cover
Contact Name
Enos Lolang
Contact Email
enos@ukitoraja.ac.id
Phone
+6281342530900
Journal Mail Official
jkip@ukitoraja.ac.id
Editorial Address
Kantor Pusat UKI Toraja Lt. 1. Jl. Nusantara No. 12 Makale 91811 Kabupaten Tana Toraja - Propinsi Sulawesi Selatan Tlp. (0423)22887, Fax (0423)22073 Email: jkip@ukitoraja.ac.id
Location
Kab. tana toraja,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
ISSN : 23028378     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The Jurnal Keguruan dan Ilmu pendidikan (JKIP) publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs education. Global issues in education Technical and vocational education. Language education. Social science education Educational management Sport science and physical education Other areas in education.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2014)" : 11 Documents clear
Design of Assessment for English Subject in Junior High School Julianus Paken Mangewa
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 2 (2014)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.766 KB)

Abstract

The problem concerns in this study is the design assessment for English subject in junior high school. An exploratory method utilized in this study. The aim of this study is to explore or to investigate the theory of assessment design in junior high school. The design of assessment will be examined through a sequential exploratory design that employed both qualitative and quantitive data. The study will be beneficial theoretically and practically. Theoretically, the result of the study will contribute to contribute to the general understanding of curriculum-change implementation. Practically, the result will help teacher in designing English assessment more appropriately.
Penerapan Model Talking Stick Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sangalla’ Patricia Lusi Mallisa
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 2 (2014)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.344 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) bagaimana kemampuan guru menerapkan model Talking Stick dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII pada materi operasi hitung bilangan bulat, (2) bagaimana aktivitas siswa kelas VII dalam pembelajaran matematika dengan model Talking Stick, (3) bagaimana hasil belajar siswa kelas VII sebelum dan sesudah diajar dengan model Talking Stick, (4) bagaimana respon siswa kelas VII terhadap pembelajaran matematika dengan model Talking Stick. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sangalla’ tahun ajaran 2012 / 2013 yang terdiri dari enam kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VII E dengan jumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi untuk memperoleh data tentang kemampuan guru dan aktivitas siswa, metode tes untuk mengumpulkan data mengenai kemampuan siswa dan metode angket untuk memperoleh data mengenai respon siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan perhitungan data statistik deskriptif.
Efektivitas Pendekatan Think Pair Share Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pelita Harapan Rantepao Sonny Yalti Duma
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 2 (2014)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.025 KB)

Abstract

Pendekatan Think Pair Share adalah suatu cara yang efektif untuk membuat variasi suasana pola diskusi kelas. Pendekatan ini merupakan cara yang efektif untuk mengubah pola mengajar dalam kelas. Pendekatan Think Pair Share tumbuh dari penelitian pembelajaran kooperatif. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan “Apakah pendekatan Think Pair Share efektif dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Pelita Harapan Rantepao. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Pelita Harapan Rantepao yang berjumlah 59 siswa yang sekaligus menjadi sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi, angket, dan tes hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif berupa skor rata-rata dan persentase yaitu mendeskripsikan kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan pendekatan Think Pair Share, aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan Think Pair Share, respon siswa dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan Think Pair Share. Selain itu, digunakan statistik inferensial yaitu uji-t dengan Polled Varian untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Pelita Harapan Rantepao. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dikemukakan bahwa: a) kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan pendekatan Think Pair Share tergolong sangat baik dengan skor rata-rata 4,607, b) aktivitas siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Think Pair Share dapat melibatkan siswasecara aktif selama pembelajaran atau kegiatan berpusat pada siswa dengan skor rata-rata 73,975%, c) respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan Think Pair Share adalah positif. Hal ini terlihat dari siswa yang berminat mengikuti pelajaran selanjutnya dengan pendekatan Think Pair Share sebesar 100%, d) pendekatan Think Pair Share dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa yaitu dari tes awal 3,5% dan pada tes akhir ketuntasan belajar meningkat menjadi 100%, e) adanya pengaruh pendekatan Think Pair Share dalam pembelajaran matematika. Hal itersebut dapat ditunjukkan dari nilai yaitu 9,14 1,70. Dengan demikian penerapan pendekatan Think Pair Share efektif dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Pelita Harapan Rantepao.
Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Yang Diajar Pendekatan Problem Solving Dengan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas VII SMPN 2 Makale
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 2 (2014)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.688 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan problem solving, dan untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan kontekstual serta untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan pendekatan problem solving dengan pendekatan kontekstual khususnya pada siswa kelas VII SMPN 2 Makale. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Pengumpulan data hasil penelitian menggunakan instrumen tes berupa essay. Data hasil yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif untuk mendeskripsikan masing-masing variabel dan statistik inferensial yaitu t-tes untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) prestasi belajar matematika siswa kelas VIIC yang diajar menggunakan pendekatan kontekstual tergolong sedang dengan nilai rata-rata 56,72 (2) prestasi belajar matematika siswa kelas VIID yang diajar menggunakan pendekatan problem solving tergolong rendah dengan nilai rata-rata 44,16 (3) Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar pendekatan problem solving dengan pendekatan kontekstual siswa kelas VII SMPN 2 Makale, yang diperkuat dengan t hitung sebesar 4,56.
Nilai Sosial Dalam Cerita Rakyat Toraja Tulangdidi’ Suatu Tinjauan Sosiologi Sastra
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 2 (2014)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.439 KB)

