cover
Contact Name
Enos Lolang
Contact Email
enos@ukitoraja.ac.id
Phone
+6281342530900
Journal Mail Official
jkip@ukitoraja.ac.id
Editorial Address
Kantor Pusat UKI Toraja Lt. 1. Jl. Nusantara No. 12 Makale 91811 Kabupaten Tana Toraja - Propinsi Sulawesi Selatan Tlp. (0423)22887, Fax (0423)22073 Email: jkip@ukitoraja.ac.id
Location
Kab. tana toraja,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
ISSN : 23028378     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The Jurnal Keguruan dan Ilmu pendidikan (JKIP) publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs education. Global issues in education Technical and vocational education. Language education. Social science education Educational management Sport science and physical education Other areas in education.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2015)" : 10 Documents clear
Pemanfaatan Media Internet Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Di STKIP Bima Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014 Muhammad Zacky Aminy
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4 No 2 (2015)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.33 KB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi ini membawa dampak bagi kehidupan manusia, terutama dunia pendidikan. Dampak positifnya terkait erat dengan peningkatan kualitas kehidupan. Informasi begitu mudah diperoleh melalui jaringan teknologi internet. Mahasiswa kini dapat memperoleh informasi yang lebih daripada apa yang terdapat dalam buku teks dengan mencari dan mengakses semua website di seluruh dunia. Bagi seorang pelajar/mahamahasiswa dewasa ini, internet sudah dijadikan salah satu sumber belajar utama. Oleh itu dapat dikatakan bahwa internet yang digunakan sebagai sumber belajar oleh mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajarnya. Bagi seorang pelajar/mahamahasiswa dewasa ini, internet sudah dijadikan salah satu sumber belajar utama
Efektivitas Lesson Study Dalam Pembelajaran Matematika Frans Andilemba Tadanugi
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4 No 2 (2015)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.724 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lesson study. Langkah – langkah penelitian lesson study terdiri dari plan, do dan see. Penelitian ini bertempat di SMP Negeri 3 Lage Kabupaten Poso pada tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan scientificpada materi himpunan dalam settinglesson study. Keefektifan yang dimaksud dalam penelitian ini dilihat dari kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, serta hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mengalami peningkatan. Demikian juga dengan hasil belajar siswa. Dengan demikian lesson study dikatakan dapat mengefektifkan pembelajaran
Nilai Pendidikan Dalam Novel 3 Matahari di Bawah Langit Jakarta Karya Ari Keling
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4 No 2 (2015)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.868 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan yang terkandung dalam novel 3Matahari di Bawah Langit Jakarta karya Ari Keling tahun 2013. Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini yakni, (1) Memberikan pengetahuan kepada peneliti tentang nilai pendidikan yang terkandung dalam novel 3 Matahari di Bawah Langit Jakarta karya Ari Keling tahun 2013 dan menambah wawasan bagi pembaca tentang nilai pendididkan yang terkandung dalam karya sastra, khususnya nilai pendidikan dalam novel 3Matahari di Bawah Langit Jakarta karya Ari Keling tahun 2013. (2) Sebagai bahan acuan bacaan bagi peneliti selanjutnya. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian kualitataif. Dengan teknik pengumpulan data yaitu (1) Teknik baca yaitu, melihat serta memahami isi dari apa yang ditulis (2) Teknik catat yaitu, mencari data mengenai hal-hal atau variable yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah, notulen rapat, langger, agenda, dan sebagainya. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan nilai pendidikan dalam novel 3 Matahari di Bawah Langit Jakarta karya Ari Keling meliputi : (1) Religi, (2) Kerja Keras, (3) kreatif, (4) demokratis, (5) Rasa Ingin Tahu, (6) Menghargai Prestasi, (7) Bersahabat/komunikatif, (8) Cinta Damai, (9) Gemar Membaca. (10) Tanggung Jawab.
