cover
Contact Name
Yosep Septiana
Contact Email
yseptiana@itg.ac.id
Phone
+6282124588750
Journal Mail Official
algoritma@itg.ac.id
Editorial Address
Jl. Mayor Syamsu No.1, Jayaraga, Kec. Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Algoritma
ISSN : 14123622     EISSN : 23027339     DOI : https://doi.org/10.33364/algoritma
Core Subject : Science,
Jurnal Algoritma merupakan jurnal yang digunakan untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Teknologi Informasi (TI), Sistem Informasi (SI), dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Multimedia (MM), dan Ilmu Komputer (Computer Science).
Articles 32 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 2 (2016): Jurnal Algoritma" : 32 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (STUDI KASUS MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL) SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN DI SEKOLAH LUAR BIASA Egi Ramdani; Dewi Tresnawati
Jurnal Algoritma Vol 13 No 2 (2016): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.243 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.13-2.232

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan mata pelajaran yang bersifat abstrak (tidak nyata) sehingga menimbulkan kesulitan bagi anak tunagrahita ringan dalam menyerap informasi yang terkandung dalam mata pelajaran IPS, oleh karena itu dipilih sebuah aplikasi media pembelajaran interaktif mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk mendukung proses pembelajaran bagi anak tunagrahita ringan dengan berbasis multimedia. Metodologi pengembangan sistem yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran interaktif ini menggunakan metodologi pengembangan multimedia Luther-Sutopo. Motodologi ini terdiri dari enam tahapan yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian dan distribusi. Pada penelitian ini tahapan dilaksanakan sampai distribusi. Hasil yang didapatkan berupa aplikasi media pembelajaran interaktif berbasis multimedia yang disesuaikan bagi anak tunagrahita ringan untuk membantu penyampaiaan informasi dalam pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran interaktif dapat mempermudah pengajar dalam menyampaikan materi yang bersifat abstrak, selain itu dengan adanya media video membuat anak semakin tertarik dengan media pebelajaran interaktif.
ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI DI KANTOR BADAN PERTANAHAN NASIONALKABUPATEN GARUT MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1 Raflie Fajar Firdaus; Erwin Gunadhi
Jurnal Algoritma Vol 13 No 2 (2016): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (634.118 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.13-2.367

Abstract

Kantor BPN Kabupaten Garut telah menggunakan teknologi informasi dalam penerapannya di kantor untuk memenuhi kebutuhan bisnisnya. Analisis tingkat kematangan (maturity level) tata kelola IT berfungsi untuk memastikan bahwa IT orgnanisasi menggunakan sumber daya secara efisien, mengamankan aset organisasi, menjaga integritas dan keamanan data organisasi, dan mencapai tujuan organisasi secara efektif sesuai dengan standar COBIT. Di Kantor BPN Kabupaten Garut belum ada penelitian yang membahas tentang analisis tingkat kematangna menggunakan framework COBIT 4.1. Untuk melakukan analisis terhadap penatakelolaan IT suatu organisasi atau lembaga, saat ini banyak framework yang dapat digunakan salah satunya adalah COBIT 4.1 (Control Objective for Information and Related Technologies) sebagai metode yang akan digunakan. Penelitian analisis tingkat kematangan (maturity level) tata kelola teknologi informasi di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Garut, khususnya pada divisi Sekertariat Bersama (sekber). Dengan menggunakan metodologi COBIT 4.1, Fokus Penelitian domain COBIT 4.1 yaitu Plan and Organize (PO), Acquire and Implement (AI), Deliver and Support (DS) dan Monitoring and Evaluate (ME).Hasil analisis tingkat kematangan tata kelola IT berfungsi untuk memastikan bahwa apakah teknologi informasi yang dipakai di kantor tersebut sudah sesuai standar COBIT atau belum, juga pemberian saran agar sesuai dengan standar COBIT.
PERANCANGAN APLIKASI PERSEDIAAN BARANG DAN TRANSAKSI PENJUALAN BARANG DI ALYA STORE Annisa Ridha Ramadhani; Bunyamin .; Leni Fitriani
Jurnal Algoritma Vol 13 No 2 (2016): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.299 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.13-2.384