Abstract

Cerita Rakyat Toraja (CRT) disebut puama dikenal juga dengan sebutan Ulelean Pare. Puama adalah cerita atau prosa rakyat yang dahulu kala digunakan masyarakat Toraja sebagai sarana pendidikan orang tua terhadap anaknya. Puama sering pula disebut ulelean (pembicaraan) pa re (padi) sebab diceritakan kepada anak cucu pada waktu luang ketika padi sedang tumbuh dalam penantian panen tiba. Sebagai sarana pendidikan, puama tidak hanya pengisi waktu santai atau waktu luang saja, tetapi setiap cerita yang diceritakan kepada anak cucu mengandung makna. Makna-makna yang dikandungnya memiliki nilai tersendiri bagi pembaca atau pendengar CRT. Berbicara nilai dalam karya sastra termasuk sastra lisan dikenal antara lain nilai moral, nilai pendidikan, nilai religi, dan nilai sosial. Salah satu nilai yang akan ditelusuri dalam penelitian ini difokuskan pada nilai-nilai sosial dalam CRT Tulangdidi’. Penelitian terhadap CRT tersebut dilakukan dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Rumusan masalah penelitian ini berbunyi nilai-nilai sosial apakah yang terdapat dalam cerita rakyat Toraja Tulangdidi’? Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan nilai sosial yang terdapat dalam cerita rakyat Tulangdidi’. Manfaat yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini adalah dapat menambah pengetahuan bagi peneliti tentang nilai-nilai sosial yang terkandung dalam cerita rakyat Tulangdidi’. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan acuan yang bermanfaat untuk menambah wawasan bagi pembaca utamanya bagi mahasiswa yang mengkaji cerita rakyat khususnya CRT. Hasil Penelitian ini mengemukakan nilai-nilai sosial yang terdapat dalam CRT yaitu; a) Kesetiaan dan kesetiakawana, b) Sikap Kritis, c) Pengakuan atas potensi seseorang bahkan antargolongan dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat d) Hak hidup setiap orang perlu dipikirkan. e) Kasih sayang dan perhatian seorang ibu.
Penerapan Jarimatika Untuk Meningkatkan Kecepatan Berhitung Perkalian Bilangan Asli Siswa Kelas IV SDN 184 Inpres Ulusalu”
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 2 (2014)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.327 KB)

