings menunjukkan bahwa pada tahun 2018-2020 ROA Bank Umum BUMN dikategorikan “Sangat Sehat”, dan di tahun 2020 dikategorikan “Cukup Sehat”. Selanjutnya NIM pada tahun 2018-2020 dikategorikan “Sangat Sehat”. Dari segi capital menunjukkan bahwa pada periode 2018-2020 Bank Umum BUMN dikategorikan “Sangat Sehat”. Dari segi RGEC secara keseluruhan, pada tahun 2018-2019 Bank Umum BUMN dikategorikan “Sangat Sehat”, sedangkan di tahun 2020 dikategorikan “Sehat”.
Pengaruh Non Performing Financing (NPF), Financing Deposit To Ratio (FDR), Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Inflasi terhadap Profitabilitas Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Tahun 2015-2019 Devi Rahmawati; Handri
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 1, No. 1, Juli 2021 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.75 KB) | DOI: 10.29313/jrmb.v1i1.218

Abstract

Abstract. This study aims to examine the effect of Non Performing Financing (NPF), Financing Deposit To Ratio (FDR), Capital Adquacy Ratio (CAR) and Inflation on Profitability in financial statements. The object of exploration utilized in this examination is Islamic Business Banks in Indonesia which are enlisted with the Monetary Administrations Authority during the period 2015 to 2019. The example research procedure was done utilizing purposive testing technique utilized upwards of 11 examples of Islamic banks and got 55 examples of information. . This examination utilizes board information relapse investigation as a technique to gauge the impact of free factors on the reliant variable utilizing Eviews 10. The consequences of the exploration utilizing board information relapse investigation utilizing the best technique, to be specific the arbitrary impact model (REM) show that NPF, FDR, Vehicle, and expansion on ROA arrived at 68.43% which implies that the free influences the reliant variable, while 31.57% influences different factors that are not analyzed. This investigation likewise shows that NPF, FDR, Vehicle, and Swelling all the while simultaneously affect ROA. The aftereffects of the t test show that NPF and Vehicle partially affect ROA. In the interim FDR and Swelling have no halfway impact on ROA.. Abstract. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Non Performing Financing (NPF), Financing Deposit To Ratio (FDR), Capital Adquacy Ratio (CAR) dan Inflasi terhadap Profitabilitas dalam laporan keuangan. Objek penelitian yang dipakai ialah Bank Umum Syariah di Indonesia yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan periode tahun 2015 - 2019. Teknik penelitian sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling ialah 11 sampel bank syariah serta diperoleh 55 data sampel. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel untuk mengukur pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dengan menggunakan Eviews 10. Hasil penelitian analisis regresi data panel menggunakan pendekatan terbaik yaitu random effect model (REM) menunjukkan bahwa NPF, FDR, CAR, dan Inflasi terhadap ROA mencapai 68,43% yang berarti bahwa variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen, sedangkan 31,57% sisanya dipengaruhi oleh varibel laiin yang tak ditelti. Penelitian ini juga menunjukkan bwa NPF, FDR, CAR, dan Inflasi secara bersama-sama berpengaruh secara simultan terhadap ROA. Hasil uji t menunjukkan NPF dan CAR berpengaruh secara parsial terhadap ROA. Sementara FDR dan Inflasi tidak berpengaruh secara parsial terhadap ROA.
Pengaruh Brand Awareness dan Customer Experience Terhadap Customer Loyalty Pada Sate Cak Ahmad (Survey Konsumen Cak Ahmad di Kota Bandung) Delia Dewi Anjani; Ratih Tresnati
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 1, No. 1, Juli 2021 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.352 KB) | DOI: 10.29313/jrmb.v1i1.219

Abstract

Abstract. The purpose of this study was to determine the implementation of Brand Awareness at Sate Cak Ahmad, to determine the implementation of Customer Experience at Sate Cak Ahmad, to determine the implementation of Customer Loyalty at Sate Cak Ahmad, and to find out how much influence the Brand Awareness and Customer Experience on Customer Loyalty at Sate Cak Ahmad. . The method used is a survey method with a sampling technique using a non-probability sampling technique, and the type of non-probability sampling technique selected is an incidental technique. This type of research is verification with a quantitative approach. The population in this study were customers of Sate Cak Ahmad in the city of Bandung. The sample taken were 100 respondents. The data analysis method used is multiple linear regression analysis which aims to determine the direction of the relationship between the independent variables, namely Brand Awareness (X1) and Customer Experience (X2) with the dependent variable, namely Customer Loyalty (Y). The results of this test state that the Brand Awareness variable partially has a significant effect on Customer Loyalty, and simultaneously the Brand Awareness and Customer Experience variables have a significant effect on Customer Loyalty at Sate Cak Ahmad. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Brand Awareness pada Sate Cak Ahmad, untuk mengetahui implementasi Customer Experience pada Sate Cak Ahmad, untuk mengetahui implementasi Customer Loyalty pada Sate Cak Ahmad, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Brand Awareness dan Customer Experience terhadap Customer Loyalty pada Sate Cak Ahmad. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling, dan jenis teknik non-probability sampling yang dipilih ialah teknik insidential. Jenis penelitian ini adalah verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Sate Cak Ahmad di Kota Bandung. Sampel yang diambil adalah 100 orang responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang bertujuan untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen yaitu Brand Awareness (X1) dan Customer Experience (X2) dengan variabel dependen yaitu Customer Loyalty (Y). Hasil pengujian ini menyatakan bahwa variabel Brand Awareness secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Customer Loyalty, dan secara simultan variabel Brand Awareness dan Customer Experience berpengaruh signifikan terhadap Customer Loyalty pada Sate Cak Ahmad.