Makna Kontekstual Dalam Novel Diary Pramugari Karya Agung Webe Daud Rodi Palimbong
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4 No 2 (2015)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.193 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan makna kontekstual dalam novel Diary Pramugari karya Agung Webe. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah (1) sebagai bahan untuk membangun wawasan keilmuan tentang makna kontekstual yang terkandung dalam novel Diary Pramugari karya Agung Webe, (2) sebagai bahan acuan bagi peneliti selanjutnya. Adapun hasil penelitian yang bersumber dari novel Diary Pramugari karya Agung Webe bahwa makna kontekstual pada kata yang terkandung dalam novel Diary Pramugari karya Agung Webe membuat pengungkapan maksud menjadi lebih jelas, dan lebih menarik. Makna kontekstual itu diketahui dari penanda yang muncul dalam kalimat berupa konteks yang dapat dilihat berdasarkan konteks orangan, situasi, tujuan, waktu, tempat, objek yang mengacu pada fokus pembicaraan dan kesamaan bahasa.
Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Di SMK Negeri 1 Pana Kabupaten Mamasa Tadius, M.Pd.
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4 No 2 (2015)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.701 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMK Negeri 1 Pana di tinjau dari beberapa komponen manajemen pengelolaan sekolah yang dibatasi pada manajemen organisasi, manajemen kesiswaan, dan manajemen keuangan. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif yaitu mencari fakta, keadaan serta fenomena yang selanjutnya dideskripsikan, serta dianalisa dalam rangka menjawab pertanyaan. Dalam pengumpulan data, peneliti bertindak selaku instrumen peneitian. Data yang dikumpulkan meliputi: (1) manajemen organisasi, (2) manajemen kesiswaan, dan (3) manajemen keuangan. Adapun teknik penumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Implementasi manajemen berbasis sekolah di SMK Negeri 1 Pana belum terlaksana secara maksimal sesuai dengan yang diharapkan, terutama peran serta masyarakat mendukung sekolah dalam bantuan keuangan.
Penerapan Model Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SDN 5 Tallunglipu Kabupaten Toraja Utara. Semuel Mawa' Ratu
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4 No 2 (2015)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.263 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 5 Tallunglipu jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKN siswa kelas IV SDN 5 Tallunglipu, Kecamatan Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas IV sebanyak 1 orang dan siswa Kelas IV SDN 5 Tallunglipu, Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara dengan jumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data, yaitu: teknik tes dan teknik non tes (wawancara, dan observasi). Data proses penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif sedangkan data hasil pembelajaran dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil tes siswa dari tahap siklus I ketuntasan belajar siswa 64,71% dan meningkat pada tahap siklus II dengan ketuntasan belajar mencapai 91,42%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas IV SDN 5 Tallunglipu. Hal ini terlihat dari pembelajaran dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Konjungsi Koordinatif Dalam Novel Tetralogi Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata Simon Ruruk
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4 No 2 (2015)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.394 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunanaan konjungsi koordinatif pada novel Tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Data dalam penelitian ini bersumber dari novel tetralogi Laskar Pelangi yang terdiri atas Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov. Data dikumpulkan menggunakan teknik catat. Penentuan data yang dijadikan sampel dilakukan secara purposif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konjungsi koordinatif yang digunakan dalam novel tetralogi Laskar Pelangi menyatakan (1) penjumlahan, yaitu konjungsi dan dan serta; (2) pemilihan, yaitu konjungsi atau; (3) pertentangan, yaitu konjungsi namun, sedangkan, dan sebaliknya; (4) pembetulan, yaitu konjungsi melainkan, dan hanya; (5) penegasan, yaitu konjungsi bahkan, malah (malahan), lagipula, apalagi, dan jangankan; (6) pembatasan, yaitu konjungsi kecuali (7) pengurutan, yaitu konjungsi lalu, kemudian, dan selanjutnya; (8) penyimpulan, yaitu konjungsi jadi, karena itu, oleh sebab itu, maka, maka itu, dengan demikian, dan dengan begitu.
Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Mendukung Kemampuan Penalaran Spasial Siswa Pada Topik Dimensi Tiga Kelas X Syaiful Hamzah Nasution; Lathiful Anwar; Sudirman Sudirman; Susiswo Susiswo
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4 No 2 (2015)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (697 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan fokus penelitian pada topik dimensi tiga kelas X. Secara keseluruhan fase pengembangan meliputi empat fase yakni: (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi, dan (4) fase tes, evaluasi, dan revisi. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli matematika, ahli pendidikan matematika, ahli media, dua praktisi (Guru SMA) dan siswa kelas X. Berdasarkan hasil validasi yang meliputi aspek konten media pembelajaran, aspek presentasi dan organisasi konten media, dan aspek pembelajaran disimpulkan bahwa media yang dikembangkan adalah valid dengan skor kevalidan 3,53. Berdasarkan hasil validasi uji kepraktisan didapatkan skor kepraktisan sebesar 3,42. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa media yang dikembangkan praktis untuk diterapkan dan digunakan dalam pembelajaran. Hasil evaluasi subjek uji coba memenuhi standar ketuntasan minimum yakni 88,3%, sehingga dapat disimpulkan bahwa media efektif membantu siswa dalam belajar materi jarak titik ke titik, titik ke garis, dan titik ke bidang. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan untuk mendukung kemampuan spasial siswa telah valid, praktis, dan efektif serta layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran matematika pada materi jarak titik ke titik, titik ke garis, dan titik ke bidang.
Pengaruh Konsentrasi Pupuk Organik Cair Yang Didekomposisi Dengan Trichoderma sp Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Cabe Besar (Capsicum sp) Var. Lokal Toraja Driyunitha Driyunitha
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4 No 2 (2015)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.385 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pupuk organik cair yang didekomposisi dengan Trichoderma sp terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman cabe dan konsentrasi terbaik pupuk organik cair yang didekomposisi dengan Trichoderma sp terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman cabe. Melalui penelitian ini diharapkan akan memberikan rekomendasi pemupukan yang tepat dengan menggunakan pupuk organik cair yang dapat meningkatkan produksi tanaman cabe besar var. Lokal Toraja. Penelitian ini merupakan percobaan faktor tunggal yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 taraf perlakuan yang diulang 3 kali. Perlakuan yang dicobakan adalah: K0 (Tanpa pupuk), K1 (20ml/ltr air), K2 (40 ml/l air), K3 (60 ml/l air) dan K4 (80 ml/l air). Variabel yang diamati pada penelitian ini meliputi parameter pertumbuhan yaitu tinggi tanaman (cm), umur berbungan (hari) dan parameter hasil yaitu jumlah buah per tanaman (buah), bobot per buah (g) dan bobot per tanaman (g). Seluruh variabel yang diamati dianalisis dengan Sidik Ragam dan bila hasil analisi Sidik Ragam menunjukkan beda nyata maka dilakukan analisis uji lanjutamn dengan menggunakan uji BNJ pada taraf taraf uji 0,05. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pupuk cair organik dengan konsentrasi 80 ml/liter air memberikan pengaruh terbaik terhadap tinggi tanaman jumlah cabang, umur berbunga, jumlah buah per tanaman, bobot buah per tanaman dan bobot buah per plot.
Pembentukan Adjektival Denominal Dalam Bahasa Indonesia Resnita Dewi
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4 No 2 (2015)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.913 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembentukan adjektiva denominal dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang menjadi sampel bersumber dari harian Fajar, harian Kompas, novel Pintu karya Fira Basuki, novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata yang dikumpulkan dengan teknik catat. Sampel tersebut dipilih secara purposif atau sesuai dengan kebutuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adjektiva denominal dalam bahasa Indonesia menggunakan prefiks meng-, ter- ; infiks -em-; sufiks –al, -us, -ik, -i, -if, -is, -wi. Perubahan makna pada kata adjektiva denominal dengan prefiks meng- menyatakan makna ‘bersifat atau berlaku seperti’; dengan penambahan prefiks ter- menyatakan makna ‘paling’; penambahan infiks -em- menyatakan makna ‘terjadi banyak kali (menyatakan intensitas atau frekuentif)’; dengan sufiks –al menyatakan makna ‘bersifat atau bersangkutan dengan…’; dengan sufiks –us menyatakan makna ‘bersifat atau bersangkutan dengan;’ dengan sufiks –ik menyatakan makna menjadi ‘bersifat atau bersangkutan dengan’; dengan sufiks –i menyatakan makna ‘bersifat atau berasal dari’; sufiks –if menyatakan makna ‘bersifat atau bersangkutan dengan’; dengan sufiks –is menyatakan makna ‘bersifat atau bersangkutan dengan’; dengan penambahan sufiks –wi menyatakan makna ‘bersifat atau bersangkutan dengan’.

Page 1 of 1 | Total Record : 10