Abstract

Metode jarimatika adalah suatu cara berhitung (operasi kali-bagi-tambah-kurang) dengan menggunakan alat bantu jari-jari tangan. Metode ini dikembangkan oleh Septi Peni Wulandani sekitar tahun 2004. Jarimatika ini juga melatih siswa mempergunakan otak kiri dan kanannya dengan optimal dikarenakan siswa menggerakkan jari sambil berfikir. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah penerapan jarimatika dapat meningkatkan kecepatan berhitung perkalian bilangan asli siswa kelas IV SDN 184 Inpres Ulusalu”. Penelitian dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kecepatan berhitung dengan metode jarimatika terhadap siswa kelas IV SDN 184 Inpres Ulusalu”. Hipotesis penelitian ini yaitu “Jika guru menerapkan metode Jarimatika dalam meteri perkalian maka dapat meningkatkan kecepataan berhitung siswa di kelas IV SDN 184 Inpres Ulusalu”. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Tes awal kecepatan berhitung siswa 33,3%, siklus pertama kecepatan berhitung siswa yakni 48,8%, dan pada siklus kedua kecepatan berhitung siswa 93,9%. Hasil dari siklus kedua ini sudah mencapai standar nilai yang telah ditetapkan yakni, apabilah pemahaman siswa terhadap konsep mencapai 60% yang mendapat nilai 60, maka pembelajaran dikatakan berhasil. (2) Kemampuan guru menerapkan metode jarimatika pada siklus II sudah sesuai dengan langkah-langkah yang direncanakan dalam RPP dan aktifitas guru sudah mencapai target yang direncanakan, dan (3) Aktifitas siswa sudah aktif pada siklus II dimana siswa sudah terampil menggunakan jari-jari selama menghitung perkalian bilangan asli dan siswa sudah berlombah untuk menemukan jawaban dari setiap soal yang diberikan.
Efektivitas Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Kristen Kandora
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 2 (2014)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.268 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektivan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Kristen Kandora. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling dengan jumlah populasi sebanyak 3 kelas yang terdiri dari 95 siswa.Sampel yang terpilih adalah 1 sebanyak 32 siswa untuk kelas eksperimen.Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi kemampuan guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, angket respon siswa, dan tes berupa soal essay untuk memperoleh skor mengenai data prestasi belajar matematika. Pengolahan data hasil penelitian menggunakan satstistik deskriptif. Statistik deskriptif dimaksudkan untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa berupa skor rata-rata dan persentase. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran kubus dan balok dapat dikategorikan sangat baik dengan skor rata-rata untuk 3 kali pertemuan sebesar 4.54. (2) Penerapan pendekatan kontekstual dapat menerapkan siswa secara aktif dengan skor rata-rata persentase aktivitas siswa selama 3 kali pertemuan adalah 81.9. (3) Secara umum siswa memberi tanggapan positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. (4) Skor rata-rata nilai hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen sebelum diajar menggunakan pendekatan kontekstual (pre-tes) adalah 29.15 dan setelah diberi perlakuan yaitu diajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual (pos-tes) maka nilai rata-rata menjadi 72.4.
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Katolik Disamakan Makale
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 2 (2014)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.365 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Katolik Disamakn Makale. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling dengan jumlah populasi sebanyak 6 kelas yang terdiri dari 173 siswa.Sampel yang terpilih adalah 2 kelas masing-masing 28 siswa untuk kelas eksperimen dan 27 siswa untuk kelas kontrol.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar siswa bentuk uraian atau essay. Pengolahan data hasil penelitian menggunakan satstistik deskriptif dan ststistik inferensial. Statistik deskriptif dimaksudkan untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa berupa skor rata-rata dan persentase, sedangkan analisis inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Skor rata-rata nilai hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen sebelum diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri (pre-tes) adalah 22,27 dan setelah diberi perlakuan yaitu diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri (pos-tes) maka nilai rata-rata menjadi 72,88. (2) Skor rata-rata nilai hasil belajar matematika siswa pada kelas kontrol sebelum diajar tanpa menggunakan model pembelajaran inkuiri (pre-tes) adalah 21,04 dan setelah diberi perlakuan yaitu diajar tanpa menggunakan model pembelajaran inkuiri (pos-tes) maka nilai rata-rata menjadi 63,56. Berdasarkan pengujian yang dilakukan dengan perhitungan statistik diperoleh thitung= 2,31 jika dibandingkan dengan ttabel= 1,67 dengan dk=53 dan taraf kesalahan 5% ternyata thitung>ttabel (2,31>1,67). Secara statistik dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Katolik Disamakan Makale.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 3 Kesu’ Pada Materi Opereasi Perkalian Dan Pembagian Melalui Implementasi Metode Gasing
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 2 (2014)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.661 KB)

Abstract

Metode gasing merupakan suatu metode dalam pembelajaran matematika dimana siswa belajar matematika secara gampang, asyik dan menyenangkan. Dikatakan gampang karena metodenya sangat mudah dimengerti oleh siswa. Karena mudahnya maka siswa tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal matematika. Ketika siswa tahu cara menyelesaikan matematika, maka siswa akan merasa asyik berlatih. Mereka merasa bahwa belajar matematika itu ternyata menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas IV SDN 3 Kesu’ pada materi operasi perkalian dan pembagian melalui implementasi metode gasing. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika siswa pada materi operasi perkalian dan pembagian. Pelaksanaan tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 (dua) siklus. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa bahwa melalui pembelajaran dengan metode gasing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 3 Kesu’ yakni dari rata-rata nilai 65 pada siklus I menjadi 72,5 pada siklus II.
Kontribusi Teori Belajar Gagne Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Pendidik
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 2 (2014)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.418 KB)

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan salah satu dari empat kompetensi yang harus dikuasai oleh pendidik. Kajian ini bertujuan mendeskripsikan kontribusi teori belajar Gagne dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pendidik. Metode yang digunakan melalui kajian literatur dari beberapa jurnal ilmiah berstandar internasional. Hasil pembahasan menunjukkan penerapan model “nine event of instruction” yang dikemukakan oleh Gagne sudah mengimplementasikan teori pembelajaran yang bersifat perspektif dan teori belajar yang bersifat deskriptif.

Page 1 of 2 | Total Record : 11