Abstract

Persediaan barang merupakan salah satu hal yang penting dalam bisnis dibidang perdagangan/penjualan, oleh karena itu setiap perusahaan dagang atau di setiap toko umumnyamemiliki persediaan barang. Persediaan barang dapat menyelesaikan masalah yang terkait dengan usaha pengendalian bahan baku maupun barang jadi dalam suatu aktifitas toko. selain persediaan barang, Transaksi merupakan hal yang penting dilakuka dalam aktifitas penjualan, karena transaksi merupakan kegiatan dalam perusahaan yang dapat menimbulkan perubahan posisi keuangan di perusahaan.Alya Store merupakan sebuah toko yang menjual barang berupa pakaian. Dalam mengelola persediaan barang dan melakukan transaksi penjualannya dilakukan secara manual yang mengakibatkan sering terjadinya ketidak sesuaian dalam laporan persediaan barang dan laporan penjualan. Maka dari itu diperlukan sebuah aplikasi persediaan barang dan transaksipenjualan untuk mengelola persediaan barang di Alya Store.Tujuan dari penelitian ini yaitu membuat aplikasi persediaan barang dan transaksi penjualan. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah metodologi berorientasi objek dengan pendekatan USDP (Unified Software Development Process) dengan pemodelan UML (Unified Modeling Language). Pembuatan antarmuka menggunakan Visio 2016 dan untukdatabasenya menggunakan phpMyAdmin Pengujian aplikasi dilakukan dengan menggunakan metode blackbox yaitu fungsionalitas. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi desktop yang berfungsi untuk mengelola persediaan barang, melakukan transaksi penjualan, mengelola laporan persediaan dan laporan penjualan barang.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LAPORAN SURAT PERTANGGUNGJAWABAN BELANJA OPERASIONAL DI UNIT PELAYANAN TEKNIS DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN BANYURESMI Ikbal Lukmanul Hakim; Leni Fitriani
Jurnal Algoritma Vol 13 No 2 (2016): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (728.001 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.13-2.239

Abstract

Unit Pelayanan Teknis Dinas Pendidikan Kecamatan Banyuresmi merupakan salah satu dari 42 UPTD Pendidikan di Kabupaten Garut yang bertugas sebagai unsur pelaksana teknis tertentu mempunyai tugas pokok memberi petunjuk, membagi tugas, membimbing, memeriksa, mengoreksi, mengawasi, merencanakan dan melaksanakan kegiatan teknis operasional urusan penyelenggaraan koordinasi pelayanan pendidikan di Kecamatan. Salah satu kegiatan di UPTD Pendidikan Kecamatan Banyuresmi adalah pembuatan Surat Pertanggungjawaban Belanja Operasional untuk penunjang pekerjaan atau kebutuhan di kantor. Surat Pertanggungjawaban (SPJ) merupakan suatu laporan yang sistematis tentang rincian pemakaian anggaran dalam suatu kegiatan. Surat Pertanggungjawaban berguna sebagai bahan evaluasi untuk terhadap seluruh proses kegiatan dan hasil yang dicapai dari kegiatan tersebut. Metode perancangan sistem yang digunakan dalam laporan kerja praktek ini merupakan metodologi Waterfall (Dewitz, 1996). Metode ini terdiri dari 4 langkah yaitu Pleliminari Investigation (investigasi Pendahuluan), Sistem Analysis (Analisis Sistem), Sistem Design (Perancangan Sistem) dan System Implementasi (Implementasi Sistem).
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI JASA MENJAHIT BERBASIS WEB PADA GANESHA TAILOR GARUT Nita Novianti; Ridwan Setiawan
Jurnal Algoritma Vol 13 No 2 (2016): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1213.859 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.13-2.246

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem informasi untuk memenuhi kebutuhan otomatisasi data di Ganesha Tailor. Metode Penelitian dalam pengembangan sistem informasi ini menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka, metode perancangan sistem menggunakan RUP (Rational Unified Process) dengan tahapan inception, elaboration, dan construction, dan metode pengujian sistem menggunakan black box testing. Hasil dari penelitian ini berupa laporan penelitian dan sistem informasi jasa menjahit berbasis web. Sistem informasi ini hanya mengolah data transaksi dan data pelanggan pada Ganesha Tailor. Sehingga sistem informasi ini dapat melakukan otomatisasi data transaksi pemesanan jahitan, otomatisasi data pelanggan, dan menyajikan laporan yang mudah dipahami dan dapat diakses secara cepat.
PENGEMBANGAN APLIKASI PENGOLAHAN NILAI SISWA BERBASIS WEB DI SEKOLAH DASAR NEGERI Cahya Permana; Ridwan Setiawan
Jurnal Algoritma Vol 13 No 2 (2016): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.084 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.13-2.254

Abstract

Pengelolaan nilai adalah proses pengelompokan nilai dari hasil studi yang dilakukan oleh siswa untuk didapatkan nilai akhir sebagai syarat kelulusan bagi siswa tersebut. Permasalahan yang terjadi dalam proses pengolahan nilai siswa yang ada di Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang masih dilakukan secara manual sehingga proses yang terjadi memakan waktu yang lama. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun aplikasi pengelolaan nilai siswa berbasis web untuk mempermudah guru dalam proses pengolahan nilai siswa agar lebih efektif dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rapid Application Development (RAD) dengan menggunakan pemodelan sistem konvensional dan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor). Hasil dari penelitian ini berupa diagram yang terdiri dari ERD (Entity Relationship Diagram), DFD (Data Flow Diagram), serta Context Diagram yang berjumlah delapan diagram yang digunakan dalam perancangan sistem yang dilakukan dan aplikasi dibuat berbasis web dengan menggunakan mysql sebagai penyimpanan data serta Adobe Dreamweaver sebagai text editor untuk melakukan perancangan aplikasi. Penelitian ini dibatasi hanya pada proses pengolahan nilai rapor sementara. Penelitian ini diharapkan dapat membantu mempercepat proses pengolahan nilai yang lebih efektif serta meningkatkan kinerja guru dalam proses penyelenggaraan pendidikan yang lebih baik
PENGEMBANGAN FITUR PERHITUNGAN LABA RUGI DARI SISTEM INFORMASI PENJUALAN PAKAIAN BERBASIS WEB Linti Budi Wahyuni; Bunyamin .; Rinda Cahyana
Jurnal Algoritma Vol 13 No 2 (2016): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.715 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.13-2.261

Abstract

Penjualan adalah ilmu dan seni mempengaruhi pribadi yang dilakukan oleh penjual, untuk mengajak orang lain bersedia membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Banyak cara dalam melakukan penjualan, salah satunya melalui penjualan berbasis online. Penelitian mengenai penjualan berbasis online menghasilkan aplikasi penjualan pakaian yang di dalamnya terdapat data pakaian, data pelanggan dan data pembayaran namun belum ada data yang berkaitan dengan penghasilan yang didapatkan, dengan kata lain belum tersedia fitur perhitungan laba rugi. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk membuat fitur perhitungan laba rugi dengan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak unified software development process yang meliputi model analisis, perancangan, deployment implementasi dan pengujian. Fitur perhitungan laba rugi ini dapat membantu pemilik perusahaan untuk mendapatkan laporan arus keuangan, dimana laporan keuangan tersebut dapat dijadikan sebagai acuan dalam perkembangan bisnisnya.
RANCANG BANGUN APLIKASI PENGELOLAAN SURAT DI DESA TANJUNG KAMUNING Reksa Guntari; Ridwan Setiawan
Jurnal Algoritma Vol 13 No 2 (2016): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (608.02 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.13-2.269

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi pengelolaan surat untuk memberikan kemudahan kepada aparatur desa dalam pengelolaan surat. Aplikasi ini digunakan untuk pengelolaan data surat meliputi proses data surat masuk dan proses data surat keluar. Metodologi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah metode USDP (Unified Software Development Process) tahapan requirement, analysis, design, implementation dan test. Sementara untuk pembuatan interface aplikasi menggunakan software PHP (Personal Home Page) dan untuk database menggunakan MySQL. Hasil pengelolaan surat dengan aplikasi ini dapat mencetak laporan serta dapat menyimpan laporan lebih tertata dengan baik pada direktori penyimpanan. Batasan aplikasi yang dibuat berdasarkan pada proses pengelolaan surat masuk dan surat keluar yang ada di Desa Tanjungkamuning. Penelitian ini diharapkan dapat membantu kinerja aparatur desa dalam pengelolaan surat, pengarsipan dan pencarian secara cepat.
PENGEMBANGAN FITUR PROFIL DAN KOMENTAR UNTUK SISTEM INFORMASI FASILITAS SOSIAL KABUPATEN GARUT Luthfi Fauzian; Rinda Cahyana
Jurnal Algoritma Vol 13 No 2 (2016): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.718 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.13-2.275

Abstract

 Sistem informasi fasilitas sosial merupakan penyajian informasi terkait fasilitas sosial yang berada di Kabupaten Garut. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat pada saat ini menuntut setiap individu atau organisasi untuk dapat mengumpukan informasi sebanyak-banyaknya. Maka dari itu informasi fasilitas sosial penting untuk diketahui khususnya untuk pendatang yang akan mengunjungi Garut. Dengan demikian sistem informasi fasilitas sosial Kabupaten Garut layak untuk dapat dikembangkan agar dapat menampilkan informasi-informasi terkait fasilitas sosial. Metodologi yang digunakan dalam pembuatan sistem informasi fasilitas sosial Kabupaten Garut ini menggunakan metode Watterfall yang dikemukakan oleh Roger S. Pressman, dengan tahapan perancangan sebagai berikut: Analisis, perancangan, pengkodean pengujian. Perancangan aplikasi toko online ini menggunakan program PHP, Argo UML, Dreamweaver dan rangan Database menggunakan MySQL Server. Sistem informasi fasilitas sosial di Kabupaten Garut yang dihasilkan mampu memberikan tambahan fitur profil fasilitas sosial dan fitur komentar untuk melengkapi kekurangan pada sistem informasi fasilitas sosial sebelumnya.
PENGEMBANGAN PAPAN INFORMASI DIGITAL UNTUK MENYIARKAN ULANG INFORMASI YANG DITERBITKAN PADA SITUS WEB Rinda Cahyana; M. Imam Zakariya
Jurnal Algoritma Vol 13 No 2 (2016): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (609.283 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.13-2.281

Abstract

Informasi akademik merupakan suatu informasi yang berkaitan dengan kegiatan akademik pada sebuah instansi pendididikan. Informasi akademik sangat penting untuk diketahui oleh peserta didik karena dengan informasi tersebut, peserta didik dapat melakukan pengambilan keputusan untuk tindakan yang akan dilakukannya secara tepat. Dengan berkembangnya teknologi saat ini, penyampaian informasi akademik menjadi lebih mudah, yaitu dengan menyampaikan informasi tersebut melalui sebuah media informasi yakni website. Website menjadi media yang tepat untuk menyampaikan informasi karena website memiliki jangkauan ruang serta waktu yang tak terbatas. Namun dalam penyampaian informasi di area kampus, termasuk di prodi informatika STT Garut, penyampaian informasi akademik masih menggunakan papan majalah dinding yang terbatas oleh ruang dalam memuat informasi. Maka dari itu, salah satu upaya untuk dapat menyampaikan informasi akademik dengan tidak terbatas oleh ruang penyimpanan adalah dengan mengembangkan papan informasi digital yang terintegrasi dengan website dimana informasi akademik dipublikasikan. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam pembuatan papan informasi digital adalah metodologi Waterfall yang meliputi analisis, desain, pengkodean hingga pengujian. Dengan papan informasi digital yang dihasilkan, ruang penyimpanan informasi akademik akan menjadi lebih besar, karena papan informasi digital memiliki fungsi untuk menampilkan informasi yang sama dengan informasi yang terdapat pada website. Berdasarkan hal tersebut, papan informasi digital dapat menjadi solusi untuk masalah penyampaian informasi akademik melalui majalah dinding yakni keterbatasan dalam memuat informasi.

Page 1 of 4 | Total Record : 32